Teks Penutup Pidato
Contok Teks Penutup Pidato Variatif

8 Contoh Teks Penutup Pidato Formal Dan Ceramah Islami

Posted on

Dalam kegiatan komunikasi Publik, berupa pidato, ceramah Islami singkat, maka kita membutuhkan teks pembukaan dan pembahasan serta penutup yang variatif untuk membuat peserta menjadi tidak bosan.

Beritaku.Id, Organisasi Dan Komunikasi – Untuk sebuah pidato yang baik, juga harus mengetahui kaidah pidato itu sendiri, sebab penyampaian bahasa pidato bukanlah karangan bebas tanpa alur yang baik. Sebagaimana Konsep Pidato telah memberikan penjabaran dan pembagian-pembagiannya.

Pada artikel ini akan kita bahas mengenai teks penutup sebuah pidato yang lebih variatif untuk menarik perhatian penonton. Sebuah isi pidato semenarik bagaimanapun, memerlukan variasi dalam mengakhir pidato tersebut.

Maka Teks atau kalimat sebagai penutup pidato harus kita atur sedemikian rupa, agar mampu mengunci pendengar pada akhir penyampaian sebuah konsep (pidato). Teks naskah pidato sebagai penutup kalimat tidak boleh kita abaikan, melainkan harus dengan persiapan yang baik.

Namun sebelum kita masuk pada contoh penutupan atau kalimat penutup sebuah pidato, ceramah maupun MC. Sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu Pengertian pidato formal dan non formal.

Batasan Pengertian Pidato Formal Dan Non Formal

Lebih awal kita mempresentasikan pengertian pidato resmi (formal) maupun yang tidak resmi (non Formal).

Pengertian Atau Definisi Formal

Definisi Formal berdasarkan KBBI sebagaimana dari Jagoan kata: bahwa formal memiliki 2 arti:

  1. Sesuai dengan peraturan yang sah, sesuai dengan ada kebiasaan yang berlaku
  2. Resmi

Sementara pengertian Pidato juga memiliki arti:

Pidato/pi·da·to/ n 1 pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; 2 wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak; (Sumber KBBI).

Jadi Pidato Resmi adalah proses pengungkapan pikiran dalam bentuk narasi maupun kata-kata kepada orang banyak sesuai dengan peraturan yang sah atau kebiasaan.

Atau dalam pengertian lain, Pidato Formal adalah penyampaian gagasan kepada orang banyak secara resmi, sehingga pesan dapat terpahami oleh umum.

Adapun Contoh Teks Pidato Formal, biasanya dengan menggunakan naskah, yang menjadi panduan dalam penyampaian pesan tersebut.

Meski tidak semua pidato bukanlah untuk bertujuan menghibur, namun pada kenyataannya, pidato tidak boleh terlalu kaku, sepanjang tidak merusak isi atau konten pidato tersebut.

Baca juga beritaku: Pidato Memoriter Perpisahan

Intinya pidato formal itu resmi. Menyampaikan pendapat dengan cara yang resmi, misalnya: pertemuan harus memakai undangan formal. Atau kegiatan memiliki pengurus, seperti panitia pelaksana dan sebagainya.

Sampai disini paham kan, pengertian dari pidato atau ceramah islami yang resmi. Intinya, tidak terjadi secara spontan, namun terlaksana secara terencana.

Sesuai dengan judul artikel ini mengenai pembuatan Teks kalimat penutup pidato variatif maka berikut ini akan kita bahas.

Kalimat Penutup Pidato Menarik Secara Singkat

Pembahasan kali ini tidak lagi tentang mukadimah (pembukaan) pidato atau ceramah namun pada penekanan sebelum meninggalkan mimbar. Yang hendak menutup pembicaraan.

Pembuka Dan Penutup Acara

Ada banyak gaya yang bisa kita pakai dalam hal ini, serta tidak sedikit variasi yang baik dalam membuat susunan penutup pidato yang menarik. Dan juga memilik kata untuk akhir sebuah pidato.

Contoh Naskah Penutupan Pidato, Perpisahan

…….

Saudaraku sekalian.

Diantara semua momen perpisahan adalah momen penutupan pidato perpisahan ini pula yang saya hindari, sebab saya sangat memahami bahwa setelah ini kita tak lagi akan bertatap. Tanpa diskusi, tanpa bisa bersama lagi.

Banyak momentum menarik yang telah kita lewati bersama, tentunya ini merupakan sebuah kenangan yang selalu hinggap dalam jiwa kita.

Aku ingin berteman dan bersama seperti laut dan pantai, yang hadirnya selalu bersama, entah siang maupun malam. Aku tidak ingin seperti siang dan malam, ketika datang siang maka malam akan berlalu.

Ketika siang hampir kita temukan rembulan. Begitupun ketika malam tak tampak matahari kecuali perwakilan bias pantulan rembulan.

Akhir kata, izinkan aku memohon maaf, jikapun kita tak selalu bersama maka marilah kita membentuk bias pelangi oleh warna kita yang beragam untuk keindahan.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Naskah dalam sebuat teks pidato adalah menggunakan kalimat yang “wah” dan menarik, serta bukan bahasa yang biasa atau copy paste dari orang lain. Sebab bisa jadi yang menarik dari penceramah lain, belum tentu menarik kalau kita yang bawakan.

Contoh Penutupan Pidato Menarik, Pidato Lingkungan

……..

Saudaraku sekalian.

Berterima kasihlah kepada Alam sebagai jembatan nikmat dari Allah SWT, yang telah memberikan kita kesempatan untuk menikmati fasilitas tersebut.

Mari membuka mata, bahwa saat ini pencemaran air, tanah dan udara telah terjadi disekeliling kita. Lihatlah India yang kekurangan Oksigen, padahal dari dulu dunia tidak pernah mengalami kerusakan sirkulasi oksigen.

Semua itu terjadi sebab tumbuhan tidak mampu lagi secara total memberikan suplai kebutuhan oksigen yang kita butuhkan.

Belum lagi dengan menurunnya debit air dimana-mana, sebab Allah secara perlahan mengambil airnya dari Bumi. Semua karena ulah tangan-tangan manusia yang melakukan kerusakan.

Melalui ini, mari kita bergerak menjaga lingkungan kita secara bersama-sama dengan mencegah pencemaran lingkungan. jangan buang sampah pada sembarang tempat, dan memelihara tumbuhan hidup.

Demikian pidato tentang lingkungan ini, mohon maaf jika ada kekurangan.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Contoh Penutupan Pidato, Perjuangan Bangsa

Menyusun Penutup Pidato

……..

Jika bukan karena perjuangan para pahlawan bangsa maka kita tidak akan merasakan sebuah kemerdekaan seperti sekarang ini.

Jika bukan karena keberanian mereka dalam menghalau penjajah Belanda, maka negara kita masih dalam penjajahan. Untuk itu, kita tak mampu berjabat dengan mereka, maka melalui ini, mari kita mendoakan para pejuang bangsa agar senantiasa mendapatkan lindungan Allah SWT dihari akhiratnya.

Tak hanya itu, kita semua memiliki kewajiban meneruskan perjuangan mereka dalam membangun bangsa dan negara dalam bentuk kecintaan kita kepada negara.

Akhirul kata, saya berterima kasih atas segala perhatian dan kehadirnyannya.

Merdeka

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Naskah Teks Penutup Pidato, 17 Agustus

…….

Saudara, sebelum saya menutup pidato tentang 17 Agustus ini, maka tahukah saudara, bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan angka 17 mengandung banyak makna.

Bahwa 17 Agustus tersebut, oleh Bung Karno merupakan pemikiran yang matang.

Kejadian itu pada Bulan Ramadhan, tepat pada 17 Ramadhan dengan 17 Agustus 1945, pada hari Jumat.

Dalam sebuah tekanan gerakan Muda Sutan Sjahrir dan kawan-kawan yang menekan Soekarno. Dengan menculik Sang Presiden pertama ke Rengasdengklok agar memproklamirkan kemerdekaan pada 16 Agustus 1945, namun Soekarno tetap pada pendirian bahwa Proklamasi kemerdekaan RI harus dilakukan pada 17 Agustus tersebut.

Tentunya ini mengandung makna yang sangat dalam, sebagai semangat perjuangan dan keislaman yang utuh.

Oleh karena itu, mari kita semua mempertahankan nilai perjuangan yang telah tertanam oleh pendahulu bangsa Soekarno Hatta.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Kalimat Penutup Pidato Variatif, Pemberontakan KKB Papua

……..

Saudara, Papua merupakan wilayah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun dengan gerakan politis Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua hendak keluar dari kesatuan Republik Indonesia.

Tentu ini mengoyak nilai persatuan Bangsa Indonesia, dengan gerakan menginginkan kemerdekaan dan hendak mendirikan Papua Merdeka dengan bendera bintang Kejora.

Hal yang paling menyedihkan pada 25 April 2021, Kepada Badan Intelegen Daerah (Kabinda) Papua BIN, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, ditemukan tewas akibat serangan membabi buta KKB.

Hal ini menimbulkan reaksi presiden dan memerintahkan Pangab dan Kapolri untuk memburu separatis dan teroris KKB di Papua maupun di seluruh wilayah Indonesia lainnya.

Kita memiliki kewajiban dan mendukung gerakan pemerintah tersebut, untuk menciptakan rasa aman kepada seluruh penduduk Indonesia yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Akhir Kata, Selamat Berjuang untuk TNI dan Polisi dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dari gangguan para pengacau Negara.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Akhir Pidato Menarik, Tentang Cinta

…………

Diantara semua yang menarik, maka sumbunya tentang cinta, apapun yang kita cintai dan kita sukai maka itu adalah tarikan yang benar membawa kita untuk tertarik.

Kita boleh saja mencitai benda, ataupun manusia, seperti dengan mengungkapkan sebagai sebuah bukti kecintaan.

Kita boleh saja berkata “aku mencitaimu, dan aku tidak ingin kehilanganmu” atau, cintaku kepadamu adalah sebuah kemurnian yang dalam kepadamu.

Terserah tuan mau mengapresiasi cinta dengan cara maupun gaya apapun.

Namun tahukah kita semua bahwa espektasi cinta yang kita rasakan akan lengkap dengan mengingat siapa yang mencintai kita hingga akhir hayatnya.

Dialah Rasulullah Muhammad SAW. Yang sampai nafasnya hendak meninggalkan tubuhnya, ia masih mengingat hambanya, begitu dalamnya cintanya kepada kita semua. Apakah kita juga mencintainya?

Akhir Kata

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Teks Akhir Pidato: Isra Miraj

………….

Bapak Ibu yang kami hormati, sebelum kami menutup pidato ini.

Bahwa Sholat yang kita kerjakan saat ini merupakan hasil perjalanan jauh dan “wisata” Rasulullah keluar Angkasa, menuju Sidratul Muntaha. Isra Dari Masjidil Haram Ke Masjidil Aqsa, dan Miraj dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha, melewati bermil-mil jarak yang jauh.

Perintahnya tidak melalui malaikat jibril, melaikan langsung dari Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Tentunya ini menjadi sebuah kemuliaan bagi Rasulullah Muhammad SAW, sebab tidak ada Nabi dan Rasul yang seperti itu Istimewanya dalam mendapatkan perintah dari Allah SWT.

Oleh karena itu mari kita menjada Sholat kita semua agar selalu dalam kondisi yang tepat waktu.

Akhir kata

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Teks Pantun Penutup Pidato

Pantun Penutup Pidato

Selain dengan kalimat seperti diatas, juga terdapat pantun sebagai penutup pidato. Berikut beberapa contoh pantun yang bisa kita gunakan dalam menutup pembicaraan kita sebelum meninggalkan mimbar.

Maka berikut ini beberapa contoh sajak untuk Anda menutup pidato dengan pantun.

Kini Padinya habis tinggallah jerami,
Bakarlah dulu hingga bersih.
Kini pidatoku akan berakhir,
Akhir kata kuucapkan terimakasih.

Burung dara bernama cenderawasih,
Anda dapatkan hingga di Papua.
Kami ucapkan banyak terimakasih,
Moga ini bermanfaat sebelum kita pulang.

Jika saja ladang memiliki hama,
Maka usah petani untuk bersedih.
Hati selalu ingin bersama,
Namun waktu habis Sampai disini.

Maksud hari ke kota Mekah,
Berniat ibadah berlama-lama.
Harapannya pidato ini memberi berkah,
Dengan rahmat Allah untuk kita bersama.

Kalau ada sumur di ladang,
Boleh saya menumpang mandi.
Kalau ada umur yang panjang,
Boleh dong saya pidato lagi.

Bunga Edelwesi di Ketinggian,
Sawah terhampar pada pedesaan.
Terimakasih untuk seluruh perhatian,
Mohon maaf pula jika ada kesalahan.

Asal Irian ada cenderawasih,
Roti mengembang diberi ragi.
Sekian terimakasih Atas Hadirmu,
Semoga saja esok kita berjumpa lagi.

Tidur nyenyak di atas ranjang,
Air mengalir di kolam ikan.
Pidato saya memang panjang,
Walau panjang menyenangkan.

Hari panas sawah membelah,
Hutan rimba tempat si rusa.
Maafkan kalau ada salah,
Namanya juga manusia.

Ramai sungguh di hari raya,
Sungguh segar air kelapa.
Salam undur dari saya,
Kapan-kapan moga berjumpa.

Baca juga beritaku: Contoh Pidato Singkat Yang Padat

Ucapan Terima Kasih

Demikian kalimat teks untuk naskah penutup sebuah pidato, baik kalimat maupun pantun, semoga saja bermanfaat buat kita semua.

Bagikan Ke