Ayahnya Meninggal, Edgar Marvelo Perkasa Di Arena, Sumbang 2 Emas

5 hari lalu-Beritaku, Olahraga, Sorot Utama-31 dilihat

Beritaku.Id, Jakarta – Dengan liukan badan yang lentur, desingan pedang yang dimainkannya, membuat mata seakan tidak ingin berkedip menyaksikan Edgar Marvelo Perkasa di Arena, namun siapa tahu bahwa atlit tersebut telah kehilangan ayah satu-satunya. Rabu 4/12/2019.

Setelah resmi dibuka pada 30 November lalu, perhelatan akbar SEA Games 2019 hingga kini terus berlangsung di Filipina. Indonesia turut menjadi salah satu negara yang turut berpartisipasi di sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan. Hingga pagi ini, Filipina diketahui masih memimpin pencapaian klasemen dengan 50 emas. Sedangkan Indonesia berada di urutan ke-4 dengan perolehan medali sebanyak 12 emas, 20 perak, dan 21 perunggu.

Edgar Menyumbang Apa?

Dua emas berhasil disumbangkan oleh atlet wushu, Edgar Marvelo Perkasa di Arena. Prestasinya tersebut nggak cuma bikin Edgar mencucurkan air mata bahagia tapi juga duka. Pasalnya, sang ayah meninggal beberapa jam sebelum ia bertanding.Edgar Xavier Marvelo menyumbang emas ketujuh untuk Indonesia di ajang SEA Games 2019 lewat cabang wushu

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, Edgar Perkasa di Arena berhasil merebut emas pertama dari nomor daoshu/gunshu combined putra. Sedangkan emas keduanya berhasil diraih Edgar di nomor duilian putra bersama Seraf Naro Siregar dan Harris Horatius pada laga final digelar di World Trade Center, Manila. Dua medali emas kali ini bukanlah prestasi biasa. Pasalnya, Edgar bertanding saat dirinya tengah berduka.

Hasilkan yang terbaik bagi Tanah Air, Edgar tampil dalam keadaan berduka karena beberapa jam sebelumnya sang ayah meninggal dunia
Berhasil memberikan yang terbaik bagi Indonesia, ternyata Edgar nggak lagi dalam kondisi terbaiknya. Saat tampil dalam pertandingan tersebut, ia sedang berduka. Beberapa jam sebelum pertandingan ayah Edgar, Lo Tjhiang Meng, diketahui meninggal dunia. Ia sempat down saat mendengar kabar tersebut dan berniat membatalkan pertandingan. Namun mengingat pesan terakhir sang ayah, Edgar tetap melanjutkan perjuangannya di SEA Games kali ini dan berhasil menyabet 2 emas. Dan prestasinya ini ia persembahkan untuk sang ayah yang kini telah tiada.

Setelah menyelesaikan tugasnya, Edgar pun kembali ke Indonesia untuk mengantarkan sang ayah ke tempat peristirahatannya yang terakhir dengan persembahan dua medali Setelah menyelesaikan pertandingannya, Edgar pun langsung kembali ke Indonesia. Ia masih sempat bertemu dengan mendiang sang ayah untuk terakhir kalinya. Ia juga dengan bangga menyematkan medali emasnya di dada sang ayah. Edgar nggak lupa berterima kasih kepada publik yang udah memberikan dukungan dan mengirimkan bela sungkawa atas duka yang sedang dilaluinya.

Di dekat ayahnya yang telah terbujur kaku, nampak wajah Edgar yang berseri, pada suasana duka, seakan ingin menyampaikan kepada seluruh insan di tanah air, bahwa boleh saja aku berduka, namun semangat membela tanah air yang diinspirasi oleh ayahku adalah hal yang mutlak.

Turut berduka Cita Edgar!

Perkasa di Arena
Kelihaian Edgar sebagai Atlit Wushu

Profil Edgar Marvelo yang Perkasa di Arena, Raih 2 Medali Emas di Sea Games 2019

Atlet wushu ini kelahiran Jakarta, 16 Desember 1998.

Edgar Xavier Marvelo telah berlatih wushu sejak kecil, tepatnya sejak usia 6 tahun.

Sejak kecil dirinya sudah menyukai film-film berbau bela diri asal China itu, seperti yang diperagakan oleh Jet Li, Jackie Chan, hingga Bruce Lee.

Hal itulah menjadi motivasi Edgar Xavier Marvelo menekuni olahraga wushu.

Atlet yang biasa disapa Marvelo ini menempuh pendidikan menengah di SMP dan SMA Jubilee School dan hanya menempuh pendidikan dalam 4 tahun.

Karier

Edgar Marvelo Perkasa di Arena menyabet medali pertamanya di usia 6 tahun, pada Kejuaraan Wushu Dunia Junior dan berhasil mendapatkan medali emas.

Gelar perdana di level internasional itu membuat dirinya semakin bersemangat menekuni wushu.

Tercatat pada 2014, ia sukses merebut medali emas pada ASEAN Schools Games di Manila dan Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015.

Pada 2017, prestasi cemerlang kembali diukir oleh Edgar Marvelo dengan menjuarai Kejuaran Dunia Wushu di Kazan, Rusia.

Asian Games 2018, Edgar meraih perak dan menjadi medali pertama Indonesia di pesta olahraga se-Asia ini.

Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak pada nomor Cangquan putra yang diadakan di JiExpo, Kemayoran, Minggu (19/8/2018)

Dia meraih 7.72 poin, terpaut 0,03 poin dari atlet China, Sun Peiyuwan, yang meraih medali emas.

Pada babak final, Edgar membukukan skor 9,72.

Edgar hanya kalah 0,03 poin dari pewushu China Sun Peiyuan.



Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Profil-Biodata Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, Raih 2 Medali Emas di Sea Games 2019, https://jatim.tribunnews.com/2019/12/04/profil-biodata-atlet-wushu-indonesia-edgar-xavier-marvelo-raih-2-medali-emas-di-sea-games-2019?page=3.





Penulis: Waldan
Editor:

PILIHAN Beritaku

Komentar