Induk organisasi Sepakbola Tanah Air
Logo PSSI

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia & Indonesia, Mandul Selama 90 Tahun

Diposting pada

Pada usia yang tidak muda, hampir mencapai 1 abad, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Belum Pernah Lolos Dalam Piala Dunia, Apa Hambatan?

Beritaku.id, Olahraga – Induk organisasi sepak bola di indonesia yaitu Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. Meski Dengan usia genap 90 tahun pada tanggal 19 April 2020.

Jika kitsa sandingkan dengan usia manusia, maka 90 tahun adalah masuk dalam usia manula. Dan jika pula kita sandingkan dengan pohon jati, maka ia adalah pohon jati dengan tunas menghitam dan kuat. Harusnya.

Sehingga, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), merupakan pusat berhimpunnya para pemain berkelas nasional, sebagai induk organisasi pesebakbola. Yang berasal dari club-club ternama di Seluruh Indonesia.

Harapan seluruh penikmat bola sepak seluruh Indonesia menjadi Sirna, karena sampai detik ini. PSSI gagal menuliskan namanya dalam daftar negara kontestan World Cup atau Piala Dunia.

Berbeda dengan beberapa negara dengan kemampuan induk sepekbola mereka menuliskan sejarah prestasi mereka dalam laga Internasional atau dunia. Yang mempertemukan berbagai negara jawara confederasi.

Asian Football Confederation (AFC) sebagai jalan untuk menuju piala dunia tersebut, sekalipun Indonesia tidak pernah menempatkan namanya sebagai juara pertama.

Sejarah Singkat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Ternyata yang berjasa untuk menghadirkan nama Induk olahraga Sepakbola Nasional Oleh seorang Insinyur yang memiliki hobi menendang bola, bernama Soeratin Sosrosogondo.

Yakni 2 tahun setelah pulang dari Belanda untuk menyelesaikan pendidikan di Belanda, tepat pada 19 April 1930, menjadi hari bersejarah bagi tubuh PSSI sebab pada hari itu, Soeratin yang memiliki kegundahan atas kegaduhan negeri di Zaman penjajahan. Dengan dukungan berbagai lapisan pecinta bola tanah air.

Berpusat di Yogyakarta, awalnya organisasi ini bernama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Dari Kota Budaya Djogjakarta, dengan hiasan kultur bijak, merupakan sumber tumbuhnya organisasi nasional.

Nasionalisme Dan PSSI

Di Indonesia, Induk dari pada organisasi sepak bola Nasional, terinspirasi menjadi wadah perjuangan, apa penyebabnya?

Bambang Pamungkas, Pemain PSSI (Foto: CNN Indonesia)

Soal cinta kepada tanah air, hal itu telah tersuarakan saat itu dalam tubuh PSSI. Pada kondisi negara terjajah, Soeratin memandang bahwa hanya perlawanan yang bisa menghentikan segala belenggu tersebut.

Hampir tidak ada ruang yang lebih leluasa bagi para pemuda untuk menunjukkan dirinya dalam perjuangan melawan penjajah. Sebab Penjajah Belanda melakukan berbagai upaya untuk menghentikan langkah perlawanan Bangsa Indonesia. Termasuk mengurangi potensi persatuan anak bangsa. Dengan mengendalikan dan menekan persatuan-persatuan kepemudaan.

Belanda sangat terancam dengan persatuan Indonesia, sebab akan menimbulkan sebuah gelombang Tsunami perjuangan melawan mereka para penjajah ini. Jahat itu penjajah.

Namun kondisi Negara sibuk dengan perpecahan dalam negeri. Sebagai gerakan politik memecah belah bangsa oleh Bangsa Belanda.

Waktu terus bergerak, tepatnya pada 1928, Sebagai tahun sumpah Pemuda di gelorakan. Menjadi momentum kebangkitan Nasionalisme. Dalam versi pemuda pecinta Bola, juga ambil posisi mengasa bambu runcing dengan cara lain.

Soeratin memainkan area Nasionalisme PSSI, sebagai simbolisasi perlawanan. Menciptakan persatuan di seluruh tanah air, melalui kampanye bola.

Djogjakarta, Solo, Bandung, Jakarta, menjadi tempat konsolidasi Soeratin secara sembunyi-sembunyi bersama para founder, Yakni : A Hamid, Dahlam Hadi, Soekarno (bukan Proklamator).

Setelah Djogjakarta, Solo, Bandung, Jakarta, terbentuk. Di susul Magelang dan Makassar. Dengan beragam nama peratuan atau organisasi sepakbola.

Maka sepakat dengan nama Persatuan Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI).

Kompetisi Pertama PSSI di Daerah Apa?

Nah pertanyaan ini sangat menarik, kapan kompetisi pertama.

Maka jawabannya adalah kompetisi pertama dari laga PSSI terlaksana pada tahun 1931. Bertempat Di Djogjakarta.

Hal itu terlaksana di Djogjakarta, sebagai langkah menjamin keamanan selama proses kompetisi. Mengingat Belanda mulai melakukan monitoring terhadap pergerakan mereka.

Ketika itu, Raja Djogjakarta adalah Paku Buwono X. Memberikan dukungan penuh, menanamkan nasionalisme pada para pemuda.

Setelah melihat pertandingan yang menarik buatnya tersebut. Maka Paku Buwono X, memberikan persembahan kepada mereka.

Sebuah stadion bernama Sriwerdari, di resmikan pada tahun 1933, dengan nama gerakan pembangunan “Semangat Sepakbola Kebangsaan”.

Dengan demikian, stadion tersebut telah menjadi tempat latihan para pemain untuk membina bakat. Sekaligus sebagai upaya menumbuhkembangkan semangat dan nilai nasionalisme.

Induk Wadah Sepak Bola Di Indonesia, Mandul Selama 90 Tahun

Setiap tahun mengadakan kompetisi, untuk mempertemukan seluruh pemain bertalenta secara nasional. Namun belum pernah sekalipun penikmat bola tanah air menyaksikan negaranya bertanding. Dalam ajang gengsi Internasional, yang tampak oleh mata penonton sedunia.

Piala Dunia.

Hal ini menjadi sebuah pengharapan, bagi seluruh warga kepada PSSI. Agar proses pencarian bakat di fokuskan pada pencarian dan pembinaan keahlian pemain secara profesional.

Kejadian 30 Mei 2015, ketika PSSI tercoret dari FIFA. Adalah pengalaman pahit yang tidak harus kita ulangi. Sebagai akibat PSSI diintervensi oleh pemerintah. Dan hal itu merupakan sebuah pelanggaran di mata Organisasi Sepakbola Dunia FIFA.

Melirik musim ke musim, Indonesia jatuh pada pertandinga Konfederasi Asia. Selalu saja ambisinya terkalahkan oleh Korea, Jepang dan sebagainya.

Kita berharap, musim berikutnya Indonesia telah masuk dalam kompetisi dunia, melalui proses rekruitmen pemain secara profesional dengan menafaatkan bakat para pemain, yang jauh dari urusan politik. Maupun kepentingan pencitraan pemerintah.

Olahraga sepakbola Nasional, kita biarkan mereka berkompetisi dengan bertumpu pada keahlian mereka pada lapangan hijau. Bukan bertumpu pada tekanan politik yang terjadi di tanah air.

Serta menghentikan intervensi terhadap induk organisasi persebokbolaan tanah air tersebut. Bravo PSSIku!

Beritaku: Siapa Ratu Tisha, Apakah Masih Jomblo Diumur 35?

Organisasi Sepak Bola Dunia

Dalam skala internasional, maka terdapat persatuan sepak bola dunia. Sebagai peratuan bagi para pemain sepak bola dari seluruh negara yang ada di dunia. Organisasi tersebut bernama FIFA.