Mukadimah
Preambul Kegiatan

Pengertian Mukadimah Pada 4 Contoh Kegiatan

Diposting pada

Sering kita mendengar kata Mukadimah, bagaimana pengertian kata tersebut yang sering kita temuka dalam berbagai kegiatan komunikasi. Secara lisan maupun tertulis.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Pertemuan itu membosankan sebab pemberi pidato, ceramah dan sambutan tidak memiliki daya tarik kepada para pendengar. Atau, dari awal hingga akhir isi sambutan tidak memberikan semangat sehingga banyak peserta yang tertidur.

Oleh Fauzi Kaishar (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Tentunya, ketika kita membahas mengenai sambutan, ceramah, kuliah 7 menit dan sebagainya, maka hal itu merupakan rangkaian kegiatan komunikasi atau pidato. Dengan berbagai bagian penting konten, yakni Mukadimah, konten dan penutup.

Nah, untuk artikel ini akan kita bahas mengenai pengertia dari Mukadimah itu sendiri, serta apa saja isi sebuah mukadimah dalam kegiatan speech.

Pengertian Mukadimah

Sebelum sampai pada yang utama, maka memakai pengantar. Sebelum yang inti maka membutuhkan seperangkat narasi pembukaan. Kemudian, sebelum aku memilikimu, maka ada hal yang membuatmu tertarik kepadaku, dan itulah pengantar.

Mukadimah seperti itu, namun untuk lebih jelasnya mari kita melakukan perbandingan definisi oleh beberapa pendapat dari pengertian tersebut.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memberikan definisi Mukadimah adalah pendahuluan atau kata pengantar

Sinonim Mukadimah

Pengertian mukadimah sesingkat itu, sementara kata sinonimnya adalah sebagai berikut:

Sinonim
Sinonim Kata Mukadimah

  1. Alas kata, berarti pondasi, dasar,
  2. Introduksi artinya bagian karangan yang menyatakan pendahuluan,
  3. Kata pendahuluan, yaitu 1) sesuatu yang mula-mula, 2) Pembukaan sebuah pidato, 3) Permulaan.
  4. Kata pengantar merupakan bagian awal sebuah karya ilmiah
  5. Pembukaan adalah proses cara pembukaan atau membuka
  6. Pengantar kata, (sama dengan kata pengantar)
  7. Permulaan kata, (sama dengan kata pendahuluan)
  8. Prakata artinya keterangan atau uraian yang ditulis penulis sebagai pengantar,
  9. Preambul berarti mukadimah atau pendahuluan
  10. Prolog adalah pembukaan, peristiwa pendahuluan: mukadimah
  11. Sekacip pinang bermakna sebagian memiliki makna yang sama (pendahuluan)
  12. Sekapur sirih adalah pengantar sebuah acara atau pidato.

Dari pengertian dan kata sinonim tersebut dapat kita mengetahui bahwa mukadimah memiliki pengertia, hal yang merupakan kata-kata ataupun kalimat awal dalam penyampaian sebuah pidato, acara maupun sebuah pagelaran.

Penggunaan kata Mukaddimah maupun prolog dan preambul dan sebagainya, pada intinya memiliki makna yang sama dalam hal ini sebagai rangakaian kalimat awal sebelum menjelaskan hal yang utama.

Seseorang tertarik maupun tidak, maka kata pengantar menjadi hal yang perlu mendapatkan imajinasi tinggi sehingga daya tangkap pendengar menjadi baik.

Pemilihan kalimat yang garing akan sangat membosankan. Apalagi kalau pembukaan tersebut seakan hanya copy paste milik orang lain.

Nah untuk yang selalu tampil memberikan ceramah maupun pidato dan sambutan, harus memperhatikan hal ini.

Perlu kita ingat pula bahwa dunia digital yang semakin maju saat ini, akses setiap orang ke Youtube sangat mudah dan intensitasnya tinggi. Maka tidak heran apa yang kita tonton juga bisa di tonton oleh orang lain. Celakanya, jika kita hendak memberikan sekapur sirih yang baru, ternyata tidak baru lagi bagi penonton sebab mereka telah mengaksesnya.

Baca juga beritaku: Syair Pembuka Pidato, 20 Sajak Mukadimah Ceramah

Istilah Lain Dari Mukadimah

Selain itu dalam penulisannya, mukadimah bisa dalam bentuk beberapa kata yang sedikit mengalami perbedaan pada pengejaan. Jika Mukadimah merupakan ejaan bahasa Indonesia yang benar, namun juga ada beberapa kata yang secara fonetik berbeda namun secara fonemik sama.

Istilah Lain

Artinya secara penulisa berbeda namun memiliki makna yang sama, yakni:

  1. Mukaddimah
  2. Mukodimah
  3. Moqodimah, dan
  4. Muqoddimah.

Yang jelas secara fonetik ini berbeda, akan tetapi memiliki makna yang sama dalam pengertiannya yakni sebagai kata-kata atau kalimat pengantar.

Penggunaan Mukaddimah

Kapankah seseorang menggunakan Mukadimah?

Pertanyaan ini yang sangat menarik dan tentu ini menjadi alasan untuk membaca artikel ini. Penggunaan kata pengantar biasanya sangat manis, sebagaimana manisnya seseorang ketika henda meminjam uang.

Ingat ya kan, ketika teman tiba-tiba akrab dan menanyakan kabar, keinginan berjumpa dan sangat manis. Pada ujungnya dia meminjam uang. Nah sebenarnya itu adalah Mukaddimah, atau pengantar saat menyapa dengan sangat manis sementara intinya adalah meminjam uang.

Tentu kasus seseorang meminjam uang dan pada akhir yang kurang menyenangkan (meminjam uang), kita tidak harapkan terjadi pada proses membawakan sebuah pidato, dengan kata pengantar menarik namun inti pidato yang kurang baik.

Kembali kepada sub judul penggunaan Mukaddimah, kapan saja kita menggunakan, maka sudah kita ketahui bahwa hal ini berposisi awal, pada:

  1. Awalan Pidato,
  2. Kata Pengantar Ceramah,
  3. Sekapur sirih Kuliah Tujuh Menit,
  4. Sambutan,
  5. Prakata MC,
  6. Preambul Moderator,
  7. Kata Pengantar Skripsi,
  8. Alas Kata Artikel,
  9. Permulaan Kata Melamar.

Mulai paham kan bahwa kata pengantar merupakan kalimat sebagai awalan sesuatu: pidato, ceramah maupun karya ilmiah.

Namun tidak hanya itu, pada kenyataannya kata pengantar kita pergunakan dalam berbagai komunikasi baik daring singkron asingkron, maupun secara langsung.

Ciptakan kesan yang baik dan menyenangkan, seperti itulah kata pengantar, atau pesona awal yang menarik. Berikut beberapa contoh dari penggunaan kata pengantar untuk menambah wawasan pembaca.

Baca juga beritaku: Asal Usul Kuliah 7 Menit: Contoh Naskah Mukadimah & Kultum

Contoh Mukodimah

Sebagai bahan bacaan maka berikut ini kami akan menyampaikan beberapa contoh dari prakata yang bisa sekalian kita pakai dalam beberapa pertemuan, silahkan lakukan variasi kata agar menarik.

Mukaddimah MC Isra Miraj

Untuk seorang MC maka menggunakan kata pengantar yang baik setelah mendapat tugas sebagai protokol, berikut beberapa preambul untuk kegiatan Isra’ Mi’raj, yakni:

MC Isra Miraj

  1. Bapak ibu yang kami hormati, bahwa sebuah perjalanan yang istimewa hanya kepada Rasulullah Muhammad SAW, saat hendak menerima perintah Sholat. Dan perintah itu adalah Isra’ Mi’raj dari Masjidil Haram Ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha. Kendaraan yang Rasulullah pakai adalah Bouroq merupakan jenis kendaraan tercepat yang mampu mengalahkan kecepatan Sukhoi dan sebagainya.
  2. Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia, sejadah panjang yang membentang mengarah ke Kiblat bukti kita merendah dari hadapan Allah SWT, namun tahukah kita bagaimana peristiwa penerimaan Sholat ini, dengan proses Isra’ Mi’raj Rasulullah Muhammad SAW.
  3. Para hadirin yang berbahagia, sebelum kita melangkah keacara selanjutnya, apakah kita sadar bahwa Islam sebagai agam termulia sebagai Nabi kita satu-satunya Rasul yang langsung di berangkatkan ke Sidratul Muntaha. Rasulullah Muhammad menghadap langsung kepada Allah dalam menerima perintah Sholat dalam serangkaian Isra’ Mi’raj.
  4. Para Tamu Allah yang bebahagia, kecepatan formula one maupun motogp, tidaklah secepat Bouroq, sebagaimana ini menjadi kendaraan utama Rasulullah dalam kegiatan Isra’ Mi’raj. Ini diluar nalar normal, namun tak ada satu yang bisa membantah jika hal itu menjadi kehendak Allah SWT.

Baca juga beritaku: Pembukaan & Penutupan Pidato Bahasa Inggris

Preambul Ceramah Kematian

Pahamlah kan makna preambul, jadi maknanya sama Preambul dengan mukaddimah, kata pengantar. Ini membuat variasi kata saja agar hati tidak monoton memikirkan mantan yang telah pergi bersama yang lain, cie- cie.

Ceramah Kematian

Lanjut, jika anda memiliki pekerjaan sebagai seorang penceramah, maka gunakanlah preambul yang tidak garing tidak kering. Maksudnya yang selalu segar.

Preambul itu seperti buah yang ranum, indah, mekar dan segar. Seperti memetik buah, maka buah yang akan kita sukai adalah yang memiliki warna yang menarik dan segar kelihatannya. Preambul juga demikian.

Jangan memakai kalimat yang membosankan, sudah biasa, sudah sering.

Berikut silahkan copy paste untuk kegiatan ceramah kematian, yaitu:

  1. Para hadirin keluarga duka, bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti dan tidak ada kekuatan yang mampu menahannya. Bahwa ketika sampai pada batasnya, maka Allah memiliki kehendak melakukannya, inilah refleksi Ke Maha Kuasaannya.
  2. Bapak Ibu Keluarga duka, kita hadiri disini untuk membagi duka saudara kita, atas meninggalnya Sdr (i) siapa namanya, dan harus kita sadari bahwa kematian adalah soal nomor antrian. Kita semua yang hadir ditempat ini telah memiliki nomor antrian masing-masing dan menunggu waktu untuk kita dipanggil.
  3. Para hadiri keluarga duka, semoga kita termasuk yang menyadari bahwa apapun yang kita miliki hari ini, mabil mewah, rumah mewah, istri cantik dan kekayaan. Pada dasarnya semua itu akan pamit dari kita, namun yang pasti kita akan berpisah dengan mereka.

Sekapur Sirih Moderator Seminar Kesehatan

Lain lagi ketika kita mendapatkan tugas sebagai seorang moderator sebuah seminar yang bersifat ilmiah, maka pada saat ini kita membutuhkan sekapur sirih. Dalam hal ini harus memilih kata dan kalimat yang baik, jangan menggurui dan jangan merasa paling hebat.

Seorang moderator cukup standar saja namun dalam memberikan pengantar harus mampu membangkitkan semangat dari para pendengar.

Beberapa sekapur sirih moderator pada acara seminar kesehatan, yaitu:

  1. Para peserta yang berbahagia, bahwa harta penting buat manusia selain nikmat iman adalah kesehatan yang ada dalam tubuh kita, pertahankan nilai kesehatan dan perhatankan hidup sehat, meski jiwa kadang menjerit karena mantan berpindah kelain hati.
  2. Peserta Seminar yang kami hormati, ketika datang sehatmu maka pergunakan sebaiknya sebab pada masanya kita akan merasakan luka, seperti melihat foto mantan bersama dengan pasangannya.
  3. Para Peserta seminar kesehatan, saya sebagai moderator akan membacakan perjalanan dari para pemateri kita pada saat ini, sebagaimana mereka memiliki catatan panjang dan penuh dengan pengalaman untuk mereka bagi buat kita semua.

Baca juga beritaku: Cara Menjadi MC Islami

Pemulaan Kata MC Lamaran

Terakhir, contoh untuk MC lamaran. Jangan pandang enteng kegiatan ini sebab ini merupakan acara spesila, buat mereka yang hendak melangsungkan pernikahan dengan acara lamaran lebih dulu.

Mukadimah MC Lamaran

Untuk pakaian saat menjadi MC kegiatan lamaran, tidak terlalu formal. Dan lebih baik menggunakan pakaian Islami atau sesuai dengan agama masing-masing. Berikut contoh MC untuk lamaran Islami.

  1. Para hadirin, dari kedua keluarga, bahwa cinta yang baik setelah Allah dan Rasul maka mencintai kedua orangtua, dan pada hari ini merupakan rangkaian pertalian cinta yang Insya Allah akan menjadikan mereka yang lajang menjadi orangtua pada masanya.
  2. Para hadiri yang kami banggakan cinta dengan kehidupan mawaddah warahmah, adalah dambaan bagi banyak orang, bahkan ini pula menjadi dambaan bagi mereka yang broken home. Dan semoga saja mereka yang akan kita persatukan dalam ruang cinta pernikahan mendapat Rahmat Allah SWT menjadikan mereka sebagai keluarga yang bahagia dunia dan akhirat.
  3. Semua telah menyaksikan kehadiran kedua keluarga dalam ruangan ini, dan semua ini sebagai tanda mereka mensyukuri kebaikan kedua keluarga semoga saja kebahagiaan ini pula menjadi inspirasi bagi kita semua.

Sampai disini, kita telah sampai pada penghujung artikel, namun ini bukan senandung perasaan yang bosan, seperti bosannya pasangan yang mulai letih menghadapi kita. Tapi ini hanyalah penutup artikel dan silahkan membaca artikel lain. Semoga ini bermanfaat.

Baca juga beritaku: Mc Acara Pengajian Rutin, Contoh Susunan Dan Pembukaan

Bagikan Ke