Begini Cara DP2 Makassar Dorong Produksi Tanaman Hortikultura
Begini Cara DP2 Makassar Dorong Produksi Tanaman Hortikultura

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Pengawasan dan Perlindungan Tanaman serta Pembinaan Pengembangan Teknologi Hortikultura di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala DP2 Makassar, Evy Aprialty itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga yang mengikuti pelatihan terkait jenis penyakit yang berdampak buruk terhadap ekologi, mendegradasi sifat biologi, fisik dan kimia tanah.

“Kegiatan ini kami gelar sebagai wadah atau forum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengelola dan mengolah lahan pertanian serta menerapkan budi daya dengan memperhatikan aspek higienitas, ekologis dan kontinuitas produksi pertanian dengan tujuan memenuhi kebutuhan hasil-hasil pertanian khususnya pangan secara lebih berkualitas,” kata Evy.

Evy menjelaskan, produksi komoditi pertanian seperti cabai di Kota Makassar pada tahun 2018, cabai rawit dan cabai besar mencapai 3552 ton dari total luas panen 444 hektar. Sementara, secara keseluruhan, jelas Evy, pada tahun 2018 komoditi utama hortikultura di Makassar mencapai produksi sebesar 5310 ton.

“Dengan produksi sedemikian di tengah keterbatasan lahan, akan memberikan keuntungan bagi petani dan kelompok tani, serta akan memberikan multiplier efek bagi pedagang, industri olahan serta konsumen sehingga akhirnya diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga dan stabilitas ekonomi di Makassar,” imbuh Evy.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 450 orang, yang terdiri dari 300 peserta Kegiatan Sosialisasi Pengawasan dan Perlindungan Tanaman, 150 peserta kegiatan Pembinaan Pengembangan Teknologi Hortikultura. Dimana, peserta berasal dari petani, kelompok tani, kelompok wanita tani serta toko dan kios pupuk di Makassar.

 

Penulis: AI

Editor: Sy

Tinggalkan Balasan