Perbandingan Gaya Komunikasi Rasul Dengan Para Orator
Melakukan Perbandingan Gaya Komunikasi Rasul dengan para orator, apakah Pantas?
Perbandingan Gaya Komunikasi Rasul Dengan Para Orator

Mencoba melakukan perbandingan gaya komunikasi rasul dengan beberapa pakar dengan style Komunikasi Rasulullah, Apakah Pantas?

Beritaku.Id, Organisasi Dan Komunikasi – Gaya Komunikasi yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, dengan strategi yang jauh lebih diterima seluruh gagasannya.

Bagaimana dengan membandingkan gaya komunikasi Aristoteles, Socrates maupun Demosthenes, atau Soekarno dengan Rasulullah? Bagaimana pula gaya komunikasi bagi Abraham Lincoln, Mahatma Ghandi dan sebagainya. Bisakah melakukan perbandingan Gaya Dan Karakter Komunikasi Rasul dengan tokoh-tokoh dunia tersebut.

Dalam hal syiar, komunikasi menjadi alat untuk menyampaikan agama kepada umat.

Bisakah Melakukan Perbandingan Gaya Komunikasi Rasul?

Rasul memiliki kemampuan komunikasi, sebab sifat yang dimiliki diantaranya:

1. Sifat Shiddiq
Shiddiq memiliki makna ucapan yang benar. Benar ucapan, dan benar prilaku. Satu kata ucapan dengan prilaku. Tidak berbeda antara ucapan dengan perbuatan yang dijalankan.

Shiddiq dalam menjalankan perintah Allah SWT dan juga dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

2. Amanah
Amanah memiliki arti benar-benar bisa dipercaya. Apabila satu urusan diberikan dengan tanggung jawab kepada Nabi Muhammad SAW.

Maka orang tersebut akan percaya bahwa urusan itu akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

3. Tabligh
Tablig berarti menyampaikan. Dan dalam hal menyampaikan pesan Allah SWT, dilakukan dengan cara yang benar. Dan semua tersampaikan dengan jujur.

Tidak ada kepentingan pribadi dibalik semua proses penyampaian syiar kepada seluruh umat. Semua yang disampaikan sesuai perintah Allah SWT.

4. Fathonah
Fathonah bermakna cerdas, yang dalam proses menyampaikan syiar dengan kecerdasan yang mampu melakukan adaptasi dengan kemampuan atau kecerdasan umat.

Dengan gaya komunikasi yang baik, maka proses syiar terlaksana dengan baik.

Melihat gaya komunikasi Abraham Lincoln, John F Kennedy, Sampai kepada Soekarno. Adalah sebuah perbandingan yang tidak berimbang, sebab:

  1. Mereka tidak hidup se zaman dengan Rasulullah. Dimana kekejaman Raja yang jauh lebih besar.
  2. Mendapatkan petunjuk yang berbeda. Ada yang di bimbing langsung oleh AllaH SWT, sementara ada yang belajar melalui buku.

Sehingga membandingkan kemampuan Rasulullah dengan mereka para orator adalah sebuah kekeliruan.

Terpilihnya Rasulullah Muhammad SAW sebagai Rasul terbaik, menjadi pembelajaran buat kita. Bahwa dirinya memiliki talenta yang lebih dan luar biasa dibandingkan dengan manusia lain dibumi.

Beritaku: Adab Komunikasi Rasulullah, Media Dakwah Penyebaran Agama Islam