Sebnyak 254.173 Lowongan, Penerimaan CPNS Dibuka Oktober

Sebanyak 254.173 Lowongan Penerimaan CPNS 2019 Dibuka Oktober

Diposting pada

BERITAKU.ID – Sukses adalah proses, memang benar adanya dan itu adalah kodratnya, tapi resah bagi banyak pengangguran yang merata.

Pemerintah memastikan kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini tepatnya pada Oktober 2019 mendatang.

Kabarnya total kuota lowongan CPNS atau ASN yang dibuka sebanyak 254.173 posisi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana melalui keterangan tertulis pada laman bkn.go.id, Selasa, 30 Juli 2019.

“Mencakup 100 ribu formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan 100 ribu formasi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tahap Kedua,” ucap Bima Haria.

Diperkirakan jumlah pelamar melebihi jumlah pada seleksi CPNS tahun sebelumnya yang sebanyak 3.636.251 juta. Rinciannya, jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791. Diperkirakan sebanyak 5,5 juta orang pelamar akan mengikuti seleksi penerimaan ASN pada Oktober 2019.

Bima juga menyampaikan pelamar mengalami sejumlah kendala pada CPNS 2018 di antaranya: database kependudukan yang tidak diperbaharui, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat. Dan juga ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan. Adapun kendala yang lain adalah KTP yang diunggah pelamar tidak jelas/bukan KTP asli, dan terakhir, sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap.

“Beberapa permasalahan ini yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi,” kata Bima.

Bima mengungkapkan aspek infrastruktur guna seleksi pada 2019 ini, ada 108 titik lokasi di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan melalui fasilitas yang disediakan BKN dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah.

“Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak, oleh karena itu beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah,” tutup Bima. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *