Antusias Warga Kelompok Ukm Membersihkan Teripang Hasil Laut

26/03/2019-Komunitas-40 dilihat

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Ombak pantai menampar karang angin berhembus membentuk gelombang, gemuruh angin ditepi pantai mengahapus sedih menjadi senang, Makassar, Selasa, (26/3/2019).

Kelompok UKM bergotong royong membersihkan Teripang hasil laut di Kelurahan Barang Lompo Kecamatan Sangkarrang, Camat Sangkarrang Akbar Yusuf sangat mengapresiasi terkait dengan kegiatan warga yang senantiasa memberdayakan hasil laut  khususnya bagi kaum perempuan.

“Jadi dengan kegiatan ini para ibu diajak mempergunakan waktu luang untuk turut membantu suami dalam mendapatkan penghasilan tambahan,”ungkap Akbar Yusuf

Salah satu warga Kelurahan Barrang Lompo mengaku senang dengan kegiatan tersebut, pasalnya kegiatan ini telah memberi pengahasilan untuk kehidupan masyarakat khususnya keluarga.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini karena telah memberi Lapangan Kerja kepada Ibu-ibu kelompok UKM untuk mencari nafkah dengan cara membersihkan teripang dan rata-rata suami mereka seorang nelayan yang sementara berlayar,” ungkap Rahmatia.

Rahmatiah juga menambahkan bahwa teripang merupakan salah satu hasil laut yang sangat tinggi nilainya dan teripang gonrong biasa di ekspor ke Luar Negeri.

“Menurut pembeli teripang di Indonesia umumnya dalam bentuk olahan kering, negara tujuan ekspor teripang adalah Hongkong dan Singapura, Teripang kering umumnya diolah secara tradisional oleh nelayan dengan cara dan peralatan yang masih sederhana, sehingga produk yang dihasilkan masih perlu diperbaiki,” tambah Rahmatia. (WK*)

 

 

Editor: Dicky Minion

PILIHAN Beritaku

Komentar