Doa Memohon Rezeky
Doa Memohon Rezeky (Foto: Wirk)

Karomah Surah Al Waqiah: Doa Pembuka Rezeki, Setelah Tahajjud Dan Dhuha

Diposting pada

Jika terhimpit hutang, atau Rezeky lagi susah kita dapatkan, maka bisa menggunakan surat Al Waqiah sebagai salah satu Doa, berikut penjelasan lengkapnya.

Beritaku.Id, Berita Islami – Halo selamat sore untuk kalian yang masih setia dengan Beritaku.id, bagaimana kabar kalian hari ini?

Semoga masih mendapatkan kesehatan, keberkahan dalam menjalani hidup, ini.

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Berita Islami)

Rezeky itu seperti air mengalir, ada yang deras, sedang, bahkan ada yang kering, tak menetes sama sekali. Namun harus tertanam sebuah keyakinan, bahwa Rezeky adalah urusan Allah SWT.

Sehingga, dengan dengan demikian, kembali menyusuri jalan menuju Allah SWT adalah cara terbaik. Kelebihannya, selain berpahala juga menjadi sebuah jalan mendekatkan rezeky kepada kita untuk kita raih.

Oke, kali ini pada situs dengan tagline “tulisan yang dirindukan” akan membahas mengenai berbagai doa dari Surat Al-Waqi’ah.

Yang merupakan salah satu surat yang dapat membuka pintu rezeki, dan ini bisa kita lakukan setelah melakukan sholat Dhuha serta Tahajjud. Sebelum itu, kalian harus mengetahui hal ini terlebih dahulu, yakni:

Kandungan Surat Al-Waqi’ah

Surat Al-Waqi’ah merupakan salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an dengan memiliki jumlah ayat sebanyak 56 ayat.

Serta merupakan surat yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat ini memiliki arti yakni “hari kiamat”.

Di dalam surat Al-Waqi’ah, sudah sangan jelas bahwa hari kiamat merupakan hari yang pasti akan datang menghampiri umat manusia yang hidup di dunia.

Baca juga beritaku:Faedah Sholat Tahajjud, Jalan Menuju Surga Dan Sehat Jiwa Raga

Dalam surat tersebut, di jelaskan bahwa nantinya, umat manusia yang mengalami hari kiamat, mereka ibarat seperti debu yang berhamburan atau bertebaran.

Saat itu juga, umat manusia di dunia, akan terpecah menjadi 3 golongan yakni:

1. Golongan yang mendapatkan kebahagiaan dari Allah SWT pada hari kiamat,
2. Golongan yang mendapatkan kesengsaraan saat hari kiamat datang, lalu yang terakhir, ialah orang yang mendapatkan keselamatan dari Allah SWT.

Surat Al-Waqi’ah juga memiliki kandungan lain loh.

Dalam sebuah Hadist yang artinya “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah saat malam hari, maka terhindarkan ia dari kemiskinan..”.

Kata “kemiskinan” dalam hal ini, ialah kemiskinan dari keimanan, ketaqwaan, serta finansial.

Maka sangat penting untuk kita ummat Muslim untuk membaca surat Al Waqiah sebagai doa pada malam hari.

Terutama setelah sholat Tahajjud, serta sholat Dhuha, yang juga di percaya sebagai salah satu sholat pembuka pintu rezeki. Dan berbagai jalan keluar lainnya saat mengalami musibah.

Surat Al Waqiah Setelah Tahajjud Sebagai Doa

Mendapatkan masalah, maka mengadulah kepada Allah SWT.

Menjadikan Doa surat Al Waqiah setelah sholat Tahajjud merupakan salah satu perintah Allah SWT pada ummat-Nya.

Pada hakikatnya, doa surat Al-Waqiah ini bisa kita lakukan pada saat setelah sholat fardhu, juga pada sholat malam dengan jumlah tertentu.

Doa ini memiliki beberapa hal yang baik bagi ummat Muslim yang menjalankannya, yakni:

Rezeki Yang Melimpah

Jika kalian membaca surat Al-Waqiah pada jam tertentu di malam hari, dengan hal itu pintu rezeki akan terbuka bagi mereka yang bangun menjalankan sholat malam. Surat Al-Waqiah pada saat sehabis sholat isya sampai dengan menjelang subuh, dengan jumlah sebanyak lebih dari 100 kali dan melanjutkan dengan membaca sholawat Nabi sebanyak 1000 kali.

Makanya sangat penting untuk ummat Muslim agar membaca surat Al-Waqiah saat setelah melaksanakan sholat fardhu, ataupun setelah melakukan sholat dhuha dan tahajud.

Begitu juga dengan urusan lain seperti utang-piutang yang menjadi masalah besar kalian saat ini. Surah Al Waqiah, memiliki manfaat untuk menjadi pembuka Rezeky.

Dimudahkan Roh keluar dari jasadnya

Kita sudah paham bahwa saat sakarotul maut, dalam Al-Qur’an di jelaskan bahwa proses pengeluaran roh dari jasadnya membutuhkan waktu yang sangat lama, dan terasa sangat sakit.

Namun hal ini tidak berlaku untuk ummat Muslim yang senantiasa membaca doa surat Al-Waqiah saat setelah melakukan sholat malam, seperti misalnya Tahajjud.

Dijauhkan dari sifat kefakiran

Dalam hadist tadi, sudah sangat jelask bahwa dengan kita membaca doa surat Al-Waqiah pada malam hari, maka kita akan terhindarkan dari “kemiskinan”.

Kemiskinan tersebut bukan sekedar finansial, namun juga ketaqwaan kita terhadap perintah Allah SWT.

Dari hal tersebut, maka kita akan jauh dari sifat fakir, selalu melakukan larangan perintah Allah SWT, dan sebagainya.

Dan karena hal tersebut, kita terhindarkan dari api neraka yang sangat panas, dan berbagai siksaan lainnya di alam kubur.

Mendapatkan pahala yang berlimpah

Kita juga akan mendapatkan pahala yang berlimpah jika kita membaca surat Al-Waqiah pada malam hari.

Dalam hadist Rasullullah, mengatakan bahwa jika kita membaca surat Al-Waqiah pada malam hari, maka akan mendapatkan pahala sebanyak 10 pahala untuk ummat Muslim yang menjalankannya.

Surat Al-Waqiah Setelah Dhuha

Kita sudah paham bahwa sholat Dhuha merupakan sholat yang terpercaya dapat memudahkan ummat Muslim dalam mengalami berbagai kesulitan. Entah dalam aspek Pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

Pelaksanaan sholat Dhuha, di anjurkan pada jam sebelum sholat dhuhur tiba, yakni sekitar jam 9 pagi sampai dengan jam 10:30 pagi menjelang siang.

Dan setelah sholat Dhuha, kita sebagai ummat Muslim mendapat anjuran untuk membaca doa dengan surat Al Waqiah.

Karena selain pintu rezeki yang terbuka untuk kita, beberapa keuntungan lain juga bisa kita dapatkan, yakni:

Mudah Dalam Menunaikan Hajat

Seorang muslim pasti pernah membuat sebuah hajat atau janjinya setelah berhasil melakukan sesuatu, dan tercapai.

Nah, doa dalam kandungan surat Al-Waqiah ini sangat dianjurkan loh. Untuk umat Muslim dalam menunaikan atau menjalankan hajat atau janji yang sudah dibuat sebelum melaksanakan. Serta berhasil, tanpa adanya kendala apapun.

Terhindarkan Dari Sifat Lalai

Dalam hadist sudah sangat jelas, bahwa seorang sahabat bernama Umay bin Ka’ab. Berkata pada Rasullullah bahwa orang yang sedang membaca Al-Waqiah, maka orang tersebut terhindarkan dari sifat lalai.

Itu artinya, kita akan senantiasa ingat akan perintah Allah, serta larangan yang tidak Allah sukai jika kita melakukan hal tersebut.

Sehingga yang sering lalai atau lupa sesuatu, maka biasanya membaca Surah Al Waqiah tersebut.

Hati & Jiwa Menjadi Tentram

Orang yang sering membaca surat Al-Waqiah, di percaya hati dan jiwanya dapat tentram serta tenang.

Terlebih saat menghadapi sebuah masalah yang ada dihadapannya.

Seperti misalnya sedang mengalami masalah dengan keluarga yang membuat kita emosi dan sebagainya. Kalian bisa memberi waktu sejenak setelah sholat fardhu ataupun sunnah untuk membaca surat Al-Waqiah ini.

Dan dijamin, hati, pikiran, serta jiwa kalian akan kembali tenang dan damai, serta dapat berpikir jernih mengenai jala keluar seperti apa yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kisah Doa Karomah Al Waqiah Orang menjadi kaya

Uang Melunasi Utang
Uang Sebagai Alat Transaksi (Foto: Adhinbusro.com)

Dalam sebuah perjalanan hidup, sebuah keajaiban akan menghampiri setiap manusia yang ada di bumi ketika mereka sedang berusaha.

Untuk mewujudkan sebuah kesuksesan ataupun tujuan yang kita inginkan, begitu juga dengan berbagai kisah inspiratif dari berbagai umat Muslim. Yang menunaikan ibadah sholat malam, serta membaca surat Al-Waqiah.

Seperti salah satu kisah inspiratif dari Syahrul Ramadhan pada tahun 2016, ia merupakan seorang mantan tukang penjahit yang bisa menunaikan umrah ke Makkah gratis. Tanpa biaya sepeserpun.

Syahrul merupakan pemuda asli Bogor yang awalnya hanya bertamatan SMA, namun karena sebuah beasiswa Perguruan Tinggi di RGI.

Awalnya saat sebelum bisa belajar ke Perguruan Tinggi, Syahrul menjadi seorang penjahit dengan tujuan agar hidupnya bisa terpenuhi.

Terutama dalam aspek kebutuhan sehari-hari. Hingga suatu ketika pada tahun 2012.

Syahrul meniatkan diri untuk bisa mengenyam Pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yakni di RGI dengan jurusan Fotografi dan Videografi.

Selama hidupnya, ia berpegang teguh dengan membaca surat Al-Waqiah pada malam hari saat setelah sholat tahajud, serta pada saat setelah sholat Dhuha.

Seperti mendapatkan kemudahan dari Allah SWT, saat setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut, Syahrul d iterima di sebuah Rumah Produksi di Jakarta Selatan.

Setelah mendapatkan pekerjaan pun, Syahrul selalu menjaga kebiasaannya untuk membaca surat Al-Waqiah setelah sholat tahajud, serta setelah sholat Dhuha.

Lambat laun, ia pun menjadi karyawan yang memiliki skill yang handal, serta mulai di perhitungkan soal skill yang ia miliki.

Dan hal tersebut menjadi salah satu alasan ia dapat melampaui dari seniornya yang sudah bekerja cukup lama di perusahaan Rumah Produksi yang menjadi tempat kerjanya.

Baca juga:Membaca Surat Al Waqiah Setelah Menunaikan Sholat Dhuha

Umrah Gratis Setelah Membiasakan Membaca Al-Waqiah

Dan karena buah dari kebiasaannya tersebut, akhirnya Syahrul pun bisa menunaikan ibadah umrah secara gratis dari project yang ia pegang.

Berawal dari kepercayaan dari perusahaan untuk memegang acara reality show di bulan Ramadhan pada tahun 2016. Reality show tersebut berencana akan meliput beberapa kota bersejarah di Timur Tengah.

Dan salah satunya adalah Makkah, yang merupakan tempat yang sangat suci bagi ummat Muslim di dunia, serta orang yang bisa beribadah di tempat tersebut. Artinya ia mendapatkab ridho dari Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji atau umrah di sana.

Dan karena reality show tersebut, Syahrul pun mendapatkan kabar gembira bahwa ia bisa melakukan ibadah umrah yang di biayai oleh perusahaan. Ia pun bisa melakukan ibadah tersebut di sela-sela break syuting.

Begitu juga dengan kisah dari Ust Yusuf Mansyur, sebagaimana beliau pernah menceritakan tentang seorang tambal ban yang menjadi miliarder. Karena mengamalkan membaca surat Al-Waqiah setiap hari dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Awalnya tukang tambal ban tersebut tidak memiliki apapun dan hanya usaha tambal ban dengan penghasilan 15 ribu per hari. Padahal orang tersebut merupakan sarjana akuntansi.

Lalu orang tersebut melakukan amalan dari Ust Yusuf Mansyur yang mampir ke tambal ban orang tersebut setiap hari.

Hingga kurang dari satu tahun, orang yang sama namun dengan penampilan berbeda, mendatangi Ust Yusuf Mansyur.

Dengan niat untuk mengundang beliau ke acara peresmian swalayan yang di bangun oleh orang tersebut atas kerja kerasnya dan ridho dari Allah SWT karena buah dari amalan membaca surat Al-Waqiah.

Penutup

Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa surat Al-Waqiah yang akan kita baca pada saat setelah melakukan sholat dhuha dan tahajjud, memiliki keuntungan yang sangat bagus bagi ummat Muslim jika mau menjalankannya.

Yang paling menonjol adalah, kita sebagai ummat Muslim sangat terbantu di aspek finansial.

Kita bisa mengerti bagaimana caranya merayu Allah untuk membukakan pintu rezeki yang halal dan berkah untuk kehidupan kita.

Begitu juga dengan aspek lain seperti menentramkan hati, menjadi orang yang tidak kegabah dalam mengambil keputusan. Akibat dari hati dan pikiran serta jiwa sudah tenang dan tentram.

Kita juga mendapatkan pahala berlipat jika membaca surat Al-Waqiah pada waktu-waktu tersebut.

Jadi, bagaimana? Masih ragu juga untuk menunaikan amalan tersebut? Mungkin di awal akan merasakan kesulitan karena berbagai hal, entah waktu, dan sebagainya. Yuk mulai dari sekarang kita belajar untuk mengamalkan amalan membaca Al-Waqiah untuk hidup yang lebih baik.

Semoga pembahasan artikel kali ini dapat menginspirasi dan menjadi referensi kalian ya. See you on the next article.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *