Sholawat Adrikiyah: Sebuah Ikhtiar Bertemu Rasulullah Muhammad SAW

Posted on

Sholawat Adrikiyah sebagai sebuah sarana untuk dapat menebus rindu kepada Rasulullah. In syaa Allah siapa yang membacanya maka mudah bagi mereka untuk bertemu baginda Nabi.

Beritaku.Id – Berita Islami. Tiada orang yang akan menangisi nasibmu bahkan sebelum engkau lahir kecuali Nabi Muhammad SAW. Untuk bertemu Rasulullah, maka Sholawat Adrikiyah merupakan jalan dan cara terbaik.

Oleh Tika (Penulis berita islami)

Apa Keutamaan Bermimpi Bertemu Rasulullah

(akurat.co)

Assalaamu’alaikum teman-teman muslimin dan muslimat. Bermimpi adalah sebuah bunga tidur Bagi umat Islam, mimpi merupakan salah satu andil dari syaitan. Akan tetapi, ada sebuah mimpi yang tidak bisa melibatkan usaha syaitan di dalamnya.

Mimpi itu adalah mimpi bertemu dengan Rasulullah. Terdapat keistimewaan dari mimpi tersebut. Abu Hurairah menceritakan ia mendengar Rasulullah bersabda,

Bagi siapapun yang bermimpi bertemu dengan Rasulullah, maka ia akan bertemu dengan beliau dalam keadaan terjaga. Oleh sebab itu setan tidak dapat menyerupai wujud beliau.

Jadi ketika mimpi merupakan godaan syetan, maka tidak berlaku bagi mimpi bertemu Rasulullah.

Imam Nawawi di dalam kitab bernama al-Minhaj Syarh Shahih Muslim menerangkan mengenai arti yang terkandung dalam kalimat terakhir ‘bertemu Rasulullah dalam keadaan terjaga:

  1. Bagi orang yang bermimpi, maka ia akan mendapatkan pertolongan dari Allah untuk hijrah. Dalam artian ini, orang-orang yang akan memperoleh pertolongan adalah mereka yang hidup di jaman Nabi namun berum pernah bertemu.
  2. Arti dari mimpi bertemu Rasulullah adalah sebuah pembenaran bahwa orang yang bersangkutan akan bertemu Rasulullah di akhirat. Hal ini berlaku bagi orang yang pernah bertemu secara nyata maupun belum.
  3. Bagi orang yang bermimpi bertemu Rasulullah tersebut, kelak ia akan memperoleh syafaat dari Nabi dan mendapat kedekatan dengan nabi di akhirat.

Lantas bagaimana cara untuk dapat memimpikan Rasulullah?

Cara Untuk Memimpikan Rasulullah Melalui Shalawat

sholawat adrikiyah
(akurat.co)

Seseorang mengaku pernah bermimpi mengenai Nabi Muhammad SAW. Kemudian Muhammad Bin Sirin berkata padanya untuk menyebutkan sifat Rasulullah dalam mimpi orang tersebut.

Namun ia menyebutkan sebuah sifat yang tidak diketahui oleh Ibnu Sirin. Kemudian ia menyimpulkan jika orang tersebut tidak bermimpi dengan Rasulullah.

Kemudian di kisah lain, Ashim bin Kulaib mendengar ayahnya menceritakan jika ia bermimpi bertemu Rasulullah. Ia pun menanyakan salah satu sifat Nabi di mimpinya.

Ayahnya menyebutkan sifat nabi yang mirip dengan Hasan bin Ali yaitu cucu Rasulullah. Ibnu Abbas kemudian menyimpulkan jika ayahnya benar-benar bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

Intinya adalah ketika mimpi tersebut tidak sesuai dengan hukum syariat, maka hal itu tidaklah benar. Namun mimpi bertemu dengan Rasulullah dengan kesesuaian terhadap syariat memang benar adanya.

Hal itu karena tidak ada yang dapat menyerupai Rasulullah dalam mimpi. Hal ini tercantum dalam dua kitab shahih Bukhari Muslim.

Mimpi orang yang tertidur tidak dapat menjadi sebuah acuan.

Nabi Muhammad SAW sebagai utusan terakhir memang menjadi panutan umat Islam. Beliaulah yang sangat mencintai umatnya bahkan sebelum mereka dilahirkan ke dunia.

Amalan Memimpikan Rasul

Tak heran jika semua orang ingin mengetahui paras beliau. Adapun amalan untuk dapat memimpikan Nabi Muhammad SAW antara lain:

  1. Dalam satu malam membaca Surat Al-Kautsar sebanyak 1.000 kali
  2. Membaca Surah Al Muzammil sebanyak 141 kali dengan yakin dan lanjut bershalawat hingga tertidur.
  3. Ketika matahari terbit dan tenggelam membaca Surah Al Qadr.
  4. Membaca Surah Al Qadr sebanyak 1000 kali di Hari Jumat. Dengan demikian kita tidak akan meninggal hingga bermimpi bertemu Nabi Muhammad.
  5. Bershalawat sebanyak 1000 kali di malam jumat serta membaca Surah Al Kautsar sebanyak 1000 kali. Tertidur pun harus dalam keadaan berwudhu sehingga posisi tidur harus duduk.
  6. Membaca Ta’awudz sebelum tidur sebanyak lima kali dan basmalah sebanyak lima kali juga. Kemudian lanjut membaca Allaahumma Bihaqqi Muhammadin Arinii Wajha Muhammadin Halaalan wa maalaan sebanyak lim akali.
    Adapun artinya adalah ya Allah dengan kebenaran dari Nabi Muhammad tolong perlihatkan padaku wajah Nabi sekarang dan juga di akhirat nanti.
  7. Mambaca surah Al Ikhlas sebanyak 1000 kali sehari dengan niat memimpikan rasulullah.
  8. Membaca doa seperti yang disarankan dalam kitab Manbaus Sa’adah sebanyak 100 kali.
    Allaahumma innii as’alika bi nuuril Anwaaril ladzii huwa ‘ainuka laa ghairuka an turiyanii wajha nabiyyika sayyidinaa Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam. kamaa huwa ‘indaka.
  9. Membaca Shalawat ini sebanyak 70 kali.
    Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin kamaa amkartana an nusalliya ‘alaiih. Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin kamaa huwa ahluh.
    Allahumma shollii ‘alaa sayyidinaa Muhammadin kamaa tuhibbu wa tardalah. Allaahumma sholli ‘alaa ruh Muhammadin Fil Arwaah.
    Allahumma sholli ‘alaa jasadi Muhammadin fi’il ajsad. Alaahumma shollii ‘alaa qobri Muhammadin fi’il qubuur.
sholawat adrikiyah
(kabarmakkah.com)

Jenis Sholawat Untuk Bermimpi Bertemu Rasul

Sholawat Nariyah

Sahabat Nabi Muhammad SAW yang mempelajari ilmu tauhid membuat sebuah syair. Beliau adalah Syekh Nariyah.

Jenis sholawat ini memang tidak secara langsung membawa kita bertemu nabi, namun terkandung doa penghantar rejeki di dalamnya.

Bacaan sholawat Nariyah adalah:

Allaahumma sholli shoolaatan kaamilatan wasalim salaaman. Tamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadinilladzii. Tanhallu bihil ‘uqodu watanfariju biihil qurobu.

WatUqdhoo bihil hawaa iju wa tunnaaluu bihi rogho ibu. Wahusnul khowaatimi wayustasqol ghomaamu. Biwajhihil kaariim wa’alaa aalihi. Wasohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi’adaadii kulli ma’luumillat.

Sholawat Ibrahimiyah

Tidaklah sah sholat seorang mukmin tanpa wudhu, tanpa mengagungkan Allah dan tanpa menyebut nama Nabi Ibrahim dan Muhammad. Dengan kata lain, bacaan ini wajib.

Adapun manfaatnya adalah mendapat pengampunan dari Allah, mendapatkan syafaat di hari kiamat, Malaikat juga memohonkan ampunan, dan terhindar dari keburukan dunia dan akhirat.

Allaahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad. Wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Kamaa shollaita’alaa sayyidinaa Ibroohiim. Wa’alaa aali ibroohiim. Wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad. Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Kamaa baarokta ‘alaa sayyidinaa Ibroohiim. Wa ‘alaa aaali sayyidinaa Ibroohiim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Sholawat Munjiyat

Memiliki manfaat sebagai penggalang dari bencana, sholawat ini kerap disebutkan di awal sebuah doa.

Sholawat Nuuril Anwar

Barang siapa yang membaca sholawat Nuuril Anwar maka ia akan terhindar dari kesulitan maupun kesedihan.

Subhanallah, begitu indahnya manfaat dari sholawat ini.

Sholawat Adrikiyah

Sholawat inilah yang memberikan paling banyak manfaat diantara sholawat lainnya.

Seseorang yang rajin mengamalkannya akan terhindar dari bala, kesedihan, bahkan kesempitan rejeki.

Sholawat Adrikiyah: Arti Dan Bacaan

(kabarislam.com)

Pengertian Sholawat Adrikiyah

Nabi Muhammad menemui seorang syekh melalui sebuah mimpi. Beliau bernama Syeikh Hamid. Ia mengaku mendapat petunjuk mengenai sholawat ini melalui sebuah mimpi.

Syekh Hamid merupakan seorang mufti di kota Syam. Beliau mengaku bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Dalam mimpinya, Nabi Bersabda,

Siapa pun yang membaca sholawat adrikiyah, maka Allah SWT akan menunjukan berbagai kemudahan dalam hidupnya.

Tentu saja manfaat dari sholawat ini sangat banyak.

Cara Dan Bacaan Sholawat Adrikiyah

Berbaqai macam cara untuk mengamalkan sholawat Adrikiyah ini. Yang terpenting adalah mengamalkannya dengan sepenuh hati untuk memperoleh ridha Allah.

Dengan demikian, Allah tidak akan segan untuk melimpahkan rahmat dan berkahnya kepada kita.

Khasiat serta keutamaan dari sholawat ini tidak hanya untuk mendapat rezeki yang banyak. Dengan ini kita dapat memperoleh solusi untuk penyembuhan.

Dalam ilmu kebatinan, ia akan membantu membuka mata batin dan membuang sifat-sifat buruk dalam diri kita. Tidak heran juga bagi yang ingin mendapatkan jodoh yang beriman dan setia, mereka mengamalkan bacaan ini.

Adapun bacaan sholawat adrikiyah adalah”

Assholaatu wassalaamu ‘alaika yaa sayyidi yaa rasuulullaah, khuz biyadi kollat hiilatii adriknii

Keutamaan dan khasiatnya secara lebih rinci antara lain:

  • Orang yang mengamalkan sholawat ini sebanyak 1000 kali di malam jumat dengan jangka waktu selama 8 kali berturut-turut, insyaallah akan bertemu di dalam mimpi dengan Nabi Muhammad SAW
  • Barang siapa yang membacanya sebanyak 1000 kali pada malam jumat maka Allah akan mengabulkan hajatnya.
  • Membuat siapapun yang membacanya menjadi lebih waspada terutama kepada hal-hal ghaib.
  • Siapapun yang membaca sholawat ini maka akan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat, terutama jika membacanya dengan senang hati.
  • Berfungsi sebagai penyelamat di akhirat kelak.
  • Membantu seseorang untuk memprediksi masa depan dengan kehendak Allah tentunya.

Shalawat ini jika diamalkan maka akan membantu seseorang untuk memperoleh rejeki yang halal. Tidak hanya itu, ia juga akan mendapatkan kesehatan dan keselamatan.

Sholawat Adrikiyah Sebagai Bacaan Untuk Bertemu Rasulullah

Membaca shalawat ini memang sebaiknya pada malam jumat. Alasannya adalah karena keistimewaan hari Jumat sehingga akan menimbulkan banyak kebaikan.

Kendati demikian, meninjau dari banyaknya manfaat pada shalawat ini, maka siapapun boleh membacanya kapanpun.

Adapun tuntunan dalam membaca sholawat ini adalah sebagai berikut:

  1. Barang siapa yang membacanya sebanyak 333 kali sehabis sholat subuh maka Allah SWT akan memberikan rezeki yang berlimpah.
  2. Bagi siapapun yang sedang menghadapi kesulitan, maka Allah akan memberi solusi ketika membacanyasebanyak 221 kali pada tengah malam.
  3. Sholawat ini akan membuka pintu dunia ghaib dan mata batin dengan membacanya 313 kali.
  4. Barang siapa yang ingin cita-citanya terkabul maka sebaiknya membacanya 7 kali sebelum tidur.
  5. Untuk menghindari bencana atau kesialan sebaiknya membacanya sebanyak 21 kali sehari.
  6. Untuk kesembuhan penyakit hendaknya membacanya sebanyak 9 kali lalu meniupnya di air.
  7. Agar dapat bertemu dengan Rasulullah dan para wali di dalam mimpi, maka lakukan secara istiqomah dengan membacanya sebanyak 9 kali sebelum tidur.

Padu padankan sholawat ini dalam sholat Hajat maupun sholat lainnya untuk doa harian bagi seorang muslim.

Bertemu dengan Rasulullah memang sangat istimewa sekalipun hanya dalam mimpi. Akan tetapi sebaiknay tidak mudah putus asa dalam mengharapkan hal ini.

Memang melakukannya secara istiqomah itu tidaklah mudah, namun tidak ada alasan untuk lalai karena bacaannya yang pendek dan mudah dihafal.

Bahkan bagi wanita yang sedang tidak menjalankan sholat, tidak ada kesulitan untuk mengamalkannya.

Barang siapa bersungguh-sungguh dalam memperoleh sesuatu, in Syaa Allah akan mendapatkannya sebagaimana janji Allah.

Demikian artikel mengenai shalawat adrikiyah. Semoga memberikan manfaat dan syafaat bagi kita semua. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

Akhirul kalam, wassalaamu ‘alaikum warohmatullaah wabarokaatuh.

Bagikan Ke