Konsep organisasi

Pengertian Organisasi, Tujuan, Bentuk dan 4 Ciri

Diposting pada

Berikut ini Kita akan bahas tentang arti maupun Pengertian suatu organisasi, Tujuan serta bentuk dan Ciri Organisasi itu sendiri

Beritaku.Id, Sosial – Pertama, Apakah kita telah mengetahui apa arti dan Pengertian Organisasi?

Penjelasan via video artikel ini pada Youtube Channel

Dalam kehidupan sosial dan sehari-hari sering kita mendengar kata organisasi, banyak orang yang aktif dalam organisasi, kemudian menjadi orang sukses.

Dalam dunia kampus, organisasi ini ibarat sajian atau menu bagi para mahasiswa, yang gratis.

Meskipun begitu, beberapa dari mereka yang tidak berminat masuk berorganisasi namun juga tidak sedikit orang bahkan mendapatkan jodohnya dalam organisasi.

Tapi pada kasus lainnya, mendapatkan masalah keluarga karena organisasi itu sendiri. Meski demikian, kita tidak pada pembahasan mendetail soal kasus tersebut.

Pengertian Organisasi, Ciri, Bentuk, Tujuan
Pengertian Organisasi, Dan Tujuan, Ciri Serta Bentuk

Pengertian Organisasi

Selanjutnya, Ada beberapa definisi, atau Arti daripada organisasi itu sendiri, hal ini telihat dengan banyaknya pakar yang memberikan penafsiran tentang organisasi.

Kemudian Dari beberapa pakar yang berbeda, memberikan arti atau definisi organisasi berbeda-beda, berdasarkan sudut pandang dan hasil penelitian para pakar atau ahli, Yakni:

  1. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyebutkan Arti Organisasi adalah Kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu; 
  2. Kelompok kerja sama antara orang-orang yang teragendakan untuk mencapai tujuan bersama;

Berikut ini Menurut Chester, Organisasi adalah pekerjaan yang oleh dan secara bersama, dengan 2 orang atau lebih dari 2 orang dengan menggunakan komposisi atau bentuk dalam melaksanakan aktifitas masing-masing.

Sementara Stoner memberikan arti organisasi sebagai suatu pola yang melalui hubungan-hubungan yang melalui orang-orang bersumber pada pengarahan manajer, untuk mencapai atau menemukan tujuan bersama. Sumber dari Guru Pendidikan.

Dari ketiga definisi tersebut, bisa menarik suatu kesimpulan bahwa sebenarnya organisasi itu harus terdiri dari minimal 2 orang, memiliki atau menduduki komposisi atau bentuk.

Sehingga Untuk pelaksanaan tugas masing-masing, dan organisasi harus memiliki tujuan, untuk mengetahui bentuk akhir yang akan tercapai.

Maka, Polarisasi kerjasama antara orang-orang dalam wadah tersebut untuk mencapai tujuan, dengan pembagian tugas dan sebagainya, seperti itulah konteks organisasi.

Tujuan Organisasi

Setelah mengetahui substansi arti pada organisasi maka selanjutnya adalah membahas tentang tujuan organisasi.

Tujuan dari sebuah organisasi, selain untuk mencapai tujuan, juga untuk saling menutupi kekurangan dan bersama-sama mewujudkan tujuan, untuk mendapatkan keuntungan bersama atau aktualisasi pribadi.

Adapun beberapa tujuan organisasi, yakni :

  1. Mencapai tujuan bersama,
  2. Menutupi kekurangan,
  3. Bekerjasama,
  4. Mewujudkan misi tertentu,
  5. Mendapatkan penghargaan,
  6. Mendapatkan keuntungan bersama,
  7. Melestarikan budaya
  8. Tempat belajar atau pengkaderan.

Ciri Organisasi

Organisasi memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki Visi dan Misi
  2. Memiliki personil atau orang,
  3. Terjadi Kerjasama dalam pembagian tugas
  4. Memiliki peraturan yang mengatur jalannya organisasi

Pertama, Visi dan Misi

Hal ini adalah menjadi hal pokok kenapa organisasi tersebut terbentuk, atau karena persamaan visi dan misi atau tujuan, maka seseorang mengorganisir personil secara bersama untuk pencapaian tujuan bersama.

Namun pemahaman dan analisa tentang Organisasi akan kita pahami target organisasi tersebut dengan melihat Visi dn Misi yang milikinya.

Organisasi tanpa visi dan misi maka akan membuat tidak berarti.

Memiliki Personil atau Orang

Tidak ada organisasi tanpa 2 orang atau lebih dalam sebuah wadah, selanjutnya semua orang yang terlibat bagiannya merupakan anggota organisasi.

Ciri Bantuk dan Tujuan Organisasi
Pengertian Organisasi Secara Objektif Harus memiliki orang atau personil pengurus

Terjadi Kerjasama Dalam pembagian Tugas

Pembagian tugas masing-masing anggota, adalah harus memberikan, untuk menjawab siapa mengerjakan apa.

Job Description (deskripsi atau penjabaran tugas), biasanya pada setiap orang, berdasarkan aturan organisasi yang ada.

Memiliki Peraturan

Pertama Arti peraturan, dalam organisasi yang paling lazim adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Dimana didalamnya. Ini yang kedua Memuat tentang seperangkat peraturan dasar dan penjelasan untuk menjadi pedoman organisasi.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, biasanya tertinjau ulang (untuk perbaikan sesuai kebutuhan), pada saat melaukan pergantian pengurus secara periodik. Dengan melakukan evaluasi kinerja dan efektifitas sebelumnya.

Bentuk Organisasi

Dalam hal organisasi, terdapat beberapa bentuk organisasi yakni sebagai berikut: Organisasi Bisnis, Perusahaan dan Pemerintahan

Selanjutnya Organisasi Bisnis lebih mengacu pada upaya untuk mengatur bisnis yang mereka jalankan, dengan mengatur sistem dalam menghadapi pasar.

Organisasi Perusahaan lebih kepada upaya produksi atau kegiatan khusus, maka bagian merupakan bagian dari organisasi bisnis

Sementara organisasi pemerintahan, lebih kepada organisasi yang mengatur tata kelola instansi dan kedinasan untuk melakukan pelayanan kemasayarakatan

Kemudian Organisasi Sosial merupakan organisasi partisipan yang oleh masyarakat, dalam hal ini, tidak menjadi struktur pada organisasi pemerintah, tapi melakuakn aktifitas pelayanan untuk membantu pemerintah.

Pengertian Dalam Organisasi Sehat

Arti Organisasai yang sehat adalah organisasi yang mampu menjalankan fungsinya, berdasarkan aturan yang ada.

Adapun ciri-ciri organisasi yang sehat adalah aktifnya seluruh lapisan (secara umum) yang ada dalam organisasi melaksanaan tugas, dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki landasan hukum
  2. Aktifitas dan Kerjasama berjalan
  3. Produktifitas
  4. Terkontrol dan bisa dievaluasi
  5. Memiliki periodisasi kepengurusan
  6. Terdapat tempat atau sekretariat

Memiliki landasan Hukum

Kita berada dinegara hukum dengan seperangkat peraturan yang mengikat didalamnya, sehingga seluruh aktifitas baik pribadi maupun secara organisasi, harus mengacu pada aturan atau landasan hukum yang berlaku.

Landasan hukum pada pemerintahan misalnya, penambahan instansi, pendirian dinas memiliki seprangkat aturan yang mengikat.

Termasuk penempatan personil dalam ajabatan tertentu harus memiliki landasan hukum.

Untuk organisasi sosial kemasyarakatan, tetap harus mengacu pada landasan hukum, termasuk pendirian ormas harus melihat peraturan yang ada, dan terutama pengadaan Akta Notaris sebagai langkah awal.

Aktifitas Dan Kejasama Berjalan

Maksudnya, aktifitas dan kegiatan organisasi terus berjalan, aktifitas atau sekumpulan orang, dengan kerjasama satu sama lain.

Adapun aktifitas yang dijalankan adalah mengarah pada tujuan organisasi tersebut, sehingga persona atau pejabat yang ada didalam mengerjakan apa yang menjadi bagian dari job desk yang diberikan.

Produktifas

Atau hasil output dari aktifitas yang dijalankan tersebut, bisa dilihat dan dikoreksi didalamnya, maka Produktifitas bisa diukur, dengan volume atau jumlah dari output sebuah kegiatan organisasi.

Terkontrol dan Bisa Di Evaluasi

Substansi arti Tentang Organisasi terkontrol dan bisa dievaluasi adalah dimana organisasi dlam menjalankan tujuan, maka harus memiliki ciri bisa di evaluasi.

Terkontrol maksudnya tetap berjalan sesuai dengan aturan dan tujuan organisasi, sementara di evaluasi maksudnya, melakukan penyempurnaan terhadap segala kekurangan yang didapatkan.

Dalam hal evaluasi tersebut, pimpinan organisasi bisa mengambil kebijakan melakukan penggantian personil, sepanjang diatur dalam peraturan organisasi.

Memiliki Periodisasi Kepengurusan

Tidak ada jabatan yang abadi, ini menjadi prinsip dasar yang harus kita sepahamkan, Maka termasuk jabatan organisasi pada masanya akan berakhir.

Sehingga periodisasi organisasi dilakukan dengan melakukan pergantian secara bertahap ketika sampai masa periode, atau sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Memiliki Sekretariat

Definisi Selanjutnya Organisasi memiliki sekretariat adalah organisasi memiliki suatu tempat khusus, dengan alamat yang jelas.

Dan memungkinkan untuk dilakukan komunikasi baik seluler maupun email dan sebagainya.

Demikian kajian tentang organisasi : Pengertian, Bentuk, Ciri dan Tujuan.

Baca juga Beritaku: Retorika: Pentingnya, Sejarah Perjalanan, Definisi, 8 Unsur Utama

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *