Doa Setelah Istikharah
Lafadz Doa Setelah Sholat Istikharah (Foto:Wisatanabawi)

Doa Setelah Istikharah Untuk 3 Hal: Jodoh, Pekerjaan, Dan Kecantikan

Diposting pada

Tak harus melakukan pesugihan, sebab dalam Islam ada Sholat Istikharah dengan doa setelah melaksanakannya untuk jodoh, pekerjaan serta kecantikan.

Beritaku.Id, Berita Islami – Assalamualaikum semuanya. Gimana kabar kalian hari ini? Semoga hari ini terus menjadi hari yang menyenangkan, membuat kita terus semangat dalam menggapai impian yang kita inginkan.

Benarkah sholat Istikharah merupakan ibadah untuk mendapatkan jodoh, mempermudah pekerjaan serta kecantikan?

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Kisah Islami)

Namun dalam perjalan menggapai impian, pasti ada saja yang namanya pilihan, dan kita mendapat tuntutan untuk memilih salah satunya.

Doa Dan permohnan Kepada Allah
Permohonan Kepada AllaH SWT, Atas Segala Hajat (Foto Suryakepri)

Bingung? Pasti. Maka di artikel ini akan membahas tentang shalat istikharah yang bisa menjadi alternatif mencari jalan keluar dalam memilih dua pilihan.

Baca juga beritaku:Jenis Sholat Hajat Malam Untuk Melunasi Hutang, 10 Adab Piutang

Pengertian Shalat istikharah

Shalat istikharah merupakan sebuah ibadah shalat sunnah yang kita lakukan sebagai umat Muslim.

Dengan tujuan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT mengenai keputusan yang harus kita ambil. Dari beberapa pilihan yang diberikan.

Hal ini bisa kita lakukan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan pertimbangan.

Seperti misalnya dalam penawaran kerja, di mana keduanya mempunyai benefit masing-masing untuk masa depan kalian.

Atau kalian berhadapan dengan dua pilihan universitas favorit yang menerima kalian, dan membutuhkan keputusan yang tepat.

Namun biasanya sholat ini terpakai untuk menjawab atas kebingungan manusia tentang perkara harus memilih salah satu pria yang menjadi jodoh mereka.

Hal ini juga tercantum dalam sebuah hadist yang berarti:

“Sahabat Jabir berkata: Rasulullah SAW mengajarkan tentang shalat istikharah dalam menentukan berbagai perkara. Sebagaimana beliau mengajarkan kita banyak surat dalam Al-Qur’an. Saat beliau melakukan urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rokaat selain sholat fardhu. Kemudian Rasulullah berdoa kepada Allah SWT, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi masalah) dengan kuasaMu. Aku memohon kepadamu karena engkau adalah yang Maha Agung”… “

Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Istikharah

Adapun beberapa tata cara shalat istikharah, yakni salah satunya addalah berdzikir setelah shalat istikharah. Bacaan dari dzikir setelah shalat istikharah:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ (sumber: Today.com)

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk dari-Mu, memohon kekuatan serta kekuasaan-Mu, serta memohon karunia-Mu yang Maha Agung. Karena sesungguhnya hamba tidak mempunyai kuasa apapun selain kuasa Engkau, dan aku tidak mengetahi selain engkau Maha Mengetahui yang gaib.

Baca juga beritaku:Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky Dan Jodoh Terbuka

Keutamaan Shalat Istikharah

Shalat istikharah juga mempunya beberapa keutamaan yang dapat dirasakan oleh umat Muslim yang mengerjakannya.

Seperti yang sudah tertulis dalam kisah bahwa dalam sebuah hadist, Rosul selalu melaksanakan sholat istikharah saat beliau berhadapan sebuah perkara yang mendesak. Dan membutuhkan keputusan yang benar-benar matang.

Dan karena hal tersebut juga, menjadi salah satu keutamaan umat Muslim mengerjakan sholat istikharah ini.

Seperti akab merasakan hati yang tenang, mantap dalam mengambil segala keputusan yang ada, mengingat kita akan mendapatkan petunjuk oleh Allah SWT lewat mimpi kita.

Selain itu, sholat istikharah juga mempunyai banyak manfaat bagi umat Muslim.

Manfaat sholat istikharah

Beberapa manfaat yang dapat di rasakan oleh umat Muslim yang menjalankan sholat istikharah, yakni:

Menjadi pribadi yang lebih tenang

Sehari-hari kita mempunyai banyak aktifitas yang padat. Saking padatnya kadang bisa membuat kita merasa cemas, stress, dan sebagainya.

Mengingat pilihan-pilihan yang memberatkan diri selalu saja menghampiri. Dan tidak mau menunda soal keputusannya.

Pribadi Yang Tenang Setelah Berdoa
Mendapatkan Pribadi Yang Tenang Setelah Berdoa (Foto: Viva)

Makanya, sholat istikharah bisa menenangkan kalian, dan juga bisa menjadi pribadi yang tegas dalam mengambil sebuah keputusan.

Karena saat kita mengambil keputusan, secara tidak sadar kita berserah diri dan memohon ridho Allah tentang keputusan yang kita ambil.

Terhindari Dari Bisikan Setan

Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang bertugas menghasut manusia untuk melakukan hal yang tidak baik, bahkan mengarahkan manusia untuk melakukan hal yang tidak seharusnya.

Dengan melakukan sholat istikharah, kita akan senantiasa ingat dengan Allah, dan bisa menimbang suatu keputusan yang insya allah tepat, karena berharap ridhonya Allah.

Menjadi pribadi yang berserah kepada Allah

Sudah di singgung sejak awal, bahwa dengan melaksanakan sholat istikharah.

Kita selalu berserah diri dan hanya mengutamakan keridhoan Allah setiap mengambil keputusan.

Kita pasti akan merasakan gundah gulana, bingung, galau, jika berhadapan sebuah pilihan yang berat. Maka dari itu sangat di sarankan untuk melaksanakan sholat istikharah.

Mantap dalam memutuskan pilihan

Shalat istikharah membuat kita lebih mantap dalam memutuskan sebuah perkara, terutama dalam memutuskan memilih jodoh kita.

Kita akan lebih tenang saat menyampaikan keputusan yang kita buat, dan insya allah orang yang mendengar keputusan kita, mereka akan lebih lapang dada dan lebih menerima.

Baca juga beritaku: Sholat Dhuha Dan Megahnya Istana Di Surga

Tata cara sholat istikharah

Untuk melaksanakan sholat istikharah, kalian harus mengetahui beberapa tata caranya.

Beberapa tata cara tersebut di antaranya ada niat sholat istikharah.  Untuk memulai sholat istikharah, kalian harus melakukan niat terlebih dahulu.

Jumlah rokaat sholat istikharah yakni 2 rokaat.

  1. Niat sholat istikharah artinya: Saya berniat melakukan sholat istikharah dua rokaat karena Allah Ta’ala..”
  2. Yang kedua ada takbiratul ihram, lalu diikuti dengan doa sholat istikharah d rokaat pertama.
  3. Selanjutnya membaca surat Al-Fatihah. Beberapa rujukan bacaan surat dalam rokaat pertama sholat istikharah, di antaranya: untuk rakaat yang pertama, membaca surat Al-A’la.
  4. Setelah itu melakukan Ruku yang tu’maninah.
  5. Setelah itu I’tidal dan sujud.
  6. Lalu duduk di antara dua sujud,
  7. Setelah itu melakukan sujud yang kedua, dan berdiri lagi.
  8. Rokaat kedua membaca surat Al-Fatihah, dan selanjutnya membaca surat pendek. Diutamakan membaca surat Al-Ikhlas untuk rokaat kedua.
  9. Setelah membaca surat Al-Ikhlas, lakukan ruku’ dengan tu’maninah,
  10. I’tidal juga dengan tu’maninah,
  11. sujud, dan seterusnya.

Setelah itu melakukan tahiyat akhir dengan membaca beberapa bacaan yang biasa dilakukan dalam melakukan shalat fardhu.

Begitu juga dengan beberapa gerakan yang sebelumnya, juga membaca bacaan yang biasa kta lakukan dalam shalat fardhu.

Setelah membaca tahiyat akhir, selanjutnya salam dua kali, kanan dan kiri.

Berdzikir sebentar, setelah itu membaca doa dari sholat istikharah untuk mendapatkan petunjuk agar bisa memutuskan  pilihan yang benar.

Doa Untuk Istikharah

Beberapa riwayat hadist mempunya beberapa versi untuk doa dari sholat istikharah. Namun menurut HR. Al-Bukhari, doa untuk sholat istikharah adalah:

Berdoa Setelah melaksanan Sholat
Doa Setelah Sholat Istikhoroh (Foto: Merdeka.com)

“Ya  Allah, aku memohon petunjuk kebaikan dari-Mu dengan segala ilmu-Mu. Memohon kekuatan lewat kekuatan dari-Mu. Ya Allah, Jika engkau mengetahui bahwa pilihan ini baik untukku, agamaku, dan jalan hidupku serta masa depanku, maka mudahkanlah dan berkahilah aku dalam masalah ini. Namun jika ini buruk untukku, agama ku serta jalan hidup dan masa depanku, maka hindarkanlah aku dari masalah itu. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimanapun kebaikan tersebut, Ridhailahi, aku dengan kebaikan itu..”

Setelah melaksanakan sholat istikharah, di sarankan untuk tidur setelahnya agar mendapatkan petunjuk dari-Nya.

Oleh karena itu, sholat istikharah kita mendapat anjuran pada malam hari saat setelah sholat isya, ataupun jam 9 malam ke atas.

Dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban dari-Nya. Namun jika belum mendapatkan jawaban juga, di sarankan untuk terus melakukan sholat istikharah sampai dengan mendapatkan petunjuk.

Banyak yang mengatakan bahwa batas dari munculnya petunjuk dari Allah atas apa yang sedang menjadi permasalahan, biasanya 3 hari setelah melakukan sholat istikharah.

Namun ada juga yang setelah melakukan sholat istikharah, mereka langsung mendapatkan petunjuk dari Allah lewat mimpinya.

Kisah Inspiratif Dari Sholat Dan Doa Setelah Istikharah

Di dunia ini pasti kita banyak mengalami dilemma dalam memutuskan suatu hal atau permasalahan.

Hal tersebut juga pernah di alami oleh Taqy Malik, yang merupalan seorang Hafidz Qur’an tampan yang terkenal di Indonesia.

Berawal dari cerita dirinya ingin melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi, dan kebetulan dirinya mendapatkan tawaran untuk kuliah di Madinah. Arab Saudi yakni di Madinah Islamic University.

Namun di sisi lain, ia juga mendapat tawaran untuk menuntut ilmu di Al-Azhar Mesir.

Taqy Malik dilema, dan akhirnya ia bertanya kepada gurunya untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Ia dianjurkan untuk melakukan sholat istikharah agar mendapat petunjuk dari-Nya.

Di sela-sela nasihat, sang guru mengatakan untuk tidak melupakan kegiatan membaca setelah melakukan sholat istikharah.

Sang guru mengatakan bahwa halaman yang nantinya akan Taqy Malik baca, berarti itu menjadi jawaban atas apa yang ia permasalahkan selama ini. Maka terkagetlah Taqy Malik saat itu. Ketika ia sudah melaksanakan sholat istikharah dan akan memulai membaca Al-Qur’an, halaman yang ia buka adalah tentang kisah masa kecil Nabi Musa yang sedang di Mesir.

Taqy Malik akhirnya memantapkan diri untuk menuntut ilmu di Al Azhar Kairo, Mesir. Beliau sangat senang dan merasa bersyukur atas keputusan dari Allah SWT untuk dirinya. Lalu ia bagikan kisah itu di Instagram resminya. Banyak komen yang mengatakan bahwa mereka seketika merinding saat membaca kisah dari Taqy Malik tersebut.

Kisah Keajabiban Istikhorah

Kisah inspiratif lainnya juga datang dari Malaysia, yakni wanita berumur 32 tahun yang belum menikah pada waktu itu.

Dan ia berhadapan dengan pilihan untuk menikah dengan orang asing bertubuh kekar, atau malah menolaknya.

Laku-laki yang sekarang menjadi suaminya tersebut, berusia 1 tahun lebih tua darinya.

Karena bingung dan pada dasarnya ia belum pernah menjalin hubungan dengan orang asing, maka ia melakukan sholat istikharah untuk mendapatkan petunjuk dari-Nya.

Wanita tersebut bernama Siti Safuraa Hamzah, ia mengenal suaminya yakni Asadullah Stumbrys dari sang kakak, di mana ternyata suaminya tersebut adalah teman baik dari kakaknya.

Tak lama kemudian akhirnya ia memantapkan diri untuk menikan dengan sang suami.

Meski hanya sebentar untuk mengenal satu sama lain, namun karena atas jawaban sholat istikharahnya yang menampakkan wajah dari sang suami, ia akhirnya menikah.

Sekarang ia tinggal di Swedia, dan sudah mempunyai anak yang sangat lucu.

Hidupnya terasa lebih sempurna dan lengkap. Kini ia telah mempunyai suami yang tampan dan Insya Allah Shalih, serta anaknya yang lucu, dan insya allah bisa membanggakan kedua orang tuanya.

Setiap kali, Siti Safuraa tidak segan untuk mengabadikan momen kebersamaannya dengan keluarga kecilnya yang Bahagia.

Bahkan banyak komentar yang mengatakan bahwa mereka terlihat sangat Bahagia, dan tidak sedikit dari mereka yang mendoakan untuk kelanggengan rumah tangga mereka berdua. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *