Repsol Honda Bubar Gegara 2 Marques

5 hari lalu-Beritaku, Olahraga, Sorot-20 dilihat

Beritaku.Id, MotoGp – Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu (Ali Bin Abi Thalib), Rabu, 4/12/2019. Anda penggemar pembalap Yamaha atau Repsol Honda?

Berita tentang “perceraian” Repsol Honda santer tersdengar setelah di MotoGP Jepang pada Oktober lalu, yang merupakan seri kandang dari HRC.

Setelah Repsol Honda Akan Kemana?

Menurut informasi Honda ingin berpindah dari Repsol ke Shell. Hal ini didukung kabar bahwa tim Idemitsu Honda Team Asia Moto2 nyaris bekerja sama dengan Shell untuk 2020.
Red Bull sempat jadi bulan-bulanan kecurigaan akan mengambil alih peran Repsol dalam HRC, mengingat para pembalapnya didukung oleh Red Bull sebagai sponsor pribadi.

Dilansir dari Speedweek, HRC mulai gerah karena Repsol yang kebetulan juga berasal dari Spanyol, kini terlalu terlibat dalam pemilihan pembalapnya. Sejak Casey Stoner pensiun pada akhir 2012, Repsol Honda memang selalu menaungi rider asal Negeri Matador.

Sebagai pengganti Stoner, Repsol Honda menggaet Marc Marquez untuk ditandemkan dengan Dani Pedrosa. Setelah Pedrosa memutuskan untuk pensiun pada akhir 2018, Jorge Lorenzo pun digaet.

Sejak Casey Stoner pensiun pada akhir 2012, Repsol Honda memang selalu menaungi rider asal Negeri Matador. Sebagai pengganti Stoner, Repsol Honda menggaet Marc Marquez untuk ditandemkan dengan Dani Pedrosa.

Setelah Pedrosa memutuskan untuk pensiun pada akhir 2018, Jorge Lorenzo pun digaet. Kini Lorenzo juga memutuskan pensiun pada akhir 2019 dan menggaet Alex Marquez untuk musim depan.

Padahal Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig selalu mengajukan nama Johann Zarco untuk menjadi tandem Marc Marquez. Tapi Repsol Honda sendiri lebih memilih Jorge Lorenzo dan Alex Marquez untuk menjadi rekan setim Marc Marquez.

Repsol Honda tidak tampil bersama tahun 2020
Susunan Pembalap Honda

Susunan Lengkap Pembalap Honda di Berbagai Lomba 2020

Dari Liputan6.com, Milan – Honda Racing Corporation (HRC) meluncurkan skuat pembalap yang bakal tampil pada tahun 2020. Acara berlangsung di Auditorium Fiera Milano, Milan, Italia, Selasa (5/11/2019).

Chief Officer for Motorcycle Operations of Honda Motor Co Ltd Noriaki Abe dalam sambutannya mengapresiasi keberhasilan para pembalapnya tahun ini. Tiga gelar juara dunia (MotoGP, MXGP, dan Trial) yang berhasil diraih menurutnya semakin menegaskan bila balapan sudah menjadi tradisi Honda.

“Tahun depan kita akan berusaha kompetitif di Superbike dengan CB1000 RR-R,” kata Noriaki Abe.

Pada kesempatan yang sama, Abe mengumumkan bergabungnya Leon Haslam ke tim World Superbike Honda. Dia akan bertandem dengan pembalap Honda sebelumnya Alvaro Bautista.

“Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa kami baru saja mengubah line up pembalap dengan kehadiran Leon Haslam yang menjadi tandem Alvaro Bautista. Saya berharap tim World SBK bertarung untuk juara.”

Haslam juga menyambut gembira kesempatan bergabung dengan tim HRC WSBK. “Bagi saya mendapat kesempatan untuk kembali ke Honda dan yang terpenting sebagai pembalap resmi HRC di sebuah kejuaraan seperti mimpi yang jadi kenyataan,” ujar Haslam.

Menghadapi World Super Bike tahun depan, Haslam dan rekannya Bautista bakal menggunakan sepeda motor terbaru buatan Honda, CBR1000RR-R, yang baru diluncurkan pada acara EIMA 2019 yang berlangsung di Milan, Italia.

“Sepeda motor baru berarti kami menghadapi tantangan besar, tapi proyek ini benar-benar profesional, dan kita semua tahu kapabilitas Honda dan HRC. Apa yang mereka raih di dunia balapan sudah membuktikannya.”

Alex Marquez Bergabung dengan Honda

Repsol Honda membuat keputusan dengan cepat soal pembalap yang akan mendampingi Marc Marquez setelah Jorge Lorenzo memutuskan pensiun sebagai pembalap MotoGP pada 14 November kemarin.

Repsol Honda secara resmi mengumumkan kesepakatan kontrak dengan Alex Marquez pada Selasa (19/11/2019) pagi WIB.

Alex Marquez yang merupakan Juara Dunia Moto2 2019 ini bergabung dengan Repsol Honda dalam durasi kontrak selama satu tahun yakni selama MotoGP musim 2020Alex Marquez akan menjalin kerja sama dengan kakaknya, Marc Marquez, untuk mengendarai Honda RC213V musim depan.

Dia menjadi pembalap ketiga yang mendapat promosi ke kelas premier setelah Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Kedatangan Alex juga membuat line up alias susunan pembalap untuk mengarungi persaingan pada MotoGP 2020 kini sudah lengkap.

Penulis: Walid
Editor:

PILIHAN Beritaku

Komentar