7 Contoh Pendahuluan
Pendahuluan dan 7 Contohnya

Contoh Pendahuluan Untuk 7 Hal Penyelesaian Tugas Pendidikan

Diposting pada Anda Pembaca Ke 53 Hari Ini

Contoh Pendahuluan merupakan awalan dari suatu karya tulis, yang isinya mengandung jawaban dari apa dan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan.

Beritaku.id, Komunikasi Organisasi  –  Isi dari pendahuluan, ibarat suatu rangkaian kata-kata mutiara, yang membuat pembacanya dapat menghayati makna di dalamnya.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Komunikasi Organisasi)

Pengertian Pendahuluan

Arti Dari Pendahuluan
Arti Pendahuluan Dari KBBI

Arti kata “pendahuluan” berdasarkan dari kamus KBBI adalah:

  • Permulaan, atau sesuatu yang baru akan dimulai
  • Bentuknya dapat berupa suatu pembukaan, atau kata pengantar dari sebuah naskah pidato, buku, karangan tulisan, dan bentuk lainnya. 

Sedangkan pengertiannya secara umum adalah:

Merupakan isian halaman bab pertama dari suatu karya tulis. Di dalamnya mengandung unsur yang berisi jawaban, tentang alasan mengapa  suatu penulisan perlu dilakukan. 

Rangkaian kalimat yang tertulis di dalamnya, juga merupakan pencerminan dari tema tulisan yang akan disampaikan. Oleh sebab itu, pada halaman pertama selalu memuat beberapa bagian bahasan, seperti latar belakang, rumusan, dan tujuan.

Bagian-Bagian Dalam Isi dari Pendahuluan 

Adapun bagian-bagian yang terdapat dalam suatu pendahuluan adalah:

1.Latar Belakang 

Bahasan mengenai latar belakang, merupakan dasar untuk memberikan pemahaman kepada setiap pembaca, mengenai isi dari suatu tulisan. 

Latar belakang yang komunikatif, sebaiknya dapat tersusun dengan sejelas mungkin. Bila perlu, sertakan juga beberapa data dan fakta pendukungnya.

2. Rumusan 

Suatu rumusan, merupakan tahapan yang penting dalam kegiatan penelitian maupun penulisan. Tanpa adanya hal tersebut, tujuan dan hasil yang diharapkan tidak akan dapat tercapai.

3.Tujuan 

Fungsi dari tujuan biasanya berfungsi untuk dapat merumuskan semua pertanyaan yang timbul,  dan juga untuk merumuskan jawabannya.

Pengertian Mukadimah

Pengertian Arti Mukadimah
Pengertian Mukadimah Dari KBBI

Arti kata “mukadimah” menurut KBBI memiliki dua arti yang berbeda, yaitu:

  • Sebagai kata pendahuluan.
  • Dapat berfungsi juga sebagai kata pengantar.

Sebagai contoh dari suatu mukadimah, adalah Undang-Undang dasar 1945. Dari pengertian tersebut, dapat juga disimpulkan, bahwa mukadimah memiliki arti sebagai kata benda, nama orang maupun tempat.

Contoh Pendahuluan Dalam Menyelesaikan Tugas Pendidikan

Contoh Pendahuluan dan Isinya
Contoh Beberapa Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian awal, atau kata pembuka dalam suatu karya tulis. Sebagai bagian dari halaman awal, fungsinya lebih merupakan rangkuman singkat, mengenai isi dari tulisan tersebut.

Isi dari halaman pertama, umumnya merupakan suatu latar belakang, rumusan, dan juga tujuan dari dibuatnya suatu penulisan. Biasanya, juga menggambarkan garis besar dari isi tulisan, yang dapat membuat pembacanya tertarik untuk terus membaca. 

1. Contoh Pendahuluan Cerita

Salah satu contoh dari Pendahuluan Cerita di bawah ini, temanya mengenai Cerita Pendek atau Cerpen

Latar Belakang

Cerpen atau cerita pendek, merupakan jenis karangan berbentuk narasi, yang rangkaian peristiwanya terjadi dalam satu waktu. Selain itu, Cerpen juga menggambarkan suatu peristiwa, dengan cara mengisahkan, apa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Bentuk dari narasi ini, dapat berdasarkan cerita dari suatu fakta sebenarnya, maupun bersifat imajinatif semata. Namun yang pasti, kedua cerita tersebut dapat dihidupkan kembali, dalam bentuk Cerpen.

Rumusan masalah 

Isi dari makalah ini, sifatnya hanya berbentuk penelitian ilmiah, tentang kupasan pengertian dari Cerpen,  ciri-ciri, unsur intrinsik dan juga  ekstrinsiknya. 

Selain itu, juga akan mengulas tentang teknik menulis Cerita Pendek, termasuk dalam menentukan temanya, agar dapat menarik para pembaca. 

Tujuan Penulisan 

Adapun tujuan dari penelitian dalam karangan ini, adalah sebagai berikut :

  • Mengulas tentang pengertian Cerpen.
  • Mengetahui ciri-ciri dari suatu karangan Cerita pendek.
  • Teknik penulisan menulis cerpen
  • Menentukan tema yang menarik dalam suatu rangkaian Cerita Pendek
  • Membandingkan tema yang bersifat imajinatif, dengan realitanya.

2. Contoh Pendahuluan Karangan

Adapun Latar Belakang dari suatu pendahuluan karangan tertulis adalah:

Latar Belakang

Suatu karangan susunan kalimat yang menjadi satu kesatuan dan kesesuaian paragraf, hingga menjadi suatu karangan. Karangan yang sudah terbentuk tersebut, tentunya akan selalu mengacu pada keinginan dari penulisnya. Terutama, dalam menentukan topik karangannya, agar setiap pembaca dapat mengerti dan menikmati isinya.

Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakangnya, rumusan masalah dari penulisan karangan tersebut, adalah sebagai berikut:

  • Jenis paragraf yang terdapat pada narasi karangan
  • Bagaimana cara mengembangkan paragraf pada suatu karangan 

Tujuan Penulisan 

Setiap penelitian pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dalam karangan  ini. Berdasarkan rumusan masalahnya, maka tujuan dari penulisan tersebut adalah:

  • Mengetahui dan menentukan jenis paragraf yang terdapat pada narasi karangan.
  • Mengetahui dan menentukan pola yang tepat, dalam menegmabangkan paragraf yang tertulis tersebut.

3. Contoh Pendahuluan Jurnal Ilmiah

Dalam Jurnal Ilmiah, penjelasan mengenai latar belakang, tujuan dan  permasalahannya, dibuat secara satu kesatuan. Ketiga rangkaian tersebut tetap merupakan bagian dalam paragraf pendahuluan yang sama. 

Penguraiannya akan dibuat secara padat dan ringkas. Hal tersebut memiliki tujuan, untuk lebih menghemat ruang, karena sifat suatu Jurnal Ilmiah, bentuknya merupakan laporan yang cukup panjang.

Latar Belakang

System of Rice Intensification atau SRI, merupakan suatu cara efektif,  dalam meningkatkan produktivitas pertanian dengan menggunakan sistem berkelanjutan. 

Metode ini pada awalnya hanya berguna dalam meningkatkan produksi padi. Namun konsep dari metode tersebut, sebenarnya juga dapat berfungsi bagi seluruh jenis tanaman.

Penambahan nutrisi berupa pupuk dalam SRI,  fungsinya telah digantikan, dengan cara menambahkan kompos pada media tanam. Kompos pada media tersebut, akan berperan penuh  dalam pembentukan media ruang hidup dalam tanah. 

Kompos memiliki kemampuan dalam merekayasa ruang hidup, karena ukuran partikelnya  yang bervariasi. Selain itu, pipa kapilernya juga dapat menciptakan ruang untuk irigasi, serta memfasilitasi kegiatan mikroorganisme di dalam tanah.

Pembentukan ruang yang terjadi akibat terdapatnya kompos, juga dapat mempengaruhi karakteristik hidrodinamika pada media tanamnya. 

Oleh sebab  itu, penelitian ilmiah ini bertujuan untuk dapat melihat karakteristik dari media tanah, kompos, beserta campuran tanahnya. Caranya adalah, dengan menggunakan metode pendekatan ruang, beserta aliran hidrodinamika dalam tanah.

4. Contoh Pendahuluan Tugas Kuliah

Salah satu bentuk dari Pendahuluan Tugas Kuliah berjudul Kurikulum Pendidikan, contohnya seperti di bawah ini.

Latar Belakang 

Banyaknya perbedaan dalam menentukan definisi dari kurikulum adalah, karena sudut pandang yang dimiliki oleh setiap penulis, memang berbeda-beda adanya.

Walaupun demikian, tetap memiliki kesamaan dalam fungsinya. Yaitu berupa pendapat yang sama, bahwa kurikulum merupakan instrumen yang efektif, dalam mencapai tujuan dari suatu pendidikan.

Secara umum, kurikulum merupakan seperangkat program, yang di dalamnya mengandung  bahan pelajaran, serta metode yang akan dipakai. Semua program tersebut, merupakan  pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar.

Pada dasarnya suatu kurikulum berisikan tentang:

  • Tujuan dan metode,
  • Media evaluasi serta bahan pengajarannya
  • Rangkuman dari kegiatan berbagai pengalaman belajar.

Kurikulum yang telah tersusun dengan baik, akan memiliki, dan berisikan tentang beberapa mata pelajaran pokok. Dengan maksud, agar para peserta didiknya memiliki kemampuan yang sama, di seluruh Nusantara.

Tujuan 

  • Menjalankan tugas pada setiap mata kuliah.
  • menjelaskan tentang keseluruhan perencanaan, dan perancangan kurikulum.
  • Merumuskan seluruh proses penyusunan kurikulum pendidikan, dengan baik dan benar.

5. Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah

Salah satu contoh dari Pendahuluan Karya Ilmiah, judulnya adalah penggunaan internet di kalangan pelajar.

Latar Belakang

Internet merupakan penemuan teknologi modern, yang tergolong terbaik dan paling efektif dalam fungsinya. Terbukti, karena seluruh  manusia di belahan bumi ini, dapat terhubung melalui  internet.

Kecanggihannya pun tidak hanya dapat dirasakan oleh usia produktif, namun juga oleh berbagai usia, dan berbagai kalangan. Bagi golongan pelajar dan pendidik, internet banyak berperan dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Namun sayangnya, tidak semua penggunaan internet berakibat positif bagi para pelajar. Beberapa diantaranya juga dapat berakibat negatif.

Rumusan Masalah

Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan internet oleh pelajar.

Tujuan Penelitian

Membuat kesimpulan dan pemecahan masalah, sebagai dampak negatif dari penggunaan internet di kalangan pelajar.

6. Contoh Pendahuluan Proposal

Berikut ini adalah salah satu contoh dari pendahuluan kegiatan proposal mahasiswa, dalam menggalang bakti sosial

Latar Belakang

Mahasiswa memiliki kewajiban, untuk ikut berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat,  selain belajar tentunya. Salah satunya adalah, dengan cara menerapkan ilmu perkuliahannya, untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat . 

Salah satu permasalahan tersebut, adalah dalam bidang perekonomian, khususnya mengenai angka kemiskinan pada golongan masyarakat tertentu. 

Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) memiliki komitmen untuk ikut membantu dalam mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut. Sebagai bentuknya, FEB akan mengadakan kerja sosial dan pelatihan, untuk membantu masyarakat Desa Sidomulyo yang kekurangan.

Sasaran

Masyarakat Kabupaten Lampung Barat.

Orang tua serta para remaja usia produktif.

Waktu dan Tempat

  • Sosialisasi kegiatan

Hari/tanggal: Rabu, 27 Januari 2020.

Pukul: 09.30 -11.30 WIB.

Tempat: Balai Rakyat Desa Sidomulyo .

  • Pelaksanaan kegiatan

Hari/tanggal: Minggu, 27 Februari 2020.

Pukul: 18.30-19.30 WIB.

Tempat: Balai Rakyat Desa Sidomulyo

Acara

Pelaksanaan bakti sosial dan pelatihan kewirausahaan, bagi para anak muda, dan orang tua yang masih dalam usia produktif. Selain itu, akan dilakukan juga acara bakti sosial berupa pembagian sembako dan buku bacaan. 

Anggaran Dana

Adapun proposal dari anggaran dananya adalah sebagai berikut. 

Pemasukan

Dana program kerja = Rp 2.500.000

Sumbangan 

Dekan = Rp 2.000.000

Dosen = Rp 1.000.000

Mahasiswa = Rp 1.500.000

Total pemasukan = Rp .7.000.000

Pengeluaran

Transportasi:

Sewa mini bus = Rp 800.000

Sewa mobil  = Rp 500.000

Konsumsi

Nasi kotak 200 dus x Rp 25.000 = Rp 5.000.000

Air mineral 10 dus x Rp 15.000 = Rp 150.000

Snack = Rp 200.000

Cinderamata

Seragam 50 pcs x Rp 30.000 = Rp 1.500.000

Sembako = Rp 1.000.000

Stationary dan buku = Rp 500.000

Dokumentasi = Rp 200.000

Total pengeluaran = Rp 9.850.000

7. Contoh Pendahuluan Kliping

Di bawah ini adalah contoh dari Pendahuluan Kliping mengenai Olahraga

Latar Belakang

Olahraga adalah kegiatan, yang sangat berguna bagi kesehatan jasmani dan rohani. Oleh sebab itu, makalah ini dibuat guna memberikan informasi lengkap mengenai pengetahuan seputar olahraga, khususnya bagi para pelajar.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalahnya adalah:

  • Pengenalan tentang manfaat olahraga bagi tubuh manusia.
  • Pengertian tentang kesehatan jasmani dan rohani.
  • Fungsi pemanasan dalam olahraga.
  • Induk Organisasi olahraga, yang ada di Indonesia.

Tujuan

Maksud dan tujuan dari makalah ini adalah:

  • Mempelajari tentang pengertian dan manfaat olahraga 
  • Memahami tentang pengertian kesehatan jasmani dan rohani
  • Mengetahui arti dari pemanasan dan macamnya
  • Memberikan informasi seputar Induk Organisasi olahraga di Indonesia

Penutup

Pendahuluan memiliki fungsi yang sangat penting dalam berbagai karya tulisan. Pasalnya, bagian awal dari karangan tersebut, akan memuat secara singkat tentang isi dari keseluruhan narasi tulisannya.