Dengan Adab Komunikasi yang baik, dan terukur, Rasulullah menyampaikan Dakwah Islam hingga keseluruh dunia.
Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Adab bicara atau gaya Komunikasi Rasulullah Nabi Muhammad SAW, adalah adab yang perlu dipelajari. Untuk menjadi bahan atau sumber literatur Adab Komunikasi yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah.
Dalam berbicara, rasulullah memiliki strategi komunikasi yang akurat, sebab dengan waktu hanya belasan tahun melakukan syiar Islam. Yang menempatkannya sebagai urutan pertama pada penempatan 100 tokoh berpengaruh dunia.
Untuk menambah wawasan dalam hal komunikasi, sebagai Nabi terakhir dari urutan 25 Nabi dan Rasul.
Berikut beberapa adab yang dimiliki beliau, sebagaimana dikutip dari buku ‘Teladan Nabi Muhammad SAW’. Dari Republika.Com, berikut Adab komunikasi Rasulullah sebagai Rosul terbaik Nabi Muhammad SAW:
Adab Konten Komunikasi Rasulullah
Dalam hal konten atau isi pesan, Nabi Muhammad SAW menyampaikan dengan cara:
Singkat dan Sangat Padat
Sebagaimana sabdanya “Aku diutus dengan Jawami’ al-Kalim (ucapan singkat tetapi sarat makna)… (HR. Bukhari, kitab at-Ta’bir)
Menjadi pendengar yang baik, beliau lebih banyak diam daripada berbicara.
Dalam kajian Komunikasi karakter komunikasi, bahwa diam merupakan suatu komunikasi yang baik.
Adaptasi Dalam Karakter Komunikasi
Kita akan bertanya Siapakah pembicara hebat didunia?
Ternyata pembicara terhebat didunia, bukanlah yang banyak berbicara, tapi pendengar yang baik.
Bila publik speaking cenderung komunikasi satu arah, maka karakter berbicara mengutamakan komunikasi 2 arah.
Disini titik lemah Publik Speaking dari Karakter Komunikasi, Publik Speaking dianggap oleh sebagian orang telag Ketinggalan Zaman.
Pada pemahaman berikutnya pul, bahwa menjadi pendengar yang baik dan tidak serta merta memotong pembicaraan orang lain, merupakan ciri orang yang akan memiliki kemampuan menyampaikan pendapat yang baik.
Karakter berkomunikasi memberikan perhatian berbicara interpersonal.
Dalam hal karakter didalam hubungan berbicara, penekanannya mendahulukan oranglain berbicara, adalah etika bicara yang harus dimiliki oleh pembicara.
Sebab seorang pembicara tidak senang, ketika pembicaraannya di potong secara tiba-tiba, ini hukum manusiawi yang dimiliki setiap orang.
Adaptasi Bagaimana Sebaiknya
Beberapa adaptasi yang harus dimiliki pada saat berbicara dengan orang lain:
- Mengangguk,
- Memperhatikan,
- Berbicara pada saat yang tepat,
- Menyesuaikan dengan pembicaraan orang lain,
- Mampu menahan diri untuk tidak melakukan klarifikasi secara tiba-tiba.
Belajar ritme bicara orang lain, meski pada sebagian orang memiliki keluhan, bahwa ketika tidak memotong pembicaraan sekarang, biasanya lupa apa hal yang akan diklarifikasi.
Tetap pertahankan adaptasi (jangan memotong pembicaraan oranglain), sebab tidak lebih penting melakukan klarifikasi dengan memotong pembicaraan, daripada adaptasi (ini sisi etika komunikasi), itu alasan kenapa kajian karakter berbicara mendahulukan Adaptasi dibanding 2 hal lainnya (logika dan estetika).
Singkap dalam menyampaikan namun isi pesan padat dan fasih, seperti itu gaya komunikasi yang dimiliki oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW
Klarifikasi Tiga Kali
Dari Anas bin Malik Radhiallahu Anhu, Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW, “Bahwasanya apabila mengucapkan salam, beliau mengucapkannya tiga kali dan apabila berbicara, beliau mengulanginya tiga kali pula.” (HR. Bukhari, Kitab Ilmu)
Ibnu Qayim RA berkata, “Sering kali beliau sengaja mengulang perkataannya dengan tujuan agar bisa dipahami. Apabila memberi salam, beliau mengucapkannya sebanyak tiga.” (Zadul Ma’ad, hlm.101)
Tidak Lebih Tidak Kurang
Hadits dari Urwah Bin Az-Zubair RA meriwayatkan bahwa ‘Aisyah berkata, “Tidakkah kamu heran dengan Abu Hurairah RA yang datang lalu duduk di samping kamarku menyampaikan suatu hadits yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW. Ia bermaksud memperdengarkannya kepadaku, padahal ketika itu aku sedang bertasbih (berzikir). Lalu, ia pergi sebelum aku menyelesaikan zikirku.”
Konten Pesan Bermanfaat
“Siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari no. 6018)
Ibnu Hajar berkata, “Ini adalah sebuah ucapan ringkas yang padat makna, semua perkataan bisa berupa kebaikan, keburukan, atau salah satu di antara keduanya.”
Konten bermanfaat tersebut, menjadi inspirasi yang banyak diadopsi dalam metode komunikasi Imphas Pilar.
Adab Dalam Setiap Komunikasi Rasulullah
Sebagai Media Dakwah Penyebaran Agama Islam, maka komunikasi Rasulullah SAW dengan Adab yang baik. Telah disamaikan diatas tentang bagaimana konten yang disampaikan Rasulullah SAW.
Adab Teladan Nabi Muhammad Saat Bicara
Berikutnya yang bisa diteladani adalah beberapa style atau gaya komunikasi atau Adab berbicara dalam Komunikasi Rasulullah SAW, yakni:
Pertama, Berjalan dengan Berwibawa
Dalam keseharian, ketika akan tampil didepan orang banyak, maka gaya jalan yang perlu menjadi perhatian. Dengan jalan pelan dan berwibawa.
Kedua, Kaki Tidak Treseret
Dalam hal berjalan, Rasulullah tidak menyeret kaki. Cara jalan ini sudah menjadi budaya, dan sekarang sudah hampir tidak pernah dijumpai orang yang menyeret kaki.
Ketiga, Pandangan Mengarah Kebawa
Dalam pembelajaran Imphas Pilar, posisi wajah menjadi ukuran apakah orang tersebut sopan atau sombong.
Memposisikan kepala adala penting dalam setiap berkomunikasi.
Mengadopsi cara memandang Rasulullah adalah penting, untuk mepertahankan nilai-nilai kesopanan saat berkomunikasi.
Keempat, Memulai Dengan Salam
Tidak ada yang mendahului beliau dalam mengucapkan salam. Selalu mendokan keselamatan dan ketentraman pada orang lain diawal.
Kelima, Jabat Tangan Yang Hangat
Bertemu dengan orang lain, beliau mempertahankan jabat tangan erat dan kehangatan. Tidak pernah lebih dulu melepaskan jabat tangan setiap yang berjabat tangan dengannya.
Keenam, Bergaul Terbuka
Tidak membedakan kawan atau lawan. Bergaul dengan siapa saja, sebagai Adab komunikasi ideal yang dimiliki Rasulullah
Ketujuh, Tidak Sinis
Ujung maja yang sinis, atau pandangan sinis, tidak dimiliki oleh Rasulullah pada setiap komunikasi sebagai adab bicaranya.
Kedelapan, Isyarat Tangan
Dalam menunjuk sesuatu, adab Rasulullah untuk isyarat tidak memakai mata tetapi komunikasi dengan gestur tangan.
Kesembilan, Diam lebih Banyak
Pembicara yang baik, bukan yang banyak bicara sebab Rasulullah merupakan komunikator terbaik. Tapi lebih banyak diam daripada bicara.
Kesepuluh, Menghadapkan Wajah
Berbicara dengan orang lain, beliau selalu memperhadapkan wajahnya kepada siapa ia berbicara. Bukan melirik apalagi membelakangi.
Kesebelas, Tidak Pernah Bersandar
Hal ini saat di hadapan masyarakat, umat atau sahabat secara terbuka, tidak menunjukkan gestur bersandar.
Keduabelas, Tidak Menceritakan Kesalahan orang lain
Adab mencengankan dalam Komunikasi Rasulullah adalah bila seseorang melakukan kesalahan. Beliau tidak akan pernah menyampaikan kesalahan tersebut kepada orang lain.
Ketigabelas, Tidak Mengadili Kesalahan
Rasulullah Tidak pernah mencela kesalahan seseorang yang mengalami kesalahan bicara.
Keempatbelas, Menghindari Berselisih
Lebih banyak berdiskusi, tidak pernah berdebat apalagi berselisih dengan orang lain.
Kelimabelas, Memotong Diwaktu yang tepat
Pada dasarnya, Adab Rasulullah saat berkomunikasi, tidak pernah memotong pembicaraan orang lain. Kecuali bila orang tersebut bicara sia-sia dan batil.
Keenambelas, Memberi Apresiasi
Beliau senantiasa memberikan puji dan mendukung pekerjaan baik. Sementara yang bernilai buruk beliau melarangnya.
Ketujuhbelas, Menghargai Orang Lain
Jauh dari sifat atau adab merendahkan orang lain. Tapi beliau lebih banyak memberikan penghargaan pada oranglain. Beliau memuji kebaikan.
Kedelapanbelas, Tidak Pernah Memaki
Rasulullah SAW dalam Adab Bicara atau Komunikasi, tidak pernah memaki atau memanggil seseorang dengan panggilan yang bermakna jelek.
Kesembilanbelas, Tidak mengutuk
Beliau Rasulullah termulia tersebut, tidak pernah mengutuk orang-orang sekitar dan familinya. Atau dalam hal komunikasi disebut proyeksi, yakni menghardik orang lain.
Demikian 19 Adab Rasulullah Saat Menyampaikan Pesan atau Komunikasi Rasulullah yang memiliki Adab Santun Dan Menghargai.
Belajar Komunikasi bisa dibuka di Artikel ini, Metode terbaru Komunikasi.