Reuse Sampah Untuk Jadi Organik
Sampah Untuk Jadi Pupuk Organik Ramah Lingkungan

Jenis Usaha Reuse Sampah Rumah Tangga Ramah Lingkungan

Diposting pada

Kenyataannya, ada sampah yang bisa kita pergunakan ulang dengan cara reuse atau recycle untuk mengurangi jumlah sisa pembuangan berbentuk residu.

Beritaku.id, Lestari – Rumah tangga merupakan tempat yang secara konsisten memproduksi berbagai jenis zat buangan kepada lingkungan yang kita kenal dengan nama sampah rumah tangga.

Banyak pemandangan tidak menarik sering kita saksikan pada sekitar kita. Terutama sampah yang berserakan pada TPS. Prilaku masyarakat (kita) yang menempatkan sampah tidak pada tempatnya menjadi sebuah watak tak terpuji dengan perilaku membuang sampah sebarang tempat.

Kreatifitas melarang buang sampah sembarangan.

Ini bukan mantan yang bebas anda buang kemana saja.

Sebab sampah memiliki bahaya terhadap lingkungan, maupun mengancam kelangsungan mahluk hidp terutama manusia.

Definisi, Istilah Dan Jenis Sampah

Demi membuka kembali pemahaman kita maka pada bagian ini akan kita bahas tiga hal yakni pengertian, jenis dan istilah penting yang berhubungan.

Ada banyak pakar yang memaparkan secara detail tentang sampah, termasuk memisahkan jenis-jenisnya. Tidak hanya itu. Tapi juga kita perlu mengetahui istilah-istilah yang ada relasi atau keterkaitan dengan sampah.

Hal ini penting untuk memberikan pemahanan secara detail mengenai zat buangan tersebut.

Batasan Pengertian Sampah

Sampah dengan pengais sampah yang biasa kita saksikan, memiliki beberapa pengertian, yakni:

  1. KBBI menjelaskan bahwa sampah adalah barang atau benda yang terbuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya. Seperti kotoran, daun maupun kertas.
  2. Undang-undang no 18 tahun 2008 menyebutkan bahwa sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat yang pada definisi berikutnya sampah spesifik adalah sampah yang karena sifat konsentrasi pada volumenya membutuhkan proses pengolahan khusus.
  3. Sementara itu Kodoatie tahun 2003 mendesain dengan mendefinisikan sampah adalah limbah atau buangan yang bersifat padat atau setengah padat yang merupakan hasil sampingan dari kegiatan perkotaan atau siklus kehidupan manusia hewan maupun tumbuhan.
  4. Definisi lain mengenai sampah dijelaskan oleh Azwar tahun 1990 menyebutkan bahwa sesuatu yang tidak dipergunakan lagi atau tidak terpakai lagi atau tidak disenangi dan harus dibuang maka sampah tersebut harus terkelola dengan baik dengan pola sedemikian rupa sehingga meminimalisir dampak negatif bagi kehidupan agar tidak terjadi.

Dari arti oleh pakar tersebut. Kita bisa mempersempit narasinya sebagai berikut, bahwa sampah merupakan:

  1. Produk sisa aktifitas mahluk hidup,
  2. Bersifat padat, setengah padat, cair maupun gas,
  3. Bersumber dari kegiatan sehari-hari maupun seleksi alam.

Satu hal penting yang harus kita ketahui dan akui, bahwa produksi alam tidak pernah memiliki sampah yang berbahaya kepada lingkungan. Dan pada sisi lainnya manusialah yang menciptakan sampah dan mengancam lingkungan.

Istilah Berhubungan Dengan Sampah

Beberapa istilah yang sangat erat dalam lingkar terma (istilah/sebutan) yang terkait dengan sampah.

Kreatifitas memanfaatkan sampah

Istilah dan arti yang berhubungan dengan sampah:

  1. Organik, merupakan jenis sampah dari tumbuh-tumbuhan, hewan maupun manusia. Yang memiliki sifat pengolahannya bermanfaat pada alam untuk kesuburan tanah (tanaman). Contohnya: kulit buah, buah busuk, dedaunan maupun bangkai binatang.
  2. Anorganik, dalam istilah ini merupakan antonim dari organik. Sampah Anorganik merupakan zat buangan yang susah untuk terutai, sehingga membutuhkan teknik khusus hingga bisa menjadi reuse (pemakaian berulang).
  3. Padat, penamaan sampah padat tentu sudah kita paham bahwa jenis ini adalah zat residu yang padat. Seperti batang kayu, serpihan kaca pesawat terbang, baling-baling kipas, maupun pecahan kaca.
  4. Cair, merupakan jenis zat tak terpakai oleh manusia berbentuk tekstur cair seperti: oli, kencing sapi dan sebagainya.
  5. Daur ulang, merupakan proses untuk merekayasa sampah. Dalam bahasa tren dengan istilah “Reuse, Reduce, Recycle” tentang zat residu.
  6. IPAL, Singkatan dari instalasi pembuangan air limbah. Merupakan suatu tempat yang khusus untuk mengurai limbah-limbah hingga tidak menimbulkan (mengurangi) bahaya terhadap lingkungan.
  7. TPS, Istilah TPS bukan Tempat Pemungutan Suara, melainkan sebagai tempat pembuangan sementara sampah. Yakni suatu lokasi yang menjadi pembuangan sementara sampah rumah tangga. Dan selanjutnya akan diangkut ulang oleh petugas sampah ke TPA.
  8. TPA, singkatan dari Tempat Pembuangan Akhir sampah. Merupakan lokasi akhir sampah. Yang menjadi tempat tumpuhan zat buangan produksi manusia.
  9. TPST, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu. Tempat ini merupakan suatu lokasi dengan desain sedemikian rupa termasuk pemilahan sampah organik dan anorganik. Maupun cair dan padat yang terpisahkan. Untuk aktifitas Reuse, Recycle berbagai jenis produk sisa termasuk yang dari rumah tangga.
  10. Marine Debris, sampah yang berasal dari daratan, bedan air yang mengalih hingga ke laut.

Jenis Sampah

Membedakan sampah satu dengan yang lainnya. Memiliki perbedaan dan karakteristik.

Terdapat beberapa jenis-jenis zat hasil sisa produksi yang kita secara fasih melafalkannya dengan nama sampah, tersebut dalam beberapa pembagian.

Berdasarkaan Sifat

Secara umum berdasarkan sifatnya sampah dapat kita dibedakan menjadi tiga, yakni :

  1. Sampah organik,
  2. Sampah anorganik dan
  3. B3 atau singkatan dari Bahan Berbahaya Beracun. Merupakan jenis sampah yang selain merusak lingkungan juga mengancam kelangsungan hidup organisme hingga manusia.

Berdasarkan Bentuknya

Pembagian sampah berdasarkan bentuknya terdiri dari :

  1. Padat,
  2. Gas dan
  3. Cair.

Pembelajaran fisika, biologi waktu SMA sangat jelas memberikan kita pengertian dengan definisi dan bentuk zat. Sehingga kita dengan mudah membedakan ketiganya.

Berdasarkan Sumber

Sementara berdasarkan sumbernya maka terdiri dari sampah:

  1. Industri, Dalam skala besar maupun kecil
  2. Konsumsi, Jenis sampah sisa konsumsi mahluk hidup, seperti sisa daun dari pakan ternak atau kulit udang sisa makanan manusia. Lazimnya kita kenal sebagai sampah rumah tangga.
  3. Manusia, Sampah jenis ini berasal dari tubuh manusia, berupa kotoran, maupun potongan rambut atau kuku.
  4. Pertambangan, sejenis sampah dari hasil tambang, misalnya pertambangan pasir, emas dan sebagainya.
  5. Alam, Sampah yang berasal dari alam. Tidak pernah berbahaya sepenjang sampah tersebut merupakan produksi alam tanpa rekayasa manusia.
  6. Nuklir, merupakan sampah yang paling berbahasa dari semua jenis sampah. Sebab keadaannya adalah mengancam kelangsungan manusia.

Berdasarkan Warna Tempat Sampah

Ada biasanya kita temukan tempat sampah berwarna warni, nah berikut pembagian sampah berdasarkan warna tempat sampah:

  1. Hijau, berisi sampah organik
  2. Kuning, berisi sampah anorganik (tidak berbahaya bagi kesehatan)
  3. Merah, memiliki isi sampah anorganik yang mengancam nyawa manusia (mahluk hidup lainnya).
Jenis Pembagian Sampah Berdasarkan Warna Tempat Sampah

Baca juga beritaku: naskah pidato singkat tentang sampah

Proses Reuse Dan Recycle Sampah Rumah Tangga

Setelah mengetahui pengertian, jenis dan bentuk sampah, maka kita akan bertanya, bisakah sampah kita lakukan olah ulang?

Tidak semua sampah mampu kita kendalikan dengan cara mendaur ulang. Terutama sampah tambang dan nuklir membutuhkan penanganan khusus. Akan tetapi sampah jenis sampah rumah tangga. Karena tekstur dan bentuknya maka kebanyakan masih bisa untuk kita lakukan pengelolaan ulang.

Sebelum itu kita mengenal istilah daur ulang sampah, sebagaimana ini penjelasan dari pembahasan sebelumnya. Adapun istilah yang sangat kental dengan proses pendauran ulang sampah, terdiri dari 3 macam, yakni:

  1. Reduce, upaya untuk mengurangi sampah dengan tidak menggunakan bahan sekali pakai.
  2. Reuse, menggunakan kembali, untuk keperluan yang sama atau keperluan lain. Misalnya botol plastik untuk kita isi ulang air, atau kita pergunakan sebagai pot menyimpan bunga.
  3. Recycle, istilah yang memiliki arti sama daur ulang.

Jenis Sampah Rumah Tangga Reuse

Setelah kita memahami penjelasaan pengertian daur dan definisi sampah adalah upaya untuk menggunakan ulang. Maka selanjutnya kita akan menjelas tentang kegiatan berbentuk Reuse.

Lebih awal kita mengkanalisasi daripada jenis sampah rumah tangga. Untuk memudahkan makan jenis sampah rumah tangga terbagi menjadi dua, yakni sampah organik dan anorganik.

  1. Sampah Organik Rumah Tangga, berupa sisa makanan dan sayuran. Cucian beras, cucian ikan, hingga bagian dalam dari ikan yang terbuang saat membersihkannya.
  2. Sampah Anorganik Rumah Tangga, air cucian pakaian, piring, plastik.

Reuse Sampah Dan Contoh Kegiatannya

Dalam rumah tangga yang menjadi jenis produk sampah ideal reuse adalah sampah organik/anorganik, seperti sayuran basi, nasi basi, dedaunan, kulit pisang, mangga dan buah-buahan lainnya, hingga sampah plastik.

Secara umum jenis sampah tersebut mudah terurai oleh tanah, bahkan memberikan efek kesuburan tanaman. Maka terdapat beberapa kegiatan Reuse yang bermanfaat.

Membuat Pupuk Urea

Biasanya kita merasa dan sangat yakin bahwa pupuk urea hanya terdapat pada pupuk buatan, pablikan. Tanpa kita sadari bahwa setiap haru dari rumah kita memproduksi urie.

Adapun jenis urea yang kami maksud dari rumah tangga sebagai sampah pengganti pupuk buatan adalah air cucian beras.

Cara membuat POC Cucian Beras

Pupuk organik cair (POC) cucian beras adalah jenis pupuk cair jenis organik yang paling mudah untuk kita produksi, dengan mengikuti langkah-langkah berikut, yakni:

  1. Takar air cucian beras sebanyak 1 liter, dan simpan pada wadah lain jika terdapat kelipatan.
  2. Tambahkan 2 sendok gula (putih atau merah).
  3. Opsional: Tambahkan EM4 atau air tape (jika ada)
  4. Tutup botol hingga rapat, simpan hingga seminggu,
  5. Setiap haru membuka tutup botol, untuk mencegah meledaknya botol akibat gas,
  6. Pada hari keenam akan tercium aroma harum seperti tape. Jika demukian maka silahkan kocorkan POC murah tersebut kepada tanaman.
Manfaat air cucian beras

Pupuk Organik Penyubur

Sampah rumah tangga yang ideal sebagai penyubur lainnya adalah kulit pisang, buah busuh dan sebagainya. Adapun cara membuat pupuk organik padat jenis ini adalah:

  1. Kumpulkan kulit buah, atau buah busuk lainnya dalam satu wadah sekira 2 kilogram,
  2. Haluskan atau remas hingga bagian-bagiannya menjadi hancur,
  3. Tambahkan gula merah atau gula pasir sebanyak 3 sendok,
  4. Ratakan gula tersebut keseluruh bagian,
  5. Tutup dengan menggunakan kain berpori, atau dengan menggunakan penutup yang belubang,
  6. Tunggu sampai 2 pekan, pupuk organik sebagai reuse sampah rumah tangga tersebut siap untuk kita aplikasikan pada tanaman. Toga, bunga dan sebagainya.

Recyle Limbah Rumah Tangga

Berbeda dengan sampah organik, maka terdapat beberapa zat buangan limbah rumah tangga yang bisa kita lakukan recycle.

Reuse limbah rumah tangga menjadi pot.

Recylce limbah rumah tangga jenis plastik, dapan kita lakukan proses daur ulang dengan cara yang lebih mudah.

Recycle dengan cara melakukan daur ulang, yakni merubah bentuk sampah plastik agar bisa terpakai ulang. Misalnya memodifikasi sampah plastik menjadi kerajinan tangan seperti pot.

Atau merubah sampah kayu menjadi miniatur bangunan ataupun kendaraan yang menarik. Inti daripada Recycle adalah melakukan secara inovatif dan kreatif pada sampah. Agar bisa kita pergunakan kembali. Cara ini kita kenal dengan Recycle (daur ulang).

Sumber:

  1. Pengertian Debris Marine
  2. Jenis Sampah
  3. Pembagian Jenis Sampah