Dzikir qolbu makrifat
Dzikir makrifat (Foto: artbasel.com)

Dzikir Qolbu Makrifat: 5 Jenis Bentuk Dzikir Lainnya

Diposting pada

Dzikir Qolbu Makrifat merupakan salah satu bentuk dzikir yang pernah ada. Namun sebenarnya, apa pengertian dari dzikir qolbu? Serta apa saja bentuk dzikir lain yang ada? Disini mari kita bahas bersama sama tentang bentuk-bentuk dzikir.

Beritaku.id, Berita Islami. – Dalam hidup akan selalu ada hal-hal yang membuat seseorang merasa kelelahan. Salah satu obatnya adalah dengan mendekat kepada yang memiliki hidup. Menggumamkan namaNya membuat hati akan terus merasa dalam ketenangan.

Oleh: Ulfiana (Penulis Berita Islami)

Ada berbagai macam cara yang sesuai dengan tuntunan dalam mendekat kepada Allah. Mulai dari ibadah sholat, puasa, zakat, naik haji hingga dzikir. Berdzikir merupakan salah satu ibadah yang bisa seseorang lakukan dengan bermodal lisan dan hati yang terus menerus mengingat Allah.

Tentu modal itu tak banyak ataupun memberatkan.

Dengan berdzikir, hati akan merasa lebih tenang dalam menghadapi berbagai macam persoalan. Bagaimanapun masalah itu, jika kondisi mental telah stabil, maka jalan keluar akan mudah di temukan.

Selanjutnya, taukah jika ternyata dzikir itu ada berbagai macam bentuknya?

Bentuk yang bermacam-macam sesuai tuntunan itu menunjukkan bahwa islam itu memberi kemudahan pada hambanya. Yaitu, boleh memilih dengan bentuk dzikir dzikir seperti apa sesuai kebutuhan yang tentu berdasarkan sunnah.

Berikut ini adalah bentuk macam-macam dzikir yang pernah ada, salah satunya adalah dzikir qolbu makrifat.

Pengertian Dzikir Qolbu Makrifat

Dzikir qolbu makrifat merupakan salah satu sarana untuk perjalanan suluk seseorang. Agar, ia bisa menempuh jalan ruhani sehingga bisa dekat dengan Allah semesta Alam.

Dzikir qalbu makrifat adalah sebuah dzikir yang di lakukan dalam hati. Tujuannya yaitu mencapai makrifat kepada Allah.

Melakukan dzikir dalam hati ini terdapat anjurannya dalam Al Quran surat Al A’raf ayat 205, yaitu Allah berfirman:

وَاذْكُرْ رَّبَّكَ فِيْ نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيْفَةً وَّدُوْنَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ وَلَا تَكُنْ مِّنَ الْغٰفِلِيْنَ

Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut. Dengan tidak mengeraskan suara pada waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang – orang yang lengah.

Baca juga beritaku: Dzikir Fida: Pengertian, Bacaan, Tata Cara, 2 Hukumnya

Pada dzikir qolbu makrifat, biasanya terdapat aturan-aturan serta adab tertentu yang di berikan oleh mursyidnya/ guru spiritualnya. Itu sebabnya, sebenarnya ada begitu banyak macam versinya yang tersebar.

Namun pada artikel kali ini hanya akan menyajikan satu dari sekian banyak versi bacaan dzikir qolbu makrifat.

Bacaan Dzikir Qolbu Makrifat

Definisi dzikir qolbu makrifat
Membaca dzikir makrifat (Foto: serangnews.pikiran-rakyat.com)

Berikut ini adalah salah satu bacaan dari dzikir qalbu marifat yang berhasil di lansir dari sumber:

Membaca lailahaillah 100x

Membaca dzikir ini adalah setiap selesai sholat, utamanya setelah sholat magrib, isya, maupun subuh. Dzikir ini juga di namai dengan sebutan nafi isbat. Artinya, tak mengakui Tuhan lain dan hanya Allah yang patut di sembah.

Allahu 33x

Bacaan ini di baca setelah sholat sebanyak 33x, utamanya setelah sholat isya’. Membaca Allahu juga di namai dengan ismu Al Asma.

Huwa Allah 33x

Zikir ini memiliki penyebutan nama Ghaib Al Ismi. Membaca dzikir ini di lakukan setelah sholat fardhu, utamanya setelah sholat isya.

Huwa, huwa 34x

Bacaan dzikir ini di sebut juga dengan ghaibal ghaib. Membaca dzikir ini di lakukan sebanyak 34 x setelah sholat. Sehingga, jika di jumlah dalam sehari akan membaca dzikir ini sebanyak 100 kali.

Semua itu di baca dengan melakukan taubat sebelumnya. Dengan membaca dzikir ini harus di ingat bahwa dzikir tersebut tulus dan ridho serta ikhlas hanya untuk Allah.

Sehingga, tak ada niat lain yang mengotori hati seseorang yang membacanya.

Dzikir Sholawat Jibril 5000x Sekali Duduk

Dzikir bisa dengan berbagai macam bacaan untuk mengingat Allah. Bisa dengan tahmid, takbir, tasbih maupun tahlil. Namun, bisa pula dengan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW untuk di sampaikan pada Allah.

Salah satu shalawat yang cukup terkenal adalah shalawat jibril. Bunyi shalawat ini sangat singkat. Berikut ini adalah bunyi dari shalawat jibril yaitu:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Atau

 صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد

Bacaan shalawat ini terdapat dalam sebuah kitab berjudul Afdholussholawat ‘Ala Sayyidis Saadat. Dalam kitab tersebut di sebut kan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai shalawat ini.

Siapa saja yang membaca sholawat jibril ini, maka Allah SWT akan membuka pintu pintu rahmat kepadanya. Serta, Allah juga akan menjadikan hati manusia untuk mencintai dia. Dan tidak akan ada orang yang akan membencinya kecuali orang yang munafik.

Shalawat jibril yang di jadikan dzikir akan membuat seorang yang membacanya mendapatkan ketenangan hati. Serta, ia akan mendapat cinta dan penerimaan dari sekitarnya.

Bahkan, menurut KH Ahmad Jauhari Umar Pasuruan, memperbanyak membaca shalawat ini akan membantunya untuk mendapat apa yang ia hajatkan

Mengamalkan dzikir shalawat jibril

 Kemudian, bagaimana cara mengamalkannya?

Berikut ini adalah salah satu cara mengamalkan shalawat jibril menurut KH Ahmad Jauhari Umar Pasuruan yang di lansir sumber:

  1. Membaca shalawat ini setiap sholat fardu selesai di lakukan. Membacanya sebanyak 100 kali dan di tambah dengan sholawat jibril 1 kali.
  2. Jika ingin Allah melancarkan urusan bisnis, maka membaca sholawat jibril ini tiap selesai sholat magrib. Bisa pula membacanya setelah sholat malam dan menambahnya dengan doa sholawat jibril.
  3. Bila memiliki hajat yang cukup mendesak, maka bisa membaca sholawat ini sebanyak 5000 kali setelah sholat isya. Bisa pula membacanya setelah sholat malam. Kemudian, menutupnya dengan doa shalawat jibril.

Dalam berbagai kesempatan ada yang mengatakan bahwa shalawat jibril ini bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk merayu Allah.

Ketika seseorang kekurangan biaya dalam membangun rumah misalnya, mengamalkan shalawat ini bisa membuat ikhtiar menjemput rezeki akan lebih mudah.

Berikut ini merupakan doa dari kitab kasyful Hijab:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم أَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ وَاَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ بِحَبِيْبِكَ وَنَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ يَاسَيِّدِيْ إِنِّيْ اَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى رَبِّكَ فِى قَضَاءِ حَوَائِجِيْ

Artinya, adalah:

Wahai Allah. Sungguh aku mohon kepada Engkau serta aku bertawasul menyampaikan hajatku kepada Engkau wahai Allah. Dengan keagungan kekasihMu serta keagungan Nabimu, Sayyidina Muhammad SAW. Nabi yang membawa rahmat.

Wahai Nabi yang mulia, aku bertawajuh dengan keagungan engkau memohon pada Allah untuk mengabulkan berbagai hajat ku (kemudian menyebutkan hajat nya)

Dzikir Penyejuk Hati

Fadilah dari dzikir adalah membuat hati merasa sejuk akan ketenangan. Berikut ini merupakan bacaan- bacaan dzikir sebagai penyejuk hati.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya:

Wahai Allah, lapangkanlah untukku dadaku serta mudahkanlah bagiku urusanku. Dan lancarkanlah lidahku agar mereka paham ucapanku.

Kemudian, bisa pula berdzikir dengan lafadz:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya:

Cukup lah Allah sebagai pelindung kami.

Membaca dzikir ini sekaligus memahami artinya akan membuat seseorang teringat bahwa hanya Allah yang mampu untuk melindunginya. Itu sebabnya hatinya akan merasa tenang sebab ia memiliki Allah yang akan selalu menjaganya.

Dzikir Petang Al Matsurat

Berdzikir ketika petang dengan dzikir al matsurat merupakan salah satu dzikir yang cukup populer. Mengamalkan dzikir petang salah satunya adalah untuk meminta penjagaan dari Allah dari mulai petang menuju pagi.

Selain itu, dzikir ini juga membuat seseorang merasa lebih tenang dalam hati.

Sebenarnya, dzikir al matsurat petang hampir sama dengan bacaan dzikir petang pagi. Namun, yang berbeda adalah di bagian doa menjelang petangnya saja.

Berikut merupakan bunyi bacaan dzikir petang al matsurat yang berbeda dengan dzikir pagi al matsurat.

  1. doa menjelang petang 1

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَإِلَيْهِ الْمَصِيْرُ .

Artinya:

Kami memasuki waktu sore dan kerajaan milik Allah masuk waktu sore pula. Segala puji pada Allah. Tiada sekutu bagi Nya. Tiada tuhan selain Allah. Dan pada Allah tempat kembali.

2. doa petang 2

اَمْسَيْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ، وَكَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ .

Artinya:

Kami memasuki waktu sore dimana berada di atas fitrah islam serta kalimat tauhid. Di atas agama nabi kami Muhammad SAW. Juga, di atas ajaran bapak kami ibrahim yang hanif / lurus. Dan ia bukanlah seseorang dari golongan orang yang musyrik.

3. membaca doa kenikmatan petang 3

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَمْسَيْتُ مِنْكَ فِيْ نِعْمَةٍ وَعَافِيَةٍ وَسِتْرٍ، فَأَتِمَّ عَلَيَّ نِعْمَتَكَ وَعَافِيَتَكَ وَسِتْرَكَ فِيْ الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ .

Artinya:

Wahai Allah sungguh aku memulai sore ini dengan kenikmatan, kesehatan serta perlindungan dari Engkau. Maka, sempurnakanlah untukku kenikmatan, kesehatan serta perlindungan Mu itu dalam agamaku. Baik di dunia maupun di akhirat.

Dzikir Al Matsurat doa 3-4

4. doa petang 4

اَللَّهُمَّ مَا أَمْسَى بِيْ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْى

Artinya:

Wahai Allah, semua nikmat yang sore ini membersamaiku atau siapa saja di antara makhluk Mu, hanyalah dari Engkau semata. Tiada sekutu bagi Engkau. Maka, bagi mu segala puji serta bagi Mu rasa syukur.

Itulah dzikir yang membedakan antara Al Matsurat pagi dengan petang. Jika pagi, maka kata amsayna di ganti dengan asbahna.

Dzikir Pelepas Masalah, Bentuk selain Dzikir Qalbu Makrifat

Dzikir penyejuk hati (Foto: idntimes.com)

Ketika seseorang merasa masalahnya begitu berat, maka kadang ia berputus asa dengan masalahnya tersebut. Sehingga, solusi tak kunjung ia temukan.

Untuk mengatasi hal itu, maka berdzikir adalah salah satu sarana yang tepat.

Hanya dengan mengingat Allah, hati akan merasa tenang.

Sebenarnya, ada berbagai macam versi bentu dzikir untuk pelepas masalah. Berikut ini merupakan salah satu versi dari dzikir menghilangkan masalah yang berhasil di lansir dari sumber.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِى إِلَى نَفْسِى طَرْفَةَ عَيْنٍ وَأَصْلِحْ لِى شَأْنِى كُلَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:

Wahai Allah, aku mengharap rahmat dari Mu. Janganlah Engkau bebankan kepadaku urusan meski hanya sekejap maya. Dan selesaikanlah seluruh urusanku. (sungguh) tidak ada Tuhan selain Engkau.

Akhirnya, demikianlah tentang bentuk dan macam-macam dzikir. Berdzikir merupakan sarana untuk selalu mengingat kepada Allah.

Terkait bentuk yang berhasil kami rangkum, maupun tentang tata caranya, tetap perlu kajian yang lebih dalam lagi. Agar semoga tidak menjadi taklid buta karena niat yang salah. Sekali lagi, Wallahu a’alam bissawaf.

Cukup sekian dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga Beritaku : Dzikir tengah malam

Sumber:

fadhilza, Dzikirattauhid, hidayatuna, Islam.alfannas, kumparan.com

Bagikan Ke