Doa dari istri untuk sang suami
Doa istri untuk suami (Foto: seruni.id)

Doa Istri Untuk Suami Cinta Mati Dan Tak Selingkuh

Diposting pada

Doa istri untuk suami adalah hal yang wajar di lakukan bagi istri yang sholihah. Mendoakan kebaikan suami berarti juga mendoakan kebaikan bagi rumah tangganya. Namun ternyata, ada kondisi tertentu dimana doa itu menjadi begitu mustajab. Doa apa saja itu? Mari kita simak bersama.

Beritaku.id, Berita Islami. – Doa yang mustajab bagaikan anak panah yang melesat menembus tangga langit. Melewati ribuan malaikat penjaga, kemudian mengetuk-ngetuk arsy Nya hingga akhirnya pintu itu terbuka. Begitu pula doa yang di panjatkan oleh seorang istri sholihah untuk kebaikan suaminya.

Oleh: Ulfiana (Penulis Berita Islami)

Berdoa merupakan salah satu media bagi seorang hamba dalam mendekatkan diri dengan Tuhan. Saat seseorang berdoa, maka jarak antara ia dengan Tuhan hanya sejauh jari telunjuk dan jari tengah yang direkatkan. Artinya, begitu dekat.

Biasanya, doa tak hanya di tujukan untuk diri sendiri, melainkan untuk orang-orang yang ia kasihi. Baik itu untuk keluarga dekat, maupun yang tak terikat keluarga secara kandung.

Salah satu doa yang  paling sering di lantunkan bagi yang sudah menjalani rumah tangga adalah doa istri untuk suami.

Dalam berdoa sendiri sebenarnya tidak terbatas pada lafadz arab, melainkan bisa menggunakan bahasa yang kita pahami. Tentu, lafadz arab memiliki keutamaan terutama doa yang sesuai dengan hadist nabi.

Namun, jika tak mampu berdoa dalam lafadz arab, cukuplah berdoa dengan bahasa kita sendiri. Tentu dalam berdoa harus di lakukan dengan penuh penghayatan dan sungguh-sungguh.

Berikut ini adalah rangkuman doa-doa yang biasanya di panjatkan oleh seorang istri dalam berbagai keadaan.

Doa Istri Untuk Suami

Doa istri untuk suami
Doa dari istri untuk suami (Foto: dream.co.id)

Sebagai seorang istri yang baik, tentu kita semua ingin agar Allah memberikan kebaikan untuk suami. Agar, jalannya rumah tangga bisa selalu dalam kondisi yang sakinah mawadah wa rahmah.

Ada banyak doa yang bisa seorang istri panjatkan. Baik itu untuk sang suami maupun kebaikan yang berhubungan antara suami dan istri. Berikut daftar lengkapnya.

1.       Doa agar suami mendapat kebaikan.

Wahai Allah. Berilah suami hamba sebuah balasan yang baik di sisimu atas semua kebaikan serta kesabarannya membimbing hamba. Limpahkanlah kasih sayang Mu kepadanya. Serta, jadikanlah ia pemimpin keluarga hamba yang selalu Engkau tuntun langkahnya.

2.       Doa agar suami menjadi sahabat dunia akhirat.

Wahai Allah, berikanlah kepada hamba suami terbaik yang Engkau ridhoi. Ia yang menjadi sahabat hamba baik di dunia maupun di akhirat. Juga, yang selalu membimbing hamba dalam urusan dunia maupun akhirat.

3.       Tentang rezeki yang baik

Wahai Allah, berikanlah keberkahan pada apa yang di peroleh oleh suami hamba. Semoga rezeki tersebut membawa hamba dan anak-anak hamba mendapat kebaikannya baik di dunia maupun di akhirat.

4.       Meminta rezeki yang halal

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya:

Ya Allah. Sungguh aku meminta kepada Engkau ilmu yang bermanfaat. Rezeki yang halal. Serta, amal yang di terima.

5.       Doa untuk memohon keberkahan bagi suami dan istri

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَاِلي(لَنَا) وَوَلَدِي (نَا) وَبَارِكْ لي (لَنَا) فِيهِ

Artinya:

Wahai Allah, perbanyak lah harta serta anakku. Kemudian, berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepada ku.

Doa Istri yang Disakiti

Ketika menjalani biduk rumah tangga, sepasang suami istri bagaikan dua buah gelas yang saling di rekatkan. Tentu kadang tak sengaja bergesekan yang menimbulkan bunyi denting.

Baik itu bunyi yang paling pelan, maupun yang paling bersisik. Baik yang menimbulkan retakan kecil maupun yang menimbulkan retakan besar. Bahkan, ada pula yang sampai pecah.

Baca juga beritaku: Amalan Doa Berjima Agar Istri Selalu Ingin Berjima Dengan Suami

Pun kondisi rumah tangga. Ada kalanya, tak sesuai harapan dan ada pihak yang merasa tersakiti. Baik dari suami maupun dari istri. Kadang tanpa sadar tindakan kecil bisa menyakiti pasangannya. Apalagi kesalahan besar.

Namun, bagi pihak yang tersakiti, akan lebih baik jika tak menyimpan dendam. Apalagi berniat membalasnya.

Sering kita mendengar bahwa doa seseorang yang terdzolimi begitu mustajab. Meskipun yang mendzoliminya adalah suaminya sendiri. Namun, alangkah lebih baik jika doa yang di panjatkan itu adalah doa untuk kebaikan dirinya serta keluarganya.

Bukan doa untuk keburukan orang yang menyakitinya.

Sebab, jika saat tersebut doa begitu mustajab, maka menggunakan kesempatan untuk kebaikan diri sendiri tentu jauh lebih menguntungkan. Daripada untuk melihat orang lain menderita.

Berikut ini adalah doa yang bisa di panjatkan seorang istri yang di sakiti oleh suaminya.

للهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Artinya:

Wahai Allah, berilah kepadaku pahala atas musibah yang menimpaku. Serta, berilah ganti kepada ku dengan suatu yang jauh lebih baik darinya.

Saat Istri Melahirkan

Ketika akan melahirkan tentu perasaan seorang istri sangat berkecamuk. Membayangkan ia akan menjalani kehidupan baru sebagai seorang ibu.

Namun, ia juga tau bahwa melahirkan adalah pertaruhan antara hidup dan mati.

Bayaran yang begitu besar, atas amanah yang nantinya akan membuatnya bersyukur luar biasa.

Saat akan menjelang kelahiran, seorang istri bisa menguatkan langkahnya dengan berdoa. Berikut ini adalah doa yang bisa sang istri ucapkan berdasarkan apa yang Rasulullah ajarkan.

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السموات ورب الأرض رب العرش الكريم. يا حي يا قيوم ، برحمتك أستغيث

Artinya:

Tiada tuhan melainkan Allah yang Maha Agung serta Maha Santun. Tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan arsy yang megah. Tiada Tuhan kecuali Allah, Tuhan langit, bumi serta arsy yang mulia. Wahai Tuhan yang Maha Hidup lagi Maha Menjaga. Hanya kasih sayang dari Mu lah yang aku harapkan.

Selain doa tersebut, terdapat pula doa yang bisa di panjatkan oleh orang-orang yang mendampingi sang ibu yang akan melahirkan. Doa tersebut bersumber dari hadist nabi saat fatimah akan melahirkan.

Berikut adalah doa yang bisa di baca yaitu:

– Ayat Kursi, yaitu Surat Al Baqarah Ayat 225.

– Surat Al A’raf Ayat 54.

– Membaca Surat Al Falaq

– Surat An Nas.

Istri yang Di Zalimi

Ada banyak hal yang terjadi di rumah tangga. Jika seorang istri di dzalimi oleh sang suami, maka pastilah itu momen yang sangat berat untuknya. Terdapat sebuah doa yang bisa ia lafalkan ketika suaminya mendzoliminya.

Berikut merupakan doanya.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya:

Aku menitipkan agama mu, amanah mu serta perbuatan terakhir mu kepada Allah.

Lantunan doa ini memang sangat sederhana. Namun, sebenarnya di balik semua itu terdapat begitu banyak makna. Doa tersebut menunjukkan kepasrahan yang tinggi kepada Allah SWT.

Serta, mengandung ketawadhuan terhadap ketentuan Allah. Artinya, sang istri telah mengikhlaskan apapun yang menimpanya. Termasuk, yang telah maupun yang akan terjadi pada suaminya.

Serta, ia yakin Allah pasti akan memberikan balasan terbaik untuk suami yang telah mendzoliminya tersebut.

Doa Istri yang Dikhianati

Hati seorang istri yang di khianati oleh suaminya tentu merasa begitu sakit. Sebab, kebahagiaan rumah tangganya berada di ujung tanduk.

Bagaimana ia bisa menjalani rumah tangga yang penuh dengan retakan luka?

Itu sebabnya, bagi seorang istri yang telah di khianati suaminya semoga Allah menguatkannya. Serta, berikut terdapat doa yang bisa menjadi salah satu referensi doa dalam sujudnya.

Wahai Allah, sesungguhnya hamba Mu tengah berduka. Ya Allah berikanlah ketabahan, kekuatan serta kebahagiaan yang melimpah.

Berikanlah pahala yang berlipat atas semua rasa sakit yang di pendam. Serta, atas semua rasa sakit yang tersembunyi. Semoga, kebahagiaan yang Allah berikan mampu untuk membuat semua rasa sakit itu terlupakan.”

Baca Juga Beritaku: Doa Shalat Tahajud

Doa Istri Hamil

Doa untuk ibu hamil (Foto: orami.co.id)

Ketika hamil, seorang istri perlu membaca doa untuk memohon Allah melindunginya serta calon bayinya tersebut. Diantaranya adalah membaca dzikir baik dzikir pagi petang maupun dizikir yang lain.

Contoh doa dzikirnya adalah:

Subhanallah wa bihamdihi illa ila haillallah hu wallahu akbar

Juga dzikir:

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim

Selain itu, seorang istri juga di anjurkan untuk sering membaca Al Quran. Agar, calon bayinya tersebut telah terbiasa dengan bacaan al quran sejak dalam kandungan.

Ketika seorang istri telah merutinkan bacaan dzikir serta Al qurannya, ia bisa membarenginya dengan doa-doa. Berikut doa yang bisa di baca oleh istri:

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء

Artinya:

Wahai Tuhan ku. Berikanlah aku dari sisi Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

Artinya:

Wahai Tuhan kami. Anugerahkan lah kepada kami pasangan pasangan kami serta keturunan kami sebagai penyenang hati kami. Serta, jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Apakah Doa Istri Untuk Suami Dikabulkan

Muncul sebuah pertanyaan, apakah doa dari istri untuk sumai akan di kabulkan oleh Allah?

Jawabannya adalah, mengapa tidak?

Sesungguhnya doa seorang istri adalah salah satu doa yang mustajab diantara doa yang lain. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa doa istri akan membawa keajaiban bagi kehidupan rumah tangganya menjadi lebih bahagia.

Dalam riwayat sebuah hadist Ahmad, Rasulullah pernah bersabda mengenai hal ini.

Sesungguhnya doa yang di kabulkan segera adalah doa dari seorang istri terhadap suaminya yang tidak berada di tempat yang sama. Atau, mereka berada di lain tempat dan berjauhan.

Artinya, istri memegang peranan penting dalam tercapainya sakinah mawaddah wa rahmah di dalam kehidupan rumah tangga.

Seorang istri yang sholihah bahkan bisa mendatangkan rahmat Allah ketika ia berdoa penuh keikhlasan untuk suaminya.

Jika dalam kondisi normal saja, doa seorang istri begitu mustajab, apalagi jika ia tersakit. Tentu kita sering mendengar bahwa Allah bersama dengan doa orang-orang yang lemah lagi terdzolimi.

Jika seorang istri berada dalam kondisi demikian, ibarat kata, doanya dua kali lipat menembus langit.

Itu sebabnya, seorang istri juga perlu menjaga lisannya dalam berdoa. Agar, apa yang keluar dari mulutnya adalah sesuatu yang membawa kebaikan untuknya serta keluarganya.

Doa Agar Suami Tergila-Gila Pada Istri

Jika suami maupun istri sibuk pada urusan masing-masing adakalanya jalinan rumah tangga terasa kaku.

Itu sebabnya perlu memanjatkan doa untuk merekatkan hati di antara keduanya. Berikut ini terdapat sebuah doa yang berhasil terangkum untuk membuat sang suami semakin mencintai istrinya.

Doa tersebut adalah:

Allaahummaj ‘alni mah buuban ‘inda zaujii bi rohmatika yaa arhamar raa himiin.

Artinya:

Wahai Allah.. Jadikanlah aku orang yang di cintai oleh suamiku. Dengan rahmat mu wahai dzat yang maha penyayang diantara yang penyayang.

Akhirnya, demikianlah kumpulan doa-doa yang bisa di panjatkan oleh istri. Semoga bisa memberi banyak manfaat. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

Sumber:

Saintif, popbela, al-fikry, wolipop.detik, kumparan.com, cahaya-religi, trimelive.

Bagikan Ke