Islam Spanyol Sejarah Peradaban
Pemandangan Bangunan Indah Di Spanyol, Andalusia. Peninggalan Islam (Foto: Kisahmuslim.com)

Islam Spanyol Sejarah Peradaban, Indahnya Iberia Dan Cordoba Berilmu

Diposting pada

Sejarah Islam Spanyol atau Andalusia, menjadi sebuah sejarah penting peradaban Di Eropa, Dengan Peristiwa Berdasarh Dan Pengusiran.


Beritaku.Id, Berita Islami – Dalam kisah perjalanan Tariq bin Ziyad “menganeksasi” Andalusia, umat Islam mendirikan peradaban “besar” di daerah tersebut.

Seorang penyair dari Palestina bernama Mahmoud Darwish menuliskan:

“Aku melewati namamu, karena aku bebas untuk diriku sendiri, sama seperti Damaskus akan melewati Andalusia.”

Puisi kesedihan ini menjadi sebuah ungkapa hati, tentang Palestina yang memiliki sejarah peradaban mirip dengan Andalusia. Yang di kuasai dan diinvasi hingga saat ini Andalusi (Spanyol), menjadi tempat kejayaan Islam yang tinggal kenangan.

Sejarah Peradaban Islam di Andalusia Spanyol

Tahun demi tahun, Andalusia di bawah pemerintahan Islam menjadi sebuah peradaban yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bangunan monumental dalam hal arsitektur, pertanian, dan perdagangan Sangat maju. Begitupun juga dalam hal budaya, cendekiawan, pemikir, penyair, dan lainnya yang tertulis namanya dalam sejarah.

Meski pada akhirnya, Mereka datang untuk menyerang dan menjarah, atau penakluk atau penjajah, untuk setiap sudut ruang.

Ketika Granada jatuh ketangan penjarah, dan “Kristen” menjadi penakluk di Semenanjung Iberia.

Namun, kaum muslimin tidak menyerah begitu saja, sebab mereka memiliki sumber daya.

Banyak dari mereka tetap bertahan hidup di sana, dan mereka disebut “Morski”.

Pertumpahan darah dan perang antar agama dimulai. Sampai “merampas” hak mereka dengan mengusirnya secara permanen pada 1614. Dan ini adalah cobaan yang sangat berat, di mata banyak sejarawan!

Awal Masuknya Islam di Spanyol

Terdapat lebih dari 10 fase, sejarah kehadiran Islam di Andalusia, Iberia.

Dimulai ketika Tariq bin Ziyad memasukinya 711 M, untuk mengusir mereka dari sana setelah berabad-abad.

Sejarah ini tertulis dalam buku “Agama dan Darah, Pemusnahan rakyat Andalusia”, oleh sejarawan Inggris Matthew Carr. Dengan buku” History of Morskis.

Kehidupan dan Tragedi Minoritas “oleh para sejarawan, Spanyol Antonio Domingeth Orthez dan Prancis Bernard Fanson”

Indahnya Iberia, Yang Ditaklukkan

Di langit yang jernih, berdiri di tepi Laut Mediterania di kota Tangier, bagian paling utara Maroko. Terasa memperhatikan fitur pantai Spanyol yang indah.

Ya, jadi hanya 31 mil laut yang memisahkan mereka, dimana selat ini dianggap sebagai titik terdekat. Memisahkan benua Afrika dan Eropa.

Dari tempat ini, ia memulai suatu hari dari musim semi 711, perjalanan Islam Spanyol

Dari tempat ini, pemimpin Muslim Tariq bin Ziyad dan tujuh ribu prajurit akan menyeberang. Kemudian mereka akan turun di atas batu yang sekarang dikenal sebagai Gibraltar. Menunggu waktu untuk memasuki Semenanjung Iberia.

Sejarawan Barat menganggap bahwa pertempuran di semenanjung Iberia adalah momen yang menentukan dalam sejarah kehidupan Eropa.

Jika bukan karena itu, seluruh daratan Eropa disapu bersih dan akan menjadi Islam.

Pernyataan sejarawan Inggris Matthew Carr, tujuan kampanye ini tidak jelas. Karena Ibn Ziyad mungkin tidak membayangkan bahwa pasukannya dengan jumlah kecil akan mampu menggulingkan bangsa Goth.

Oleh karena itu, ambisinya pada saat itu mungkin tidak lebih dari “merampok dan menjarah”.

Persiapan Raja Goth, Menghadapi Ibn Ziyad

Raja Goth Zureik mengetahui kehadiran Islam di tanahnya ketika dia berkampanye melawan daerah/suku Basque.

Maka sang raja memindahkan pasukannya ke selatan, dan jumlahnya diperkirakan mencapai 30 ribu prajurit. Mengatur strategi menghadapi para penyerbu ini.

Note: Basque (Basque: Euskaldunak) merupakan sebuah etnik di timur laut Spanyol dan barat daya Prancis. Nama Basque berasal dari kata bahasa Prancis abad pertengahan dan merupakan keturunan dari suku Vascones.

Pada bulan Juli 711, kedua pasukan itu berhadapan ditanah lapang. Tidak jauh dari Wadi Lakkah, di provinsi Cadiz.

Namun itu bukanlah hari yang menguntungkan bagi Goth. Faktanya menyebutkan bahwa meski menang jumlah. Prajurit Zureik menang jumlah dari tentara Ibn Ziyad yang hanya ribuan. Zirik (Zureik) diobrak abrik dan hancurnya sebagian besar prajuritnya yang elit.

Kemenangan Ibnu Ziyad dianggap luar biasa, dan dia tidak berhenti di situ, melainkan menyerbu tanah lain.

Seperti Andalusia dan Toledo, yang merupakan ibu kota dari Goth. 5 bulan kemudian, tepatnya desember 711M. Ibukota tersebut menyerah tanpa perlawanan.

Dan pasukan Ibnu Ziyad menghabiskan musim yang dingin di sana, tanpa ketidaknyamanan. Pada Musim semi berikutnya, dukungan dari kaum Muslim datang, dan mereka melanjutkan penaklukan. Dan akhirnya mengambil kendali atas sisa Semenanjung Iberia.

Pemberian Nama Andalusia (Al-Andalus, Arab), Dan Puncak Peradaban

Dulu Semenanjung Ilberia lalu diganti menjadi “Al-Andalus” adalah nama yang diberikan umat Islam ke tanah taklukan mereka.

Sementara sisa orang Kristen Iberia yang ada di tanah mereka. Mereka menyebut para penakluk itu nama “Moro”. Seperti sebutan nama yang diberikan oleh bangsa Romawi kepada kaum Barbar di Afrika Utara.

Andalusia mencapai klimaks peradabannya pada tahun 755, ketika pangeran Umayyah Abdl Al-Rahman Bin Muawiyah (Saqr Quraish) melarikan diri dari Abbasiyah.

Dan ia mendirikan kekhalifahan Iberia baru dengan ibukotanya, Cordoba, mencapai titik peradaban dan kehebatan. Menandingi Baghdad dan Damaskus pada waktu itu (Iraq).

Penaklukan “orang-orang kafir” dari perspektif dunia Kristen Latin adalah bencana yang luar biasa. Dalam sebuah buku anonim tentang penaklukan Spanyol, berjudul “History of 754 ″”, kami menggambarkan peristiwa setengah abad setelah kejadian tersebut.

“Bahkan jika lidah manusia berubah menjadi akar, sifat manusia tidak akan mampu mengekspresikan kehancuran Spanyol dan banyak kejahatan besarnya.”

Di mata beberapa orang Kristen, kejatuhan Goth dianggap sebagai hukuman ilahi untuk kerusakan moral dan perilaku buas.

Yang lain berpendapat bahwa dengan menyakiti orang Yahudi, telah membuka gerbang ibukota bagi para penjajah.

Adapun beberapa sejarah Kristen, dikatakan bahwa seorang pejabat Bizantium misterius bernama Count Julian, mendorong umat Islam untuk memasuki Spanyol.

Dan ikut memimpin pasukannya untuk melawan raja, sebagai pembalasan bagi raja terhadap raja Goth yang memperkosa putrinya.

Perang Menahan Laju Serangan Kaum Muslimin

Sejarawan Barat menganggap bahwa pertempuran Martys Court (Iberia) adalah momen yang menentukan dalam sejarah Eropa.

Jika bukan karena itu, seluruh daratan Eropa kini menjadi Negara Islam. Pertempuran Martys Court ini, atau Poitiers sebagaimana disebut dalam Referensi Barat.

Kejadiannya terjadi pada 10 Oktober 732, di mana Charles Martel mengalahkan kaum Muslim yang dipimpin oleh Abd al-Rahman al-Khafiqi.

Kekalahan ini adalah yang terbesar dalam sejarah penaklukan Muslim di Eropa Barat.

Karena itu, Al-Fateh berhenti di perbatasan bersejarah Andalusia. Beberapa bukti sejarah menyebutkan. Penghentian laju penaklukan mengubah strategi kaum muslim. Dan lebih peduli, rampasan daripada penaklukan.

Andalusia, Negeri Taklukan Yang Jauh Dari Jantung Kota Utama

Dalam peta, Andalusia berkembang pesat dan terpisah dari kota pusat-pusat utama kekuatan Islam.

Meski menjadi provinsi dari Kekuasaan Islam, yang di dalamnya muncul peradaban Andalusia-Iberia. Yang terdiri dari orang Arab Suriah dan Yaman, suku Afrika Utara. Dan prajurit bijaksana yang dikenal sebagai Saqalabah, Goth Kristen dan Romawi Romawi. Juga terdapa orang Yahudi dengan jumlah, terbesar di Eropa.

Perlahan namun pasti, jumlah Muslim meningkat, baik dengan emigrasi atau masuk Islam. Kota-kota Romawi dan Goth mulai secara bertahap memperoleh karakter oriental dan Islam.

Sehingga masjid, menara, istana, pemandian umum, taman yang dihiasi dengan kolam, dan sebagainya menyebar.

Tidak sampai disitu saja, tetapi lanskap Iberia juga berubah. Orang-orang Muslim membawa serta tanaman baru seperti tebu, padi, jeruk, sutra, dan kopi.

Swasembada Pangan Dan Sejarah Peradaban Ilmu di Andalusi

Produksi pertanian meningkat di Andalusia yang subur. Dalam sejarah peradaban tertulis. Di samping hubungan komersialnya dengan dunia Islam dan Kristen. Andalusia juga meletakkan fondasi ekonomi untuk budaya peradaban global. Dan berhasil mencuri perhatian dari berbagai kerajaan Islam, ilmuwan, musisi, dan banyak pemikir.

Puncak di Andalusia pada 755, ketika pangeran Umayyah Abd al-Rahman bin Muawiyah (Saqr Quraysh) melarikan diri dari Abbasiyah.

Dan ia mendirikan kekhalifahan baru di Iberia baru dengan ibukotanya, Cordoba.

Indahnya Buku Di Bumi Cordoba Berilmu

Pada abad kesepuluh, Cordoba telah menjadi kota berilmu yang tak tertandingi di dunia Kristen. Jalan-jalannya diaspal, dan jalan-jalannya semuanya indah dengan hiasan menyala. Banyak rumah sakit, sekolah, pemandian umum dan perpustakaan yang megah.

Perbandingannya, Perpustakaan terbesar di Eropa ketika itu hanya berisi 600 volume buku dan tulisan. Sementara kaligrafi Arab di Cordoba menghasilkan hampir 60.000 buku tulisan tangan per tahun. Perbandingan yang sangat jauh.

Struktur bangunan politik di Andalusia telah mengalami sebuah kerapuhan, akhirnya perang dan persaingan antar etnis menjadi pemandangan.

Dari banyaknya karya imu tersebut, Maka tidak ada keraguan, bahwa atmosfir umum peradaban. Dan budaya ini akan menghasilkan sejumlah besar sarjana dan pemikir. Terutama filsuf Musa bin Maimon, dan filsuf ensiklopedis Abu al-Walid bin Rushd. Yang mulai melakukan kounter Aristoteles di seluruh Eropa.

Demikian sejarah awal di Spanyol, tentang kebangkitan Islam, di belahan Eropa tersebut.

Beritaku, Negara Islam: Apa Penyebab Israel Perangi Dan Merebut Tanah Palestina

Sumber lain: Kisahmuslim.com