Pengukuhan Pengurus BUMP Kabupaten Sinjai

Bupati Sinjai Kukuhkan Pengurus BUMP

Diposting pada

BERITAKU.ID, SINJAI – Bupati Sinjai didampingi Wakil Bupati Sinjai dan para anggota Forkopimda melakukan kunjungan kerja di Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Jumat (30/11/18).

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM mengukuhkan pengurus Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe yang bertempat di Dusun Kambuno Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe.

Sebanyak 11 orang pengurus dikukuhkan yang diketuai Andi Aksan Anmar, A.Md.Pi.Serta berlangsung pula penandatanganan perjanjian kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kelompok Tani Camara Turue dan BUMP Andalan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Ir.Hj.Marwatiah, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong terbentuknya usaha tani petani dalam skala ekonomi berbasis kawasan pertanian, membangun jiwa kewirausahaan petani dan keluarganya serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan keluarganya.

“Kelembagaan petani memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian yang terdiri dari Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani, dimana jumlah kelompok tani di Kabupaten Sinjai sebanyak 1.323 terdiri dari Kelompok Tani Dewasa sebanyak 1.145 kelompok, Wanita Tani sebanyak 156 kelompok dan Pemuda Tani sebanyak 34 kelompok dan 83 Gapoktan yang mengusahakan berbagai komoditas baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun peternakan”,lapornya.

Tahun 2018, Pusat Penyuluhan Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan pengembangan dan penumbuhan korporasi petani dalam bentuk BUMP, hal ini sejalan dengan visi misi Bupati Sinjai yang dituangkan dalam program bidang pertanian yakni mendirikan BUMP di setiap desa.Khusus di Kecamatan Tellulimpoe telah dibentuk BUMP sebagai wujud realisasi dari program seratus hari kerja Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-202.

Ketua BUMP Andalan, Andi Aksan Anmar pada tahun 2017 meraih juara 2 petani berprestasi tingkat nasional kategori intensifikasi jagung, Usman selaku Sekretaris BUMP pernah meraih juara 1 Gapoktan Berprestasi tingkat nasional pada tahun 2015 serta Sudirman selaku Bendahara pernah menerima penghargaan sebagai Gapoktan Berprestasi pada tahun 2018.

Ia menambahkan bahwa akan dibentuk 80 BUMP di setiap desa dan kelurahan secara bertahap, dimana di tahun 2019 akan dibentuk sebanyak 20 BUMP.

Sementara itu, Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengingat pentingnya keberadaan BUMP di dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani maka mulai tahun anggaran 2019 akan difasilitasi pembentukan BUMP di setiap desa secara bertahap.

“Dengan BUMP akan berkontribusi dalam akselerasi pengembangan sosial ekonomi petani, memudahkan akses informasi pasar, permodalan, infrastruktur, pasar maupun adopsi inovasi pertanian, kelembagaan petani akan memudahkan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam memfasilitasi dan memberikan penguatan kepada petani”,jelas Bupati.

Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang saat ini masih eksis berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat dalam membangun Kabupaten Sinjai demi terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan, dan religius melalui peningkatan kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing.

 

Editor: Sy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *