PDGI Cabang Makassar Menghelat Kegiatan BKGN di SDN Sudirman

07/11/2019-Kesehatan-18 dilihat

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Warnamu putih seputih gading, berbaris rapi di dalam mulut, mengunyah nasi dan daging sebelum masuk ke dalam perut

Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) merupakan salah satu program yang diusung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) khususnya PDGI Cabang Makassar yang bekerjasama dengan PT Unilever Tbk.

BKGN yang diselenggarakan di Kompleks SD Negeri Sudirman I-IV, Jalan Jenderal Sudirman ini bertajuk “Kamu Pun Bisa Menjadi Pahlawan Senyum”, Rabu, 30 Oktober 2019.

Kegiatan BKGN ini terdiri dari pemeriksaan kesehatan gigi, penyuluhan, sikat gigi massal dan pembacaan janji dokter kecil yang diperuntukkan bagi anak-anak Kompleks SD Negeri Sudirman.

Sekitar 50 dokter gigi hadir untuk melakukan pemeriksaan dan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut kepada murid-murid Kompleks SD Negeri Sudirman kelas 1-6.

Pemeriksaan yang dilakukan merupakan pendataan melalui kuesioner seputar sejauh mana tingkat pengetahuan siswa-siswi SD mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan bagaimana pola perilaku kebiasaan menyikat gigi di rumah.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan tingkat kebersihan rongga mulut (Indeks OHI-S) serta data kondisi gigi-geliginya (DMFT). Selama kegiatan pemeriksaan tersebut, para dokter dibantu oleh mahasiswa(i) dari Angkatan Laut (Sekesal) untuk penginputan data.

Kegiatan BKGN kali ini dimeriahkan dengan persembahan marching band oleh siswa-siswi SD Negeri Sudirman II yang membawakan tiga buah lagu di awal pembukaan kick-off sebelum dilakukan pelepasan balon udara secara simbolis.

Adapun drg. Gerwyn Dewanta selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam dua kali kunjungan, yakni pada 30 Oktober 2019 (pre-test), kemudian kunjungan kedua pada 20 November 2019 dilakukan pemeriksaan setelah mendapat penyuluhan tentang pola perilaku menyikat gigi yang benar (post test), tiga pekan setelah kunjungan pertama.

Hadir pula Staf Ahli Bidang 1 yang mewakili Bapak Walikota Makassar, Abdul Aziz Hasan yang memberikan kata sambutan dan memberikam penekanan tentang pentingnya pelayanan kesehatan gigi secara komprehensif dan profesional

“Dimulai dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini untuk masa depan anak-anak Indonesia, khususnya di Kota Makassar,” ungkapnya.

Selain itu, ketua PDGI Cabang Makassar, DR. drg. Eka Erwansyah, M.Kes., Sp.Ort(K) juga sangat antusias terhadap kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat luas dan berkelanjutan bagi masyarakat mulai dari usia anak-anak,” harapnya.

Besar harapan para dokter gigi tersebut agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, dimulai dari tingkat sekolah dasar bahwa betapa pentingnya untuk menjadi perhatian kita.

Terutama para orang tua agar senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut keluarganya terutama anak-anak yang menjadi cikal bakal pemimpin di masa mendatang, karena kesehatan jasmani salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut.

“Ayo jadi pahlawan senyum adalah ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk hidup sehat dimulai dari hal terkecil yaitu diri sendiri dan salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut.

Jangan lupa periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, ya?.

Penulis: dicky Minion
Editor:

PILIHAN Beritaku