oleh

Peringati Hari Dongeng Sedunia 2019, Dinas Perpustakaan Makassar Undang 1.000 Murid TK dan SD

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Hidup bak warna pelangi berhias pada setiap kanvas lukis, lantunan dongeng selalu hadir awali mimpi di separuh malam, Rabu (20/3/2019).

Dinas Perpustakaan Kota Makassar memperingati Hari Dongeng sedunia 2019 di Gedung Perpustakaan Makassar, Jalan Lamadukelleng.

Peringatan Hari Dongeng Sedunia dikemas dalam dua kegiatan yakni pertunjukan dongeng non stop dan kegiatan wajib kunjungan perpustakaan.

Koordinator kegiatan Hari Dongeng Nasional yang juga pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni mengatakan, dongeng non stop diisi oleh Tim Dongeng Keliling Dinas Perpustakaan yang jumlahnya sebanyak 20 pendongeng. Sementara peserta yang hadir berjumlah lebih dari 1.000 siswa TK, Play Group dan Sekolah Dasar. Peserta dibagi ke dalam 2 sesi yaitu pagi dan sore.

“Ada 20 pendongeng yang tampil ditambah dengan alumni dan finalis juara lomba bercerita tingkat nasional,” ujar Tulus.

Baca Juga:  Gubernur Sulsel Bersama Bupati Indah Tinjau Ikon Baru Luwu Utara

Adapun dongeng yang dibawakan, kata Tulus, yakni cerita rakyat tradisional dan campuran dari berbagai daerah. Diantaranya, cerita monyet dan kelinci, nenek pagande, kancil dan monyet, peri sampah, cerita orang jujur banyak temannya, ababil dan tentara bergajah, mawangi dan ulara, asal mula air hujan dan lain-lain.

“Anak-anak kita edukasi dari cerita dongeng ini. Cerita dongeng yang ditampilkan kita sisipkan nilai-nilai budi pekerti agar anak-anak bisa berbuat kebaikan,” kuncinya.

Di tempat yang sama, Asisten Wali Kota Makassar, Baso Amiruddin mengharapkan dari kegiatan peringatan Hari Dongeng Nasional ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak. Selain meningkatkan minat baca, Amiruddin juga berharap kegiatan semacam ini terus digalakkan. Pasalnya, dengan terselenggaranya kegiatan semacam ini, menurut Amiruddin, banyak nilai-nilai positif yang bisa disampaikan ke anak-anak sekolah.

“Saya berterima kasih kepada dinas perpustakaan yang telah menyelenggarakan kegiatan. Selalulah ajak anak-anak kita rajin membaca di perpustakaan,” kata Amiruddin.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran DBD, Walikota Makassar Lakukan Fogging

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Muhyiddin Mustakim menjelaskan, Dinas Perpustakaan Makassar telah dua tahun belakangan memperingati Hari Dongeng Nasional. Hari Dongeng Nasional di tahun ini dikemas hampir sama seperti tahun lalu. Kegiatan diisi dengan Dongeng Non Stop serta kunjungan wajib ke perpustakaan.

“Jadi melalui kegiatan ini, kita menghibur anak-anak TK, Play Group dan Sekolah dasar dengan mengundang pendongeng dan mengajak anak-anak menyaksikan serta membaca koleksi perpustakaan,” ungkap Muhyiddin.

Lanjut Muhyiddin, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemkot Makassar kepada para pendongeng seluruh Makassar. Para pendongeng diharapkan mengedukasi para peserta untuk rajin membaca.

“Literasi adalah program nasional, kita berharap juga, peran perpustakaan dapat maksimal dalam mengajak anak-anak meningkatkan literasi,” imbuhnya.

 

Penulis : AI

Editor: Sy

Komentar