Camat Herlang Andi Fidya Bersama Bupati Bulukumba
Camat Herlang Andi Fidya Bersama Bupati Bulukumba

Herlang Dengan Camat Baru: Andi Fidya Samad

Diposting pada

Kecamatan Herlang dengan Camat Andi Fidya Samad, merupakan salah satu kecamatan potensial di Kabupaten Bulukumba.

Nama yang indah, agak ke Belanda an, Herlang! Daerah ini mungkin bagi anda yang jauh dari Kabupaten Bulukumba. Tidak pernah berpikir bahwa posisinya berada di antara 2 Ikon penting Kabupaten Bulukumba, yakni Kajang dengan Budayanya yang kental. Serta Kecamatan lainnya adalah Bontotiro dengan sejarah penyebaran Islam di daerah selatan-selatan daripada Provinsi Sulsel, yakni Dato Tiro.

Namanya yang indah, namun harus kita ketahui bahwa penamaan Herlang berasal dari penggabungan Hero dan Langelange.

Mengenal Kec. Herlang Secara Singkat

Jika mengarah ke arah Timur, maka akan kita temui deburan ombak yang mendesir menghempas pasir dan bebatuan, ini ada pada kawasan Turungang Beru, Alorang, Dajo, Pattinoang dan Bajanga. Dari kawasan ini menghasilnya banyak ikan. Yang akan menjadi bahan pembuatan Juku Karra’ (khas kuliner nikmat daerah ini).

Setelah pantai maka kita akan menemui beberapa desa lain yang memiliki potensi perkebunan, dengan varietas tanaman jangka menengah dan panjang. Seperti Kakao. Kelapa dan lain sebagainya. Ini bisa kita temukan pada Desa/Kelurahan:

  1. Tanuntung,
  2. Bontokamase,
  3. Gunturu
  4. Singa
  5. Borong
  6. Pataro
  7. Tugondeng
  8. Karassing

Khas Kuliner Kec. Hero Langelange

Ada banyak makanan khas pada kawasan ini. memanjakan lidah dan rasamu, yakni:

Juku Karra

Juku Karra sama dengan juku tapa, jika kita mau translasi kedalam bahasa Indonesia adalah ikan asap. Dengan ikan cakalang sebagai bahan utama pembuatan jenis kuliner ini. Cara pembuatan yang sangat tradisional. Harga yang sangat bersahabat. Dan jenis ikan ini tahan hingga sepekan. Seperti tahannya cintaku kepadamu, eh.

Juku Karra Khas Herlang

Dengan cara paling mudah adalah patittili alias mencocol, dalam cuka bercampur garam dan lombok (lada) merica. Anda akan mendesis kepedisan, namun jangan salah sebab sekali mencoba makanan ini, akan membuatmu kembali mencari sebab rasanya akan terpahat dalam lidahmu.

Untuk menikmati makanan ini, maka menikahlah atau terima lamaran orang Herlang yang ramah, sebab pengantin baru biasanya akan di orientasikan ke lokasi tempat makan Juku Karra. seperti ke Dusun Saukeng Desa Singa.

Konro Ikan

Bukan hanya juku tapa yang menjadi idola pada kawasan ini, akan tetapi juga ada konro ikan. Mungkin agak asing pada telinga kami menyebut jenis makanan ini. Sebab yang familiar adalah Konro Sapi. Akan tetapi Herlang menyajikan jenis makanan konro ikan, dengan ikan cakalang sebagai bahan bakunya.

Konro Ikan Cakalang Dari Herlang

Ide pengembangan Konro Ikan ini adalah Sekcam Herlang sejak tahun 2022, yakni Andi Fidya Samad. Dan kini makanan ini sudah menjadi usaha pengembangan dengan jenis UMKM.

Juku Pallu Esa’

Jensi ikan pallu esa’ adalah kuliner dengan ikan Lajang dan Loka loka, sebagai bahan dasar dan utama pembuatannya. Jenis kuliner ini adalah dengan memasaknya. Jangan pernah mencobanya, sebab pada sebuah cerita legenda, seorang lelaki pernah mencicipi jenis ikan ini di Herlang. Dan setelah mencicipinya, ternyata lelaki ini bertanya bahwa jika yang membuat ikan ini adalah seorang gadis (belum menikah), maka izinkan saya melamarnya.

Bagaimana bisa, sajian juku pallu esa, memaneng rindu dan rasa yang dalam kepada yang pernah menikmatinya.

Golla Eja

Selain dengan khas kuliner bahan ikan, kawasan ini juga menghasil gula merah atau gula aren. Sebab pada daerah yang merupakan kawasan berbahasa Konjo ini penghasil kelapa pada tanah perkebunan penduduk yang luas.

Camat Herlang 2024

Setelah membahas mengenai beberapa makanan khas pada kawasan ini, maka selanjutnya adalah kita akan melirik siapa yang memimpin daerah dengan angin sepoinya yang indah ini?

Andi Fidya Samad

Berpenampilan gagah, tutur kata yang santun dan sangat humanis, adalah lelaki kelahiran 17 mei 1971, menjadi pengendali pada kecamatan Herlang. Melalui pelantikan pada 20 Februari 2024 oleh Bupati Bulukumba Andi Mochtar Ali Yusuf. Bertempat di gedung Pinisi Bulukumba (ikon Baru Bulukumba).

Biodata Singkat Camat Herlang

Berikut ini secara singkat Biodata Herlang yang saat ini memimpin. Bernama lengkap Andi Fidya Syamad, S,Sos, merupakan jebolan Universitas Bosowa 45 (Dulu Universitas 45). Merupakan Alumni Fakultas Sospol, rupanya mengambil jurusan tersebut sebagai upaya untuk mendalami ilmu pemerintahan dan mengimbangi pengetahuan empiris.

Pengarahan Oleh Camat Herlang

Tahun 2008, terangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dengan kinerja yang baik dan melibatkan banyak unsur dalam pemerintahannya, sehingga menduduki beberapa jabatan penting:

  1. Sekretaris Kelurahan Bontokmase
  2. Perjabat Desa Singa
  3. Kasi Kesos Kecamatan Herlang
  4. Sekcam Herlang

Dan pada 20 Januari 2024 menjadi Camat Herlang, cucu dari Camat Herlang yang pertama, dengan Ibu yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa tahun 1967 ke 1970.

Secara empiris, Andi Fidya memiliki pengalaman dalam hal pemerintahan dan juga politik. Sebab secara garis kekeluargaan dan keturunan merupakan keluarga politisi dari Zaman pra kemerdekaan RI hingga saat ini.

Pengalaman Organisasi

Semua kedewasaan dan kepemimpinan membutuhkan laboratorium pembelajaran, dan pembelajaran yang paling efektif adalah pada ruang organisasi terkontrol. Berikut beberapa organisasi tempat pengabdian Andi Fidya:

  1. Dewan Masjid Indonesia (DMI)
  2. Karang Taruna.
  3. AMPG
  4. BKPRMI.
  5. Pengurus Masjid.
  6. SENAT.
  7. Ketua UMKM Sepakbola

Program Untuk Herlang

Setelah menduduki jabatan sebagai camat, maka selanjutnya adalah mempertanyakan tentang apa program pengembangan untuk Kecamatan Herlang.

Program utama visi misi bupati.sekarang
Program awal Jumat yakni melakukan dialog dengan warga. Kemudian pada Masjid, ada kegiatan atau gerakan magrib berjamaah.

Selain itu untuk kebershan, maka mulai minggu ini dan awal Maret, sebagai program Ramadhan, demi menjaga kebersihan kecamatan ini.

Selain itu program Herlang melayani, terutama Jompo dan disabilitas dengan sistem ke rumah-rumah yang membutuhkan pelayanan. Atau masyarakat tidak harus ke kantor.

Dan masih banyak prorgram yang menjadi ide briliannya, terutama mengumpulkan para akademisi dan praktisi dari tanah Herlang untuk memberikan ide dan kontribusi pemikiran demi Herlang yang jauh lebih baik pada masa datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *