Rasul Di Jazirah Arab, Irak dan Mesir Serta Syam
Nabi dan Rasul Berdakwah, Di Jazirah Arab, Irak, Mesir, Palestina atau Negeri Syam

Rasul Di Jazirah Arab, Siapa Saja, Kaum Dan Tempat Berdakwa

Diposting pada

Siapa saja Rasul di Jazirah Arab, Dari 25 Nabi Dan Rasul yang hukumnya wajib diketahui, bersumber 313 Nabi. Bagaimana urutan dan daftarnya. Serta siapa saja mereka manusia yang mendapat petunjuk Allah SWT tersebut?

Beritaku.Id, Kisah Islami – Daftar dari nama-nama Nabi dan Rasul, ketika membuka daftar 313 Nabi maupun 25 Nabi dan Rasul. Ada perbedaan urutan (berbeda).

Seperti Nabi Luth AS yang berada pada urutan 18 di daftar 313. Sementara di urutan 25 pada urut ke 7. Sementara Nabi Ibrahim berada pada urut ke 20, sedangkan pada urutan 25 berada pada urutan ke 6.

Namun substansi urutan bukan menjadi masalah, sebab hal itu dimungkinkan. Seperti Nabi Luth dan Nabi Ibrahim yang hampir sebaya. Sehingga proses penempatan nomor urut dalam penelusuran para ulama. Berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bagaimana definisi dari atau arti dari Nabi dan Rasul. Dalam artikel ini tidak bahas karena telah dibahas pada tulisan sebelumnya, baca saja di Rasul Dalam Islam, Pengertian Dan Kepribadian.

Namun untuk lebih mengenal lebih Nabi dan Rasul, diketahui lebih awal tempat para nabi dan rasul menjalankan perintah Allah SWT.

Siapa Saja Rasul Di Jazirah Arab?

Sang Maha Kuasa menguasai. Bumi dan Langit dengan seluruh isinya. Allah tidak membutuhkan penelusuran alamat dan peta. Dan dengan KemahaPengetahuan yang dimiliki. Mengetahui semua daerah yang akan dituju pada nabi dalam berdakwah.

Ada 5 orang Nabi dan Rasul yang di utus ke Jazirah Arab, Nabi pertama dan terakhir.

#1, Nabi Adam AS. (5872-4942 SM).

Sebagai nabi yang memiliki keistimewaan dalam menjalankan misi atau perintah Allah SWT. Khalifah dan bapaknya seluruh manusia di bumi ini. Tepatnya diturunkan di area India dan terpisah dengan istrinya bernama St Hawa.

Disaat terpisah dengan St Hawa, Nabi Adam berdoa kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Sebab dalam proses pencariannya. Dirinya melihat di Arsy, nama Muhammad tertulis. Hal ini di yakini bahwa sebelum Adam diciptakan maka terlebih dahulu Ruh Nabi Muhammad SAW disiapkan oleh Allah SWT.

#4, Nabi Hud AS (2450-2320 SM)

Tepatnya di Oman atau Yaman, Nabi Hud AS menjalankan tugas dakwah. Untuk memberikan pengajaran kepada Kaum ‘Aad. Dimana kaumnya memiliki kemampuan yang hebat.

Kaum yang sejahtera dan memiliki banya kekayaan. Kehebatannya adalah menjadikan gunung sebagai landasan untuk pembuatan rumah-rumah mereka.

Sayangnya mereka ingkar kepada Allah dan akhirnya di laknat.

Nabi Hud AS, dengan doanya yang di kabulkan Allah SWT, membuat bangunan-bangunan kaum ‘Aad hancur berantakan.

#5 Nabi Shaleh AS (2150-2080 SM)

Bertempat di Mada’in Shalih, antara Madinah dan Syria. Memiliki misi yang sama dengan Nabi Hud AS.

Firman Allah SWT Dalam Surat Al Fushshilat:

فَإِنْ أَعْرَضُوا فَقُلْ أَنْذَرْتُكُمْ صَاعِقَةً مِثْلَ صَاعِقَةِ عَادٍ وَثَمُودَ

Artinya:

Jika mereka berpaling maka katakanlah: “Aku telah memperingatkan kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum Ad dan kaum Tsamud”

Kaum Tsamud memiliki kemampuan yang sama dengan Kaum Aad yang sebelumnya di lenyapkan dengan gempa oleh Allah SWT.

Kemampuan arsitek bangunan yang mewah dan fenomenal.

Madain Saleh sebelumnya bernama Al-Hijr atau bukit berbatu, atau Hegra dalam bahasa Yunani,  sebab lokasi berada pada pegunungan atau bukit yang berbatu. Sebutan itu hingga abad ke XIV.

Suatu ketika seorang wisatawan dari Andalusia (Spanyol) memberi nama Madain Saleh. Nama dari nabi yang menyerukan kejalan Allah SWT bagi kaum Madain yang menentang sang Nabi.

#8 Nabi Ismail AS (1911-1774 SM)

Tempatnya di Mekkah sebagai tempat untuk berdakwah. Nabi Ismail yang biasa disebut sebagai Causa atau penyebab adanya air Zam-zam yang masih bisa disaksikan hingga saat ini.

Nabi Ismail merupakan anak pertama dari Nabi Ibrahim AS.

#13, Nabi Syuaib AS (1600-1490 SM)

Tempat berdakwah di Madyan (pesisir Laut Merah) dan Wafat di Yordania. Sebelumnya, kaum Madyan ini telah dihadapi oleh Nabi Luth. Namun kembali meninggalkan ajaran agama dari Rasul Allah tersebut.

Nabi Syuaib AS diutus untuk kamu Madyan. Namun mengindahkan perintah tersebut. Akhirnya diberikan petir dan gempa yang membuat mereka mati dalam rumah-rumah mereka.

Setelah itu Syuaib berdakwah di Aikah seperti Mekkah. Juga pendudukan tidak mau menerima syiar Agama. Akhirnya Allah juga melaknat kaum Aikah, sama dengan kaum Madyan sebelumnya.

#25, Nabi Muhammad SAW (570-632 M)

Lahir di Tanah Mekkah pada saat Tahun Gajah. Disebut tahun gajah, karena saat itu Gubernur Abraha dibawah kekuasaan Raja Najasi merupakan pasukan dari Negara Yaman sekarang.

Hendak menghancurkan Ka’bah di Arab Saudi sekarang, dengan pasukan gajah, serta menjarah harta benda penduduk Mekkah ketika itu. Saat-saat itulah peristiwa Lahirnya Rasul termulia yang banyak dirindukan umat Muslim seluruh dunia.

Pada umur 4 tahun tubuhnya “disterilkan” dengan air Zam-zam oleh Malaikat Jibril. Umur 40 tahun menerima wahyu dari Allah dan mendapatkan perintah berdakwah.

Karena tekanan yang terlalu tinggi di Mekkah akhirnya melakukan Hijrah ke Madinah. Dan mengembangkan Syiar Islam dimulai dari Madinah. 8 tahun kemudian kembali ke Mekkah dan menguasai Mekkah.

Dalam berbagai kisah dan sumber menyebutkan, bahwa Nabi Muhammad SAW Melakukan Syiar. Sebagai Rasul di Jazirah Arab namun juga untuk seluruh penduduk yang ada di Bumi.

Akhirnya hanya dengan kepemimpinan 23 tahun untuk Syiar Islam, akhirnya agama ini menyebar diseluruh dunia.

Peristiwa yang paling mencengangkan terjadi pada dirinya adalah Isra’ Mi’raj. Dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha di Alquds Palestina (Yerussalem). Selanjutnya menuju ke Sidratul Muntaha.

Lengkap, Baca: Berita Nabi Muhammad SAW Dengan Nuzulul Quran

Sebagai perintah untuk menjalankan atau mendirikan Sholat. Berbeda dengan Nabi dan Rasul yang lain bahwa perintah-perintah Allah SWT dengan melalui perantaraan malaikat Jibril.

Khusus Sholat, Allah SWT memanggil langsung Rasulullah untuk menghadap.

Disamping itu Rasulullah juga mengalami peristiwa yang dialami oleh Nabi Idris AS. Yakni berjalan-jalan menuju Wisata surga dan melihat Neraka.

Bedanya, Rasulullah tidak pingsan dengan kejadian tersebut. Sementara Nabi Idris, baik menyaksikan Neraka maupun Surga membuat dirinya tidak tahan.

Nabi Muhammad SAW, memiliki banyak sahabat dalam melakukan perjuangan dan penaklukan area.

Baca juga: 170 Urutan Sahabiyah dan Sahabat Nabi Muhammad SAW

Demikian Nabi dan Rasul di turunkan di Jazirah Arab. Meliputi, Mekkah, Yaman, Irak, dan Syria.

Bagikan Ke