Benarkah Sholat Dhuha Mendatangkan Jodoh Bagi Yang Jomblo?

31/05/2020-Berita Islami

Masih banyak yang menjomblo, dan hidup sendirian. Benarkah dengan Melaksanakan Sholat Dhuha mempercepat datangnya jodoh?

Beritaku.Id, Kisah Islami – Semua manusia normal mengharapkan memiliki pasangan. Lelaki maupun perempuan. Namun tidak semua memiliki nasib yang mujur untuk menikah sesuai waktu yang diharapkan.

Ada banyak persoalan yang biasa terjadi. Bisa jadi faktor budaya, misalnya kalau di Sulawesi adalah tingkat tinggi dan rendahnya uang mahar atau uang panaik. Atau misalnya di Bali tergantung kasta seseorang, begitupun di Djogjakarta.

Hidup, Resky dan Jodoh adalah urusan Allah SWT. Ini memang tidak bisa dibantah, namun kembali kepada hubungan sebab akibat. Bahwa Jodoh adalah akibat, dan sebabnya adalah manusia yang mencarinya.

Baca juga: Membaca Surat Al Waqiah Setelah Menunaikan Sholat Dhuha

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang tertentu untuk mendatangkan Jodoh. Namun yang disarankan tetap sesuai dengan tuntutan Islam.

Mengharap Ridha Allah SWT, menjadi cara yang paling ampuh untuk mewujudkannya. Karena melakukan cara syirik pasti menimbulkan bencana. Dan yang pasti perbuatan perdukunan untuk jodoh adalah diharamkan.

Tradisi membuang sial dengan menyerahkan sesajen misalnya adalah perbuatan syirik yang dibenci Allah SWT.

Nah buatmu yang masih meyendiri dan hanya ditemani bantal guling kalau malam, sambil menghayal tentang masa depan namun belum kesampaian. Jangan bersedih. Sebab sudah banyak yang membuktikan ampuhnya doa-doa Jodoh dengan melaksanakan Sholat Dhuha.

Namun sebelumnya kita akan membahas beberapa keistimewaan lainnya dari Sholat Dhuha.

Benarkah Sholat Dhuha Sama Dengan Sedekah

Bagi yang fakir miskin atau serba berkekurangan, yang berharap memberi namun secara materi tidak mampu. Maka jangan meragukan diri dan jangan bersusah hati. Sebab Sholat Dhuha memiliki keutamaan dan dianggap sama dengan Sedekah.

Sebagaimana Sabda Rasulullah Muhammad SAW

Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh salah seorang diantara kalian harus dikeluarkan sedekah, Dan itu semua setara dengan pahala  2 rokaat sholat  dhuha” (HR. Muslim)

Hadits hasan atau shahih diatas menjadi penjelasan kepada kita semua, bahwa tidak ada halangan untuk bersedekah. Sebab dengan menunaikan dua rakaat saat pagi. Dengan mendirikan Sholat Dhuha. Sama dengan bersedekah

Dhuha Dan Istana Di Syurga

Masuk syurga dan dibuatkan Istana di Syurga. Dua hal yang tempatnya sama namun konteks berbeda.

Istana di Surga, menunggu pemiliknya untuk datang. Dan Surga merupakan impian bagi semua orang untuk memasukinya.

Soal kegunaan dari Sholat Dhuha, dibuatkannya istana di Jannatun Naim, seperti Sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa salat Duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)

Pembaca ketika ditanya, apakah mau masuk Surga? Maka jawabannya jelas. Dan ketika dilanjutkan apakah mau dibuatkan Istana Di Surga bersama pasangan?

Maka jawabannya juga jelas. Dan syarat untuk mendirikan istana di Surga adalah dengan senantiasa melaksanakan Sholat diwaktu pagi tersebut. Ini tabungan akhirat. Sebab jika tidak mampu mendirikan rumah di Dunia, Dengan rumah yang sekelas artis. Maka bersabarlah, semoga di akhirat menunggu istana mewah di dalam surga.

Dhuha Dan Jodoh

Ini agak sensitif, sebab berbicara jodoh adalah impian. Yang beragam faktor mempengaruhinya.

Ada jomblo karena ditingga menikah pasangan. Ini banyak terjadi. Ada juga yang menjomblo karena pernah dikecewakan dimasa lalu. Ada juga hidup menyendiri karena sibuk dengan urusan karier.

Terlambat memikirkan jodoh? jangan dipikirkan tapi di niatkan diusahakan. Bermohon dan mengadu kepada Allah SWT.

Manfaat Dhuha adalah terkabulnya doa-doa hambanya. Sebelum membahas masalah Jodoh. Maka beberapa kasus yang terjadi ditanah air menjadi salah satu bahan perenungan betapa Dahsyatnya Sholat Dhuha.

Contoh, Sandiaga Uno. Terlepas kontroversi politik atau apapun yang terjadi. Namun Sandiaga memiliki kebiasaan baik. Yakni Sholat Dhuha. Sehingga usaha-usahanya menjadi lancar. Dalam hal ekonomi, membuatnya memiliki banyak aset. Dengan rutinnya Sholat Dhuha.

Diantara pemberian harta yang melimpah tersebut, juga Allah akan memberikan balasan kepada Hambanya yang rutin untuk menjalankan Sholat Dhuha.

Sabda Nabi Muhammad SAW

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah. Kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan shalat dhuha dua rakaat. Maka baginya seperti pahala haji dan umrah, Sempurna, Sempurna, Sempurna.” (HR Tirmidzi). Sumber.

Pengulangan kata 3 kali kata sempurna mengandung makna bahwa Haji dan Umrah, adalah merupakan ibadah wajib bersyarat. Bagi yang melaksanakannya, maka doa-doanya di Ijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca juga: Keistimewaan Surah Al Waqiah, Doa Untuk Menjadi Jutawan

Nah para jomblo, segera amalkan Sholat Dhuha dengan berbagai keutamaannya. Semoga saja doa untuk mendapatkan Jodoh tersebut dikabulkan. Jika Allah Yang berkehendak maka tidak ada kekuatan yang bisa melarangnya.

Baca Juga: Daftar Link Kisah Islami 25 Nabi dan Rasul Allah SWT

PILIHAN Beritaku