Pengertian dari doa sapu jagad
Doa sapu jagad (Foto: msn.com)

Doa Sapu Jagad: Bacaan, Arti, 5 Manfaat, serta Keutamaannya

Diposting pada

Doa sapu jagad, salah satu doa yang sangat penting bagi para ummat islam untuk mendapatkan berbagai keutamaan yang ada di dalamnya. Hingga terdapat arti serta manfaat dari doa tersebut. Jadi, begini jelasnya.

Beritaku.id, Berita Islami_ – Pencipta semesta, bukan berati Ia hanya mencipta lalu membiarkan semata. Dia dengan segala kekuasaan yang ada, memerintahkan makhluk-Nya untuk bersimpuh, dan meneteskan air mata pada setiap sujud mereka. Hingga karomah, dan kemuliaan serta keberkahan, datang kepada mereka.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Berita Islami)

Hai, kembali dengan tagline tulisan yang dirindukan, tulisan yang teruntuk kamu, dengan semoga yang engkau panjatkan kepada-Nya dapat terkabul hingga pada masanya kau memetik semua doamu.

Karena memang hanya kepada-Nya lah, kita dapat berserah diri, meminta perlindungan, keberkahan, dan juga keridhoan dari-Nya.

memanjatkan doa-doa rasanya belum lengkap, tanpa adanya keserahan diri kepada-Nya, agar doa-doa itu dapat tersampaikan pada langit ke tujuh, dan tertangkap oleh-Nya.

Namun masalah doa, ada salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh banyak orang untuk berbagai hal tertentu. Salah satunya adalah doa sapu jagad. Maka, berikut pembahasannya.


Pengertian Surat dan Doa Sapu Jagat

Definisi dari doa sapu jagad
Definisi doa sapu jagad (Foto: merdeka.com)

Bagi kita ummat muslim, doa ini sudah tidak asing lagi, bahkan pada setiap akhir daripada doa sewaktu setelah melakukan sholat fardhu, tidak segan untuk menyertakan doa ini.

Baca juga beritaku: Wanita Jomblo: Tips Dan Doa Kecantikan Untuk Jodoh

Menurut sejarah yang ada, doa ini merupakan salahs atu doa, yang sering Rosul amalkan dalam setiap belaiu melakukan amalam-amalan yang ada.

Hal tersebut merujuk kepada hadist riwayat yang artinya:

Dari anas, ia berkata: “Kebanyakan doa yang sering Rosul baca adalah Allahumma, atina fidunya khasanah wa fil akhiroti khasanah wakina adzabannar..

HR. Bukhori Muslim

Dari potongan hadist tersebut, sangat jelas bagaimana doa sapu jagat ini merupakan amalan yang penting, bahkan hal tersebut terepresentasi daripada kegiatan Rosul sebagai panutan ummat muslim di seluruh dunia.


Bacaan dan Arti Doa Sapu Jagad

Lafadz doa sapu jagad (Foto: id.pinterest.com)

Dan karena pentingnya doa tersebut, tidak jarang orang yang pada akhirnya sering mengamalkan doa ini pada setiap setelah melaksanakan sholat fardhu, dan memanjatkan doa ini.

Tapi, terkadang kita juga baru menyadari bahwasannya doa ini sering dibacakan setelah doa untuk kedua orang tua kita, benar bukan?

Dan biasanya pada awal ataupun akhir doa, kita akan memanjatkan dua panjatan doa tersebut. Yang satu doa untuk kebaikan orang tua kita, dan yang satunya adalah doa untuk kebaikan diri sendiri.

Lalu, bagaimana lafadz daripada doa sapu jagat ini? Doa ini sangatlah pendek, tidak memakan waktu yang lama dalam pengucapan setiap kali kita memanjatkannya setelahsholat fardhu.

Robbana atina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasanah wakina adzabannar..

Yang artinya:

Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kebaikan kepada kami di dunia, dan kebaikan kami di akhirat nanti. Dan berilah perlindungan kepada kami dari siksa api neraka..


Manfaat Doa Sapu jagat

Manfaat dari doa sapu jagad (Foto: kudupinter.com)

Adapun beberapa manfaat dari sebuah doa, yang mana menjadi salah satu tujuan daripada manusia, memanjatkan doa tersebut kepada Tuhan mereka, termasuk ummat Muslim di seluruh dunia.

Karena kita begitu paham bagaimana dahsyatnya sebuah doa bagi manusia dalam menjalankan semua kehidupan mereka di dunia ini, dalam jangka waktu tertentu, entah pendek, ataupun panjang sekalipun.

Begitu juga dengan doa daripada sapu jagad, yang juga sering menjadi panjatan doa setiap kali setelah melaksanakan sholat fardhu. Beberapa manfaatnya antara lain:

Melindungi Diri

Melindungi diri dalam artian adalah melindungi kita dari siksaan api neraka pada hari akhir. Yang mana kita ketahui, siksaan api neraka begitu pedih, bahkan masa siksaan di neraka, seperti hidup 1000 tahun di dunia, bahkan lebih.

Hal ini sudah jelas pada sabda Rosulullah yang menjelaskan bahwasannya api neraka akan menyala kembali pada tiga tahapan. Yakni yang pertama api neraka menyala pada 1000 tahun dengan berwarna merah menyala.

Lalu pada tahap kedua, ialah api neraka akan dinyalakan kembali selama 1000 tahun dengan berwarna putih, dan yang terakhir akan dinyalakan lagi, namun berwarna hitam gelap selama 1000 tahun. Sungguh, saat itulah siksaan neraka akan terasa bagi mereka yang tergolong dalam orang-orang yang masuk neraka.

Memperlancar Urusan

Allah telah menegaskan bahwasannya ummat manusia pada kodratnya, adalah meminta sesuatu hanya kepada-Nya. Dengan cara berdoa dengan sungguh-sungguh, memanjatkan doa dengan tulus.

Oleh karenanya sudah seharusnya kita ummat muslim dalam memanjatkan doa, harus dengan sungguh-sungguh serta tulus, hingga nantinya kita sendiri yang akan menuaikan hasilnya, terutama dengan doa sapu jagat yang dapat memperlancar segala urusan kita.

Baca juga beritaku: Sholat Tahajud: Keutamaan, Doa dan Tata Cara Yang Benar

Yang mungkin sampai detik ini masih rumit, bahkan lebih rumit daripada benang wol, dan harus kita uraikan satu per satu. Doanya antara lain:

Robbisyrahli shadri wayassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqohu qouli..

Qs. A-Taha: 25-27

Yang artinya:

Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusan ku, dan lepaskanlan kelakuan dari lidahku

Membuat Laris Dagangan

Pada dasarnya manusia telah memiliki jalur rezeki masing-masing, dan hal itu tidak bisa yang namanya sewaktu-waktu tertukar antara satu dengan yang lain, oleh yang memberikan jatahnya.

Termasuk dengan jatah daripada rezeki manusia, yang kadang kita sebagai manusia lebih prefer kepada rezeki pada bagian finansial, dan tidak melihat dari jenis rezeki lain yang mereka dapat dari Tuhannya.

Seperti rezeki kesehatan, nikmat sehat, berkah, yang sebenarnya juga merupakan bentuk daripada rezeki dari Allah SWT. Meski demikian, untuk mendapatkan segala rezeki yang lancar, perlu adanya pemanjatan doa, yang salah satunya dengan menggunakan doa sapu jagat ini.

Lafadznya antara lain:

Allahumma Inna nas’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa’amalan mutaqabbalan..

Yang artinya:

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima..

Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Seperti yang sudah kita pahami, bahwasannya dalam potongan dari arti doa ini, memberikan dua hal yang menjadi titik poinnya.

Ialah salah satunya mendapatkan kebaikan diri di dunia dan di akhirat nanti. Yang dimaksud adalah, memudahan ummat muslim agar nantinya mereka mendapat jaminan surganya Allah yang baik.

Serta beberapa literatur mengatakan, bahwa saat kita mengamalkan daripada doa sapu jagat tersebut, nantinya timbangan daripada amalan kita, akan lebih berat ketimbang daripada amalan kita yang jelek.

Sehingga kemuliaan tersebut akan datang kepada ummat manusia yang selalu mengamalkan doa sapu jagat tersebut.

Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Ada begitu banyak ilmu di dunia ini, bahkan saking banyaknya, manusia bisa mendapatkannya dengan mudah, jika kita mau dan berusaha untuk mendalami suatu ilmu tertentu.

Namun, tidak semua ilmu dapat memberikan keberkahan bagi manusia jika mereka tidak dibarengi dengan yang namanya tujuan daripada mereka menuntut ilmu, serta meminta keberkahan dari ilmu yang manusia tersebut tuntut.

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Keutamaan doa sapu jagad (Foto: umma.id)

Manfaat daripada doa tersebut, pastinya ingin kita dapatkan, agar nantinya hidup kita penuh keberkahan dari Allah SWT, sang pemilik hidup makhluk yang ada di dunia ini.

Namun, siapa sangka bahwa doa tersebut memiliki keutamaannya sendiri, yang bahkan membuat doa ini menjadi istimewa.

Benar, adalah Rosulullah SAW, sangat memyukai amalan ini, atau doa sapu jagat tersebut. Maka tidak heran bila ada beberapa hadist yang meriwayatkan bahwa Rosulullah sangat suka dengan amalan daripada doa ini, dan selalu beliau panjatkan setiap sesudah sholat fardhu.


Cara Mengamalkan

Pengalaman doa sapu jagad (Foto: today.line.me)

Lalu, bagaimana cara mengamalkannya? Amalan dari berbagai hal apapun itu juga, pasti mempunyai cara, yang mana bertujuan agar nantinya semua doa yang terpanjatkan dapat terkabul dengan baik.

Dengan memperhatikan beberapa hal, maka sudah sepantasnya manusia memperhatikan hal tersebut, guna menuai hasil daripada doa yang mereka pinta kepada Tuhan mereka.

Begitu jgua dengan doa daripada sapu jagad ini. Yang mana ada cara untuk mengamalkannya, sehingga apa yang dimaksud dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga beritaku: Tahajud Dan Doa Permohonan Dikabulkan Berdasarkan Panduan Muhammadiyah

Yang paling mudah dalam pengamalan doa ini, adalah pembacaan yang dapat kalian baca, setiap setelah sholat fardhu. Dalam hal ini adalah saat sesi doa, dan memanjatkan semua keinginan yang ingin di capai.

Bisa kalian baca pada saatawal ketika berdoa, atau akan pada sesi terakhir dari pembacaan doa yang kalian panjatkan. Lakukan hal tersebut setiap setelah sholat fardhu yang berjumlah 5 waktu.

Atau saat kita sudah melakukan sholat sunnah, seperti sholat pada malam hari, dan sebagainya. Untuk melengkapi semua doa yang telah kita panjatkan sebelumnya kepada Allah SWT.


Ayat Doa Sapu Jagad Dalam Al-Qur’an

Doa sapu jagad dalam Al-Qur'an
Doa sapu jagad dalam Al Quran (Foto: kumparan.com)

Namun, tidak bisa kita pungkiri bahwasannya akan ada banyak petanyaan, sebenarnya doa ini berasal dari mana? Apakah memang benar-benar tercipta karena saat itu Rosul menyukainya, atau bagaimana?

Secara tidak sadar, sebenarnya doa sapu jagad ini, tergolong dalam salah satu potongan ayat, yang terkandung dalam Al-Qur’an:

wa minhun mayyaqulu robbana aatina fiddunya khasanah wa fil aakhiroti khasanataw wakinaa adzaabannar..

Qs. Al-Baqarah: 201

Yang memiliki arti:

Di antara mereka ada orang-orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kebaikan kepada kami di dunia dan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka..

Jadi, bukan semata-mata doa tersebut turun secara terpisah, ataupun hal lainnya. Dan dari doa tersebut, memiliki beberapa manfaat bagi manusia, terutama ummat islam, agar semua doanya terkabul, serta tersampaikan kepada Allah SWT.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai doa sapu jagad. Yang mana dari pembahasan tersebut, dapat kita pahami bahwasannya, doa tersebut memiliki banyak manfaat dan faedahnya untuk kehidupan manusia.

Tinggal bagaimana manusia terutama ummat islam, dalam menyampaikan kepada Allah SWT, agar nantinya doa yang mereka panjatkan dapat tersampaikan kepada Allah, dan Allah dapat menjabah dari apa yang mereka impikan.

Lalu dalam melaksanakannya pun kita harus memperhatikan beberapa hal, entah sikap, dan waktu yang tepat dalam mengamalkan doa ini.

Jadi, kita nantinya tidak asal-asalan dalam menjalankan amalan daripada doa sapu jagat, yang mempunya banyak manfaatnya untuk manusia, terutama ummat muslim.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://kepri.haluan.co
  2. https://www.idntimes.com
  3. https://jateng.inews.id
  4. https://kalam.sindonews.com
  5. https://kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *