Bentuk dari organisasi terbaru pada tahun 2020
Organisasi 2020 (Foto: ringcentral.com)

Berbagai Jenis dan 5 Bentuk Organisasi Terbaru 2020

Diposting pada

Berbagai bentuk dan Jenis Organisasi yang terbaru tahun 2020, perbedaan dan pembagiannya.

Beritaku.Id, Pendidikan – Sebelum mengurai tentang macam-macam dari jenis dan bentuk organisasi maka lebih awal kita harus memahami apa arti kata jenis dan bentuk itu sendiri.

Maka Untuk menghindarkan diri, dari kebingungan tentang perbedaan dari Jenis organisasi dan Bentuk Organisasi itu sendiri.

Pengertian jenis dan bentuk berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

jenis/je·nis/ n 1 yang mempunyai ciri (sifat, keturunan, dan sebagainya) yang khusus; macam:  3 Bio satuan dasar klasifikasi biologi, terdiri atas gabungan populasi yang di perkirakan dapat saling mengawini dengan bebas dan dapat di kenal cirinya secara morfologi 4 Ling klasifikasi kata yang kadang-kadang bersangkutan dengan kelamin, kadang-kadang tidak; gender;

Bentuk 1 lengkung; lentur: — taji; — kuku; — busur; 2 bangun; gambaran: benarkah setan itu — nya seperti manusia?; 3 rupa; wujud: — rumah adat Palembang hampir sama dengan rumah adat di Jawa Tengah; 4 sistem; susunan (pemerintahan, perserikatan, dan sebagainya): — pemerintahan negara itu adalah republik; 5 wujud yang di tampilkan (tampak): menolak penjajahan dalam segala — nya; 6 acuan atau susunan kalimat: — tunggal; — (kalimat) pasif; 7 kata penggolong bagi benda yang berkeluk (cincin, gelang, dan sebagainya)

Jenis lebih kepada sesuatu yang mempunyai ciri, sementara bentuk lebih kepada gambaran atau bangun.

Sebagaimana Jenis mengarah kepada sifat atau keturunan yang khusus atau spesifik, sementara bentuk mengarah kepada formasi atau susunan.

Jenis Organisasi

Berikut beberapa jenis organisasi:Jenis Organisasi berdasarkan kekhususan anggota :

  1. Organisasi Pemerintahan,
  2. Organisasi Sosial,
  3. Lembaga atau organisasi Kemasyarakatan,
  4. Wadah Kepemudaan, dan
  5. Organisasi Perusahaan

Kelima organisasi tersebut akan kita uraikan sebahai berikut:

Organisasi Pemerintahan

Sebagaimana, Organisasi pemerintahan adalah organisasi dengan struktur organisasi seperti dinas-dinas dalam pemerintahan hingga ke unit kerja organisasi pemerintahan daerah.

Organisasi Sosial

Hal ini, Organisasi sosial adalah organisasi bersifat volunter atau relawan atau pelayanan sosial, Contoh: Yayasan. Untuk memberikan pelayanan kepada anggota.

Organisasi Kemasyarakatan

Selanjutnya, Organisasi kemasyarakatan adalah organisasi tempat berhimpun masyarakat secara heterogen, Contoh: Pemuda Pancasila, atau Forum Komunikasi Putera Puteri Polisi

Organisasi Kepemudaan

Ini adalah Organisasi kepemudaan merupakan organisasi yang di mana berhimpun orang dengan usia remaja dan dewasa muda, Contoh: Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Menyelenggarakan kegiatan kepemudaan, pengkaderan sampai hingga manajemen kegiatan.

Organisasi Perusahaan

Selanjutnya, Organisasi perusahaan adalah organisasi yang di dalamnya adalah kegiatan usaha baik barang maupun jasa, Contoh: Perusahaan/Toko dan sebagainya.

Mengenal Berbagai Bentuk dan Jenis Organisasi
Ilustrasi: Mengenal Berbagai Karakter Bawahan Merupakan Hal Penting YanG Dimiliki Oleh Seorang Atasan

Bentuk Organisasi Terbaru

Adpaun, Bentuk organisasi Terbaru, dalam hal ini update untuk tahun 2020, tergambarkan dengan bagan atau denah organisasi.

Yang biasa di buat dalam suatu organisasi untuk memberikan gambaran, tentang bagaimana formasi organisasi tersebut.

Bentuk organisasi Terbaru berdasarkan pengambil kebijakan (power)

Adapun, Pengambil kebijakan organisasi berdasarkan jumlah orang, sebagaimana kekuatan yang di miliki dalam setiap keputusan atau kebijakan yang di ambil:

Bentuk Tunggal atau Multak

Tunggal maksudnya adalah satu orang sebagai pengambil kebijakan di posisi pertama (top manager) adalah pimpinan tertinggi.

Dan mutlak maksudnya semua kebijakan atau keputusan yang di ambil tidak bisa diganggu gugat oleh bawahan atau anggota yang ada di bawahnya.

Bentuk seperti ini biasanya pada organisasi perusahaan milik pribadi atau keluarga, dimana pemiliki memiliki kewenangan mutlak.

Contoh: Pimpinan usaha sebuah toko

Bentuk Dewan Atau Sharing

Bentuk dewan atau sharing adalah dimana pengambilan kebijakan melibatkan seluruh pimpinan atau dewan pimpinan, maka sharing maksudnya adalah berbagi kekuasaan dengan beberapa orang.

Sehingga pada top manager terdiri dari beberapa orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Contoh: Organisasi Partai Politik

Format Organisasi Terbaru berdasarkan jalur koordinasi

Berbagai Jenis Dan Bentuk Organisasi Yang terbaru Tahun 2020
Berbagai Jenis dan Bentuk Organisasi, Berfungsi untuk pembagian tugas para Anggota atau Pengurus

Berdasarkan jalur hubungan antara bawahan ke atasan atau antar personal dalam organisasi, hingga dibagi menjadi beberapa bentuk:

Bentuk Formal

Bentuk Formal organisasi masukdnya adalah berwujud resmi sebuah organisasi, hal ini pada organisasi pemerintahan dan organisasi memiliki badan hukum.

Maka organisasi formal tersebut, dalam hal koordinasi satu sama lain, memiliki kelengkapan admistrasi yang baku. Prosedur hubungan antara satu dengan yang lain.

Ciri-cirinya adalah organisasi formal memiliki kop surat khusus, stempel, dan pakaian seragam. Serta pengaturan jadwal pertemuan tertentu dengan formal (menggunakan surat bernomor)

Contoh: Organisasi berbentuk Yayasan

Bentuk Informal

Selanjutnya, Bentuk informal organisasi maksudnya organisasi sekedar tempat berkumpul, dan dalam hal komunikasi diantara mereka tidak membutuhkan persuratan atau kebutuhan administrasi khusus.

Tanpa bendera, stempel dan logo organisasi, atau tidak membutuhkan badan hukum, sekedar untuk berkumpul.

Contoh: Organisasi perkumpulan angkatan alumni.

Bentuk organisasi berdasarkan tujuan

Adapun, Bentuk organisasi berdasarkan tujuan adalah terdiri dari:

Bentuk organisasi profit

Berikut, Bentuk organisasi profit maksudnya adalah organisasi dibentuk untuk mencari keuntungan bersama, atau organisasi yang dibuat oleh pemodal untuk mencari keuntungan, dan membayar oranglain untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Contoh: Organisasi pendirian Perusahaan berupa CV, PT dan sebagainya

Bentuk organisasi non profit

Bentuk organisasi nonprofit maksudnya organisasi dibentuk bukan untuk mencari keuntunga, tapi lebih kepada kegiatan sosial atau kamasyarakatan.

Contoh: Organisasi kemasyarakatan.

Bentuk organisasi berdasarkan pelayanan dan profesi

Bentuk organisasi pelayanan dan profesi maksudnya adalah organisasi yang didalamnya hanya berkumpul satu profesi atau pekerjaan

Contoh organisasi pelayananan: Puskesmas, Klinik, Pelayanan Dinas Kependukan dan Catatan Sipil

Contoh Organisasi Profesi:Organisasi Profesi Guru, Organisasi Profesi Dokter, Organisasi Profesi Perawat, Bidan dan sebagainya.

Bentuk organisasi berdasarkan orientasi tugas

Ada juga Bentuk organisasi yang berorientasi pada tugas adalah :

Bentuk Ekonomi

Organisasi berbentuk usaha lebih mengarah pada kegiatan ekonomi, yang meliputi organisasi produksi, distribusi, penjualan atau organisasi usaha pelayanan jasa.

Contoh: Organisasi perusahaan konstruksi bangunan

Bentuk Politik

Organisasi berbentuk politik, adalah organisasi dengan kegiatan politik, baik berbentuk partai politik maupun organisasi pemenangan kandidat atau calon.

Contoh: Organisasi tim sukses pemilihan kepada daerah

Bentuk Pendidikan

Organisasi berbentuk pendidikan adalah organisasi dengan usaha pendidikan untuk mencerdaskan bangsa dan peserta didik.

Contoh: Organisasi Yayasan

Bentuk Sosial

Organisasi bentuk sosial lebih kepada usaha untuk melakukan pelayanan sosial kepada masyarakat.

Contoh: Organisasi kemasyarakatan

Berbagai Struktur Organisasi

Selanjutnya, dalam hal pengambilan keputusan/kebijakan serta Jalur koordinasi organisasi diatur dengan bentuk denah atau bagan, yang tergambar dengan bagan struktur organisasi.

Struktur organisasi menjadi miniatur dari bentuk sebuah organisasi, jika bentuk organisasi lebih kepada pelayanan dan bersifat luas.

Maka bagan atau struktur organisasi lebih memberikan gambaran suatu susunan organisasi untuk mendapatkan bayangan lengkap secara simpel.

Demikian Artikel tentang bentuk organisasi terbaru 2020, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *