Dzikir Setelah Sholat Dhuha, Dan Bacaannya
Bacaan Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Dzikir Setelah Sholat Dhuha, Bacaan Dan Hukumnya Dalam Islam

Diposting pada

Dzikir setelah melaksanakan sholat dhuha bagi seorang muslim perlu mengetahui bacaan dan dasar hukumnya dalam Islam

Beritaku.Id, Berita Islami – Dalam Islam meyakini, mengakui bahwa hanya Al-Quran dan Hadits, sebagai pedoman utama dalam melaksanakan Ibadah kepada Allah SWT.

Seorang muslim yang melaksanakan ibadah termasuk Dzikir setelah melaksanakan sholat sunnah seperti dhuha. Harus berpedoman kepada hukum dalam Alquran maupun hadits.

Sementara ketentuan dan perintah untuk berdzikir telah dijelaskan oleh Allah SWT, melalui sunnah Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri

مَنْ شَغَلَهُ قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ عَنْ مَسْأَلَتِيْ وَ ذِكْرِيْ أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِيَ السَّائِلِيْنَ

“Barang siapa disibukkan oleh al-Qur’an dan dzikir dari meminta kepada-Ku. Maka Aku akan mempersembahkannya sesuatu yang paling utama di antara apapun yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta kepada-Ku.” (H.R. Tirmidzi dan Baihaqi).

Disibukkan dengan Al-Quran adalah berpedoman kepada firman allah SWT, serta dzikir adalah mengingat Allah SWT dalam berbagai keadaan. Baik lapang maupun sempit.

Jika dzikir mau dikombinasikan dengan sholat dhuha, maka sesuatu yang bisa disarankan. Tapi lafadz dzikir tersebut disarankan memiliki landasan hadits. Untuk mencegah umat keluar dari sunnah Rasullah.

Beritaku: 3 Sahabat Rasul Energik dan Semangat Beribadah, Tapi Dilarang

Dzikir Setelah Sholat Dhuha 100 Kali dan Hukumnya

Dzikir secara umum adalah

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

”Ya Allah, ampuni dosa kami dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau maha penerima tobat dan Maha Pengampun.” Sumber hadits: Bincangsyariah.com.

Adapun jumlahnya untuk dibacakan adalah 100 kali sebagaimana dalam riawayat lain menyebutkan, Sabda Rasulullah Muhammad SAW:

صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم الضحى، ثم قال: اللهم اغفر لي، وتب علي، إنك أنت التواب الرحيم حتى قالها مائة مرة

“Rasulullah saw melaksanakan shalat Dhuha, kemudian beliau mengucapkan; ‘Allohummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu.’ Beliau mengucapkan kalimat tersebut hingga 100x.

Bacaan Setelah Melaksanakan Sholat Dhuha

Dari St Aisyah RA, beliau meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW jika telah selesai melaksanakan shalat Dhuha, beliau selalu mengucapkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang ) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.)

Dengan kekuatan Sholat Dhuha, ditambah dengan Dzikir kepadaNya, semoga saja permintaan kita terkabulkan, Amin!

Bagikan Ke