contoh acara resmi

Contoh Acara Resmi dan Tidak Resmi

Diposting pada

Contoh acara resmi telah banyak kita jumpai dalam pelajaran Bahasa Indonesia di bangku sekolah. Bahasa yang digunakan tentu tidak sama dengan acara tidak resmi. Ternyata perbedaannya tidak hanya sebatas itu.

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunisasi – Pengunjung sebuah acara menjadi penentu kategori acara tersebut. Contohnya sebagaimana yang akan kita bahas di sini.

Oleh: Tika (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Contoh Acara Resmi dan Tidak Resmi

Contoh Acara Resmi
Contoh acara resmi penyambutan Presiden (Foto: lifestyle.okezone.com)

Sebuah acara terbagi atas resmi dan tidak resmi. Keduanya tergantung dari jenis, tatanan bahasa, serta susunan acara. Ada pula yang menyatakan bahwa pembagian tersebut berdasarkan tipikal pengisi dan pengunjung acara.

Berdasarkan Undang-Undang no 9 tahun 2010, Acara resmi merupakan acara oleh pemerintah atau lembaga kepemerintahan. Orang-orang yang menghadirinya adalagh petugas negara serta pejabat negara lainnya.

Dalam sebuah acara resmi, terdapat protokoler yang harus dipenuhi. Contohnya adalah perihal tamu undangan, pakaian, susunan pejabat, susunan acara, susunan ruang atau podium, undangan dan tamu undangan.

Berikut adalah contoh acara resmi:

a. Rapat Antar Perusahaan

Salah satu contoh acara resmi adalah rapat antar perusahaan. Tokoh-tokoh penting dalam perusahaan akan saling berembug mengenai kelanjutan dan perkembangan usaha. Mereka juga dapat membahas mengenai kerjasama.

Persiapan terkait pelaksanaan rapat harus dilakukan dengan baik. Apalagi jika berniat untuk mencari investor.

b. Lokakarya

Lokakarya adalah pertemuan sekelompok orang untuk membicarakan mengenai suatu permasalahan. Biasanya mereka yang menghadirinya adalah pejabat hingga guru dan profesor. Lokasinya pun umumnya jauh dari keramaian.

c. Seminar

Tujuan dari kegiatan ini adalah memperdalam ilmu tertentu. Namun tidak sedikit juga seminar yang bersifat komersial. Dengan demikian para pengisi acara pun merupakan orang-orang yang kompeten.

d. Wisuda

Penyelenggara kegiatan ini adalah sebuah institusi formal. Dengan demikian konsep acara ini pun menjadi resmi. Susunan acaranya bersifat terstruktur serta menggunakan pakaian resmi.

Baca juga beritaku: Pengertian Mukadimah Pada 4 Contoh Kegiatan

Baik penyelenggara maupun hadirin keduanya sama-sama tunduk atas peraturan yang berlaku selama prosesi acara.

Sedangkan untuk acara tidak resmi, contohnya adalah:

a. Acara Ulang Tahun

Dalam acara ini baik tamu undangan maupun pengisi acara tidak wajib menggunakan pakaian formal. Mereka boleh menggunakan pakaian santai.

Selain itu susunan acara juga dapat berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi. Tidak sedikit juga acara ulang tahun yang ditutup dengan formal mengingat adanya acara lain-lain di bagian akhir.

b. Acara pernikahan

Hal ini tidak berlaku bagi prosesi ijab kabul dalam pernikahan. Justru dalam acara pernikahan yang bersifat tidak resmi adalah pada bagian resepsi.

Ketika proses resepsi, siapapun secara serta merta boleh menjadi pengisi acara. Contohnya adalah ketika ingin menyumbang lagu.

Dengan demikian struktur acara juga menjadi tidak kaku serta dalam berpakaian cenderung bebas. Boleh menggunakan gaun hingga dress lainnya. Tidak ada batasan sopan dan tidak.

c. Pentas Musik

Dalam acara pentas musik, baik pembawa acara maupun pengisi umumnya menggunakan pakaian santai dan bebas. Ketika berlangsung tentu akan terjadi interaksi antara penonton dengan pengisi acara.

Tidak menutup kemungkinan juga terjadi interaksi antara pembawa acara dengan pengisi acara. Bahkan masalah waktu juga tidak menjadi kendala.

Adanya masalah teknis umumnya akan melonggarkan waktu pelaksanaan. Namun hal itu sangat umum terjadi. Siapa yang siap terlebih dahulu dapat mengisi tempat tim lain yang belum siap.

d. Lomba mewarnai

Sejatinya apapun jenis lombanya baik itu memasak dan lainnya, hal itu tidak menjadi acara resmi. Alasannya adalah tidak adanya struktur kegiatan yang jelas.

Semua tergantung bagaimana peserta menyelesaikan acara tersebut. Kendati demikian, tidak sedikit pula lomba yang dibuka secara formal, contohnya adalah Miss Indonesia atau lomba-lomba tingkat nasional.

Tentu saja banyak tamu penting yang akan hadir. Hal ini erat kaitannya dengan pengisi acara. Ketika suatu acara dihadiri oleh pemerintah maupun pejabat, maka acara tersebut memiliki kesan resmi.

Secara tidak langsung hal inilah yang mempengaruhi kesan dari sebuah acara yaitu terkait pengisi dan tamu undangan yang hadir.

Selain itu perhatikan sifat acara tersebut. Ketika penyelenggaranya adalah instansi maupun dinas tertentu, maka acara tersebut akan menjadi sebuah acara resmi yang bersifat kedinasan.


Batasan Pengertian Acara Resmi Dan Tidak Resmi

Contoh teks acara resmi (Scribd)

Suatu acara dapat masuk dalam kategori resmi adalah ketika terikat dengan beberapa ketentuan. Contohnya saja terkait susunan acara.

Dalam acara resmi, ia memiliki susunan acara yang terstruktur sangat rapi. Bahkan tenggat waktu antara susunan satu dan lainnya pun terbagi dengan sangat jelas.

Dengan demikian, tidak heran jika tamu undangan pun terikat dengan ketentuan hadir tepat waktu maupun pakaian yang sopan.

Contoh acara resmi adalah wisuda yang mana dalam pelaksanaanya tamu undangan harus berpakaian sopan dan mengikuti seluruh sesi hingga selesai.

Baca juga beritaku: Pembukaan & Penutupan Pidato Bahasa Inggris

Tepat waktu menjadi ciri khusus dari kegiatan resmi ini. Berbeda halnya dengan acara tidak resmi. Dalam acara tersebut pengunjung dan penyelenggara tidak terikat dengan apapun.

Mereka boleh hadir tidak tepat waktu dan acara pun tidak testruktur dengan rapi. Selain itu semua pihak dapat menggunakan kostum dengan bebas dan leluasa.

Batasan-batasan tersebut erat kaitannya dengan pengunjung dan pengisi dalam sebuah acara. Ketika yang menghadiri adalah pejabat maka secara otomatis acara tersebut menjadi resmi.


Pakaian Untuk Acara Resmi Dan Semi Formal

Contoh pakaian acara resmi

Terkait masalah pakaian, dalam sebuah acara resmi umumnya tidak diperkenankan menggunakan pakaian berbahan kaos.

Kemeja dengan celana panjang atau kemeja dengan rok di bawah lutut bagi perempuan, semua bersifat formal dan sopan. Bahkan tidak mendapat anjuran juga menggunakan sandal jepit.

Umumnya di Indonesia, masyarakat akan menggunakan batik ketika menghadiri acara resmi. Lantas bagaimana dengan acara tidak resmi?

Pakaian untuk acara resmi adalah bebas. Boleh menggunakan kaos, boleh juga menggunakan pakaian mini dengan jins, dan sebagainya. Tidak ada aturan khusus untuk itu. Intinya adalah pakaian yang bersifat santai.

Contoh pakaian acara formal adalah:

1. Kemeja

Untuk kemeja formal, terbagi atas dress shirt (kemeja dengan bagian leher kaku dengan kancing menyeluruh baik dari bagian atas hingga bawah serta bagian lengan),

Dinner shirt (kemeja khusus dengan kombinasi pakaian malam bagi laki-laki. Tidak lupa dengan kombinasi dasi), dan winchester shirt (kemeja dengan kerah putih yang memiliki manset untuk mendominasi).

2. Jas

Terdiri atas Tuksedo, zoot suit, suit jacket button, dan Mandarin suit. Zoot suit memiliki ukuran yang besar dan lebar sedangkan suit jacket button memiliki model yang umum.

Model tersebut menonjol pada bagian kancing. Selain itu ada pula Mandarin suit yang memiliki kerah nehru dengan kancing penuh.

3. Rompi

Adalah pakaian terluar yang umum disandingkan dengan jas.

Sedangkan untuk acara semi formal adalah kemeja dengan bahan kaos dengan padu padan celana jins. Hingga kaos dengan kombinasi blazer atau outer.


Ciri-Ciri Kegiatan Resmi Dan Tidak Resmi

contoh acara resmi
Pakaian kegiatan resmi (batiktulis.com)

Kegiatan resmi maupun tidak resmi terbagi melalui berbagai ciri-ciri. Adapun ciri-ciri kegiatan resmi antara lain:

– Memiliki susunan acara yang jelas

– Acara terikat waktu

Baca juga beritaku: Pidato Perpisahan Bahasa Inggris: Sekolah, Rumah Dan Kantor

– Kegiatan tersebut menggunakan narasumber yang kompeten

– Pengisi dan tamu undangan menggunakan pakaian resmi

Ciri kegiatan tidak resmi adalah:

– Susunan acara tidak terstruktur sedemikian rupa

– Tidak terbatas oleh waktu dan aturan

– Pakaian bebas


Kata-kata (Kalimat) Pada Acara Resmi

Acara Resmi (MMC Kalteng)

Dalam acara resmi, bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Contoh dalam penerapannya adalah:

a. Hadirin yang terhormat,

b. Mari kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

c. Adapun susunan acara pada hari ini adalah

d. Memasuki acara selanjutnya

e. Yang kami hormati Bapak atau Ibu

f. Demikian acara pada hari ini

g. Selebihnya kami mohon maaf


Bagaimana Sambutan Pada Kegiatan Tidak Resmi

Acara tidak resmi tidak membutuhkan pengaturan bahasa yang berarti. Adapun contoh kata sambutan bagi acara tidak resmi adalah:

Selamat pagi, bapak Ibu serta adik-adik semua.

Terima kasih atas kehadirannya dalam acara Ulang Tahun Perkawinan Mamah Oca dan Om Iwa yang ke 25. Sungguh luar biasa sekali usia pernikahan mereka dan semoga langgeng hingga akhir hayat. Aamiin.

Hari ini tante Oca dan Om Iwa akan mengajak kita bernostalgia dalam rangka mensyukuri usia pernikahan mereka. Jadi bagi hadirin yang bisa menyanyikan lagu jadul, kalian boleh menyumbangkan lagu di sini.

Contoh lain dalam acara wisata:

Selamat siang bapak ibu, apa kabar kalian? Semoga kalian tetap semangat untuk mengikuti acara wisata bahari bersama Eco Tour.

Pada kesempatan ini saya akan mengingatkan bapak ibu untuk tidak lupa menggunakan tabir surya dan juga berganti pakaian karena kita akan menyaksikan keindahan bahari pulau Samosir. Apakah bapak ibu sudah siap?

Contoh sambutan dalam acara pernikahan

Selamat malam para tamu undangan yang berbahagia. Selamat datang di resepsi pernikahan Rita dan Adhi. Alhamdulillah kini keduanya sudah sah menjadi suami istri dan semoga langgeng hingga akhir hayat. Aamiin.

Perlu hadirin ketahui bahwa prosesi ijab kabul telah terjadi tadi pagi bertempat di kediaman mbak Rita dan malam ini adalah malam khusus untuk bersenang-senang.

Bagi siapapun yang memiliki kemampuan bernyanyi boleh maju ke depan untuk menghibur kedua mempelai. Kemudian bagi yang ingin berfoto bersama, kami persilahkan.

Contoh sambutan ulang tahun anak

Selamat sore adik-adik yang berbahagia. Perkenalkan kakak adalah kak Citra yang akan mendampingi kalian dalam acara Ulang tahun adik Bagas yang ke tujuh.

Terima kasih atas kehadiran adik-adik pada kesempatan ini. Mari kita doakan adik Bagas panjang umur dan sehat selalu. Aamiin.

Sebelum kita bermain balon-balon dan permainan seru lainnya, mari kita potong kue terlebih dahulu sambil menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun”.

Contoh sambutan dalam acara pentas musik

Halo Selamat Malam Denpasar! Apa kabar kalian semua? Semoga semua sehat dan yang terpenting adalah bahagia.

Apalagi karena hari ini kita kedatangan beberapa pemusik papan atas yang akan menghibur dan menebarkan kebahagiaan bagi kita.

Tapi sebelum itu mari kita bacakan dulu deretan artis yang akan menghibur hari ini. Pertama ada Ungu, kemudian ada Peterpan.

Kalian masih mau lanjut? Baiklah, ketiga ada Samson, dan terakhir ada Kerispatih. Mari kita sambut penampilan pertama yaitu dari Ungu!

Demikian artikel mengenai contoh acara resmi. Semoga dapat memberikan manfaat.

Bagikan Ke