Kahar Dianggap Pahlawan Dari Tanah Sulawesi
Kahar Muzakkar Dari Sulawesi Dianggap Sosok Pahlawan Oleh Kebanyakan Orang

Pahlawan Dari Sulawesi Bernama Abdul Kahar Muzakar

Diposting pada

Dianggap sebagai Pasukan terbaik dari Timur Indonesia. Bersuku Bugis – Makassar – Luwuk. Santun dalam kata, namun tegas dalam sikap. Pahlawan Dari Sulawesi Itu Bernama Kahar Muzakkar.

Beritaku.Id, Nasional – Termasuk pejuang kemerdekaan, yang berdiri dibaris depan menghalau penjajah. Bersama Soekarno, Dari tanah Jawa, Syafruddin Prawiranegara dari Sumatera. Kahar Muzakkar dari Tanah Sulawesi.

Kahar Muzakkar bagi kebanyakan orang dari Sulawesi dipandang sebagai sosok pahlawan dan punya nama. Bukan pemberontak, bukan sosok perusak Bangsa. Tapi sosok yang melawan konsep pembantukan Tentara.

Dia cinta Soekarno. Bahka menjadikan tubuhnya menjadi tameng pada saat Soekarno terancam Bayonet Tentara jepang yang hanya sejengkal dari tubuh Soekarno.

Dengan pasukannya yang bernama Komando Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS). Dibawah komandonya yang banyak melakukan pergerakan dan perlawanan dengan teknik strtaegi gerilya.

Banyak merepotkan pasukan Jepang sebelum kemerdekaan dan pasukan Belanda pasca kemerdekaan (Baca agresi Militer Belanda tahun 1948).

Lahir di Luwu, Provinsi Sulsel, pada tanggal 24 Maret 1920 atau 1 abad yang lalu. Sebagai bangsawan dari Bugis Makassar. Nama Asli Achmad Nur Fatoni.

Mengikuti pendidikan dengan bersekolah di Sekolah Muallimin Muhammadiyah. Ikut pengkaderan pemuda seperti pemuda lainnya.

Dengan keberagaman bersama Pemuda lainnya, melahirkan jiwa Patrior Achamd Nur Fatoni melawan penjajah yang masuk ke Indonesia.

Saat itu masih dibawah pendudukan Belanda, atau Indonesia di jajah oleh Belanda.

Saat akan datangnya Jepang ketanah air dengan maksud modeus membantu Indonesia.

Achmad Nur Fatoni seperti kebanyak pemuda di Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang tersebut.

Nippon Dahobu, tentara Jepang.

Pahlawan Dari Sulawesi Melawan Jepang

Melihat gelagat Jepang yang tidak sesuai ucapan ketika datang tersebut. Achmad Nur Fatoni memberikan perlawan kepada mereka.

Sebab setelah Belanda berhasil dihalau oleh pasukan mata sipit tersebut. Justru Jepang melakukan hal yang sama yakni menjajah Indonesia.

Jiwa Patriot Achmad Nur Fatoni bergairah. Akhirnya menyeberang ke Solo. Melakukan perlawanan. Dan mulailah nama Abdul Kahar Muzakkar disebut di perlawanan tersebut.

Melawan Jepang Dengan Gerakan Pemuda

Beberapa organisasi kepemudaan dibentuk oleh Abdul Kahar Muzakka. Diantaranya Gerakan Pemuda Indonesia Sulawesi atau GEPIS. Angkatan Pemuda Indonesia Sulawesi (APIS) dan Angkatan Pemudia Indonesia (API)

Kahar Bukan Dari Organisasi Jawa

Tidak seperti yang lainnya. Kahar Muzakkar tidak melewati pengkaderan pasukan seperti nama Panglima Soedirman, Abdul Haris Nasution, Ahmad Yani, Slamet Riyadi, Alez Kawilarang dan Adolf Lembong. Dari Pembela Tanah Air (PETA), Heiho, Gyugun atau KNIL.

Tahapan Pertemanan Dengan Soekarno

Tepatnya pada rapat raksaa Ikada di Jakarta. Tepatnya 19 September 1945. Dalam rapat menggemparkan dengan pembacaan pidato Presiden Soekarno saat itu dihadapan rakyat Indonesia.

Jepang tidak menerima gerakan pengerahan massa yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Maka dengan derap langkah ambisi dan amarah, Tentara Jepang. Membubarkan rapat raksasa. Soekarno dan kawan-kawan terkepung oleh Jepang.

Bayonet telanjang terhunus siap menembus kulit sang Presiden dan Wakil Presiden serta kabinet.

Diantara pengawal yang hadi, ada Kahar Muzadkkar, dengan senjata Parang melindungi sang Presiden.

Tembuslah dadaku dengan bayonet dan peluru tajammu. Kini Abdul Qahhar Muzakkar menjadi tameng hidup Pemimpin bangsa tersebut.

Dengan kejadian itu, menjadi tahapan pertemanan akrab Kahhar dengan sang Proklamator.

Kemana Presiden maka disitu ada Abdul Kahhar Muzakkar menjadi pengawal paling dekat.

Tahapan Meredupnya

APIS bentukannya kini dilebur menjadi Kebaktian Rakjat Indonesia Sulawesi disingkat KRIS

Kahhar diberi tugas masuk di tanah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Waktu itu belum seperti sekarang. Dengan Issu putra daerah lebih dominan.

Zaman itu hanya ada satu pandangan “Suku Indonesia”. Belum ada kotak lebar seperti saat ini.

Dominasi Kawilarang

Warow, Kawilarang, Lembong mengambil dominasi terhadap KRIS. Sebab tokoh asal Minahasa ini berasal dari KNIL (Tentara bentukan Belanda).

Ada perbedaan dan komplain diantara mereka dengan Kahar Muzakkar.

Namun dirinya masih sempat membebaskan ratusan hampir ribuan Tahanan Politik di Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah.

Sekita 800an tahanan bergabung menjadi pasukannya. Diperbantukan di Markas Besar Tentara.

Tahapan Perlawanan

Indonesia berbenah, pasukan diperbaiki dan dibentuk. Sejak kemerdekaan formasi dan Nama Pasukan Indonesia belum terbentuk.

Lalu dibentuk Tentara Republik Indonesia (TRI). Cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI, sekarang)

Terbentuknya KRIS

Terbentuk Brigade XVI KRIS untuk Kesatuan diluar Pulau Jawa, di Sulawesi.

Pimpinan Brigade adalah Warow dan Lembong. Kahar tidak diposisi pengambil kebijakan. Melawan. Merasa tidak diperhitungkan. Sementara pasukan terbesar di KRIS adalah kontribusinya yakni APIS bentukannya.

Dengan sikap tegasnya, menyatakan keluar barisan dari Brigade XVI

Tidak ada gerakan perlawanan Kahar Muzakkar terhadap Indonesia saat itu. Dia cinta Soekarno. Bahkan rela mati demi Soekarno yang memproklamirkan Negara ini.

Yang terjadi adalah, tidak mau di perintah dan tidak akan tunduk kepada Kawilarang dan kawan-kawan.

Melihat kondisi tersebut, Panglima Jendera Soedirman memberinya tugas membentuk TRIPS (Tentara Republik Indonesia Persiapan Sulawesi).

Kondisi tidak stabil antara Kahar dan Warow bersama kawan-kawan, membuat Panglima TNI memahami potensi yang dimiliki olehnya.

24 Maret 1946 atau tepatnya ia berumur 26 tahun, dia mengumpulkan pasukannya sebanyak 1200 orang. Pasukan tidak sedikit jumlahnya.

Setelah perjanjian Linggarjati, TRIPS melebut menjadi Laskar Sulawesi.

Dirinya diberikan tugas untuk membangun Militer di Sulawesi.

Adalah ulah Kapten Raymon Westerling mencabik-cabik langkah baik Kahar Muzakkar.

Dianggap gagal mempertahankan kekaderan Militer di Sulawesi.

Disamping gerakan beberapa Militer yang ingin menyingkirkan Kahar dari kedekatannya dengan Soekarno.

Mebuat kondisi semakin melebar. Hingga akhirnya dia membentuk Komando Gerilya Sulawesi yang tidak direstui oleh Presiden Soekarno.

Banyak yang berpendapat. Soekarno tidak memberinya restu, karena Presiden pertama tersebut tidak menginginkan Kahar Muzakkar meninggalkan dirinya.

Namun semua petaka telah terjadi, Tepatnya tahun 1965 dia tewas di Sungai Lasolo oleh Pasukan Siliwangi.

Meski banyak yang orang Sulawesi berpendapat. Bahwa tidak pernah pasukan Siliwangi dan tidak akan bisa mereka membunuh Kahar Muzakkar.

Sebab dalam penyergapan tersebut, mereka tidak bertemu dan sampai hari ini masih menjadi tanda tanya. Apakah benar kejadian tersebut?

Pemberontak Atau Pahlawan?

Kahal Muzakkar dicap sebagai pemberontak karena bergabung dengan DI TII. Atau gerakan itu adalah gerakan melawan dari KRI dan TNI?

Mereka tidak melawan Negara, mereka melawan orang tertentu dalam organisasi Militer.

Seperti pada Urutan Sejarah Perlawanan Indonesia Melawan Penjajah Dari Penderitaan. Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jaza pahlamannya, Bacaan lainnya Presiden Yang Terlupakan, Tegaknya Negara Indonesia

Bagikan Ke
  • 1
    Share