oleh

Cegah DBD, Mahasiswa PKL Poltekkes Kemenkes Makassar Lakukan Penyuluhan Kesehatan ke Masyarakat

-Kesehatan-116 kali dilihat

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Malam terbenam sabelah barat gumpalan asap berganti menjadi langit hitam angin berhembus menggoyangkan dedaunan suara adzan manyambut kehadiran malam, Enrekang, Sabtu (2/3/2019).

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar lakukan penyuluhan tentang penyakit DBD dimasyarakat dan didampingi oleh Kepala Desa Banti Kecamatan Baraka. Dalam sambutannya dia sangat mengapresiasi apa yang telah mahasiswa lakukan untuk warga yang ada di Desa Banti.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh adek-adek mahasiswa, karena melalui kegiatan ini masyarakat akan semakin paham bagaimana cara mencegah penyakit dan mengobatinya, apalagi ini masih dalam proses pergantian musim,” ungkap Tamsir. D.

Mahasiswa dari posko 56 Desa Banti memaparkan materi penyakit tentang DBD (Demam Berdarah Dengue), dalam hal ini Mutmainna sangat menekangkan kepada masyarakat tentang cara pencegahan penyakit DBD (Demam Berdarah).

“Bapak dan Ibu untuk mencegah terjangkitnya penyakit Demam Berdarah, maka perlu memperhatikan dan melakukan beberapa hal.
1. Hidup bersih, bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
2. Menggunakan losion anti nyamuk, dengan kandungan N-diethylmetatoluamide yang secara umum terbukti efektif, tetapi penggunaan losion tdak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.
3. Pasang kawat anti nyamuk di bagian ventilasi rumah.
4. Bersihkan tempat bersarang nyamuk, dengan menutup penampungan air yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk. Taburkan serbuk abate agar jentik nyamuk mati
5. Membasmi nyamuk dengan Fogging (pengasapan). Sebagai langkah sterilisasi atau membersihkan lingkungan dan menekan populasi Nyamuk, maka fogging cukup efektif menekan jentik Nyamuk untuk tumbuh dan berkembang biak.” kata Mutmainna.

Semangat dalam kegiatan ini terlihat dari munculnya pertnyaan yang dilontarkan oleh salah satu warga.

“Assalamualaikum iya terima kasih atas waktunya, pertanyaan saya adalah apa yang menjadi ciri-ciri utama dari penderita DBD (Demam Berdara),” pungkas Adi.

Dari pertanyaan tersebut lantas mendapat respon positif dari Mahasiswa dengan langsung memberikan sebuah jawaban terkait dengan pertanyaan tersebut.

“Demam tinggi (turun sebentar kemudian tinggi kembali) selama 2- 7 hari.
Penderita mengeluh pusing, persendian sakit, nafsu makan hilang disertai muntah.” kata Sarah Sulastri.(WK)

 

Editor: Dicky Minion

Indira Mulyasari

Komentar