Ilmu bela diri untuk muslimah
Bela diri untuk wanita (Foto: merdeka.com)

Bela Diri Muslimah Terbaik: 5 Jenis Dan Perbedaan

Diposting pada

Bela diri muslimah, teknik serta penjagaan untuk diri sendiri bagi kita kaum wanita, agar menghindarkan diri dari hal-hal yang diluar ekspektasi. Terdapat jenis, serta perbedaan yang ada dalam beberapa ilmu tersebut. Maka, begini jelasnya.

Beritaku.id, Olahraga – Engkau dengan segala manis lekuk senyum, yang sering aku jumpa pada sapaan pagi dan hembusan angin itu. Dan tanpa ada kedip satu detik pun dariku. Hingga pada akhirnya engkau harus berhadapan dengan segala penjuru musuh, dan membuatmu harus menyingsingkan pergelangan. Bagaimanakah?

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Olahraga)

Hai, kembali dengan tagline tulisan yang dirindukan, seperti kamu, yang selalu dirindukan oleh senja. Dengan lekuk senyum yang bahkan membuat senja enggan pergi.

Namun, lekuk senyum itu bukan hanya semata menjadi pemanis hidup semata, mereka memiliki kemampuan untuk menantang diri sendiri, membuktikan pada dunia, bahwa dirinya dapat bertahan hidup dengan pijakan sendiri.

Ya, dengan balutan hijab dan ajaran islam yang menjadi andalan, para muslimah era sekarang mulai mempelajari ilmu bela diri, untuk mereka dapat melindungi diri sendiri, dan yang pasti dapat hidup dengan pijakan sendiri.

Meski demikian, bukan berarti wanita muslimah menjadi sombong, tinggi hati, karena sudah mempelajari hal tersebut. Dari hal itu, kita dapat belajar bagaimana mengolah emosi, dan tetap rendah hati.


Pentingnya Bela Diri untuk Perempuan (Muslimah)

Jenis ilmu bela diri untuk muslimah
Jenis bela diri untuk wanita (Foto: sehatq.com)

Lalu, akan ada pertanyaan, sebegitu pentingkah sebuah ilmu bela diri bagi muslimah? Jawabannya adalah penting. Hal ini merujuk kepada wanita yang selama ini menjadi cluster ke 2, terutama wanita muslimah dengan segala diskriminatif yang dialami.

Apalagi dengan berbagai kejadian yang selalu menyangkut pautkan dengan agama Islam, seolah agam Islam menjadi agama yang patut untuk mendapat penghakiman.

Alhasil, wanita-wanita muslimah yang tidak salah, mendapat berbagai ketimpangan sosial. Entah dalam kehidupan nyata, ataupun dunia maya.

Lalu berujung dengan sebuah ancaman dan sumpah serapah yang terlontar dari para pembenci. Oleh karenanya, sangat penting bagi wanita muslimah mempelajari hal tersebut.

Selain menjaga diri sendiri, dari hal tersebut dapat mengantisipasi segala situasi yang mungkin diluar ekspektasi. Juga menjadi jalan prestasi untuk mengharumkan nama Negeri.

Menjadi generasi, penerus bangsa, dengan kualitas yang tiada tara. Tetap bersahaja, dan terus mau untuk belajar, agar nantinya dapat mengalir ilmu tersebut kepada generasi selanjutnya.


Jenis Bela Diri Yang Tepat Untuk Wanita

Ilmu bela diri khusus wanita (Foto: brilio.net)

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa jenis bela diri untuk wanita muslimah, yang mana sangat mudah untuk dipelajari, dan bisa memahami lebih cepat. Beberapa jenis bela diri tersebut antara lain:

Pencak Silat

Ilmu bela diri yang pertama, ialah berasal dari negara sendiri, yakni pencak silat. Ilmu bela diri yang baru-baru ini mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya dari Indonesia.

Ternyata cocok untuk wanita, yang mana mereka ingin mempelajari ilmu bela diri ini. Ilmu bela diri ini juga baru saja menjadi salah satu cabang olahraga di Asian Games 2018, yang mana Indonesia menyumbang beberapa medali emas.

Karate

Merupakan ilmu bela diri asal Jepang, yang mana jenis ini lebih menitikberatkan kepada kedinamisan gerak tubuh, agar nantinya dapat menangkis, bahkan menyerang lawan.

Karate ini menjadi sangat familiar ketika negara Jepang membuat sebuah organisasi karate bertaraf Internasional, dan saat itu, sudah banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang mulai tertarik untuk mempelajarinya.

Taekwondo

Ilmu bela diri yang selanjutnya adalah , taekwondo. Yang merupakan salah satu ilmu bela diri yang juga banyak digandrungi oleh masyarakat dunia.

Ilmu bela diri yang berasal dari Korea ini, menjadi perhatian publik ketika mereka membuat organisasi taekwondo bertaraf internasional, yakni WTF atau singkatan dari World Taekwondo Federation, di Seoul Korea Selatan.

Judo

Ilmu bela diri dari Jepang lainnya, ialah Judo. Judo merupakan salah satu ilmu bela diri dari Jepang, yang mana hasil dari pengembangan ilmu bela diri bernama “Jujutsu”.

Seni bela diri “Jujutsu” ini, lebih menitikberatkan kepada teknik pertahanan, dan serangan, baik menggunakan tangan kosong ataupun memakai senjata, namun tidak terlalu panjang.

Muaythai

Jenis bela diri lainnya, adalah Muaythai, yang merupakan seni bela diri asal dari negara Thailand. Dulunya ilmu bela diri ini berawal dari ilmu bela diri “muay boran”.

Yang mana pada waktu Kerajaan Thai mendapat serangan dari musuh, mereka sangat kebingungan harus berbuat apa agar dapat membalas mereka. Hingga, ilmu bela diri tersebut akhirnya menjadi senjata mereka untuk melawan musuh.

Wushu

Bagi yang suka dengan film berbau zaman China dulu, pasti sudah tidak asing dengan ilmu bela diri ini. Yang mana olahraga ini merupakan jenis kebudayaan Tionghoa kuno.

Yang mana pada tahun1949, Wushu akhirnya mendapat lirikan dari berbagai masyarakat, terutama belahan dunia. Hingga pada akhinya membuat organisasi bertaraf internasional, bernama IWUF, atau singkatan dari International Wushu Federation.

Aikido

Dapat kita katakan bahwa ilmu bela diri ini yang hampir sama prinsipnya dengan wanita. Yang mana mereka menitikberatkan kepada kekuatan, yang mana lawan tersebut akan jatuh sendiri, dengan kekuatan mereka sendiri.

Ilmu bela diri ini juga berasal dari Jepang, yang mana mereka merupakan modifikasi ilmu bela diri yang menitikberatkan pada kekuatan pikiran, dengan dikombinasi beberapa gerakan kebudayaan Jepang kuno.


Kelebihan Dan Kekurangan Ilmu Bela Diri Untuk Wanita

Kelebihan dan kekurangan dari ilmu bela diri (Foto: liputan6.com)

Hingga pada akhrnya kita bermuara pada sebuah faedah atau tidaknya sebuah ilmu. Yang mana kita sangat paham bahwasannya ilmu menjadi kunci dari jendela, yang dapat terjangkau oleh manusia, lalu mereka mempelajarinya.

Entah lewat dari berbagai fenomena yang ada, manusia menjelma menjadi makhluk yang kaya akan sebuah pertanyaan, di otak mereka tentang sebuah fenomena, serta ilmu pengetahuan. Begitu juga dengan ilmu bela diri.

Mereka juga memiliki kekurangan, serta kelebihannya. Antara lain:

Kelebihan

Energi Lebih Banyak

Yang mana kita tahu, bahwasannya mempelajari ilmu bela diri, akan menuntut kita memanage energi yang ada di tubuh. Dan kita bisa lebih paham, seberapa kuat energi yang kita keluarkan dalam menyerang lawan. Hal itu, akan berimbas kepada kita yang dapat memanage seberapa besar energi kita untuk melakukan beberapa aktivitas.

Kekebalan Sistem Imun

Ilmu bela diri juga sangat penting bagi para muslimah. Mengingat dengan melakukan ilmu bela diri, otomatis sirkulasi darah kita menjadi lancar, serta kekebalan tubuh dapat meningkat karena hal tersebut. Ditambah dengan pengaturan jam tidur yang pasti ada, untuk menjaga stamina tubuh.

Resiko Stress yang Rendah

Kadang, saat kita sedang mengalami permasalahan yang membuat semuanya menjadi runyam, kita butuh pelampiasan guna mengurangi rasa tersebut. Nah, secara tidak sadar, saat kita berlatih ilmu bela diri, kita dapat mengontrol tersebut, sehingga imbasnya adalah, kita lebih rileks dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Kekurangan

Adapun beberapa kekurangan yang menjadi hal yang cukup fatal dalam mempelajari ilmu bela diri ini. Meski kita tahu bahwa ilmu pada dasarnya memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Namun, siapa yang menyangka bahwa ilmu tersebut dapat menjelma menjadi hal yang mungkin lebih mengerikan dari yang kita bayangkan. Maka, begini beberapa kekurangan dari ilmu bela diri:

Cedera

Resiko ini yang paling bisa terjadi, jika kita tidak teliti dalam mempelajari sebuah ilmu bela diri, terutama saat melakukan beberapa gerakan, yang mungkin membutuhkan konsentrasi lebih. Sehingga berimbas kepada serangan yang tak terduga, dan kita tidak bisa membalasnya.

Seragam dari Jenis Ilmu Bela Diri

Kadang, beberapa orang akan kesulitan dengan seragam yang mungkin tidak ada ukuran yang sesuai dengan mereka. Hingga pada akhirnya mereka membeli bahan sendiri, dan menjahitnya sendiri. Hal tersebut juga sering menjadi PR besar bagi beberapa jenis ilmu bela diri lain untuk mengatasi hal tersebut.

Penyalahgunaan Ilmu Bela Diri

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwasannya sebuah ilmu bela diri dapat menjadi hal yang mengerikan, jika ada seseoang yang mulai menyalahgunakannya. Hal tersebutlah yang harus kita hindari, bahkan ini berlaku untuk berbagai jenis ilmu bela diri apapun itu.


Teknik Dasar Paling Umum Untuk Bela Diri

Teknik ilmu bela diri muslimah
Teknik ilmu bela diri (Foto: cewekbanget.grid.id)

Adapun beberapa teknik dasar yang mana termasuk sebagai teknik dasar paling umum, terutama untuk beberapa jenis ilmu bela diri.

Bahkan hal ini menjadi teknik paling ampuh untuk para muslimah, yang mungkin sampai detik ini belum mengenal ilmu bela diri. Jadi, beberapa teknik dasarnya antara lain:

Kuda-kuda

Teknik yang pertama adalah kuda-kuda, yang mana posisi paling umum adalah menekukkan kaki, sejajar, dan menghadap ke depan.

Biasanya teknik ini sering ada pada beberapa jenis ilmu bela diri seperti pencak silat, karate, dan beberapa ilmu bela diri lainnya, yang mana terdapat teknik serangan, yang menjadi titik baliknya.

Pukulan

Teknik ini, adalah jenis teknik serangan, dan memiliki strategi untuk bisa pukulan kita tepat pada sasaran dari lawan. Hal ini juga menjadi titik balik kita saat kita terjepit keadaan, yang mana sangat memungkinkan lawan akan menang dari kita.

Biasanya jenis ilmu bela diri ini, bisa muslimah pelajari di beberapa cabangnya seperti karate, pencak silat, wushu, dan beberapa jenis ilmu bela diri lainnya.

Tangkisan/ teknik menghindar

Teknik ini juga menjadi salah satu jenis jurus dasar, yang mana dapat dipelajari juga oleh muslimah. Jurus ini lebih menitikberatkan kepada penghindaran dari serangan lawan.

Hampir jenis ini merupakan jenis jurus dasar dari berbagai jenis ilmu bela diri, guna menghindarkan diri dari serangan lawna, yang mungkin diluar eksekpektasi kita.

Dan beberapa jenis tadi, dapat dipelajari oleh beberapa muslimah, yang mungkin ingin menjaga diri dari beberapa hal yang mungkin diluar kemungkinan.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai bela diri muslimah, yang mana terkandung beberapa bab, yang mana semoga menjadi referensi kalian.

Karena pada dasarnya wanita dapat menjaga diri mereka sendiri. memiliki kelebihan dan kemampuan yang sama seperti lawan jenis mereka.

Dan juga kecerdasan yang mungkin diatas dari mereka. Tetaplah menjadi pribadi yang bersahaja, rendah hati, namun kuat dan cerdas. Karena tidak selamanya wanita terus menjadi cluster kedua, yang selalu mendapat ketidakadilan dalam hidupnya.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi

Daftar Pustaka

  1. https://www.sehatq.com
  2. https://www.onefc.com
  3. https://jagad.id