Sinkronisasi dan Asinkronisasi Dalam Komunikasi Informatif Daring
Bentuk Komunikasi Daring (Foto:Kang Muizz)
Sinkronisasi dan Asinkronisasi Dalam Komunikasi Informatif Daring

Dunia Komunikasi informasi telah menguasai dunia, menjadi media informatif daring telah menjadi kebutuhan penting, baik Sinkronisasi maupun asinkronisasi

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Bagaimana kita melihat peran teknologi komunikasi untuk interaksi antar ruang diantara negara. Baik asean maupun dunia?

Kemajuan teknologi yang satu ini sangat pesat dibandingkan dengan yang lainnya.

Kemampuannya untuk melakukan inovasi dan revolusi industri informasi yang bisa disaksikan sekarang. Menempatkan daring, tidak lagi menjadi suatu keinginan. Tapi menjelma menjadi sebuah kebutuhan.

Apakah yang dimaksud dengan komunikasi daring? Pertanyaan tersebut akan dikupas dalam artikel kali ini.

Konsepsi Komunikasi Informatif Daring

Konsepsi Komunikasi adalah proses mentrasformasi pesan kepada orang lain. Untuk menciptakan integrasi isi pikir, menghasilkan toleransi pikiran adaptif dengan orang lain.

Pengertian Komunikasi Informatif

Komunikasi informatif (informative communication) adalah suatu teknik komunikasi yang dilakukan agar orang lain (Penerima pesan/komunikan) mengetahui.

Bentuk Komunikasi Informatif adalah:

  1. Komunikasi personal,
  2. Komunikasi media, dan
  3. Komunikasi massa

Definisi Komunikasi Daring

Kembali kepada definisi Komunikasi Informasi diatas sebelumnya, komunikasi daring tersebut merupakan bagian dari komunikasi informasi di nomor 2. Yakni komunikasi media.

Arti sebenarnya dari komunikasi daring merupakan singkatan dari translasi kata “internet“. Inter berarti dalam, Net (network) berarti jaringan. Sehingga Internet adalah Dalam Jaringan.

Seiring perkembangannya, pengertian dari makna kata dalam jaringan (internet) tersebut di singkat menjadi daring.

Sehingga selanjutnya Komunikasi Daring berarti suatu tekni pemberian pesan (komunikasi) dalam jaringan.

Nama lain dari komunikasi daring adalah komunikasi inter koneksi, komunikasi antar jaringan, komunikasi dalam jaringan atau komunikasi online.

Sebagaimana konsep komunikasi, terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Langsung bertatap muka, yang melibatkan mimik, verbal dan sebagainya. Sementara tidak langsung adalah tidak terjadi interaksi secara langsung.

Sinkronisasi dan Asinkronisasi, Dalam Komunikasi Daring

Pengertian siknronisasi dan asinkronisasi

Komunikasi Daring Sinkron

Pengertian kata sinkron berdasarkan KBBI adalah (terjadi atau berlaku) pada waktu yang sama; serentak.

Sehingga pertukaran informasi secara daring sinkron adalah terjadi dengan waktu yang bersamaan. Pemberi dan penerima pesan menggunaan waktu yang bersamaan.

Meski tidak selamanya komunikasi daring sinkron tersebut beratap muka. Namun secara langsung di waktu yang sama pemberi dan penerima informasi. Bisa melakukan klarifikasi secara langsung dari berita maupun pesan yang disampaikan.

Komunikasi dengan memanfaatkan ruang atau fasilitas (space) yang maya atau tidak nyata (cyber). Atau memanfaatkan cyberspace. Menjadi dunia yang paling diminati oleh generasi Z (millenial).

Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi Daring Asinkron merupakan bentuk komunikasi dalam jaringan yang terjadi, tidak secara seksama antara pemberi dan penerima pesan.

Ada jeda atau tidak secara langsung jika terjadi klarifikasi diantara pemberi dan penerima berita.

Contoh Komunikasi Sinkron dan Asinkron

Komunikasi informatif daring asinkron dan asinkron dapat dicontohkan.

Contoh Komunikasi Daring Sinkron

Dalam beberapa informasi yang secara langsung, masuk dalam kategori daring sinkron adalah:

  1. Whatsapp
  2. Facebook
  3. Short Massage

Dan berbagai fasilitas dan aplikasi lainnya

Komunikasi Informatif Daring: Sinkron dan Asinkron
Bentuk Komunikasi Daring (Foto:Kang Muizz)

Contoh Komunikasi Daring Asinkron

Fasilitas daring asinkron adalah seperti Youtube. Dimana yang mengupload dengan subscriber atau penonton, tidak melakukan dalam waktu yang bersamaan.

Atau berita dan informasi website ini, yang dibaca oleh pembaca berbeda waktu antara admin dengan pencari konten.

Namun, bagaimanapun bentuk komunikasinya baik sinkron maupun asinkron. Komunikasi Informatif Daring membantu menghemat waktu dan tempat dalam penyampain sebuah informasi.

Beritaku: Perbandingan Gaya Komunikasi Rasul Dengan Para Orator

Manfaat Dari Komunikasi Informatif Daring Sinkron dan Asinkron

Kemajuan teknologi, memiliki kelebihaan dan kekurangan. Adapun Komunikasi Daring, Sinkron dan Asinkron memiliki manfaat, yaitu:

  1. Ruang kreatifitas,
  2. Amannya Informasi,
  3. Hemat Tempat Penyimpanan,
  4. Pengiriman File Jumlah Banyak
  5. Hemat Watu
  6. Ruang Sosial “Semu” Meluas

Ruang Kreatifitas, Komunikasi Dari Sinkron dan Asinkron menstimulasi pertumbuhan kreatifitas anak muda. Hal ini bisa dilihat, banyaknya yang memanfaatkan sarana ini untuk menunjukkan bakat.

Hal ini membuat banyak generasi muda yang berkembang dan disejajarkan dengan generasi pendahulu.

Contoh, mereka yang berkembang dengan komunikasi informasi daring ini adalah Ria Ricis, atta Halilintar dan lain sebagainya.

Jangan lupa Nadiem Makariem, yang sukses diperhitungkan secara Nasional, dengan kemampuan dalam sisi memanfaatkan cyberspace pada Komunikasi Daring.

Amannya Informasi, informasi yang disimpan dalam format privasi yang tidak terpublikasi lebih aman. Dan tidak terlalu menguras tempat (hal ini akan dibasa pada bagian lain).

Informasi yang dimaksud adalah tidak perlu khawatir bawah hal itu akan tercecer. Sepanjang tidak disimpan pada penyimpanan umum atau publik.

Misalnya postingan di Facebook, ataupun komunikasi secara privat.

Hemat Tempat Penyimpanan, jika sebelumnya, menyimpan file-file bukua, kuliah dan catatan lainnya disimpan diatas meja atau rak buku. Kini telah berganti didalam satu seluler.

Pengiriman File Jumlah Banyak, Paket data tersedir, maka kira bisa mengirimkan atau share file dalam jumlah banyak. Dan bisa diterima dalam waktu yang lebih cepat.

Hemat Waktu, Bertemu teman kuliah atau keluarga yang tersebar di Aceh dan Papua, dulu membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa melakukan.

Sekarang dalam waktu bersamaan bisa melakukan video call konfrensi.

Ruang Sosial “Semu” Meluas, Berteman dengan semua orang diseluruh dunia. Terbuka kapan saja. Hal ini bisa dievaluasi pada akun media sosial dngan jumlah pertemanan yang ribuan.

Memberikan ruang untuk berinterkasi dengan oranglain secara luas di dunia cuber (semu).