Bahasa Kitab Suci Agama di Dunia
Jenis Bahasa Pada Kitab Suci Agama di Dunia

Agama Mayoritas dan Bahasa Kitab Suci Dalam 15 Daftar Dunia

Diposting pada

Agama adalah sesuatu yang melekat dalam diri manusia yang holistik, filsafat menjelaskan demikian.

Mungkin aku sedang jatuh dalam genangan rasa saat melihat tatapan matamu dan tahilalat yang memangku bibirmu, namun aku tidak berdaya sebab keyakinan kita berbeda dan tentu akan menjadi korban keluargaku.

Saya beragama Islam, mereka beragama kristen, yang lainnya Buddha, Hindu, Konghucu dan sebagainya, ada berapa keyakinan yang memiliki penganut di dunia ini. Hal inilah yang akan menjadi batasan dan bahasan pada artikel ini.

Namun apapun keyakinan sebagai pedoman anda dalam hidup, maka demikianlah merupakan sikap setiap individu yang memegang secara kokoh akan hubungannya dengan Tuhannya masing-masing.

Daftar Agama di Dunia

Dunia memiliki berbagai tuntunan dan kepercayaan yang beragam. Berikut adalah beberapa agama utama yang dianut di seluruh dunia:

  1. Islam: Islam adalah agama yang berdasarkan ajaran Nabi Muhammad dan Kitab Suci Al-Quran. Umat Islam meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang Robbil Alamin (Allah SWT) dan Muhammad SAW adalah nabi terakhir dan penyempurna semua ajaran dan keyakinan yang lain.
  2. Kristen: Kristen adalah religi yang berpusat pada keyakinan terhadap Yesus Kristus sebagai Mesias dan Anak Allah. Terdapat berbagai aliran Kristen, termasuk Katolik, Ortodoks, dan Protestan.
  3. Yahudi: Agama Yahudi didasarkan pada Kitab Suci Taurat dan keyakinan monotheisme. Yahudi meyakini hubungan istimewa antara mereka dan Allah.
  4. Hindu: Hinduisme adalah agama dan filsafat yang banyak dianut di India dan Nepal. Ia memiliki banyak dewa dan keyakinan yang beragam.
  5. Buddha: Buddhisme adalah religi yang didasarkan pada ajaran Siddhartha Gautama (Buddha) yang mengajarkan tentang pembebasan dari siklus kelahiran dan kematian.

Agama Minoritas

Selain dari 5 agama besar dunia tersebut sebelumnya, juga terdapat agama yang penganutnya tidak sama dengan 5 keyakinan tersebut, yakni:

  1. Sikhisme: Sikhisme adalah agama yang berkembang di India dan mengajarkan kesetaraan, keadilan, dan penyembahan satu Tuhan.
  2. Bahá’í: Bahá’í adalah religi yang berfokus pada kesatuan semua religi dan keyakinan, serta penyembahan satu Tuhan yang universal.
  3. Shinto: Shinto adalah religi tradisional Jepang yang berkaitan dengan pemujaan roh-roh alam dan leluhur.
  4. Ateisme: Meskipun bukan pedoman dalam arti tradisional, ateisme adalah pandangan yang menolak keberadaan Tuhan atau entitas ilahi.
  5. Agnostisisme: Agnostisisme adalah sikap yang menyatakan ketidakpastian atau ketidakmampuan untuk menentukan apakah Tuhan atau entitas ilahi ada atau tidak.
  6. Jainisme: Jainisme adalah agama yang berasal dari India dan menekankan pada ahimsa (tidak kekerasan), kejujuran, dan kesucian pikiran.
  7. Konfusianisme: Konfusianisme adalah ajaran filsafat yang berpusat pada etika, tata krama sosial, dan kualitas kepemimpinan.
  8. Shamanisme: Shamanisme adalah praktik keagamaan tradisional di berbagai budaya yang melibatkan komunikasi dengan roh dan dunia spiritual.
  9. Taoisme: Taoisme adalah filsafat dan pedoman yang berfokus pada Tao (jalan) sebagai prinsip dasar alam semesta.
  10. Paganisme: Paganisme adalah istilah umum untuk berbagai kepercayaan prasejarah dan tradisional yang menghormati alam dan dewa-dewi.

Selain itu, ada banyak agama minoritas, sekte, dan aliran kepercayaan lainnya yang dianut oleh berbagai kelompok di seluruh dunia. Agama-agama ini mencerminkan keragaman kepercayaan dan praktik spiritual di seluruh dunia.

Jenis Kitab Suci Dari Semua Daftar Keyakinan Mayoritas

Terdapat agama maupun keyakinan dengan penganut secara Mayorita.

Untuk mempermudah dalam hal pencarian daftar kitab suci semua agama dan juga bahasa yang yang terpakai dalam susunan kitab suci, maka berikut adalah bahasa-bahasa yang digunakan dalam masing-masing kitab tersebut:

Alquran Islam

Kitab suci keyakinan Islam adalah Al-Quran. Al-Quran tertulis dalam bahasa Arab. Bahasa Arab adalah bahasa asli dan bahasa resmi dari Al-Quran, dan Al-Quran dalam bahasa Arab adalah teks utama agama Islam.

Sebagai penjelasan dalam Al-Quran sebagai Qalam ilahi, maka terdapat kitab-kitab hadis yang berisi ajaran dan tindakan Nabi Muhammad, yang juga tertulis dalam bahasa Arab atau terjemahan ke dalam bahasa-bahasa lain untuk pemahaman lebih luas.

Al-Quran dalam bahasa Arab memiliki nilai penting dalam agama Islam, dan umat Muslim di seluruh dunia mempelajarinya dalam bahasa aslinya. Namun, terjemahan Al-Quran tersedia dalam berbagai bahasa untuk memungkinkan pemahaman lebih luas di antara komunitas Muslim yang tidak fasih dalam bahasa Arab. Meskipun terjemahan-terjemahan ini berguna untuk pemahaman teks-teks agama, penggunaan Al-Quran dalam bahasa Arab sebagai bentuk yang paling otentik dan diutamakan dalam ibadah dan studi Islam.

Alkitab Kristen

Untuk kamu yang mau mencaritahu apa jenis pedoman bagi penganut kristen maka jawabannya adalah Al Kitab.

Tuntunan Kristen memiliki beberapa kitab suci, yang paling utama adalah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Berikut adalah informasi tentang kitab-kitab tersebut dan jenis bahasa yang kita gunakan:

  1. Perjanjian Lama (Taurat): Perjanjian Lama adalah bagian dari Alkitab Kristen yang mencakup sejumlah kitab yang juga terkenal sebagai Taurat dalam tradisi Yahudi. Kitab-kitab ini sebagian besar tertulis dalam bahasa Ibrani kuno, meskipun beberapa bagian tertentu juga ditulis dalam bahasa Aram, terutama dalam kitab Daniel dan Ezra.
  2. Perjanjian Baru (Injil): Perjanjian Baru adalah bagian kedua dari Alkitab Kristen yang berisi catatan hidup dan ajaran Yesus Kristus serta tulisan-tulisan Kristen awal. Semua kitab yang terdapat Perjanjian Baru tertulis dengan menggunakan bahasa Yunani Kuno.

Selain Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, ada juga kitab-kitab apokrif atau deuterokanonikal yang diterima oleh beberapa cabang Kristen tetapi tidak oleh yang lain. Beberapa kitab apokrif ini ditulis dalam bahasa Yunani, sementara yang lain dalam bahasa Ibrani, Aram, atau bahasa lainnya.

Tentu saja, Alkitab Kristen telah terterjemahkan ke dalam banyak bahasa di seluruh dunia agar dapat terakses dan terpahami oleh orang-orang di berbagai budaya dan bahasa. Karena itu, terdapat berbagai terjemahan Alkitab dalam bahasa-bahasa yang berbeda, seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, dan banyak bahasa lainnya, sehingga lebih banyak orang dapat membaca dan memahami ajaran agama Kristen. Bahkan terdapat terjemahan dalam bentuk bahasa daerah.

Taurat Yahudi

Agama Yahudi memiliki kitab suci yang kita sebut Taurat. Taurat merupakan bagian pertama dari kitab suci Yahudi yang juga terkenal sebagai Tanakh. Tanakh terdiri dari tiga bagian, yaitu Taurat (Pentateukh), Nevi’im (Kitab Nabi-nabi), dan Ketuvim (Tulisan-tulisan). Taurat berisi hukum-hukum, riwayat, dan ajaran-ajaran yang mendapatkan anggapan suci oleh umat Yahudi.

Dalam bahasa Yahudi, kitab suci Yahudi tertulis dalam bahasa Ibrani Alkitabiah dan Aram Alkitabiah. Bahasa Ibrani Alkitabiah adalah bahasa asli dari Taurat dan merupakan bahasa yang berguna dalam ibadah dan studi agama Yahudi. Bahasa Aram Alkitabiah dalam beberapa bagian dari kitab suci Yahudi, terutama dalam kitab Daniel dan Ezra.

Selain itu, terdapat juga variasi bahasa dalam kitab suci Yahudi, tergantung pada terjemahan yang berguna. Misalnya, dalam bahasa Indonesia, terdapat terjemahan Taurat dalam bahasa Indonesia yang kita sebut “Taurat Shellabear”.

Taurat (Torah): Taurat adalah bagian pertama dari kitab suci Tanakh dan berisi lima kitab yang terkenal sebagai “Lima Kitab Musa.” Lima kitab ini adalah:

  • Bereshit (Genesis)
  • Shemot (Exodus)
  • Vayikra (Leviticus)
  • Bamidbar (Numbers)
  • Devarim (Deuteronomy)

Weda Hindu

Agama Hindu memiliki berbagai kitab suci yang sangat penting, dan banyak dari kitab suci ini tertulis dalam bahasa Sanskerta, yang merupakan bahasa klasik India kuno. Di bawah ini adalah beberapa kitab suci terpenting dalam tuntunan Hindu dan jenis bahasa yang mereka gunakan:

  1. Vedas atau weda: Vedas adalah kitab suci tertua dan paling utama dalam agama Hindu. Ada empat koleksi utama Veda: Rigveda, Yajurveda, Samaveda, dan Atharvaveda. Semua Veda tertulis dalam bahasa Sanskerta.
  2. Upanishad: Upanishad adalah teks-teks filosofis yang mendalami ajaran-ajaran yang terkandung dalam Vedas. Mereka dalam bahasa Sanskerta dan menggali konsep-konsep seperti Brahman (hakikat universal) dan Atman (jiwa individu).
  3. Bhagavad Gita: Bhagavad Gita adalah sebuah teks yang terdapat dalam epik kuno, “Mahabharata.” Ia mengeksplorasi konsep-konsep filosofis dan spiritual, termasuk karma, dharma, dan yoga. Bhagavad Gita tertulis dalam bahasa Sanskerta.
  4. Ramayana dan Mahabharata: Ramayana dan Mahabharata adalah dua epik klasik dalam agama Hindu. Keduanya teritulis dalam bahasa Sanskerta. Ramayana mengisahkan kisah Rama, sementara Mahabharata adalah kisah-kisah dari perang besar di antara dua keluarga, Pandawa dan Kaurawa.
  5. Purana: Purana adalah sejumlah teks-teks yang berisikan mitologi, sejarah, dan ajaran-ajaran tuntunan Hindu. Ada banyak Purana yang berbeda, dan semuanya tertulis dalam bahasa Sanskerta.
  6. Dharmashastras: Dharmashastras adalah kitab-kitab yang mengatur hukum dan etika dalam agama Hindu. Mereka juga dalam bahasa Sanskerta dan menguraikan ajaran-ajaran moral dan hukum.
  7. Agama-Agama Regional: Di India, terdapat banyak agama regional yang memiliki kitab-kitab suci dalam bahasa-bahasa regional seperti Tamil, Telugu, Kannada, dan lainnya. Kitab suci dalam bahasa-bahasa regional ini beragam tergantung pada tradisi agama masing-masing.

Bahasa Sanskerta adalah bahasa yang sangat penting dalam tradisi agama Hindu dan sastra klasik India. Meskipun penggunaan bahasa Sanskerta sebagai bahasa sehari-hari telah berkurang, ia tetap memainkan peran sentral dalam pemahaman dan penelitian tuntunan Hindu dan sastra klasiknya.

Tripitaka Buddha

Kitab Suci Agama Buddha dan Jenis Bahasa dalam Agama Buddha memiliki kitab suci yang kita kenal dengan nama Tipitaka atau Tripitaka. Tipitaka adalah kitab suci tuntunan Buddha yang paling tua dan tertulis dalam bahasa Pali. Kitab suci ini terdiri dari tiga kelompok besar yang terkenal dengan sebutan “pitaka” atau “keranjang”, yaitu Vinaya Pitaka, Sutta Pitaka, dan Abhidhamma Pitaka..

Seluruh naskah aliran Theravada menggunakan bahasa Pali, yang merupakan bahasa yang ada pada zaman Sang Buddha di India dan sekitarnya. Bahasa Pali khusus untuk kitab suci Buddha Theravada, dan tidak ada tulisan lain dalam bahasa Pali selain kitab suci Tipitaka.

Dalam melakukan praktik keagamaan Buddha, umat Buddha melakukan berbagai kegiatan seperti meditasi, pembacaan sutra, dan pengabdian kepada Buddha. Kitab suci Tipitaka menjadi panduan utama dalam praktik keagamaan dan ajaran Buddha.

Ringkasan

Ringkasan Jenis Bahasa dalam Rangkuman Agama yang mayoritas (memiliki pengikut banyak di dunia), yakni:

  1. Al-Quran:
    • Bahasa Asal: Al-Quran, kitab suuci dalam agama Islam, tertulis dalam bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi bahasa utama dalam penyebaran ajaran Islam.
  2. Zabur:
    • Bahasa Asal: Zabur adalah kitab suci dalam agama Yahudi dan mengandung kitab Mazmur. Kitab Mazmur tertulis dalam bahasa Ibrani kuno dan sebagian kecil dalam bahasa Aram.
  3. Injil:
    • Bahasa Asal: Injil, yang berisi catatan hidup dan ajaran Yesus Kristus, tertulis dalam bahasa Yunani Kuno. Injil-injil (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes) semuanya tertulis dalam bahasa Yunani.
  4. Taurat (Tawrat):
    • Bahasa Asal: Taurat adalah kitab suci dalam agama Yahudi, dan merujuk pada kitab-kitab pertama dalam Alkitab Kristen (kitab-kitab Musa). Sebagian besar tertulis dalam bahasa Ibrani. Namun, beberapa bagian tertentu juga tertulis dalam bahasa Aram.

Demikian pembahasan untuk 5 pedoman hidup beragama dengan pengikut terbesar dunia, pada pembahasa lain akan kita uraikan pada artikel lainnya.