Panel Surya
Salah satu contoh Panel Surya

4 Manfaat Panel Surya serta Keunggulannya

Diposting pada

Listrik sebagai kebutuhan, dengan sumberdaya diantaranya energi Tenaga Surya atau tenaga Matahari yang ada di Bumi dengan menggunakan panel surya

BERITAKU.ID – Cahaya adalah berkas sinar untuk menerangi alam, hadirnya menjadi harap bagi mahluk bumi, dalam menjalani aktifitas keseharian mereka untuk menjawab segala tantangan hidup.

Panel surya ialah alat yang mengubah cahaya menjadi listrik, alat tersebut terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik.

Panel tenaga surya juga sering kali disebut dengan sel photovoltaic, atau bila di artikan adalah “cahaya listrik”.

Panel surya atau solar cell merupakan perangkat listrik yang mengubah energi dari cahaya menjadi listrik, fungsi sel surya adalah menangkap sinar matahari yang nantinya akan diubah menjadi tenaga listrik.

Cara kerja panel surya secara singkatnya adalah proses pengumpulan cahaya matahan, selain dikumpulkan, panas dari cahaya matahari digunakan untuk memanaskan cairan lalu uap yang dihasilkan oleh generator kemudian akan menghasilkan energi listrik.

Manfaat Panel Surya

Panel Surya ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui, oleh karena itu Go Surya akan menjelaskan sedikit manfaat dari panel tenaga surya ini bagaimana, di bawah ini akan dijelaskan beberapa poin manfaat dari panel surya itu sendiri.

1. Hemat Bahan Bakar
Manfaat yang pertama menggunakan panel tenaga surya karena memanfaatkan sinar matahari jadi sama sekali tidak menggunakan bahar bakar.

2. Individual
Pada poin kedua dari manfaat panel tenaga surya ialah Individual yang berarti berdiri sendiri, karena dapat di terapkan secara sentralisasi atau pembangkit listrik tenaga surya ditetapkan di suatu area dan dapat di distribusikan ketempat-tempat yang membutuhkan, jadi sistem tersebut tidak memerlukan jaringan distribusi

3. Dapat dipasang dimana saja
Manfaat dari panel surya yang ketiga ialah dapat dipasang dimana saja sesuai kebutuhan kita, jadi bisa dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Bersifat Moduler
Manfaat menggunakan panel tenaga surya selanjutnyta adalah bersifat moduler. Yang artinya kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan pararel.

Keunggulan Panel Tenaga Surya

Keunggulan panel surya dengan menggunakan tenaga matahari memanfaatkan energi matahari, dan matahari adalah sumber energi yang paling berlimpah di bumi.
Keunggulan Panel tenaga surya termasuk ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya, seperti karbon dioksida. Panel tenaga surya juga tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim.
Keunggulan dari tenaga surya, terbukti dengan banyak negara di dunia menawarkan insentif yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel tenaga matahari, termasuk di Indonesia memanfaatkan keunggulan ini dengan melalui GoSurya.co.id
Masa pakainya mencapai sekitar 20 tahun jadi tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masa pakainya, keunggulannya luar biasa kan?
Hemat energi, keunggulan menggunakan panel surya selanjutnya ialah anda bisa menghemat energi karena dengan masa pakainya mencapai 25-30 tahun kedepan.

5 Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia

Ada banyak keuntungan menggunakan energi matahari, dan itulah sebabnya banyak negara telah memutuskan untuk menggunakan lebih banyak energi panel energi surya daripada mengandalkan energi fosil, yang segera habis.

Tidak hanya karena energi surya jauh lebih murah, namun juga karena energi surya tidak berbahaya bagi lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi. Dibawah ini beberapa Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia:

Jerman adalah pengguna terbesar pertama di Dunia
Jerman adalah negara terbesar yang menggunakan energi surya. Negara ini sudah melakukan instalasi lebih dari 40 MW hingga 2015, dan terus berencana menambah kapasitas energi surya mereka hingga mampu mensuplai 80% kebutuhan listrik negara Jerman pada 2050.

Lokasi terbesar yang memasang sistem panel tenaga matahari terdapat di Meuro, Neuhardenberg dan Templin, dengan kapasitas kurang lebih 100 MW. Kondisi ini tidak terlepas dari subsidi pemerintah untuk pemasangan sistem solar panel melalui feed in tarif.

Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia
Sumber: wikipedia.com

Spanyol dan Energi surya
Meskipun Spanyol belum memiliki konsumsi energi surya sebesar Jerman, namun Spanyol telah membuktikan kepeduliannya terhadap penggunaan energi surya yang terus berkembang selama beberapa tahun. Spanyol pernah memimpin penggunaan energi surya di dunia, namun disusul jerman pada 2009. Hal ini dikarenakan sistem perekonomian yang memburuk, sehingga mengurangi permintaan di dalam negeri.

Sekitar 10 persen konsumsi listrik Spanyol berasal dari tenaga surya, yang lima kali lebih banyak daripada rata-rata penggunaan energi listrik dari surya di seluruh dunia.

Pertumbuhan penggunaan energi surya di Italia
Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia lainnya adalah Italia, dengan 9% konsumsi energi negara berasal dari tenaga surya. Italia mengalami pertumbuhan energi surya yang cukup pesat. Setiap dua bulan, ada banyak panel surya terpasang, dibanding yang dilakukan Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Pertumbuhan penggunaan energi surya di Italia cukup signifikan, namun turun beberapa tahun terakhir akibat perekonomian dunia yang sedikit memburuk.

Energi surya di negara matahari terbit, Jepang
Selama tahun 2009, Jepang menginvestasikan $ 9 miliar pada upaya untuk mendorong energi surya dalam negeri. Pada tahun yang sama, perdana menteri mengumumkan bahwa 32.000 sekolah-sekolah umum di Jepang akan melihat instalasi tenaga surya.

Hingga Maret 2011, dengan berkaca pada bencana tenaga nuklir dan gempa bumi di Jepang, negara matahari terbit ini telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya dengan cepat. Lebih dari 990 megawatt telah dipasang dari tahun sebelumnya.

Surya Bersinar di Amerika Serikat
Dengan biaya listrik yang meningkat, Amerika menunjukkan minat lebih dalam energi surya. Jumlah Pembangkit terpasang terus meningkat setiap tahun. California adalah negara bagian dengan aplikasi energi surya yang palingtinggi, sebesar kurang lebih 60% dari semua instalasi surya di Amerika.

Permasalahan yang muncul sekarang adalah pihak pemerintah mulai memotong subsidi untuk pembangkit listrik tenaga surya. Namun dengan semakin tingginya minat pengguna, kondisi ini mungkin bukan jadi masalah.

Indonesia dan penggunaan energi surya
Indonesia mungkin belum termasuk Negara Pengguna Energi Surya Terbesar di Dunia, namun potensi energi surya yang sedemikian besar di Indonesia dapat menjadi pendorong penggunaan energi terbarukan sebagai solusi kebutuhan energi.

Pemerintah bersama masyarakat dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi ini untuk meningkatkan rasio eletrifikasi hingga 100% di seluruh pelosok Indonesia.

Karena sifatnya yang modular dan praktis, menjadikan teknologi ini mudah untuk diaplikasikan.

Demikian manfaat dan kegunaan serta kegunaan Panel Surya dengan memanfaatkan energi matahari atau tenaga surya

Source : Janaloka.com dan gosurya.co.id

Editor : Dhilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *