HIMAPROTEK-UH Menggadakan Kegiatan Ekspedisi Veteiner di Bulukumba

08/10/2019-Kampus-177 dilihat

BERITAKU.ID – Biasan warna kuning keemasan itu perlahan mulai masuk melalui pori-pori kaca jendela, sang mentari sumber kehangatan perlahan memperlihatkan diri.

Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak Universitas Hasanuddin (HIMAPROTEK-UH) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tambangan, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, selama 3 hari terhitung sejak Tanggal 4 Oktober sampai 6 Oktober 2019.

Kegaiatan tersebut yaitu Ekspedisi Veteriner dengan mengangkat Tema “Mengabdi dan Membangun Desa untuk Peternakan Rakyat Berkelanjutan”.

Irgi Fahrezi Ketua Umum HIMAPROTEK-UH periode 2018/2019 mengatakan bahwa Ekspedisi Veteriner ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh HIMAPROTEK-UH dengan tujuan untuk melatih skill anggota HIMAPROTEK-UH untuk mengaplikasikan apa yang telah diperoleh di kelas.

“Kami memberikan wadah bagi anggota HIMAPROTEK-UH untuk mengasah skill dan ilmu yang telah diperoleh di kelas dan yang telah dilakukan oleh HIMAPROTEK-UH sebagai himpunan yang berbasis keproferian produksi ternak,” ujar Irgi.

Hari sabtu 5 Oktober 2019 merupakan puncak kegiatan yaitu saat semua peternak membawa ternaknya di lapangan desa untuk diberikan pelayanan vaksinasi, penyuntikan Vitamin dan Pemberian Obat Cacing.

Jumlah ternak yang diberikan pelayanan sejumlah 100 ekor ternak sapi. ‘Ada sekitar 100-an ternak sapi yang kami berikan pelayanan berupa pemberian vitamin B-complex dan obat cacing’ Ujar Ketua Panitia Shafik.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba.

Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Ternak, Samsir dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Kajang merupakan wilayah yang padat populasi ternaknya dengan jumlah 5000 ekor ternak, dan Desa Tambangan sendiri termasuk yang padat populasinya.

Lebih lanjut lagi, Canci (Sapaan akrabnya) mengatakan kegiatan ekspedisi veteriner ini menjadi ajang mengenang kembali masa-masa sewaktu mahasiswa dulu saat melakukan kegiatan ini.

Suriya Darma, ASN di dinas tersebut mengatakan kerja sama Ekspedisi Veteriner ini mencakup beberapa kegiatan yaitu vaksinasi anthrax, penyuntikan Vitamin, dan pemberian obat cacing.

Muhammad Thamrin anggota DPRD Bulukumba yang juga merupakan alumni Fakultas Peternakan Unhas dalam sambutannya mengatakan Ekspedisi Veteriner ini merupakan ajang mewujudkan tri darma perguruan tinggi.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah skill yang telah diperoleh di ruang kelas dan untuk mewujudkan tri darma perguruan tinggi antara lain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” kata Muhammad Thamrin.

Sementara itu, Koordinator Stering, Dina Ardiana dalam arahannya mengatakan tujuan dilakukannya Ekspedisi Veteriner ini yaitu memberikan pelayanan bagi peternak dalam penanganan kesehatan ternaknya.

“Tujuan ekspedisi veteriner mewujudkan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kami terjun kemasyarakat karena kami ingin membantu masyarakat menangani ternak, terkait bidang kesehatan ternak. Kegiatan ini juga sudah menjadi agenda rutin HIMAPROTEK-UH. Tahun-tahun yang lalu Ekspedisi Veteriner kami laksanakan di Kabupaten Barru, Bantaeng, dan Bone,”ungkap Dinar.

Salah satu anggota Ekspedisi Veteriner yaitu Figri yang merupakan angkatan 2018 di FAPET UNHAS, mengatakan Ekspedisi Veteriner ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa peternakan. ‘

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa peternakan, disini kami diajarkan cara pemberian obat ke ternak baik melalui penyuntikan, dan pemberian obat lewat mulut ternak,” tandas Figri.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menyeluruh, tidak hanya di Wilayah Sulawesi Selatan tapi juga seluruh Sulawesi sampai skala nasional.

Penulis: Dicky Minion
Editor:

PILIHAN Beritaku

Komentar