Keistimewaan Membaca Surat Al Waqiah
Manfaat Dan Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Setelah Menunaikan Sholat Dhuha

Membaca Surat Al Waqiah Setelah Menunaikan Sholat Dhuha

Posted on

Semua manusia berharap hidup sejahtera dalam hidupnya, Sehingga mereka senantiasa membaca surat Al Waqiah setiap hari. Dan juga ada yang mengkombinasikan dengan Sholat Dhuha. Benarkah Surat Al Waqiah menjauhkan dari kemiskinan?

Beritaku.Id, Kisah Islami – Sebelum membahas tentang faedah dari membaca Surat Al waqiah. Maka lebih awal kita akan mengkaji tentang manfaat dari melaksanakan Sholat Dhuha setiap hari.

Bahwa menunaikan Sholat Dhuha akan membuat wajah menjadi awet muda dan juga membugarkan atau menyehatkan tubuh.

Terdapat beberapa manfaat dari Sholat Dhuha, Pertanyaan pertama, kapan waktu sholat Dhuha?

Maka jawabannya adalah sekitar pukul 06.00 (terbit matahari secara utuh), hingga memasuki waktu Dhuhur. Itu adalah waktu Dhuha. Namun beberapa pendapat mengatakan bahwa waktu yang paling afdhal adalah antara waktu pukul 9.00 pagi hingga 11.00.

Maka buruan bangun pagi, biar segar pikiran dan segera dirikan Dhuha.

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad SAW, Lahir Hingga Wafat, Dari 25 Nabi Dan Rasul

Dalam melaksanakan sholat dengan jumlah rakaat 2 – 12 rakaat tersebut. Sama dengan pelaksanaan sholat secara umum, yakni berwudhu atau mensucikan diri terlebih dahulu.

Dipercaya bahwa mendirikan Sholat Dhuha akan mendatangkan banyak sekali manfaat, diantaranya menciptakan ketentraman perasaan, damai, hidup lebih energik dan yang tidak kalah penting adalah menjauhkan dari kemiskinan.

Dengan memadukan konsep Sholat Dhuha dengan membaca Surat Al Waqiah maka 2 hal ini akan menciptakan hidup dunia yang mendatangkan banyak kebaikan.

Bagaimana Manfaat Sholat Dhuha?

Rezeky Yang Cukup

Hidup serba berkekurangan, perasaan jiwa yang sempit. Bisa dilonggarkan dengan mendirikan Sholat Dhuha. Dimana diyakini bahwa dengan melaksanakan Sholat Dhuha pada pagi hari maka Allah menjamin Rezeky hingga akhir siang.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda

“Allah SWT berfirman: Wahai anak (cucu) Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat sholat di waktu pagi (awal siang). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Tirmidzi)

Hadits ini secara jelas memberikan pemahaman kepada kita. Bahwa Allah akan memberikan jaminan Rezeky kepada siapa yang melaksanakan Sholat Dhuha tersebut.

Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Banyak yang patah semangat dalam hidup. Sebab menganggap diri sebagai manusia yang memiliki banyak Dosa.

Namun ternyata Allah menyiapkan fasilitas untuk menghapus dosa, yaitu Sholat Dhuha. Dan seberapa besarpun dosa setiap hamba. Meskipun jumlahnya sebanyak buih diatas lautan. Maka senantiasa Allah memberikan ampunan kepadanya.

Sebagaimana Sabda Nabi Muhamamd SAW “Siapa yang selalu membiasakan diri (dengan menjaga) sholat dhuha, maka dosa-dosanyanya akan diampuni Allah SWT walaupun dosanya sebanyak buih yang ada di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Wajah Lebih Muda

Yang mengharapkan wajah berseri dan bercahaya, maka tidak selamanya dengan memakai pemutih buatan manusia. Allah menyiapkan juga Sholat Dhuha untuk senantiasa membuat wajah hambanya tampil bercahaya dan kelihatan awet muda.

Dengan energi yang ada pada pagi hari, dan membuat gelombang otak memiliki persediaan energi yang cukup. Dengan melaksanakan Dhuha, maka hal itu akan membuat wajah semakin muda dan bercahaya. Hal ini juga disebabkan oleh air wudhu yang dipakai.

Kesegaran Tubuh

Sering kita laksanakan olahraga pagi atau ketika SD SMP ada jadwal orahraga tertentu dipagi hari.

Dengan melaksanakan Sholat pagi hari, maka kita akan melenturkan seluruh persendian yang ada. Dan hal itu akan berefek memberikan rasa nyaman pada seluruh tubuh.

Sebagaimana sabda Nabi yang artinya ” Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di anara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (yakni Subhanallah) dapat menjadi sedekah. Setiap bacaan tahmid (yakni Alhamdulillah) bisa sebagai sedekah. Setiap Tahlil (Yakni Lai Ilaha Illallah) Bisa sebagai sedekah. Dan setiap bacaan takbir (yakni Allahu Akbar) juga menjadi Sedekah. Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat.” (HR. Muslim no. 720).

Dengan hadits diatas sangat jelas. Bahwa dengan melasanakan Dhuha, maka seluruh sedekah dari Tahmid, Tasbih, Takbir dicukupkan oleh Sholat Dhuha yang dikerjakan.

Urusan Menjadi Lancar

Sholat dhuha yang dikerjakan secara rutin akan membuat segala urusan duniawi menjadi mudah. Dan mendapatkan berkah. Hal itu juga membuat dan melatih diri untuk tertib dalam waktu.

Dengan bangun pagi yang rutin serta teratur melaksanakan Dhuha, maka secara tidak langsung melatih jiwa untuk menghadapi setiap urusan.

Dan seperti penjelasan sebelumnya bahwa dengan takbir dan sebagainya dicukupkan sedekahnya dengan Sholat Dhuha. Maka bisa dibayangkan bahwa yang menunaikan sholat dhuha adalah manusia yang senantiasa bersedekah. Sementara Allah menjamin urusan dan rezeky orang yang senantiasa bersedekah dijalan Allah SWT.

Kegunaan Dan Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

Namun Artikel kali ini, tidak cukup hanya membahas tentang Sholat Dhuha, sebagaimana judul artikel tentang Membaca Surat Al Waqiah, maka berikut ini akan dibahas tentang bagaimana pengaruh surat Al Waqiah dalam hidup.

Betapa Islam mengajarkan kita tentang hidup dunia hingga akhirat yang secara teratur. Dalam Al Quran terdapat Surat Al Waqiah yang memiliki faedah, menjauhkan dari kemiskinan.

Sehingga membacanya setelah menunaikan Sholat Dhuha. Bisa dibayangkan bagaimana ampuhnya doa-doa tersebut. Untuk merebut kehidupan dunia dan akhirat yang di Ridhai Allah SWT.

Apa saja Manfaat serta kegunaan dari Surat Al Waqiah? Berikut penjelasananya :

Terhindar Dari Kehidupan Melarat

Manfaat yang pertama Dengan membaca Surat Al Waqiah satu kali setiap siang, maka akan mendapatkan pahala yang besar dan dijauhkan dari kemiskinan.

Begitupun ketika malam dibacakan maka Allah akan melindunginya hingga pagi. Serta dijauhkan dari kemelaratan hidup selama-lamanya.

Membaca Surat Al Waqiah, Mendapatkan Kekayaan Luar Biasa

Kegunaan Surah Al Waqiah disarankan untuk dibaca setelah Ashar, untuk mendapatkan kekayaan dunia. Namun dengan membaca disaat selesai Sholat Dhuha bukan masalah. Bahkan akan memperkuat dari kekarnya Sholat Dhuha.

Hidup miskin dan melarat jangan ragu untuk berdoa dengan membacakan Surah Al Waqiah, sebagaimana sabda Rasulullah “Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Ditunaikan Doa Untuk Memperoleh Rezeky

Mungkin tidak bisa menunggu lama untuk mendapatkan Rezeky. Amalkan untuk membaca Surah Al Waqiah sebanyak 50 kali dalam sekali duduk majelis. Insya Allah manfaatnya mendatangkan rezeky buat siapa yang membaca atau mendengarnya.

Miliarder Yang Murah Hati

Dengan membaca Surah Al Waqiah setelah menunaikan Sholat Shubuh, dan Isya sebanyak masing-masing 7 kali. Maka Allah akan melapangkan rezeky buatnya. Begitu kegunaan dari membaca surat Al Waqiah.

Baca juga: Keutamaan Tetangga Dalam Islam, Adalah Saling Menguatkan

Dan jika setelah Sholat Dhuha, surat ini kembali dibaca. Maka kepadanya atas Izin Allah akan diberikan keluasan Rezeky. Serta menjadikannya orang yang dermawan kepada orang lain.

Hartanya Terjaga Bagi Yang Terbiasa Membaca Surat Al Waqiah

Subhanallah, disamping Allah memberikan Rezeky yang banyak, juga Allah menjaga rezeky tersebut agar pemiliknya tidak jatuh kedalam kefakiran. Sebab banyak kasus didapatkan seseorang yang pernah kaya kemudian berubah menjadi orang yang fakir miskin. Dengan Surah Al Waqiah dibaca rutin. Allah akan menjaga hambanya dari kemelaratan.

Baca Juga: Memahami Hadits, Pengertian, Jenis Dan Urutannya

Betapa banyak manfaat yang didatangkan oleh kebiasaan untuk membaca Surat Al Waqiah, begitupun manfaat melaksanakan Sholat Dhuha. Namun jika keduanya digabung dalam kegiatan ibadah rutin setiap pagi. Maka bisa dibayangkan dahsyatnya hal tersebut.

Namun perlu diingat bahwa melaksanakan ibadah adalah menyerahkan diri kepada Allah SWT secara totalitas. Dan hanya kepada Allah meminta pertolongan dan Rezeky. Sebab Allah yang maha memberi dan maha pengasih bagi mahluknya.

Semoga rezeky yang didapat adalah Rezeky yang berkah. Untuk diberikan pula kepada manusia lainnya untuk berbagi. Wallahu Wa’lam.

Baca juga : Go Muslim

Bagikan Ke
  • 2
    Shares