Sensus Pendudukn
Sensus Penduduk

Sensus.bps.go.id, SPO 2020, Cara Mudah Pengisian

Diposting pada

Mudah cara Pengisian SPO 2020 di Sensus.bps.go.id

Beritaku.Id, Nasional – Mudah, Sensus.bps.go.id adalah situs resmi Sensus Penduduk oleh BPS (Badan Pusat Statistik) berlangsung dari Februari hingga Maret 2020, Selasa (10/3/2020).

Tahun 2020 ini, Pemerintah RI oleh Badan Pusat Statistik dan Kemendagri (Kementrian Dalam Negeri) mengadakan Sensus Penduduk.

Pemerintah menghimbau kepada seluruh penduduk Indonesia melakukan pengisian data mandiri secara online pada alamat website resmi BPS.

Tanggal 15 bulan Februari sampai dengan 31 bulan Maret 2020 BPS mulai melaksanakan sensus kependudukan.

Untuk tahun 2020 ini, sensus cara online melalui aplikasi di sensus.bps.go.id (klik disini) dengan menggunakan programmer yang kompeten, sehingga aplikasi tersebut memudahkan pengguna.

Kunjungi Situs Sensus Tidak Memakan Waktu Lama

Beberapa pertanyaan akan muncul pada formulis sensus tersebut, namun jangan ragu, sebab tidak membutuhkan waktu lama untuk pengisian.

Apa saja yang dasar untuk disiapkan?

Sebelum mengakses Sensus.bps.go.id KK dan KTP, sangat simpel, jika sedang berada diluar rumah, jika tidak membawa Kartu Keluarga, maka bisa diminta untuk difoto dikirim via whatsapp.

Selanjutnya silahkan online, namun diingat kembali apa saja yang harus disiapkan, yang lainnya, seperti buku nikah, dokumen perceraian atau surat keterangan kematian pasangan.

Pengisian sensus.bps.go.id Alamat Resmi SPO 2020
Untuk Mensukseskan Program Sensus Penduduk Online SPO 2020, ke Link sensus.bps.go.id

Dan jika ada anggota keluarga tambahan, dengan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.

Setelah semua dokumen telah siap, maka mendukung program pemerintah dalam hal Sensus Penduduk tahun 2020, ikuti langkah dibawah ini:

  1. Lengkapi dokumen atau file yang dibutuhkan, Sebelum mengisi Form SPO 2020
  2. Online, dan buka URL sensus.bps.go.id
  3. Untuk meminta kode akses silahkan kirim permintaan dengan menggunakan surat elektornik atau Email ke joinsp2020@bps.go.id.
  4. Input Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) adalah file dasar SPO 2020
  5. Klik kotak kosong pada captcha lalu klik “Cek Keberadaan”
  6. Untuk yang baru pertama kali mengkases Sensus Penduduk Online, diwajibkan membuat kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan akun, kemudian klik “Buat Password”
  7. Catat kata sandi yang dibuat dalam android biar tidak dilupa, kemudian ketik pada URL lalu tekan “Masuk”
  8. Untuk menghindari kesalahan pengisian, maka seharusnya membaca panduan, setelah itu klik “Mulai Mengisi”
  9. Pakai Bahasa Indonesia, atau jika menguasai Bahasa asing, silahkan gunakan bahasa yang paling dipahami.
  10. Isi Formulir dengan jawaban yang sebenarnya atau fakta, sebab hal ini digunakan oleh pemerintah dalam hal pembuatan perencanaan pembangunan biar lebih akurat
  11. Lebih awal kita diminta mengisi alamat tinggal keluarga saat ini, tulis secara lengkap sesuai form, jangan ragu sebab website tersebut aman terhadap privasi.
  12. Kemudian halaman selanjutnya Anda diminta untuk mengisikan keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal Anda saat ini.
  13. Isi seluruh anggota keluarga yang ada.
  14. Kemudian Anda diminta mengisikan data tentang aktivitas sehari-hari.
  15. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”
  16. Unduh/download bukti pengisian pada email anda sebagai bukti pendaftaran.

Cara Mudah, Siapa saja yang bisa mengisi Sensus Penduduk Online tersebut?

Siapapun yang namanya tercantum dalam kartu keluarga, maka berhak untuk mengisi formulir online tersebut, berhak mengisi SPO 2020 secara kolektif.

Untuk yang telah memiliki akun dan password, maka silahkan masukkan saja dan lengkapi formulir.

Jika sementara online, kemudian lupa dengan dokumen, maka silahkan simpan sementara data anda. Berikutnya bisa mengambil kembali isian formulir untuk melengkapi.

Soal rahasia data, jangan ragu. Programmer situs telah melakukan proteksi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Pengisian ini dianggap penting buat seluruh warga Indonesia sewajarnya berpartisipasi untuk mensukseskan program pemerintah.

Semua data yang dibuat oleh penduduk Indonesia melalui situs tersebut, akan dijadikan bahan untuk pembuatan program.

Diantaranya program pembangunan, atau strategi menciptakan lapangan kerja atau iklim investasi demi membuka lapangan kerja bagi seluruh penduduk.

Batas pengisian sampai 31 Maret 2020, dan jika sampai batas tersebut belum melakukan pengisian, maka petugas sensus dengan face to face akan datang pada 1-31 Juli 2020, sebagai pendataan manual, seperti yang ada selama ini.

Mudah Cara pengisiannya.

Bagikan Ke