oleh

Uang Panai’, Ujian Cinta

Lagu Baco Becce 2 yang dipopulerkan Art2tonic mengisahkan sepasang kekasih telah berpacaran selama setahun, hingga suatu hari Baco berniat melamar Becce dengan bermodalkan uang tujuh juta rupiah. Kontan saja niat baik Baco ditolak keluarga Becce karena tidak sesuai “harga”. Kisah mereka pun kandas. Sepasang kekasih itu tidak menyadari bahwa perjalanan cinta selalu menghadirkan aral tidak terduga.

Cinta, salah satu perjalanan rumit penuh ujian. Bukan hanya ujian kesetian atau ujian perhatian yang kadang terbagi, bukan pula ujian waktu yang kerap tidak dimiliki untuk diluangkan kepada orang yang dicintai. Tapi lebih dari itu, adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat yang menjadi ujian cinta yang kadang luput dari perhitungan dan dianggap sepele. Padahal adat istiadat (budaya) merupakan faktor yang sangat menentukan dalam penyatuan cinta sepasang kekasih. Karena itulah, sepasang kekasih yang saling mencintai juga harus patuh kepada adatnya.

Baca Juga:  Dusun Kajang-Kajang Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Tradisi A' Ra'ga Masih Kokoh

Risna dan Rais, sepasang kekasih dari Bulukumba yang pernah memenuhi jagad media mengalami apa yang dialami Baco dan Becce. Mereka merasakan getirnya “cinta kandas karena adat.” Uang panai’ berhasil menghentikan kisah mereka yang telah terjalin sejak tujuh tahun lalu. Sebuah perjalanan cinta yang tidak singkat tentunya. Ketidaksepakatan keluarga Risna perihal uang panai’ telah melahirkan “kegalauan” berkepanjangan bagi sepasang kekasih tersebut, hingga akhirnya Rais pun melabuhkan pilihannya kepada gadis lain. Dengan ketegaran penuh, Risna menghadiri pesta pernikahan Rais. Hal itu mengundang decak kagum dan haru. Media pun ikut larut memberitakannya. Kisah Risna yang tidak sampai menjadi perbincangan hangat. Risna tiba-tiba tenar.

Baca Juga:  Buku Kelong-Kelongna Tau Mangkasaraka karya Dr. Kembong Daeng di Launching

Risna dan Rais menjadi contoh, bahwa ada ujian lain dari cinta yang tidak bisa dibendung. Mereka gagal membendung “kekejaman” adat yang bernama uang panai’, meski dua kali keluarga Rais datang melamar Risna, tapi tidak adanya titik temu pada uang panai’lah mengandaskan impian mereka membina rumah tangga. Kisah miris Risna hanyalah satu di antara sekian kisah tidak sampai karena uang panai’, yang merupakan salah satu pintu menuju kehidupan rumah tangga bagi masyarakat Bugis-Makassar.

Komentar