Alwaqiah Surah Anti Miskin: Keuntungan 2 Aspek Hidup

Diposting pada

AlWaqiah surah anti miskin yang dipercaya memberikan manfaat dunia dan akhirat. Fadhilahnya kemungkinan lebih dari itu semua.

Beritaku.id – Berita Islami. Menjadi kaya bukanlah keharusan. Namun dengan kekayaan kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dalam urusan dunia hingga akhirat.

Oleh Tika (Penulis Berita Islami)


Manfaat Membaca Alwaqiah Surah Anti Miskin

Faedah membaca Al Waqiah

Al qur’an terdiri atas 144 surat dan 30 juz. Dari sekian banyak surat, ada 1 surah yang khusus memiliki faedah terkait rezeki. Siapa yang rutin mengamalkannya in syaa Allah tidak akan kekurangan.

Sebuah surat yang memiliki manfaat sebagai anti kemiskinan adalah surat Al Waqiah. Definisi miskin adalah ketidak cukupan rezeki. Namun saat ini pengertiannya menjadi lebih luas.

Miskin dapat terlihat dari penampilan, kondisi rumah, dan pola hidup. Namun itu hanya sebatas ‘pandangan dan sudut pandang orang lain’.

Padahal mungkin saja orang yang bersangkutan merasa nyaman dengan itu. Bahkan kebutuhan hidupnya sudah tercukupi dengan baik.

Hal ini memang tidak tersurat secara jelas. Namun tersirat dengan cukup baik.

Bukan miskin yang menjadi momok menakutkan. Hal yang jauh lebih buruk dari itu adalah Fakir.

Ada beberapa manfaat membaca surat ini, antara lain:

 Allah Menjauhkannya dari Kemiskinan

Allah menjamin hamba-hambaNya yang rutin membaca surat ini agar terhindar dari kemiskinan.

Miskin berbeda dengan fakir. Miskin adalah kondisi ketidak cukupannya rezeki untuk memenuhi kebutuhan.

Orang yang bersangkutan masih bisa berusaha untuk meraih rezeki. Berbeda halnya dengan fakir. Kondisi itu selain tidak berkecukupan juga tidak mampu untuk menjemput rejeki.

Ia Akan Memperoleh Kekayaan serta Rezeki Berlimpah

Membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setelah sholat Ashar akan menyebabkan seseorang mendapatkan kekayaan yang berlimpah serta tidak akan ada habisnya.

Bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali setiap habis sholat fardhu sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Kemudian bacalah Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali pada malam Jumat berikutnya sesudah sholat Maghrib.

Baca kembali sebanyak 125 kali dan lanjutkan dengan Sholawat Nabi 1.000 kali. Jangan lupa untuk memperbanyak sedekah dan amalkan surat ini sekali pada pagi dan petang.

Insya Allah bagi yang membacanya akan memperoleh kekayaan serta rezeki berlimpah.

Allah akan Mengabulkan Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Membaca surah Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan tercapai semua hajat. Segala hal terkait rezeki akan Allah kabulkan.

Tidak hanya itu, selepas tahajud sebaiknya juga membaca surah ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempercepat terkabulnya hajat.

Mudahnya Menjalani Sakaratul Maut

Alwaqiah surah anti miskin, namun juga dapat mempermudah sakaratul maut seseorang. Ruh pada orang tersebut akan mudah keluar. Jadi ia tidak akan merasakan sakaratul maut dalam waktu yang lama.

Membacanya bersama surah Yasin akan mendatangkan manfaat ganda bagi seseorang yang sakaratul maut. Ia tidak akan merasa kesakitan ketika nyawanya dicabut.

Mendapat Perlindungan dari Adanya Kemudharatan Dunia

Bagi wanita atau gadis yang membacanya, maka surat ini akan menjadi perisai diri dari segala macam kemudaratan dunia.

Kemudharatan itu ada banyak. Bagi wanita khususnya, pelecehan baik seksual maupun tidak cukup marak terjadi. Inilah pentingnya memohon bantuan Allah agar terlindungi dari itu semua.

Tidak akan Menjadi Faqir

Barangsiapa yang rutin membaca surah ini, maka akan Allah jauhkan dari kefakiran. Sesunnguhnya Alah sangat membenci orang-orang yang faqir.

Faqir adalah orang yang sangat sengsara hidupnya. Merek atidka mempunyai tenaga dan harta untuk menopang kehidupannya.

Surat Kekayaan

Nikmat Allah akan terus mengalir setiap hari jika rutin membaca surah ini. Allah juga akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan rezeki yang halal.

Semua itu tentunya membutuhkan ikhtiar. Bagaikan induk burung yang mencari makan di pagi hari dan pulang di sore hari.

Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat

Sebuah hadist menjelaskan jika seseorang merindukan surga dan ingin mengetahuinya, maka aalkan surah alwaqiah.

Mendapat Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dengan membaca surah ini sebelum tidur, maka ia akan berjumpa dengan ALLAh dengan wajah seperti bulan purnama.

Mengajarkan Tauhid

Umat muslim akan mempercayai ALlah ketika rajin membaca Al Waqiah. Mereka juga yakin apabila semua sudah dengan baik berada dalam pengaturan Allah terutama soal rejeki.

Dari sekian banyak manfaat tersebut, hendaknya kita tetap yakin bahwa Allah lah Dzat Pengatur Rezeki. Jangan sampai kita meyakini dan menjadi takabur akan hal ini.


Kandungan Dalam Surah Al Waqiah

al waqiah surah anti miskin
Surah Alwaqiah jus 27 (iNews)

Terdiri atas 96 ayat, surah ini menceritakan tentang bagaimana hari kiamat terjadi. Bahkan balasan bagi orang mukmin dan orang kafir pada hari itu pun nampak jelas. Hal ini termuat dalam surah Alwaqiah ayat 4 hingga 6.

Surah ini juga menerangkan tentang penciptaan manusia. Termasuk elemen-elemen seperti api hingga segala jenis tumbuhan.

Baca juga beritaku: Karomah Surah Al Waqiah: Doa Pembuka Rezeki, Setelah Tahajjud Dan Dhuha

Dalam surah ini juga mencakup mengenai kekuasaan Allah serta akan adanya hari kebangkitan yang mana hal itu memang benar adanya.

Bagi yang penasaran dengan surga, maka hendaknya membaca surah ini.

Segala hal terkait dengan rejeki menjadi bahasan utama mengenai kandungan surah ini. tidak hanya itu, hari kiamat pun menjadi bahasan penting.


Jumlah Ayat dalam Alwaqiah Surah Anti Miskin

Surat Al Waqiah terdiri atas 96 ayat. Ia memiliki arti “Kiamat” sebagaimana terdapat pada ayat pertamanya. Jumlah ini tentu tidak memberatkan seperti surah Al Kahfi. Dengan demikian, untuk mengamalkannya pun tidaklah sulit.

Baca setiap selesai sholat fardhu, atau bisa juga selepas sholat Tahajud dan Dhuha. In Syaa Allah hajat kita terkabul. Tidak hanya itu, Allah akan berikan rejeki dan karunia yang sangat besar.

Ingatlah bahwa rejeki tidak melulu soal uang. Iman dan takwa juga merupakan rejeki tak ternilai dari Allah.

Sejenak mungkin kita akan berpikir bahwa arti dari surah ini adalah kiamat. Hal itu tidak ada sangkut pautnya dengan rejeki.

Inilah saatnya melakukan bedah buku dalam surah ini sehingga dapat tertarik sebuah benang merah mengenai surah ini dengan kemiskinan.


Ayat yang Memiliki Karomah Terdalam Pada Al Waqiah

alwaqiah surah anti miskin
Rutin Membaca Al Waqiah

Al Qur’an adalah petunjuk dan penawar. Setiap ayat memiliki makna dan pelajaran. Sama halnya dengan ayat-ayat pada surah Alwaqiah.

Pada hakikatnya, setiapa ayat pada surah ini memiliki karomah. Baik itu perlndungan, kelancaran rezeki, hingga ketetapan iman.

Karomah itu akan datang ketika mengamalkan keseluruhan ayat dalam surah ini.

Kita tinjau kembali makna dari ayat per ayat. Surah ini menceritakan bagaimana kiamat akan terjadi dan celakalah orang-orang yang timbangan amalnya lebih berat ke kiri.

Beberapa ayat selanjutnya menceritakan bagaimana Allah menjamin kehidupan manusia.

Ya, semua makhluk Telah mendapat takaran rezeki.


Faedah Membaca Al Waqiah Setelah Tahajjud dan Dhuha

Alwaqiah surah anti miskin
Surah anti miskin

Dua sholat sunnah yang Allah cintai selain Tarawih adalah tahajud dan Dhuha. Sholat tahajud selepas bangun tidur adalah pembuktian manusia meluangkan waktu untuk berdoa pada Allah.

Sama halnya dengan sholat DHuha. Manusia di tengah aktivitasnya mencari rezeki, mereka menyempatkan untuk berdoa.

Oleh sebab itu, bagi Allah, orang-orang yang mengerjakan sholat Dhuha adalah orang-orang yang tidak lalai.

Saat sholat Tahajud maupun Dhuha, telah terdapat beberapa amalan dan doa.

Banyak hadist yang menjelaskan mengenai tata cara mengamalkan Alwaqiah surah anti miskin. Rata-rata menganjurkan untuk membacanya selepas sholat fardhu.

Bahkan ada juga yang menyarankan membacanya selepas maghrib di malam jumat. Namun ternyata surah ini juga memiliki faedah sebagai doa.

Ketika membacanya setelah sholat Tahajud, maka Allah mudahkan hajat kita untuk tercapai. Ketika membacanya selepas sholat Dhuha, maka Allah mudahkan rejeki kita.

Begitulah kedahsyatan surah ini. Sebagai surah ke 56 pada juz 27, Alwaqiah termasuk glongan surah Makiyyah. Artinya ia turun di Mekah.

Namun tidak ada sumber jelas yang menerangkan dalam rangka apa surat ini turun.

Hadist Mengenai Keutamaan AlWaqiah Surah Anti Miskin

Kandungan Surah Al Waqiah

Rasulullah bersabda, “Siapapun yang membaca surat al waqiah setiap hari, maka ia tidak akan menjadi Fakir.”

Fakir adalah kondisi terberat dan lebih buruk dari miskin. Oleh sebab itu, Allah memberi balasan yang indah bagi yang mengamalkan surat ini.

Sebagai seorang muslim, tentu akan sangat lebih baik ketika kita mampu memahami makna dari surah tersebut.

Jangan sampai mengamalkannya setiap hari namun tidak paham manfaatnya.

Sebuah hadist berbunyi “Ajarkanlah kepada istri-istrimu surah Al-Waqi’ah. Sesungguhnya ia adalah surat yang penuh Kekayaan.” (Hadist riwayat Ibnu Ady).

Berdasarkan Abdullah bin Mas’ud, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al Waqiah Maka ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Hal ini sesuai dengan Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Imam Ja’far Ash-Shadiq memaparkan: “Siapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, maka ia akan mendapatkan cinta dari Allah,

Ia juga mendapat cinta dari manusia. Ia tidak melihat kesengsaraan , kebutuhan, kefakiran, dan penyakit dunia;

Surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa). Bagi beliau surat ini memiliki keistimewaan yang tidak ada tandingannya oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Baca juga beritaku: Membaca Al Waqiah 3x Sehari, Apa Keutamaannya?

Hadist Riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

Siapa yang rindu akan surga dan sifatnya, maka hendaknya membaca surat Al Waqiah;

dan siapa yang ingin melihat sifat neraka, maka dapat menbaca surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, 117).

Sungguh banyak anjuran dan hadist terkait surah ini. Bahkan telah banyak yang membuktikan fadhilahnya.

Penutup

Rezeki merupakan ketetapan Allah yang masih dapat berubah. Tugas kita adalah meminta pada Allah dan berusaha menjemputnya.

Menjadi miskin bukanlah aib selama tidak menyusahkan orang lain dan masih memiliki iman kepada Allah.

Namun tentu saja berkecukupan menjadi harapan setiap orang. Dengan catatan, harta tersebut sebagian untuk shodaqoh.

Dengan demikian, harta itu akan bermanfaat di duni dan pahalanya tembus ke akhirat.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang beruntung dan mendapat syafaatnya hingga ke akhirat.

Bagikan Ke