Jenis Burung Anis

Anis Kembang Betina Dan Jantan, Ciri-ciri Fisik Dan Suara

Diposting pada

Memiliki hewan peliharaan seperti Anis Kembang tentu memiliki banyak manfaat. Secara fisik tampilannya memukau. Bahkan suara kicauannya pun sangat khas.

Sebelum fokus memeliharanya, sebaiknya ketahuilah ciri-ciri jantan dan betina pada species ini. Dengan demikian harga jualnya menjadi mudah diketahui.

Beritaku.id, – Lestari, Allah menciptakan banyak jenis flora dan fauna yang menarik, termasuk burung Anis ini.

Oleh Tika (Penulis Lestari)

Jenis Burung Anis

anis  Kembang merah
Anis Merah

Terdapat kurang lebih 21 jenis burung Anis. Indonesia memiliki 14 jenis. Mereka adalah:

1. Anis Merah

Merupakan spesies yang paling banyak dengan ciri khas ‘gaya mabuk’ saat berkicau.

2. Anis Kembang

Kepopulerannya sama dengan Anis Merah. Suaranya pun sangat merdu. Warnanya lebih bervariasi.

3. Anis Siberia

Bentuk badannya lebih bongsor dengan gaya berkicau menoleh ke kanan kiri sambil sedikit teler.

4. Anis Sisik

Jenis burung anis yang tidak dapat berkicau. Ia hanya mengeluarkan suara sst sst pada malam hari.

5. Anis Kuning

Memiliki gaya bertarung yang unik dengan kicauan yang juga unik.

6. Anis Macan

Bukan terkenal karena suara merdunya namun karena warnanya yang ramai.

7. Anis Cendana

Kerap berkicau sambil menungging, inilah yang membuatnya sangat khas.

8. Anis Hutan

Merupakan spesies langka.

9. Anis Enggano

anis kembang
Anis kembang

Banyak penggemar Anis yang belum memahami jika jenis ini memiliki suara yang indah.

10. Anis Gunung

Salah satu jenis Anis yang memiliki nada berkicau yang monoton. Itulah sebabnya ia kurang memiliki peminat.

11. Anis Sulawesi

Memiliki ciri fisik yang unik serta bentuk tubuh yang memanjang.

12. Anis Buru

13. Anis Seram

Species yang jarang berkicau. Jika pun iya maka hanya bersuara lirih.

14. Anis Tanimban

Merupakan jenis langka karena banyak diburu.

Baca juga beritaku: Polyura Cognata: Jenis Kupu-kupu Unik Dan Wilayah Persebarannya

Istilah Lain Burung Anis

anis macan

Nama lain dari Anis Kembang adalah Punglor Kembang. Nama ilmiahnya adalah Zoothera interpres. Pada tahun 2008, ia termasuk ke dalam spesies ‘Hampir Terancam’ karena sedikitnya spesies tersebut.

Burung Anis juga memiliki nama anis cacing.

Ciri Anis Kembang Betina

Setiap spesies tentunya memiliki jenis kelamin betina maupun jantan untuk saling melestarikan jenisnya. Cara membedakan antara Anis Kembang Jantan dan betina adalah melalui ciri-ciri fisiknya.

Anis Kembang betina memiliki mata yang lebih datar. Ia juga memiliki bulu berwarna putih di bagian bokong. Bentuk tubuh lebih bulat seperti huruf C pada bagian dada hingga perut.

Gaya berdirinya merenggang dengan sedikit menunduk. Suara kicauannya sangat merdu namun tidak lantang.

Ciri anis Kembang Jantan

Adapun ciri-ciri dari Anis Kembang Jantan adalah memiliki mata yang lebih bulat. Bahkan ia memiliki banyak bulu putih di beberapa tempat di tubuhnya.

Adanya beberapa baris bulu berwarna hitam yang membentuk awan menandakan kejantanannya. Jenis ini memiliki ekor yang panjang dengan bentuk tubuh yang rata.

Gaya berdirinya adalah dengan merapatkan kaki. Sementara itu, ia juga memiliki suara merdu yang lantang.

Berbeda halnya dengan anakan. Mereka cenderung hanya menggembung-gembungkan lehernya saat hendak berkicau.

Baca juga beritaku: Burung Julang: Ciri-Ciri, Sebaran dan Bentuk

Sebaran Jenis Burung Anis

Anis sisik

Terdapat 14 jenis burung Anis yang tersebar di Indonesia. Lokasi mereka beragam dan ada pula yang merupakan hasil migrasi.

  1. Anis Tanimbar. Habitat aslinya adalah di Pulau Tanimbar
  2. Anis Seram. Ia hidup di Pulau Seram.
  3. Anis Buru. Pertama kali tersebar di utar aPulau Seram atau wilayah Maluku.
  4. Anis Sulawesi. Terdiri atas empat spesies yang tersebar di wilayah Sulawesi.
  5. Anis Gunung. Tersebar di Asia Tenggara bahkan sampai ke pulau di Pasifik. Ia juga tersebar di wilayah Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, Jawa, Maluku dan sampai ke Timur Leste.
  6. Anis Enggano. tersebar di Pulau Mentawai, Sumatra.
  7. Anis Hutan. Banyak berada di Gunung Pangrango, Jawa Barat. Namun ada pula yang menemukan di sekitar pulau Sumatera bahkan Filipina dan Malaysia.
  8. Anis Cendana. Terdiri atas 2 spesies yang tersebar di Timor Leste, Pulau Roti, dan Timang Barat.
  9. Anis Macan. Tersebar di Pulau Lombok, Sumba, hingga Flores.
  10. Anis Kuning. Berasal dari Mongolia dan tersebar hingga Kalimantan, Sumatra, Jawa, Taiwan, dan Filipina.
  11. Anis Sisik. Tersebar di pegunungan Bukit Barisan, Sumatra.
  12. Anis Siberian. Berasal dari Mongolia, Rusia, dan China kemudian bermigrasi ke Sumatra.
  13. Anis Kembang. Tersebar di pulau Jawa, Lombok, Sumatra, Kalimantan, Sumbawa dan Flores. Penyebaran luasnya yaitu mencakup Malaysia, Thailand, dan Filipina.
  14. Anis Merah. Terdiri dari 11 sub spesies yang tersebar di wilayah Jawa hingga Bali.

Ciri Fisik Burung Anis

Anis Tanimbar

Burung Anis memiliki ciri-ciri fisik yang cukup menarik perhatian. Apapun jenisnya, mereka memiliki bagian yang khas.

Bagi Anis yang berkelamin jantan, ia memiliki postur tubuh yang panjang serasi dengan ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat.

Warna bulu pada jenis ini lebih tegas dengan paruh berwarna lebih gelap. Memiliki mata besar melotot dan bentuk kepala lebih besar. Pergerakannya juga sangat lincah.

Dalam hal memilih Anis yang baik, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus.

Untuk ternak dan perlombaan, sebaiknya tidak memilih burung anis kembang yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung juga sebaiknya sedekat mungkin dengan posisi mata.

Dari sisi postur tubuh, pilihlah anis kembang yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Hindari yang berleher dan berbadan pendek untuk indukan.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Adapun indukan yang bermental baik ditandai dari kelincahan dan nafsu makannya yang besar.

Burung Anis rata-rata memiliki tinggi 10 cm. Burung species mungil ini memiliki nilai lebih dalam seruannya. Semakin cerewet maka semakin baik.

Perawatan Anis Kembang

Ketika sudah mengetahui ciri fisik species Anis, ini saatnya merawat agar menghasilkan anakan yang baik. Tidak hanya itu, jenis makanan juga mempengaruhi kualitas kicauan.

Seperti yang telah populer dalam berita-berita nasional, harga burung anis kembang tercetak dari kicauannya. Sama halnya dengan manusia, memiliki suara emas tentu butuh pengasahan dan perawatan.

Untuk memeliharanya, cukup dengan sangkar bulat maupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau bisa juga bulat dengan diameter 30 cm.

Sementara tenggeran atau tempat nangkring cukup dengan diameter 1,5 cm. Cukup gunakan bahan cabang kayu asam yang keras. Pastikan permukaan kulit agak kasar tetapi tidak tajam.

Dengan demikian burung dapat menggunakannya untuk mengasah paruh agar tidak runcing. Untuk perawatan harian, tidak perlu mengerudungi sangkarnya. Jika perlu melakukannya, lakukan hanya di malam hari.

Memantau Makanan Burung Anis Kembang

Hal utama dalam hal pakan adalah menu yang variatif. Dengan demikian kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya menjadi terjamin.

Pilih pakan yang bagus dengan nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat. Pastikan juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.

Selain itu, pakan perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid yang sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B, dan Ca-D.

Kecukupan mineral juga sangat penting. Burung membutuhkan mineral untukpembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain.

Sama halnya dengan vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim. Ia memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Burung anis kembang membutuhkan mineral seperti adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

Tidak hanya fisik, namun kicauan juga perlu perhatian. Pemberian kroto segar sebanyak 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contohnya setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.

Perlu pula adanya pemberian cacing sebanyak 2 ekor 3x seminggu. Anis kembang adalah pemakan buah. Jadi berikan buah segar rutin setiap hari, dengan format:

Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah pisang, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan apel atau pepaya atau buah lainnya.

Berikan juga multivitamin yang telah tercampur pada air minum seminggu sekali atau dua kali.

Harga Jual Anis Kembang

Anis Gunung

Bergantung dari suara emas yang dihasilkan, anis kembang memiliki variasi harga. Burung ini tidak hanya harus cantik namun juga bersuara merdu.

Adakah kemungkinan burung tidak sehat bersuara merdu? Tentu saja tidak. Alasannya adalah karena ketika mereka sehat dan gembira (tidak stress) mereka akan terus berkicau.

Ada harga ada rupa. Kurang lebih begitu slogan untuk penyanyi kandang ini. Harga bergantung pada usia dan jenis kelamin.

Anis kembang jantan memiliki harga jual dan beli yang lebih tinggi. Hal ini karena tekstur warnanya yang tegas serta tampilannya yang lebih gagah.

Ia pun lebih tidak mudah sakit daripada betina. Untuk urusan umur, Anis kembang yang sudah tua memiliki harga jual beli yang tinggi.

Alasannya adalah perawatan yang telah lama tercurahkan bagi mereka. Anis kembang tua juga lebih berpengalaman dan adaptif daripada anakan.

Harga juga tergantung lokasi. Di tempat yang banyak sebarannya, harga burung ini lebih murah.

  1. Anis Kembang Gacor, harga Rp 1500.000 – Rp 2000.000
  2. Bakalan, harga Rp 700.000 – Rp 750.000
  3. Anis Kembang Trotolan Rp 800.000 – Rp 850.000
  4. Ngriwik Rp 850.000 – Rp 950.000
  5. Anis Kembang Bahan harga Rp 700.000 – Rp 750.000

Dari beberapa variasi harga tersebut, nampak jelas bakalan dan anakan memiliki harga jual beli yang lebih murah dari jenis lainnya.

Termahal adalah jenis Gacor. Maksudnya adalah burung ini memiliki paket komplit mulai dari warna, kondisi fisik, hingga suara merdu.

Selain itu, faktor menang perlombaan juga menjadi penentu harga. Saat mendapatan gelar juara, itu artinya telah mendapat pendidikan master yang sangat baik oleh pemiliknya.

Bahkan sudah tentu perawatannya adalah yang terbaik. Untuk jenis Anis kembang pemenang perlombaan, biasanya adalah jenis jantan. Pastikan untuk tidak tertipu saat membeli.

Saat ini banyak yang menjual anakan dan mengatakan jantan padahal ternyata betina. Saat membeli anakan, bersiaplah melatih dan memberi perhatian khusus.

Bagikan Ke