Memasuki musim lomba 2022 siapa yang menjadi juara 1 dunia MotoGP? Tentu ini pertanyaan menarik bagi semua pecinta lomba balap kuda besi ini.
Beritaku.id, Olahraga – Mengkalkulator waktu, sebentar lagi musim desingan kendaraan akan sampai. Yakni ketika para pembalap mengadu kekuatan dan akseselerasi mesin. Dalam perebutan tercepat untuk menjadi pembalap pertama menginjak garis finish.
Setelah mengupas, daftar pembalap terbaik dan handal tahun 2022, maka kita akan mengingat kembali, siapa yang memiliki nama berjaya dari tahun ke tahun pada seri MotoGp?
Organisasi Dunia MotoGp
Bisa jadi kita akan bertanya, apa nama organisasi sebagai induk dunia untuk mengatur MotoGp dalam skala internasional.
Maka jika kita mempertanyakan hal itu, tentunya akan kita akan temukan jawaban. FIM.
Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Bergabung pada Association of the IOC Recognised International Sports Federations (ARISF). Yang merupakan perkumpulan olahraga sport. Melakukan agenda pertandingan pada tahun 1949 untuk debutan pertama.
Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) atau dalam bahasa Indonesia, merupakan federasi sepeda motor dunia.
Dulu bernama Fédération Internationale des clubs Motocyclistes (FICM). Yang terdeklarasi pada tahun 1904. Tepatnya 21 Desember. Kemudian bubar. Dan pada tahun 1912, kembali berdiri tahun 1912 dengan pusat Inggris.
Selanjutnya, tahun 1949 merubah nama menjadi FIM, dan untuk pertama kalinya melakukan pertandingan taraf dunia.
Daftar Juara Dunia Tahunan MotoGP
Berikut ini adalah daftar nama, yang menjadi juara terbaik pada balapan grand prix motor, kelas tertinggi.
Leslie Graham (AJS) – 1949
Sejak kapan permulaan balapan MotoGp?
Tahun 1949, merupakan pertama kali penyelenggaraan laga MotoGP kelas dunia. Namun namanya bukanlah kelas MotoGp, melainkan GP500. Yang melambangkan bahwa kendaraan tersebut berkapasitar 500 cc.
Namun jika kamu menyaksikan sekarang balap motor dengan pembalap duduk sendiri. Dulu tidak demikian untuk kelas bergengsi. Akan tetapi dengan menggunakan motor, dengan model sidecars, kelas 350 cc dan 500 cc, sebagai cikal bakal kendaraan yang membawa Valentino Rossi menjadi jawara dunia.
Pada musim ini, ada single seater 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc. Akan tetapi yang bergengsi adalah yang side cars. Dengan tempat duduk gandeng.
Sepanjang sejarah, maka nama Leslie Graham sebagai orang yang mencatatkan diri sebagai yang pertama pada mengangkat tropi.
Umberto Masetti (Gilera), 1950, 1952
Memasuki tahun kedua, Lelaki yang satu ini bernama Umberto Masetti (Gilera), lahir pada 4 Mei 1926. Pada provinsi Parma Italia. Menjadi juara dunia setelah Leslie Graham.
Musim ini bermain pada negara Belgia dan Belanda. Mampu mengalahkan Geoff Duke dari klub Norton. Pada musim 1950. Kemudian pada tahun 1952, kembali menjadi juara setelah bersaing dengan Geoff Duke. Sangat ketat untuk menjadi juara GP500.
Geoff Duke (Norton), 1951, 1953, 1954 dan 1955
Tahun Ketiga MotoGp, Adapun nama lengkap Geoff Duke (Norton), adalah Geoffrey Ernest Duke, lahir pada ST Helen, Lanchacire Inggris pada 29 Maret 1923. Merupakan pembalap yang mengoleksi juara sebanyak 4 kali. Yakni 1951, 1953, 1954, 1955.
Geoff Duke dari Norton hampir saja menjadi juara pada tahun 1950. Namun kalah bersaing oleh Umberto Masetti.
John Surtees (MV Agusta), 1956, 1958, 1959, 1960
Pembalap yang satu ini bergabung pada MV Agusta, satu mesin dengan Umberto Masetti, dia adalah John Surtees menjadi yang terbaik pada kelas 500cc tahun 1956. Masa itu Umberto bermimpi kembali menjadi juara, namun tidak mampu menunjukkan performa terbaik.
Merupakan pembalap asal Inggris, lahir pada tanggal 11 Februari 1934 di Surrey, Tatsfield – England. Kembali menunjukkan taji MV Agusta dengan menjadi juara pada tahun 1958, 1959, 1960.
Perlu anda ketahui bahwa pada musim balap tahun 1959. Kantor FIM berpindah dari Inggris ke Negara Swiss. Sesuai dengan kebijakan pemerintah kerajaan Inggris yang menyetujui hal tersebut.
Libero Liberati (Gilera) 1957
Satu dekade pertandingan motor di sirkuit.
Pembalap asal Italia, bernama Libero Liberati (Gilera). Mengambil alih bendera juara pada tahun 1957. Mampu mematahkan ambisi John Sutees. Pembalap ini. Bergabung dengan Tim Gilera.
Pria kelahiran 20 September 1926 tersebut mampu menjadi yang tercapat.
Gary Hocking (MV Agusta) – 1961
Nama lengkap Gary Hocking adalah Gary Stuart Hocking. Naik posisi juara dunia kelas bergengsi Gp tahun 1961. Jika sebelumnya pembalap berasal dari Inggris atau Italia. Maka pembalap yang satu ini mampu mengambil posisi meski ia berasal dari Zimbabwe (dulu bernama South Rodhesia).
Lahir pada Chaerleon, 30 September tahun 1937. Dengan mesin MV Agusta ia menjadi juara. Namun pembalap ini tidak lama menjadi pembalap GP.
Pada tahun yang sama berpindah ke balap mobil, namun naas, pada sesi latihan, mobil yang ia kendarai menambar pembatas jalan dengan kendaraan terguling 2 kali. Hingga ia meninggal beberapa jam kemudian. Pada usia 25 tahun Gary Hocking.
Mike Hailwood (MV Agusta), 1962, 1963, 1964, 1965
Bernama Mike Hailwood pada tim MV Agusta. Setelah Gary Hocking memutuskan meninggal MV Agusta, untuk menjadi pembalap mobil. Maka Mike Hailwood menjadi pembalap utama.
Pembalap yang lahir pada kota Oxfordshire, Inggris tersebut 2 April 1940. Meyakinkan manajemen MV Agusta bahwa ia bisa menjadi andalan. Dan akhirnya ia membuktikan dengan menjadi penguasa arena 4 tahun berturut-turut. Yakni: 1962, 1963, 1964, 1965.
Mungkin anda berpikir orang Inggris tidak percaya ramalan?
Bisa jadi ia, namun tahukah anda, bahwa Hailwood yang meninggal ini, telah mendapatkan ramalan dari 2 orang. Yakni orang Afrika, dan seorang wanita Elisabeth Mccarthy. Telah memprediksi kematian Hailwood.
Dengan usia tidak mencapai 40 tahun. Dan ternyata benar, pada masa usia belum menginjak 40 tahun sebuah truk menabraknya. Dan menyebabkan ia meninggal bersama anak dan istri.
Giacomo Agostini (MV Agusta) 1966, 1967, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972 dan 1975
Melanjutkan kejayaan MV Agusta yang pda dekade 50an hingga tahun 1970an. Atau selama 20 tahun menjadi nama yang paling tren dalam dunia balapan.
Giacomo Agostini meneruskan rekor Hailwood. Dan menjadi juara pada tahun 1967, 1968, 1969, 1970, 1971, 1972. Kemudian Agostini kembali menjadi juara dunia tahun 1975 melalui pabrikan Yamaha.
Sehingga kalau ada yang bertanya. Siapa yang pertama kali memperkenalkan mesin Yamaha menjadi Juara? Maka sebuah kekeliruan ketika menjawab Valentino Rossi. Sebab VR46 datangnya belakangan. Nama itu adalah Agostini.
Phil Read (MV Agusta) 1973, 1974
MV Agusta menunjukkan superioritasnya sebagai mesin paling tangguh. Sebab dengannya kembali membuat Phil Read menjadi juara. Tahun 1973 dan 1974.
Sekaligus menutup kejayaan label MV Agusta. Pabrikan yang bermarkas pada Italia tersebut, Masih ada hingga saat ini. Namun telah kalah bersaing dengan pabrikan asal Asia (Jepang).
Ajang tahun 1974. Telah memupuskan harapan tim ini pada laga berikutnya. Sebab tahun 1975. Kejayaan pabrikan asia mulai bangkit pada sirkuit.
Barry Sheene (Suzuki) – 1976, 1977
Bernama lengkap Barry Steven Frank Sheene. Barry Sheene menjadi pembalap Suzuki pertama menjadi juara dunia MotoGp. Lahir 11 September 1950 di London Inggris. Merupakan pembalap yang memiliki keunikan pada setiap balapan. Menikmati rokok sebelum masuk arena balap.
Menjadi juara tahun 1976 dan 1977. Pada ajang balap Gp500 melalui tim Suzuki. Pabrikan yang lahir tahun 1909 oleh pendiri Michio Suzuki.
Kenny Roberts (Yamaha) 1978, 1979, 1980
Memasuki tahun 1979, Yamaha memiliki pembalap bernama Kenny Roberts yang mampu menyabet juara dunia Gp tahun 1989, 1979 hingga 1980.
Lahir pada California tanggal 31 Desember 1951, Amerika Serikat. Memiliki nama lengkap Kenneth Leroy Roberts. Melanjutkan kemenangan dari yang pernah di rintis Agostini bersama Yamaha.
Marco Lucchinelli (Suzuki) 1981
Marco Lucchinelli dengan biodata lahir 26 Juni 1954. Kebangsaaan Italia. Memulai debut Gp pada tahun 1976 dengan menunggangi Yamaha. Namun selalu kalah dari pesaingnya. Seperti Kenny Robert, Barry Sheene maupun Phil Read.
Akhirnya ia berpindah ke tim Suzuki, dan untuk kedua kalinya Suzuki menjadi juara setelah Barry Sheene. Hanya sekali menjadi juara dunia.
Pembalap yang satu ini memiliki akhir hidup yang tragis, sebab pada tahun 1991, atau 5 tahun setelah pensiun pada tahun 1986. Namun ia mampu melawan kecanduan narkoba. Dan pada tahun berikutnya menjadi seorang komentator eurosport.
Franco Uncini 1982 (Suzuki)
Awal tahun 1980, yakni pada tahun 81 dan 82 merupakan tahun kemenangan suzuki. Terbukti Franco Uncini pada tahun 1982 menjadi juara.
Lahir 9 maret 1955, kebangsaan Italia. Recanati Provinsi Macerata tepatnya. Ia menjadi pembalap utama setelah Marco Lucchinelli meninggalkan tim Suzuki dan bergabung dengan Honda.
Dengan mengunnakan motor sponsor milik Roberto Gallina. Hanya sekali menjadi juara dunia, sekaligus ia menjadi pembalap asal Italia menjadi juara dunia MotoGp, hingga lahirnya Valentino Rossi.
Freddie Spencer (Honda) 1983, 1985
Pembalap asal Amerika turut ambil bagian dalam motoGP untuk menjadi juara dunia. Dia adalah Freddie Spencer dengan tim Honda. Lahir pada 20 Desember 1961. Uniknya pembalap ini memulai balapan pada usia 4 tahun.
Suatu usia yang sangat rentan dengan kecelakaan. Namun ia membuktikan diri menjadi yang terbaik.
Tahun 1982, mendapatkan tawaran promosi ke tim Honda, dan akhirnya pada tahun 1983, dan mengulang tahun 1985 mencatatkan diri sebagai orang Amerika kedua menjadi juara. Setelah Kenny Roberts.
Bagi pecinta GP nama ini tidak asing, sebab tahun 2019, ia mendapat tugas sebagai Ketua FIM.
Eddie Lawson (Yamaha) 1984, 1986, 1988 dan 1989
California Amerika Serikat adalah asal dari Eddie Lawson, lahir pada tahun 1958. Menjadi juara dunia pada seri tertinggi MotoGp tahun 1984, 1986, 1988 dan 1989.
Dalam arena, ia bersaing ketat dengan Freddie Spencer. Sehingga komentator Gp pada masa itu, selalu menyebut, jika bukan Eddie maka Freddie yang jadi juara internasional.
Wayne Gardner (Honda), 1987, 1990, 1991, 1992
Selanjutnya, setelah melihat kejayaan Eddy Lawson mengalahkan Freddie Spencer tim Honda, maka Wayne Gardner yang bergabung Honda. Merasa tertantang.
Pembalap ini lahir pada 11 oktober 1959. Kebangsaan Australia.
Kevin Schwantz (Suzuki), 1993
Asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz pembalap tim Suzuki, menjadi juara dunia kelas Motop pada tahun 1993. Ia memulai berkarier sebagai pembalap motorcross. Namun kecelakaan tahun 1983 membuatnya harus berhenti dan kepok dengan motorcross.
Tahun 1984, ia mendapatkan tawaran dari Yoshimura Suzuki Super Bike dan menandatangani kontrak untuk ambil posisi trek balapan profesional.
Masa ini, Suzuki seakan terpedaya oleh mesin Honda dan Yamaha yang memiliki speed dan performa mesin tangguh. Ia selalu kalah dari Wayne Gardner dan Kevin Schwantz maupun Eddie Lawson.
Namun naas, tahun 1994 ia mengalami kecelakaan parah hingga melangalami kelumpuhan dan memaksanya untuk pensiun.
Mick Doohan (Honda), 1994, 1995, 1996, 1997 dan 1998
Kebangsaan Australia, Mick Doohan dengan tim Honda menjadi juara dunia 5 kali secara berurut dari tahun 1994 hingga 1998. Lahir pada tanggal 4 juni 1965.
Menjadi pembalap honda dengan kemenangan 5 kali secara berurut. Namun itu bukan rekord tertinggi. Sebab Agostini pernah menjadi juara dunia GP berurut selama 7 tahun, yakni dari tahun 1966 hingga 1972.
Namun sebagai pembalap pada tim honda dengan pabrikan yang masih ada hingga saat ini. Tentu ini merupakan rekor prestasi dunia. Mengingat MV Agusta (pabrikan kendaraan Agostini) mesin (merk) pabrikan tersebut telah lama pensiun dari arena balap.
Alex Criville (Honda), 1999
Tim honda dalam performa terbaik, pada dunia motoGp tahun 1990an, berjaya. Setelah Mick Doohan, kini Alex Criville meneruskan kemenangan menjadi juata dunia pada tahun 1999.
Lahir di Spanyol 4 Maret 1970. Bersaing dengan Max Biaggi dan Carlos Checa, Alex Barros dan sebagainya. Ia menjadi second player pada Repsol Honda, berada pada posisi kedua setelah Mick Doohan. Namun pada sesi latihan sirkuit Spanyol tahun 1999. Karena trek basah membuat Doohan mengalami patah pada ekstremitas.
Criville segera mengambil posisi menjadi pembalap utama, dan berhasil menjadi juara dunia.
Kenny Roberts Jr (Suzuki)
Tahun milenium tersambu pada tahun 2000. Sebagai babak baru era milenium. Dan secara kebetulan melahirkan pembalap Kenny Roberts Jr pada tim Suzuki. Tidak lain adalah anak dari Kenny Robert yang menjadi juara dunia tahun 1978 pada arena MotoGp.
Lahir pada negara bagian California USA, 25 Juli 1973. Memulai karier bersama Yamaha (tim lama ayahnya). Dan tahun 2000 ia berpindah ke Suzuki. Sekaligus menjadi juara dunia penutup Suzuki hingga tahun 2020. Atau selama 20 tahun Suzuki baru kembali lagi menjadi juara dunia pada era Joan Mir.
Valentino Rossi (Honda), 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009
Masuk dalam daftar dan deretan yang mengagumkan. Pangilan VR46, Valentino Rossi dengan nomor lambung kendaraan 46. Pembalap fenomenal yang menginspirasi banyak orang. Bahkan banyak pembalap yang lahir dari gaya Vale.
Tahun 2000 hingga 2010. Merupakan tahun kejayaannya. Hampir sama dengan Agostini tahun 70an, dan Mick Doohan tahun 90an. Namanya menjadi juara dunia kelas bergengsi dari FIM.
Bedanya, Rossi berganti beberapa tim, dari Honda dan Yamaha. Bahkan pada tahun berikutnya bergabung dengan ducati tapi tidak pernah menjadi juara dunia pada mesin pabrikan Italia tersebut.
Tahun 2021. Menyatakan diri pensiun. Namun harus kita akui bahwa penggemar Gp sangat mencintai Rossi. Bayangkan, pada balapan tahun 2021 meski tidak pernah menduduki podium sekalipun. Akan tetapi gegap gempita penonton bersorak ketika ia menyapa para penggemarnya.
Nicky Hayden (Honda)
Sepeninggal Rossi, ia bergabung dengan honda. Pria kelahiran Amerika Serikat tersebut lahir pada 30 juli 1981. Bersaing dengan Yamaha tunggangan Rossi. Sekaligur memotong jalur kemenangannya. Sebab selama 5 tahun selalu nama Rossi yang juara.
Benar saja, pada tahun 2006. Ia menjadi juara dunia, dan hanya sekali itu menjadi pemenang kelas bergengsi tersebut.
Casey Stoner (Ducati) 2007, 2011
Meski telah beberapa musim ducati bergabung dengan MotoGp namun tidak pernah sekalipun ia menduduki posisi sebaggai juara dunia. Selalu saja nama Rossi yang menjadi penghalang kemenangan tim pabrikan Italia tersebut.
Dengan mengandalkan kecepatan. Berbeda dengan gaya Yamaha yang lebih stabil pada tikungan dan akselerasi. Casey Stoner mengambil keputusan dengan lebih memilih mesin tercepat pada Ducati.
Maka akhirnya Stoner mampu menggaris Rossi pada balapan trek lurus dengan kecepatan mesin Ducati.
Casey Stoner juga merubah formulasi balap. Jika selama ini adalah pembalap utama, dan ia mendapatkan posisi utama. Aturannya adalah pembalap utama harus selalu mendapat tempat dari pembalap lain.
Bahkan ketika mendekati finis, maka pembalap utama harus mendapatkan prioritas dari pembalap lainnya.
Casey Stoner menghapus stigma tersebut. Dan mempersilahkan pembalap lain untuk mengambil posisi yang sama.
Jorge Lorenzo (Yamaha) 2010, 2012, 2015
Teman setim Rossi adalah George Lorenzo. Pembalap yang satu ini lebih cool dan menjadi jawara pada tahun 2010 dan 2012.
Marc Marquez (Honda), 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019
Kehadiran Marc Marquez dengan tim Repson Honda, membawa statistik pertarungan motoGp lebih berwarna, maklum gaya balapnya yang berbeda.
Bahkan membuat berubah beberapa peraturan segmen balapan. Segi gaya balapan yang “slengean” kerap ia tampilkan. Bahkan kelahiran Spanyol, 17 Februari 1993 tersebut menjadi kompetitor utama pembalap legenda seperti Rossi, Lorenzo dan sebagainya.
Sehingga era balapan tahun 2010 hingga 2020, harus kita akui merupakan era Marquez.
Joan Mir (Suzuki) 2020
Pembalap asal Spanyol, 1 September 1997. Yang mampu mematahkan dominasi Yamaha dan Honda pada balapan selama 20 tahun terakhir.
Sebagaimana kita bahas bahwa, Kenny Robert Jr menjadi juara pada MotoGp kelas dunia dengan tim suzuki pada tahun 2000. Kebuntuan juara itu membuat Joan Mir bangkit. Meski sebenarnya ada nama Maverick Vinales yang sempat menjadi harapan.
Akan tetapi performa balapan Maverick Vinales cenderung menurun.
Fabio Quartararo (Yamaha) 2021
Bernama Fabio Quartararo pada tim Yamaha pembalap asal Prancis ini mencatatkan diri sebagai pembalap Prancis pertama yang menjadi juara pada dunia motogp.
Bergabung dengan tim Moster Energy Yamaha bersama Valentino Rossi. Sempat bersaing dengan Farnasesco Bagnaia dari Ducati. Serta Joan Mir (Suzuki).
Siapa 2022?
Tentu kita memasuki tahun 2022, akan mencari tahu siapa yang akan masuk dalam daftar sebagai juara kelas tertinggi Motor dunia tersebut. Silahkan baca, kandidat juara dunia 2022.
Daftar Juara Dunia Moto Gp Setiap 10 Tahun
Terdapat daftar juara dari beberapa tahun semenjak adanya MotoGp, maka berikut urutan tahun pemenang pertama dunia kelas Motgp
Juara Tahun 1949 Hingga 1959
Era balapan tahun 1949 hingga tahun 1959 merupakan awal motogp, dengan pembalap dominan pada era ini adalah Geoff Duke, 5 kali juara dunia, John Surtees 3 kali. Umberti maseti 2 kali. Sementara Lesli Graham dan Libero Liberti satu 1 kali.
1949 – Leslie Graham (AJS)
1950 – Umberto Masetti (Gilera)
1951 – Geoff Duke (Norton)
1952 – Umberto Masetti (Gilera)
1953 – Geoff Duke (Gilera)
1954 – Geoff Duke (Gilera)
1955 – Geoff Duke (Gilera)
1956 – John Surtees (MV Agusta)
1957 – Libero Liberati (Gilera)
1958 – John Surtees (MV Agusta)
1959 – John Surtees (MV Agusta)
Juara Tahun 1960 Hingga 1969
Pada masa tahun 1960 sampai 1969, yakni melahirkan pembalap dominan Giacomo Agostini dengan 5 kali, sementara Mike Hailwood 4 kali dan Gary Hocking serta John Surtees masing-masing 1 kali.
1960 – John Surtees (MV Agusta)
1961 – Gary Hocking (MV Agusta)
1962 – Mike Hailwood (MV Agusta)
1963 – Mike Hailwood (MV Agusta)
1964 – Mike Hailwood (MV Agusta)
1965 – Mike Hailwood (MV Agusta)
1966 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1967 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1968 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1969 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1970 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
Juara Dunia Tahun 1970 – 1979
Kemudian memasuki tahun 70an hingga 79. Agostini masih mengambil posisi dengan 3 kali juara. Bersanding dengan dengan Phil Read dan Barry Sheene serta Kenny Robert masing-masing 2 kali.
1971 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1972 – Giacomo Agostini (MV Agusta)
1973 – Phil Read (MV Agusta)
1974 – Phil Read (MV Agusta)
1975 – Giacomo Agostini (Yamaha)
1976 – Barry Sheene (Suzuki)
1977 – Barry Sheene (Suzuki)
1978 – Kenny Roberts (Yamaha)
1979 – Kenny Roberts (Yamaha)
Juara Gp 1980 – 1989
10 tahun dari 1980 hingga 1989 masih membawa kehebatan Kenny Robert dengan menjadi juata pada tahun 1980 (1 kali). 10 tahunan ini menjadi milik Eddie Lawson dengan 4 kali juara dunia, menyusul Fredi Spencer 2 kali. Sementara Waiyne Gardner, Marco, dan Franco masing-masing sekali.
1980 – Kenny Roberts (Yamaha)
1981 – Marco Lucchinelli (Suzuki)
1982 – Franco Uncini (Suzuki)
1983 – Freddie Spencer (Honda)
1984 – Eddie Lawson (Yamaha)
1985 – Freddie Spencer (Honda)
1986 – Eddie Lawson (Yamaha)
1987 – Wayne Gardner (Honda)
1988 – Eddie Lawson (Yamaha)
1989 – Eddie Lawson (Honda)
Juara MotoGp 1990 – 9999
Wayene Rainey masih menjuarai era ini selama 3 kali namun kalah bersaing oleh Mick Dohan dengan 5 kemenangan (1 periode presiden RI) menjadi juata. Dan selebihnya membagi ke Alex Criville dan Kevin Schwantz masing-masing sekali.
1990 – Wayne Rainey (Yamaha)
1991 – Wayne Rainey (Yamaha)
1992 – Wayne Rainey (Yamaha)
1993 – Kevin Schwantz (Suzuki)
1994 – Mick Doohan (Honda)
1995 – Mick Doohan (Honda)
1996 – Mick Doohan (Honda)
1997 – Mick Doohan (Honda)
1998 – Mick Doohan (Honda)
1999 – Alex Criville (Honda)
Pemenang Gp 2000 – 2009
Awal 10 tahunan ini, milik Suzuki, namun Valentino Rossi menjadikan tahun 2000 hingga 2009 seakan hanya miliknya dengan 7 kemenangan dunia. Dan hanya menyisakan 1 posisi masing-masing ke Stoner dan Hayden.
2000 – Kenny Roberts Jr (Suzuki)
2001 – Valentino Rossi (Honda)
2002 – Valentino Rossi (Honda)
2003 – Valentino Rossi (Honda)
2004 – Valentino Rossi (Yamaha)
2005 – Valentino Rossi (Yamaha)
2006 – Nicky Hayden (Honda)
2007 – Casey Stoner (Ducati)
2008 – Valentino Rossi (Yamaha)
2009 – Valentino Rossi (Yamaha)
Jawara 2010 – 2019
Tahun 2010 hingga 2019 adalah kelahiran Marques dengan dominasi 6 kali juara dunia. Dan selebihnya adalah George Lorenzo 3 kali dan Stoner 1 posisi.
2010 – Jorge Lorenzo (Yamaha)
2011 – Casey Stoner (Honda)
2012 – Jorge Lorenzo (Yamaha)
2013 – Marc Marquez (Honda)
2014 – Marc Marquez (Honda)
2015 – Jorge Lorenzo (Yamaha)
2016 – Marc Marquez (Honda)
2017 – Marc Marquez (Honda)
2018 – Marc Marquez (Honda)
2019 – Marc Marquez (Honda)
Juara 2020 – 2029
Masa performa mesin terbaik untuk hampir seluruh mesin pacu. Entah siapa yang akan menjadi juara pada masa ini? setelah Joan Mir dan Fabio Quartararo masing-masaing sekali menjadi juara.
2020 – Joan Mir (Suzuki)
2021 – Fabio Quartararo (Yamaha)
2022 – ? Siapa yang anda andalkan?
Demikian artikel mengenai daftar juara MotoGp yang menginspirasi banyak penonton pada seluruh dunia.
Sumber Ulasan, Motogp