Rasul Di Jazirah Arab, Irak dan Mesir Serta Syam
Nabi dan Rasul Berdakwah, Di Jazirah Arab, Irak, Mesir, Palestina atau Negeri Syam

Rasul Di Syam, Palestina, Suriah, Yordania Dan Lebanon, Siapa Saja?

Diposting pada

Nabi dan Rasul di Syam Yakni di Negara Palestina, Suriah, Yordania, dan Lebanon. Terdapat 12 Nabi dan Rasul yang diutus ke Negara tersebut.

Beritaku.Id, Berita Islami – Tepatnya di daerah Syam yang terdiri dari Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon.

Setelah sebelumnya di bahas tentang, Rasul Di Jazirah Arab, Siapa Saja, Kaum Dan Tempat Berdakwa. Dan juga di Irak Dan Mesir Manusia Pilihan, Siapa Saja?

Saat ini, akan kita bahas tentang Rasul di negeri Syam. Kaum Israel yang hendak menguasai Palestina. Dengan mengingat jumlah Nabi yang ada didaerah tersebut. Memangdang sebagai manusia dengan ras tertinggi.

Rasul Di Negeri Syam

Kota suci kedua setelah Mekkah Madinah, adalah Al Quds yang terdapat di Palestina. Di Negara yang saat ini menghadapi prahara perang dan akan dikuasai oleh Israel. Negara dengan penduduk Islam banyak teraniaya tersebut hidup dalam suasana bertahan hidup dibawah gempuran senjata dan roket Israel.

Siapa saja Rasul dan Nabi di Negeri Syam?

#7, Nabi Luth AS.1950-1870 SM

Untuk kaum laknat Sodom dan Amurah (Perbatasan Palestina dan Yordania). Lahir di daerah Shafrah di Syam (sekarang Syria).

Kaum Nabi Luth adalah homoseksual, gay, lesbian, biseksual dan sebagainya. Yang merupakan kelainan seksual menyimpang.

Kaum Sodom dan Amurah merupakan kaum yang makmur. Namun keluar dari ajaran Agama yang seseungguhnya.

Dengan melakukan perbuatan yang tercela sebagaiman Firman Allah SWT:

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا لِلَّذِينَ كَفَرُوا اِمْرَأَةَ نُوحٍ وَامْرَأَةَ لُوطٍ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ
Artinya:
Allah membuat istri Nuh dan istri Lut perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya); “Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka)” (At-Thamrin Ayat: 10)

Istri Nabi Lut juga ikut menjadi golongan yang dilaknat tersebut dan tidak bisa menghindari bencana. Tatkala tanah yang ada disana dibalikkan oleh Allah SWT.

Kaum tersebut ditenggelamkan di laut mati perbatasan Yordania, Palestina dan Siria.

#9, Nabi Ishaq AS (1897-1717 SM)

Diturunkan untuk Bangsa Kan’an yang berada di Al-Khalil/Hebron Palestina. Nabi Ishak merupakan adik dari Nabi Ismail Bin Ibrahim.

Nama Ishak yang berarti tertawa. Sebab pada saat malaikat datang kepada Ibrahim dan St Sarah. Menyampaikan bahwa segera ia akan hamil. Membuat Nabi Ibrahim kaget dan tertawa.

Sebab usianya yang sudah sena mencapai 80 tahun.

Namun atas kuasa Allah SWT, Nabi Ishak lahir, dengan memiliki keturunan yang tersebar di Palestina dan Romawi. Yakni Yaqub dan Al Aish.

Sebagaimana diketahui bahwa Ishak juga sempat mandul seperti Nabi ibrahim AS. Namun tetap menyerahkan dan bertawakkal kepada Allah SWT.

#10, Nabi Ya’qub AS (1837-1690 SM)

Nabi Yaqub di lahirkan di tanah Al-Khalil (Hebron), Palestina Untuk Kaum kan’an. Dia merupakan anak dari Nabi Ishak AS atau cucu dari nabi Ibrahim AS.

Bagi Bani Israil, mereka menganggap bahwa ini adalah merupaka bapak dan keturunan mereka. Ini benar adanya sebab Nabi Ya’qub dilahirkan dan dibesarkan di daerah palestina.

Yang hendak dikuasai oleh mereka. Namun yang keliru adalah ketika menganggap bahwa Nabi Yaqub AS menyembah selain kepada Allah SWT.

Bagi Yahudi menganggap bahwa tembok ratapan merupakan peninggalan dari Nabi Yaqub.

#12, Nabi Ayub AS (1540-1420 SM)

Dataran Hauran (Syiria/Yordania), Bangsa Arami dan Amori (Syria dan Yordania). Memiliki anak bernama Dzulkifli yang kelak menjadi Nabi.

Dia Nabi yang memiliki kekayaan dan harta benda. Keluarga dan kesehatan yang cukup. Namun Allah mengujinya dengan kemiskinan, ditinggal keluarga dan juga diberikan ujian penyakit.

Dia ditinggalkan oleh banyak orang termasuk keluarganya, dengan penyakitnya.

Namun Allah mengabulkan doanya dengan mengangkat penyakitnya. Dan menyatukan kembali dengan keluarganya serta kekayaan kembali diberikan oleh Allah SWT.

#16, Nabi Daud AS (1063-963 SM)

Lahir di Palestina, dan wafat di Baitul Maqdis. Diturunkan ke Bumi untuk kaum Bani Israel.

Daud berhadapan dengan Raja Jalut yang tinggi besar dan dzalim. Suatu ketika dalam pertempuran antara Raja yang dzalim dengan Nabi Daud AS.

Jalut yang merasa besar dan tinggi. Memandang remeh Nabi Daud AS. Namun dalam pertempuran tersebut Jalut terseungkur dengan kepala yang pecah. Karena ketapel yang dimiliki oleh Nabi Daud AS.

Setelah itu Thalut, pemimpin yang bersama NabI Daud menjadi Raja. Dan selanjutnya Daud mengambil tahta menjadi Raja. Dan melanjutkan menjadi raja yang bijaksana di tanah Palestina.

#17, Nabi Sulaiman AS (989-923 SM)

Nabi Sulaiman diturunkan di Palestina, Untuk Bani Israil yang keras kepala. Nabi Sulaiman memiliki kemampuan untuk berbicara dengan binatang.

Dia memiliki kerajaan yang sangat besar. Dalam suatu peristiwa besar, dimana ia menikah dengan Ratu Bilqis dari kerajaan Saba.

Baca juga: Ciri Khas Para Nabi Dan Rasul, Raja Sabar Hingga Panglima Terhebat

Dalam melaksanakan Syiar agama Allah SWT, Nabi Sulaiman menguasa bahasa seluruh hewan dan menundukkan jin.

Namun dirinya menjadi seorang Nabi yang adil dan bijaksana bagi umatnya.

#18, Nabi Ilyas AS (910-850 SM)

Ba’labak (Lebanon),

Beliau diutus kepada Bani Israil yang menyembah berhala bernama Ba’al.

Nabi Ilyas menjadi target pembunuhan kaum Fenisia, sheingga Ilyas selalu bersembunyi pada rumah-rumah yang kosong, dan dia tidak pernah kelaparan sebab Allah selalu memberikan makanan pada setiap rumah kosong yang dimasukinya.

#19, Nabi Ilyasa AS (885-795 SM)

Diturunkan di Jaubar, Damaskus, Untuk bani Israil. Ia adalah nabi yang setia menemani Nabi Ilyas AS. Dalam melakukan dakwah. Namun dalam hal karakter Nabi Ilyasa memiliki kesabaran yang lebih.

#21, Nabi Zulkifli AS (1500-1425 SM)

Damaskus dan sekitarnya Untuk kaum Bani Israel dan Fir’aun (Raja Mesir). Seorang Nabi yang menjadi Raja setelah mendapatkam tugas dari raja yang sudah renta.

Raja Damaskus yang bijaksana tersebut bertanya kepada seluruh rakyatnya.

“Siapakah diantara rakyatku yang mampu berpuasa saat siang hari serta beribadah dimalam harinya, dan juga tidak marah-marah?“

Seketika lelaki bernama Basyar berdiri dan berkata “Saya Yang Sanggup!“

Maka seketika itu ia diangkat menjadi seorang Raja.

#22, Nabi Zakariya AS (91 SM-31 M)

Palestina dan wafat di Halab (Aleppo), merupakan seorang nabi yang sangat sabar. Dalam usianya yang sudah senja belum memiliki keturunan.

Namun ia terus berdoa dengan istrinya yang bernama Isya. Setelah melewati umur 100 tahun. Barulah Allah mengabulkan doanya untuk memiliki keturunan. Yang kelak menjadi Nabi. Yakn Nabi Yahya AS.

#23, Nabi Yahya AS (1 SM-31 M)

Damaskus, Bani Israil. ia melanjutkan perjuangan. Namun sangat minim kisah yang membahas perjuangan Nabi Yahya tersebut. Tapi dia mengajarkan ketauhidan bagi masyarakat atau penduduk di Damaskus.

#24, Nabi Isa AS. (1 SM-32 M)

Untuk Bani Israil yang ada di Palestina. Nabi Isa AS diberikan kemampuan oleh Allah SWt termasuk menghidupan orang mati atas Izin Allah SWT. Dia memiliki kemampuan seperti kemampuan yang dimiliki oleh Nabi Ilyas.

Menyembuhkan orang sakit. Dan menghidupkan burung yang terbuat dari tanah liat. Atas izin Allah SWT.

Hingga saat ini, Nabi Isa AS di angkat oleh Allah SWT kelangit. Dan pada masanya akan turun kebumi meluruskan ajaran agama yang diajarkannya sebelumnya.

Sebab umatnya banyak yang melenceng dari ajaran Nabi Isa AS tersebut. Di tanah atau Negeri Syam.

Demikian kisah Rasul di negeri Syam.

Baca juga: Lahir Hingga Wafat, 25 Nabi Dan Rasul, Palestina, Libanon Dan Iraq

Bagikan Ke