Definisi pidato naratif dan edukatif
Contoh pidato naratif dan edukatif (Foto: kotakpintar.com)

Edukatif Dan Naratif, Pengertian, Ciri, 2 Pidato Yang Jarang Kita Ketahui

Posted on

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi di depan umum yang memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah edukatif dan naratif. Keduanya memiliki pengertian dan ciri yang berbeda. Bentuk 2 pidato yang jarang kita ketahui.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Komunikasi sangat kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari, bentunya pun ada berbagai macam. Salah satu bentuk komunikasi yang hempir mirip dengan komunikasi monolog namun diperuntukkan bagi umum adalah pidato.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi yang saat banyak kita gunakan dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain secara umum. Kegiatannya sendiri dengan berbicara di depan umum, seperti melakukan sebuah orasi.

Tujuan dari melakukan sebuah pidato adalah untuk menyampaikan sesuatu, menggambarkan suatu hal atau menyatakan pendapatnya terhadap sesuatu (dapat berupa kejadian, benda, seseorang, dll). Umumnya, sebuah pidato akan disampaikan oleh seseorang yang memberi orasi terhadap suatu pernyataan atau sebuah kejadian pada suatu waktu.

Siapa yang menggunakan pidato sebagai sarana dalam berkomunikasi? umumnya pidato banyak digunakan oleh seorang tokoh atau pemimpin yang mempunyai pangkat

Pidato yang para pemimpin gunakan umumnya untuk menyampaikan sesuatu hal yang penting kepada mitranya, umum atau para staffnya.

Susunan kata dalam pidato umumnya menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan adat dan budaya yang berlaku. Pidato harus menyesuaikan siapa yang akan mendengarkannya dan bagaimana adat dan budaya yang berlaku.

Untuk dapat menyampaikan sebuah pidato yang baik, seorang orator (sebutan bagi orang yang menyampaikan pidato) harus pandai menyusun kalimat. Apa yang hendak ia sampaikan sudah ia rencanakan dan ia telah mempersiapkan dengan matang bahan yang akan mereka sampaikan.

Contoh pidato yang sudah sering kita dengar adalah pidato penyambutan hari-hari besar, pidato pembukaan subuah acara-acara penting, pidato kenegaraan serta pidato-pidato lainnya.

Pidato yang baik akan mudah masyarakat terima. Pidato tersebut juga akan memberikan suatu kesan yang baik bagi orang-orang yang ikut mendengarkan pidato.

Baca juga beritaku : 5 Kelebihan Kekurangan Pidato Ekstemporan

Pengertian Dan Ciri Pidato Edukatif & Naratif – Edukatif

Pidato Edukatif dan Naratif
Contoh pidato naratif (Foto: beritaku.id)

Apa itu edukatif? edukatidf merupakan sesuatu yang memberikan ajaran atau ilmu kepada seseorang yang bersifat pengetahuan. Pengetahuan tersebut yang nantinya akan bermanfaat bagi seseorang yang menerimanya.

Edukatif sifatnya mendidik, mengarahkan, amanat dan memberi pembelajaran tentang suatu hal kepada orang lain agar dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Kata edukatif merupakan bahasa baku dari education (dalam bahasa Inggris), yang artinya adalah pendidikan. Sehingga jenis pidato ini merupakan sebuah pemaparan yang isinya berupa kajian ilmu pengetahuan.

Dalam sebuah pidato edukatif, mempunyai tujuan untuk menyebarkan dan membagikan suatu ilmu, informasi, tpis, dan lainnya kepada orang lain agar dapat meningkatkan pengetahuan. Harapannya, setelah mendengarkan sebuah pidato edukatif, seseorang akan lebih termotivasi dan mendapat pengetahuan baru.

Karena sifatnya yang mendidik, pidato edukatif diharapkan mampu memberi sesuatu yang baru bagi audien. Tidak hanya itu, pidato juga harus memberikan pesan moral yang dapat membentuk kpribadian yang baik.

Ciri-ciri pidato edukatif yang baik sendiri harus bersifat mendidik, memberikan arahan atau pembelajaran, mengandung amanat yang mendidik.

Untuk dapat melakukan pidato edukatif yang baik, seseorang perlu menyusun terlebih dahulu apa yang hendak ia sampaikan. Hal-hal apa saja yang ingin ia tekankan untuk memberikan pembelajar agar audien dapat mendapat sesuatu yang bermanfaat.

Biasanya, pidato edukatif banyak kita jumpai pada acara-acara formal terkait pendidikan seperti sambutan dalam acara sekolah, sambutan perpisahan sekolah, seminar pendidikan dan acara-acara lainnya yang bersifat mendidik.

Usahakan dalam menyampaikan sebuah pidato edukatif menggunakan susunann bahasa yang baik dan benar sehingga lebih mudah untuk audien terima dan memberikan kesan yang baik dan menginspirasi.

Agar orang-orang yang mendengarkan pidato dapat mendapat ilmu yang bermanfaat, tentu saja perlu kita persiapkan segalanya sebelum melakukan pidato. Mulai dari apa yang hendak kita sampaikan, properti pendukung yang kita perlukan, siapa yang hendak menjadi peserta dan berapa durasinya.

Baca juga beritaku : Pendahuluan Pidato Persuasif: 3 Struktur, Ciri, Pendekatan Dan Contoh


Pengertian Dan Ciri Pidato Edukatif & Naratif – Naratif

ilustrasi kommunikasi edukatif dan naratif

Salah satu keahlian yang tidak banyak orang miliki adalah mampu berbicara di depan umum dengan baik. Salah satunya membawakan sebuah pidato, meskipun terlihat mudah, namun pada kenyataannya membawakan pidato membutuhkan sebuah keahlian khusus.

Kita harus percaya diri dan tidak mudah gugup saat berbicara di depan orang banyak. Mengapa pidato membutuhkan keahlian khusus? ya tentu saja karena apa yang hendak kita sampaikan bukan sembarang berbicara.

Melainkan harus menarik, bermanfaat dan dapat memberikan kesan baik bagi orang-orang yang mendengarkan. Tentu saja semuanya berawal dari usaha yang kita lakukan, mulai dari mengumpulkan semua informasi dan menyusun bahan.

Tidak hanya itu, terkadang jika memang diperlukan, kita juga harus mempersiapkan peralatan pendukung yang memang kita perlukan untuk kelancaran pidato.

Pidato naratif merupakan sebuah pidato yang menceritakan sebuah kejadian atau sesuatu dengan sejelas-jelasnya kepada umum. Pidato naratif hampir sama dengan bercerita tentang suau kejadian.

Naratif yaitu menceritakan suatu kejadian atau peristiwa secara kronologis dan detail. Bahas yang digunakan adalah bahasa yang baik dan benar, menyesuaikan adat dan budaya yang berlaku.

Pidato naratif juga merupakan bentuk komunikasi yang informatif, namun dalam menjelaskannya harus secara kronologis, hal ini tentunya tidak lepas dari keahlian yang seseorang miliki untuk berbicara di depan umum.

Dengan apa yang kita sampaikan, diharapkan orang-orang yang ikut mendengar dapat seakan-akan mengalaminya. Jenis pidato ini banyak kita jumpai saat ini. Misal saat ada sebuah acara peresmian jalan dan ada pembukaan dengan pidato naratif.

Untuk membuat sebuah pidato yang baik, butuh pertimbangan yang matang. Sesuaikan dengan adat dan budaya yang ada, bahasa yang kita pakai juga seupaya menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Karena pidato ini akan kita tujukan untuk banyak orang, maka usahakanlah untuk mempersiapkannya sematang mungkin agar apa yang hendak kita sampaikan dapat memberi manfaan atau ilmu.

Baca juga beritaku : Perpisahan SMA, Puisi, Kata-kata Puitis, Contoh Pidato

Ciri, Perbedaan Dan Persamaan Pidato Edukatif Dan Naratif

kommunikasi edukatif dan naratif

Ciri-ciri Pidato Edukatif

  • Memakai bahasa yang baik juga dapat kita pahami dengan baik juga
  • Berisi tentang pendidikan
  • Dapat memberi ilmu bagi yang mendengarkan

Ciri-ciri Pidato Naratif

  • Bahasa yang baik dan benar
  • Menceritakan secara rinci dan kronologis pada sebuah kejadian atau peristiwa
  • Tujuannya menceritakan sesuatu

Persamaan

Pidato edukatif dan naratif sama-sama merupakan bentuk komunikasi yang informatif, tujuannya agar orang yang mendengarkan dapat menerima apa yang telah kita sampaikan.

Informasi yang kita sampaikan melalui pidato edukatif dan naratif dapat tersampaikan apabila bahasa yang kita gunakan dalam berpidato menggunakan bahasa yang baik dan benar. Adat dan budaya juga perlu kita perhatikan.

Perbedaan

Untuk perbedaan dari pidato edukatif dan naratif hanya pada tujuannya, jika pada pidato naratif bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis dan detail, dalam pidato edukatif lebih bertujuan untuk memberi pendidikan atau edukatif.

Baca juga beritaku : Orasi Dan Pidato: Sejarah, Definisi, Persamaan Dan 5 Perbedaan


Contoh Pidato Edukatif

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak Ibu kepala sekolah, Bapak Ibu guru beserta para staff, Bapak Ibu wali murid dan anak-anakku sekalian yang sangat kami cintai dan kami banggakan.

Dengan menyebut nama Allah SWT dan segala puji, tuhan yang telah memberikan segala rahmat-Nya kepada kita semua. Kita dapat menghadiri acara pelepasan siswa pada hari ini dengan tanpa adanya kurang suatu apapun.

Sholawat serta salam untuk Nabi Muhammad SAW, semoga rahmat dan keselamatan selalu tercurah kepadanya dan keluarganya beserta para pengikutnya.

Hadirin yang terhormat, pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan “Pentingnya Pendidikan Dalam Sebuah Keluarga”.

Perlu Bapak Ibu ketahui, pendidikan merupakan suatu hal perlu kita berikan dan kita tanamankan pada anak-anak kita. Pendidikan yang kita berikan berupa pendidikan keilmuan, kepribadian, keterampilan dan agama.

Keempat pendidikan tersebut tentunya menjadi tanggungjawab kita bersama dalam memberi pengarahan dan pembelajara pada putra-putri tercinta. Kami, selakau perwakilan dari Bapak Ibu guru di sekolah telah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

Namun, pendidikan bagi mereka tidak terhenti di tahap ini, perjalanan mereka untuk mengarungi kehidupan ini masih sangatlah panjang. Mereka membutuhkan arahan dan bimbingan dari kita selaku orang tuanya.

Meskipun tugas kami di sini hanya sampai tahap ini, kami berharap jika Bapak dan Ibu akan terus memberi dukungan kepada mereka untuk terus mengejar apa yang telah mereka cita-citakan.

Untuk itu kami selalu mengingatkan pentingnya pendidikan yang seimbang bagi putra-putri kita. Beri mereka perhatian dan bimbingan sebaik mungkin. Arahkan mereka menuju hal-hal yang positif.

Teruntuk anak-anakku yang kami banggakan dan kami cintai, perjuangan kalian bukan hanya sampai pada tahap ini. Nak, masih panjang kehidupan ini. Untuk itu selalu berusaha dan berdoa.

Sekian pidato singkat yang dapat kami sampaikan, kami mohon maaf apabila terdapat kata dan bahasa yang kurang berkenan di hati para hadirin. Sebab segala kesempurnaan hanya milik Allah.

Wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Pidato Naratif

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat seluruh tamu undangan yang berbahagia serta para staff yang mendukung berlangsungnya acara ini.

Sebelum saya memulai pidato singkat saya yang bertemakan tentang “kebersihan lingkungan”, marilah kita panjatkan segala puja dan puji syukur kita atas nikmat dan rahmat yang telah Allah SWT berikan.

Sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW, semoga keselamatan dan rohmat selalu atasnya beserta keluarga dan para pengikutnya.

Pada kesempatan yang luar biasa ini saya akan sedikit memberi pidato yang semoga dapat memberi gambaran bagi kita semua bagaimana pentinya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kita ketahui bersama, di musim penghujan ini tentunya kebersihan lingkun menjadi perhatian khusus bagi kita, terlebih di tenggah adanya virus covid-19 ini. Jika kita enggan menjaga kebersihan lingkungan, maka nyamuk dan berbagai macam virus dapat menyebar dengan mudah.

Untuk itu hal yang perlu kita lakukan adalah dengan selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan di sekitar kita. Mulai dari tidak membuang sampah sembarang yang dapat menjadi sumber nyamuk dan tempat berkembangnya bakteri.

Tidak hanya itu, bahaya lainnya jika kita abai dengan kebersihan lingkungan, maka banjir yang sering kita dengar dan lihat di beberapa berita menjadi ancaman bagi kita semua.

Dalam kesempatan yang baik ini kami selalu mengingatkan pentingnya kebersihan lingkungan. Tentu saja semua itu merupakan tanggung jawab kita bersama.

Menciptaan dan menjaga lingkungan yang bersih, rapi dan nyaman dapat kita mulai sejak dini. Tidak ada sebuah hasil yang menghianati usaha yang telah kita lakukan.

Demikian pidato singkat yang dapat kami sampaikan, segala kesalahan kata dan perilaku yang datang dari saya, saya mohon maaf.

Wabil taufik wl hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

Baca juga beritaku : Pidato Khotbah dan Ceramah: Perbedaan 3 Jenis Dakwah Dan Contoh

Bagikan Ke