Aplikasi Belajar Dirumah
Libur Corona, tidak boleh membatasi anak belajar, Yuk Download Aplikasi ini

Terbaik, 12 Aplikasi Belajar diRumah Selama Libur Corona

Diposting pada

“Aplikasi untuk Belajar diRumah, Jangan sampai pelajar libur, tapi justru malah bermain ke warnet, bermain ke tempat-tempat yang banyak kerumunan orang”

Ini perintah Presiden RI untuk adik-adik pelajar

Beritaku.Id, Pendidikan – Aplikasi Belajar diRumah. Dengan kebijakan Lockdown lokal dibeberapa daerah, untuk menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19, seluruh siswa diliburkan, Selasa (17/3/2020).

Banyak yang berpikir, bahwa ini adalah menyamai libur lebaran, dengan waktu yang relatif panjang, yakni selama 2 Minggu.

Mungkin pula ada yang telah mempersiapkan diri untuk liburan keberapa tempat rekreasi, Stay At Home berikut Aplikasi untuk Belajar diRumah.

Pandangan itu keliru, sebab tujuan lockdown lokal adalah mengurangi interaksi dengan banyak orang, menghindari jabat tangan atau pertemuan dengan jarak dekat.

Sebab hal itu beresiko penularan terhadap Corona Virus.

Tapi kan, di Sulawesi belum ada kasus, jadi masih aman?

Tetap saja, anggap kondisi waspada, atau tidak aman secara total, sebab Corona Virus adalah ibarat hantu yang bisa datang kapan saja, dan tidak terlihat dengan kasat mata.

Covid-19 seperti monster yang menakutkan bagi banyak orang.

Langkah yang bijak adalah banyak tinggal dirumah, aktifitas dilakukan banyak dirumah, ini juga merupakan himbauan Presiden RI Joko Widodo.

Bagaimana dengan para siswa yang libur selama 2 pekan tersebut?

Ini buat ibu-ibu, sebab anak jaman sekarang senangnya main gadget ataupun android, maka sekarang ini telah disiapkan beberapa aplikasi yang bisa membantu anak belajar.

Aplikasi Belajar di Rumah ini Layaknya belajar didalam kelas, informasi dan mater pembelajaran tetap mengacu kepada kurikulum yang ada.

Bahkan presiden RI mengakui 7 Aplikasi Belajar Dirumah, apa saja?

Aplikasi gratis, bisa dibuka :

  1. Sekolahmu,
  2. Ruang Guru,
  3. Microsoft,
  4. Quipper,
  5. Kelas Pintar,
  6. Google dan
  7. Zenius

7 Aplikasi diatas telah diperhadapkan kepada Presiden RI melalui Menteri Pendidikan Nasional Nadiem Makariem diistana Negara pada 16 Maret 2020.

Dengan demikian, keberadaan aplikasi ini memiliki program dan isi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Nasional.

Sekolahmu, pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pendidikan, 40 orang lebih yang terlibat dalam pembelajaran, pendidik profesional, 200 orang lebih dukungan guru kompeten didaerah, 450 lebih mitra dalam pengembangan.

Aplikasi bisa di download pada playstore, dengan 4 fitur yang disediakan, yakni : Tanyamu, Ujianmu, Kelasmu dan Kariermu.

Sesi belajar live streaming juga disiapkan disitus ini, untuk SD, SMP dan SMA, kelas pakar dan juga ada kelas guru.

Saat ini untuk meningkatkan pemahaman tentang Corona Virus, bisa juga dibaca di link ini ikut program.

Bandingkan Satu Sama Lain Aplikasinya

Ruangguru.Com, Bimbingan belajar online, yang digagas oleh ruang guru, 93% puas, 96% lebih menarik dari pembelajaran disekolah, 98% membantu memahami pembelajaran, 92% langsung naik nilainya setelah bimbingan 3 bulan. 98 % sangat membantu persiapan ujian.

Namun masuk dalam ruang guru, untuk mendapatkan paket belajar, ini berbayar dengan biaya sekitar 1 jutaan, langganan 3 bulan, untuk SD – SMA.

Meski begitu, Ruang Guru juga menyiapkan beberapa paket promo yang bisa ibu-ibu manfaatkan untuk kenyamanan belajarnya adik-adik dirumah.

Microsoft, aplikasi ini bisa di download di Ios, android dan portable, aplikasi ini untuk kerja jarak jauh.

Ini untuk yang sedang bekerja dirumah, namun beberapa administrasi yang yang harus diketik sedemikian rupa.

Ada one drive, untuk berbagai file-file pekerjaan, sehingga mengarahkan teman kerja atau staff, tidaklah menjadi kendala dengan aplikasi ini

Quipper, nah aplikasi ini untuk bimbingan belajar dirumah juga, dengan mengklaim 5 juta siswa telah bergabung disini, serta 450 ribu guru ikut, dan 50 ribu soal disiapkan.

Quipper ini untuk SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi loh, sehingga yang namanya pelajar kalau masuk dalam website ini, kelas apapun ada layanannya.

Tidak hanya itu, ada juga kelas guru belajar, nah ini juga menambah wawasan para guru dengan bergabung dalam aplikasi ini.

Kelas Pintar, ini juga bisa di download aplikasinya, dengan pembelajaran pada siswa dan juga ada kelas guru yang disiapkan.

Tapi bergabung dengan kelas disini, berbayar loh, namun dibandingkan dengan materi yang disajikan, menarik dan sesuai dengan harga yang dikeluarkan

Aplikasi Google Juga Ada

Google, nah website paling top dunia ini tidak mau ketinggal dengan meluncurkan program edu google.

Disini bisa dibuat Classroom, nah guru yang mau mengajarkan para muridnya dari jauh, bisa membuat classroom, lalu mengirimkan link kepada para siswa.

Sehingga pembelajaran, tidak pernah berhenti meskipun saat liburan seperti sekarang ini.

Disini juga ada pembelajaran interaktif, menjawab soal, Quizz dan lain sebagainya.

Zenius, disini semua gratis belajar tak perlu bayar, untuk SD, SMP, SMA.

Dengan fitur mengarah langsung ke mata pelajaran yang adik-adik inginkan, misalnya Matematika, IPA dan lain sebagainya.

Semua kelas juga tersedia disini, dan semua bisa didownload aplikasinya dari smartphone atau android.

Cukup mendaftar dengan gratis, kita bisa mendapatkan video-video menarik yang akan dipelajari, atau melakukan perbandingan pembelajaran dirumah dengan pembelajaran yang didapatkan dari sekolah.

Disamping itu ada juga aplikasi yang bisa dimanfaatkan, yakni :

  1. Bimbelsmarrt
  2. Brainly
  3. Kelaskita
  4. Edmodo
  5. Rumah Belajar

Tidak mau ketinggalan dengan swasta dalam membangun website pembelajaran online, Kemdikbud.Go.Id juga membuat website belajar dirumah dengan nama program rumah belajar (Klik).

Dengan 228.763 guru telah bergabung dan 562.346 siswa aktif di website ini, yang diarahkan langsung oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Nadiem Makarim.

Nah itulah 12 Aplikasi belajar dirumah yang bisa digunakan untuk memanfaatkan libur tetap bisa belajar dirumah.

Sehingga liburan sekolah kali ini, bukan berati tidak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, dari rumah.

Jangan memanfaatkan libur kali ini untuk berekreasi yah? selamat belajar.

Bagikan Ke