Erick Thohir Elektabilitas Cawapres Tertinggi
Erick Thohir Elektabilitas Cawapres Tertinggi

Elektabilitas Cawapres Tertinggi, Erick Thohir Jadi Incaran Parpol pada Pilpres 2024

Diposting pada

Sejumlah survei dan poling menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki elektabilitas Cawapres yang tinggi.

Beritaku.id, Politik – Erick menjadi kandidat dari kalangan religius dan teknokrat yang dinilai menjadi klaster cawapres yang paling diminati publik.

Menjadikan Nama Erick Thohir semakin dilirik oleh partai-partai politik untuk didorong maju dalam kontestasi untuk Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya saat ini Erick Thohir mampu memimpin perolehan elektabilitas sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Elektabilitas Erick Thohir kian melesat mendekati kontestasi Pilpres 2024. Hal tersebut berdasarkan temuan sejumlah lembaga survei nasional.

Capaian elektabilitas Erick Thohir konsisten tunjukkan peningkatan signifikan. Hal tersebut terekam dalam temuan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada priode 11-17 April 2023.

Tren elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikan pesat mulai dari bulan Februari 17,5 persen serta Maret sebesar 11,3 persen. Kemudian melesat pada April menjadi 17,3 persen

Seperti halnya pada temuan survei nasional terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia beberapa waktu yang lalu. Nama Erick Thohir memimpin perolehan elektabilitas dengan mengungguli nama-nama lain seperti Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno.

Hal serupa juga terlihat pada data survei terbaru dari Indomatrik. Berdasarkan temuannya, Erick Thohir menjadi kandidat cawapres terkuat dengan raihan elektabilitas mencapai 16.15%

Erick Thohir mengungguli nama Sandiaga Uno yang tertahan angka 15.94%. Diikuti Ridwan Kamil 15.89% dan Agus Harimurti Yudhoyono di angka 12.87%.

Tingginya elektabilitas Erick Thohir memicu ketertarikan sejumlah partai. Saat ini setidaknya ada Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berebut menggaet hati Erick Thohir.

Sejumlah petinggi PAN sudah secara terang-terangan mengungkapkan ketertarikannya pada Eks Presiden Inter Milan itu. Bahkan nama Erick Thohir menjadi kandidat cawapres yang paling diinginkan oleh kader-kader PAN di seluruh Indonesia.

Begitupun dengan PPP, melalui Ketua Majelis Pertimbangan, Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romy itu, ia mengungkapkan bahwa partainya sangat mengingkinkan Erick Thohir. Bagi Romy, Erick Thohir sudah memenuhi sejumlah kriteria yang diinginkan PPP.

“Melihat kebutuhan PPP kita membutuhkan sosok yang religius, masih bisa Pak Erick Thohir. Erick Thohir sudah NU, karena dia Anggota Banser dan Ketua Panitia Satu Abad NU secara formal,” kata dia, Minggu 7 Mei 2023.

Erick Thohir menjadi figur yang paling pas diusung sebagai cawapres mendampingi calon presiden berasal dari kalangan kader parpol kuat.

Erick Thohir dapat menjadi pelengkap dan pelambung elektabilitas, kehadirannya banyak mendapat berkah elektoral di Pilpres 2024 mendatang.

Kondisi demikian semakin dikuatkan dengan latar belakang Eks Presiden Inter Milan ini yang bukan kader partai politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *