oleh

Gebrakan KPU RI Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih 2019

-Politik-19 kali dilihat

BERITAKU.ID, JAKARTA – KPU RI Arief Budiman, Menjelaskan beragam upaya mereka lakukan untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilu mendatang, salah satunya dengan KPU Goes To Campus, kata dia. Usai kegiatan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (15/10).

KPU RI menargetkan jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang mencapai 77,5 persen. Sehinngga ada 12 kampus yang menjadi sasaran dari kegiatan KPU itu. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), “Nggak hanya kampus sebenarnya. KPU kota dan kabupaten melakukan sosialisasi ke SD hingga SMP,”

Arief menambahkan, para peserta tidak hanya diberikan pengetahuan soal pemilu, melainkan juga pendidikan mengenai pemilih. Alasan dipilihnya kampus sebagai lokasi untuk sosialiasi, karena mahasiswa merupakan kaum milenial, yang  juga kita harapkan mampu menjadi agen yang meneruskan informasi Pemilu.

Menurutnya, langkah memberikan sosialisasi kepada siswa dan mahasiswa merupakan strategi yang bagus. Pasalnya, jika tahun ini KPU gagal dalam sosialiasi kepada pemilih, maka lima tahun mendatang akan lebih berat lagi. “Pemilih nggak hanya tidak mau memilih, namun mereka bisa lebih dari itu. Untuk pemilih pemula di Indonesia jumlahnya mencapai 7 juta orang. Sementara itu, untuk jumlah pemilih seluruhnya mencapai 40 juta.

Dia melanjutkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu langkah antipasi untuk mencegah golput. KPU di daerah juga sudah menggelar beragam cara. Salah satunya dengan membuka Rumah Pintar Pemilu. “Di Yogjakarta itu dibuka di tempat wisata. Setahun kunjungannya mencapai 1 juta orang,” terangnya.

Editor : Ari

Indira Mulyasari

Komentar