dzikir ampuh setelah tahajud

Dzikir Ampuh Setelah Tahajud Dan Magrib: Doa Untuk Mensucikan Diri

Diposting pada

Dzikir ampuh setelah tahajud tidak hanya untuk mensucikan diri namun juga banyak manfaat lainnya. Bahkan terdapat doa pula di dalamnya yang bisa dilafadzkan setelah sholat maghrib.

Beritaku.Id – Berita Islami. Dan berdzikirlah kalian dengan menyebut nama Tuhan Kalian. Perbanyaklah amal sholeh. Sesungguhnya Allah adalah sebagaimana prasangka hamba Nya.

Oleh Tika (penulis Berita Islami)


Jenis Dzikir Yang Ampuh Setelah Melakukan Sholat Tahajjud

dzikir setelah tahajud
Doa dan dzikir setelah tahajud (Freepik.com)

Sholat Tahajud merupakan sholat malam yang dilakukan usai bangun tidur. Manfaat sholat ini begitu banyak. Tidak heran jika agama Islam menganjurkannya dan memberikan keistimewaan atasnya.

Sholat Tahajud memang dapat menaikkan harkat martabat manusia di hadapan Allah. Allah sangat mengistimewakan sholat malam ini karena sebagai sarana komunikasi antara Allah dan hambaNya.

Jika kita merasa gundah gulana dan dilanda kesedihan, cobalah untuk sholat Tahajud. Ini merupakan langkah awal bermeditasi dengan diri sendiri. Selain bermanfaat bagi ketenangan hati dan pikiran, manfaat lainnya adalah:

  1. Mencegah gagal ginjal
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
  3. Menjaga kesehatan pernapasan
  4. Mencegah hipertensi dan hipotensi
  5. Kemoterapi tanpa adanya efek samping
  6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit-penyakit tersebut erat kaitannya dengan tingkat stress yang tinggi serta pola hidup yang tidak baik. Melalui dzikir selepas sholat, maka hal itu akan menenangkan qolbu dan tentu saja menyucikan diri dari dosa.

Dzikir ampuh setelah tahajud
Dzikir ampuh setelah tahajud (sumber: Madani.com)

Dzikir yang tepat adalah dengan memohon ampunan yang banyak serta memuji kebesaran Allah. Mengingat sholat ini juga memiliki tujuan untuk berkeluh kesah dan memohon pada Allah, maka pastikan hati telah suci.


Bacaan Dzikir Setelah Tahajjud

Salah satu dzikir setelah Tahajud (Nu Online)

Jenis dzikir yang dapat diamalkan selepas sholat Tahajud adalah dengan membaca Istighfar. Astaghfirullaahal ‘adziim. Mohonlah ampunan sebanyak-banyaknya agar hati menjadi lapang dan jiwa menjadi tenang.

Barulah setelah itu melanjutkannya dengan membaca Alhamdulillah sebanyak yang kita inginkan. Biasantya adalah sejumlah 33x. Lanjutkan dengan memuji Allah dengan kalimat Subhaanallah.

Membaca Allahu Akbar sebanyak 33x. Kemudian membaca sholawat nabi. Jenis sholawat ini boleh pendek dan boleh juga panjang. Allaahumma Sholli ‘alaa Muhammad. Itu saja cukup.

namun boleh juga membaca sholawat Nariyah ataupun Ibrahimiyah. Intinya adalah mendoakan nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Setelah semua pujian bagi Allah selesai, bacalah surat An Naas satu kali, Al Falaq satu kali, dan Al Ikhlas sebanyak 1x. Tutup dengan membaca Al Fatihah.

Hubungan Dzikir Dan Keampuhan Mensucikan Jiwa Setelah Tahajjud

Tahajud dan penucian hati (Freepik.com)

Dzikir ampuh setelah tahajud tentu terkait dengan hal-hal yang menyucikan jiwa. Sangat penting untuk melakukan penyucian jiwa sebelum akhirnya memohon pada Allah.

Adanya jiwa yang kotor bertabur dosa hanya akan menghambat doa untuk sampai pada Yang Maha Kuasa. Inilah pentingnya membersihkan jiwa tersebut.

Dzikir adalah mengingat Allah maupun menyebutNya. Kalimat-kalimat dalam dzikir jika diartikan secara langsung merupakan sebuah bentuk permohonan ampun dan pujian pada Allah.

Harapannya ketika kita selalu menyebut nama Tuhan, maka hati menjadi lebih baik. Dengan memohon ampunanNya maka hati menjadi bersih, Begitulah kiranya apa yang terkandung dalam sebuah dzikir.

Suasana yang sunyi membuat pikiran menjadi tenang. Dalam ilmu psikologi, dalam jiwa yang tenang maka akan memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Seperti itulah kurang lebih korelasinya antara dzikir dengan pembersihan jiwa serta jiwa yang bersih dengan kehidupan sehari-hari.

Kita menjadi lebih fokus menatap masa depan dan tidak terjerumus dalam hal-hal yang berbau negatif. Adapun manfaat dzikir selain menyucikan jiwa adalah:

a. Menaikkan derajat manusia

Manusia itu tidak selalu harus kaya. Menjadi orang yang disegani serta memiliki nilai di masyarakat juga menjadi sesuatu yang penting.

Menjadi orang yang memiliki kedudukan dan mulia adalah jaminan bagi siapapun yang gemar berdzikir.

b. Mudah segala urusan

Inilah hal yang penting dalam hidup. Ketika semua urusan menjadi mudah, hidup akan menjadi lebih baik.

c. Mendapatkan jalan keluar atas bantuan Allah

Sesunguhnya Allah itu dekat dengan hambaNya. Dengan berdzikir kita akan merasakan kedekatan itu. Dengan demikian, apapun permasalahan kita, kita seolah tidaklah sendirian.

Allah akan membantu kita entah melalui tangan-tangan manusia lainnya maupun langsung dari Allah sendiri.

d. Terlindung dari dosa

Dengan kerap berdzikir dan menghadirkan Allah dalam kehidupan sehari-hari, in syaa Alalh kita akan terhindar dari dosa baik kecil maupun besar. Allah melindungi kita. Demikianlah keutamaan dzikir.

Hubungan antara dzikir untuk menyucikan jiwa ternyata erat kaitannya. Dengan menghadirkan Allah dalam hati dan kehidupan sehari-hari maka disitulah sebenarnya kita sedang membersihkan jiwa.

Sholat Tahajud juga membantu manusia menjadi hamba yang sholih. Sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an.


Doa Lain Untuk Melakukan Pensucian Diri Dari Noda

Banyak cara untuk menyucikan diri dari dosa dan noda. Noda dalam hal ini adalah dosa yang sulit hilang, contohnya adalah berzina.

Ingatlah sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Allah juga Maha Pengampun. Untuk itulah tidak baik jika kita berputus asa dalam memohon ampunanNya.

Dzikir ampuh setelah tahajud dapat menjadi pertimbangan untuk melakukan penyucian diri. Namun selain melalui tahajud dan dzikir, cara lainnya adalah dengan sholat Taubat.

Adapun doa yang dapat membantu menyucikan diri selain dzikir memohon ampun adalah:

Allaahumma baa’id baini wabaina khoto yaa ya kamaa baa ‘adta bainal masyriqi wal maghrib.

Allaahumma maqqinii min khoto yaa ya kamaa yunaqqossaubul abyadhu minaddanas.

Artinya: Ya Allah, mohon sucikan hatiku dari dosa dan segala kesalahan. Bersihkan diriku sebagaimana bersihnya kain putih dari adanya kotoran. Sucikan hatiku dengan air salju yang dingin.

Selain itu lanjutkan dengan sholat Taubat agar lebih mantap dalam menyucikan hati.


Jenis Bacaan Setelah Sholat Magrib

sholat Maghrib
Sholat Maghrib (Freepik.com)

Sholat Maghrib adalah salah satu sholat wajib yang berjumlah tiga rakaat. Pengerjaannya adalah ketika matahari akan tenggelam atau peralihan antara siang dan malam.

Rasulullah bersabda mengenai doa-doa yang terkabulkan. Mereka adalah doa di sepertiga malam dan di waktu-waktu usainya sholat fardhu.

Waktu tersebut adalah salah satunya waktu maghrib. Sebelum memanjatkan doa, hendaknya berdzikir terlebih dulu. Adapun yang harus dibaca antara lain:

Astaghfirullaahal’adziim.

Dzikir yang satu ini boleh dengan versi panjang maupun pendek.

Astaghfirullaahal’adziim. Alladzii laa ilaa ha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaiih.

Versi panjang sebanyak 3x dan versi pendek sebanyak 33x.

Lanjut dengan membaca Subhaanallaah 33x, alhamdulillaah 33x, dan Allahu Akbar 33x.

Itu adalah dzikir yang umum. Namun jika ingin dzikir yang lebih baik pahalanya, maka setelah maghrib boleh membaca almatsurat.

Di dalam Almatsurat, terkandung berbagai doa dan dzikir tuntunan Rasulullah. Mulai dari sholawat, potongan ayat Al Qur’an mencakup Al Baqoroh, serta surat-surat pendek.

Kegunaan Dzikir setelah sholat Magrib

Waktu maghrib adalah waktu yang sarat akan turunnya bangsa jin ke bumi. Pintu peralihan antar dunia seolah terbuka.

Tidak heran jika ahli sihir menggunakan waktu ini dan waktu shubuh untuk menyerang targetnya. Sehingga fungsi dzikir menjadi lebih dari sekedar mengingat Allah.

Manfaat dzikir maghrib adalah:

a. Menenangkan hati
b. Menolak bala
c. Melindungi diri dari godaan syetan
d. Melancarkan urusan
e. Menambah kedekatan dengan Allah
f. Menghilangkan rasa gelisah

Sebaiknya kita telaah lebih dulu ada apa dengan waktu maghrib.

Apa Sunnah di Waktu Maghrib?

rasulullah mengungkapkan bahwa terdapat beberapa sunnah di waktu maghrib. Sunnah untuk memasukkan anak-anak saat maghrib tiba.

Termasuk sunnah juga menutup pintu di awal waktu maghrib. Tidak lupa sambil menyebut nama Allah. Kedua bentuk sunnah ini adalah upaya menahan diri dari jin.

Godaan jin dan setan kerap muncul di waktu maghrib terutama melekat pada anak-anak. Sebagaimana hadist Nabi yang kemudian dikutip oleh Jabir bin Abdillah.

Ketika memasuki waktu sore maka sebaiknya menahan anak-anak kalian. Sebabnya adalah setan berkeliaran di waktu itu.

Apabila telah lewat dari awal malam, maka boleh untuk melepaskan anak-anak tersebut. Jangan tinggalkan untuk menutup pintu dengan nama Allah.

Sebabnya adalah setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.

Selain itu, dalam hadist riwayat muslim no 2013 menyebutkan untuk tidak melepaskan hewan-hewan ternak serta anak-anak ketika matahari terbenam.

Hal ini berlaku sampai awal isya. Sesungguhnya setan berkeliaran diantara waktu terbenamnya matahari hingga awal isya berlalu.

Maksudnya adalah bangsa setan atau gangguan setan pada waktu tersebut karena bangsa mereka sedang banyak-banyaknya di waktu itu.

Sedangkan maksud dari hewan ternak menurut para ulama adalah hewan yang menyebar seperti unta dan kambing.

Mengapa kemudian setelah lewat awal isya boleh melepaskan kembali anak-anak? Hal itu karena sesungguhnya para setan sudah menemukan tempat untuk menginap.

Ibnu Hajar Rahimahullah menyebutkan bahwa setan berkeliaran bukan pada siang hari. hal itu karena kegelapan malam akan lebih mengumpulkan kekuatan setan.

Demikian pula halnya dengan sesuatu yang berwarna hitam. Hal ini pula merupakan pemberitahuan akan nikmat Allah untuk hambaNya.

Nikmat tersebut adalah bangsa jin tidak memiliki kemampuan untuk menyingkap tutup bejana, mengurai ikatan, dan membuka pintu.

Haram hukumnya bagi bangsa jin untuk melakukan itu. Mereka juga tidak dapat terlihat oleh manusia dan dapat merasuki manusia.

Al Khatib Asy Syarbaini Asy Safi’i menegaskan jika malam sudah datang sunnah untuk menutup bejana walaupun hanya dengan meletakkan batang kayu di atasnya.

Menutup pintu sambil menyebut nama Allah dan mengikat kantong air serta memasukkan anak-anak dan hewan ternak pada awal malam (maghrib).

Selain itu sunnah mematikan lampu saat hendak tidur.

Dzikir ampuh setelah sholat tahajud juga berlaku untuk sholat dua rakaat sebelum maghrib.

Sholat dua rakaat sebelum maghrib di ketiga kalinya hanya bagi yang mau. Yaitu sholat sebelum iqomah dan anatraa adzan dan iqomah.

Makruh untuk tidur sebelum isya. Nabi SAW suka untuk mengakhirkan waktu isya dan membenci tidur sebelumnya.

Tidak hanya itu, beliau juga membenci berbincang setelah Isya. Hal itu karena adanya kekhawatiran yang ada saat tidur melewati sholat Isya dan lalai mengerjakannya.

Demikian pembahasan mengenai ddzikir ampuh sholat tahajud dan maghrib. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah.

Bagikan Ke