Waktu Dzikir Pagi
Dzikir Pagi Dan Petang Untuk Memperbaiki Kualitas Hidup (Foto: NikmatIslam)

Dzikir Pagi dan Petang: Waktu, Bacaan dan Bonus Khasiat 40 Macam

Diposting pada

Untuk mendapatkan Khasiat dari bacaan Dzikir maka ada waktu tertentu untuk membaca yakni Pagi dan Petang, bagaimana penjelasanannya?

Beritaku.Id, Berita Islami – Dzikir adalah segala kegiatan dalam rangka mengingat Allah SWT, sehingga seseorang yang berdzikir akan merasa jauh lebih tenang menghadapi hidupnya.

Oleh: Ulfiaana (Penulis Berita Islami)

Seseorang yang berdzikir akan selalu ingat bahwa ia begitu lemah, maka Setiap saat membutuhkan Allah untuk membantunya.

Ia juga tak berdaya jika ada sebuah keburukan menimpanya. Bahkan ia tak mampu untuk mencegahnya, hanya Allah yang mampu untuk melindunginya.

Dzikir menjadi sebuah sarana untuk menentramkan hati, maka Lisan yang selalu menyebut nama Allah akan Allah sertai dan mudahkan kehidupannya.

Dzikir Saat Petang
Beberapa Bacaan Dzikir Waktu Fajar maupun Petang (Foto:Pekatahu)

Dalam surat Ar Rad ayat 28 Allah SWT berfirman, yaitu:

“(yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.”

Dianjurkan agar seseorang melakukan dzikir. Baik dalam waktu tertentu maupun setiap waktu, setiap hari. Waktu tertentu ini yang dimaksud adalah saat waktu-waktu pilihan dengan bacaan tertentu, misalnya seperti waktu setelah sholat, maupun saat awal pagi dan petang.

Yang dimaksud dzikir setiap saat ini adalah tak ada batasan waktu. Kapanpun teringat, membaca kalimat dzikir yang pendek seperti takbir, tahmid, istigfar, maupun tahlil dilakukan.

Al-Quran juga menyebut keistimewaan dzikir pagi dan petang. Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 17-18, yakni:

“Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pagi hari (waktu subuh), Dan segala puji baginya baik di langit, di bumi, pada malam hari maupun pada waktu zuhur (tengah hari).”

Baca juga beritaku: Faedah Membaca Surat Yasin Setelah Mendirikan Waktu Magrib

Pengertian, Waktu Dzikir Pagi & Petang

Dalam hal pembagian waktu, terdapat 2 waktu yang akan kita bahas dalam artikel ini, yakni Dzikir pagi dan juga pada saat petang.

Hadist Tentang Dzikir Petang
Hadist TentanG Dzikir Petang (Foto: Risalah)

Dzikir Pagi

Dzikir pagi adalah dzikir yang dibaca ketika masuk waktu pagi, salah satu tujuannya adalah agar Allah melindungi dari mulai terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai kapan seharusnya di baca.

Menurut Ibnu Taimiyah, dzikir pagi dapat kita baca saat fajar mulai terbit sampai tergantikan matahari, yaitu ketika sudah masuk waktu subuh sampai masuk waktu dhuha.

Menurut Al Lajnah Ad Daimah, dzikir pagi bisa kita baca ketika fajar mulai terbit, sampai waktu zawal matahari, yaitu ketika masuk waktu subuh sampai masuk waktu dhuhur. Waktu dhuhur ini yaitu saat matahari mulai bergeser posisinya ke barat.

Sedangkan menurut Ibnul Jazaari, waktu membaca dzikir pagi adalah saat fajar terbit sampai matahari terbenam, waktu yang ia maksud adalah saat subuh sampai menjelang magrib.

Mengenai hal ini, beberapa riwayat menyebutkan bahwa yang di maksud pagi, adalah dari terbit fajar sampai masuk waktu dhuhur, hal ini karena ashar dan magrib merupakan golongan waktu memasuki petang.

Itu sebabnya pendapat tentang pembacaan dzikir pagi sampai dhuhur lebih banyak di ikuti.

Dzikir Petang

Dzikir petang adalah dzikir yang di baca ketika memasuki waktu petang, membaca dzikir petang salah tujuannya agar Allah melindungi seseorang. Mulai dari masuk waktu petang hingga terbitnya fajar.

Dalam hal kapan waktu membaca dzikir petang, juga terdapat beberapa perbedaan pendapat.

Menurut Al Lajnah Ad Daimah, waktu membaca dzikir petang adalah saat masuk waktu zawal sampai mentari terbenam dan awal malam, yaitu ketika mulai masuk waktu dhuhur sampai memasuki magrib dan awal isya.

Menurut pendapat Imam Nawawi hingga Ibnu Taimiyah, membaca dzikir petang adalah saat masuk ashar sampai magrib.

Sedangkan menurut As Suyuthi, membaca dzikir petang dimulai saat mentari terbenam sampai masuk tengah malam.

Terakhir, ada pendapat Ibnul Jazaari yang mengatakan pembacaannya adalah saat mentari terbenam sampai masuk fajar, artinya dari magrib sampai subuh.

Dari banyak pendapat diatas, beberapa memutuskan bahwa membaca dzikir petang adalah saat mentari terbenam hingga tengah malam, waktu magrib sampai batas shalat isya, itu yang banyak di ikuti.

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Latin

Terdapat berbagai versi bacaan dzikir pagi dan petang, bacaan dzikir pagi dan petang kali ini adalah yang terdapat dalam Al Matsurat.

Bacaan yang kita baca, sama ketika pagi maupun petang, namun ada pula bacaan yang hanya di baca ketika pagi, dan hanya ketika petang.

Letak perbedaanya pada kata pagi menggunakan asbahna, sedangkan pada petang, menggunakan amsayna.

Selain itu, Bacaannya Sama.

Bacaan Al Fatiha
Bacaan Surah Al Fatihah (Ayat Institute)
  • Membaca Al Fatihah
  • Membaca Surat Al Baqarah Ayat 1-5

Alif laam mim. Dzalikal kitabu laa rayba fiih. Hudzallil muttaqin. Alladzina yu’minuna bil goybi wa yuqiimuna ssalata wa mimma ra zaqna hum yun (g) fiquwn. Walladzina yu’minuna bimaa unzila ilayka wama unzila min qoblik. Wa bil aakhirati hum yuu qinuun. Ulaaika ‘ala hudam mirrabbihim wa u laa ika humul muflihun.

  • Membaca Ayat Kursi

Allahu laa ilaha illahuwal hayyul qayyum. Laa tak khudu hu sinatuww wala naum. Lahuma fissama wati wal ard. Man dzalladi yasfangu ngindahu illa bi idznih. Yak lamu ma bayna ayydihim wa ma kholfahum. Wala yuhii tuna bisyay in min ngilmihi illa bimasyaak. Wa syinga kursiy yuhuss sama wati wal ard. Wa laa yaudhu khif duhuma wahuwal ngaliyyul ngadzim.

  • Surat Al Baqarah Ayat 284

Lillahi maa fissama wati wama fil ardi. Wa in tubduu maa fii anfusikum aw tukhfuhu yuhasib kum bihillah. Allahu fayagfiru limay yasya u wa yungaddibu man yasya u wallahu ‘ala kulli syayiin (g) qodiir.

  • Surat Al Baqarah Ayat terakhir.

Aamana rrasulu bimaa unzila ilayhi min rabbihi wal mu’minuna. Kullun aa mana billahi wa malaa ikatihi wa kutu bihi wa rusulihi la nufarriqu bayna ahadim min rasulih. Wa qoluu sami’naa wa atho’na gufra naka rabbana wa ilaykal masiir.

La yukallifullaha nafsan illa wus ‘aha. Laha ma kasabat wa ‘alayha maktasabat. Rabbana laa tuahidnaa innasiina aw akhtokna. Robbana wala tahmil ‘alaina isran kama hamaltahu ‘alall ladina min qoblina. Rabbana wa la tuhammilna ma laa too qotalana bih. Wa’fu’anna wagfirlana warhamna aanta maw lana fan surna galal qaumil kaa firin.

  • Membaca Al-Ikhlas
  • Bacaan Al Falaq
  • Membaca An-Nas

Doa Pagi

  • Membaca doa pagi  (asbahna ) dan petang diganti jadi (amsayna) 3x

Asbahna (amsayna) wa asbahal (amasahal) mulku lillahi wal hamdu lillahi laa syari kalah. Laa ilaha illallahu wa ilaihin nusur.

  • Membaca doa pagi  (asbahna ) dan petang diganti jadi (amsayna) 3x

Asbahna (amsayna) ‘ala fitratil islam. Wa ngala kalimatil ikhlas. Wa ngala dini nabiyyina muhammadin shallallahu ngalaihi wa ssalam. Wangala millatina abina ibrahima hanifa wa ma kana minal muslimin.

  • Membaca doa pagi (asbahna ) dan petang diganti jadi (amsayna) 3x

Allahumma inni asbahtu (amsaytu) fii ni’matiw wa ngafiyatiw  wa sitru. Fa atimma ngalayya nikmataka wa ngafiyataka wa sitraka fid dun ya wal akhirah.

  • Membaca doa pagi (asbahna ) dan petang diganti jadi (amsayna) 3x

Allahumma inni asbahtu (amsaytu) fii ni’matiw wa ngafiyatiw  wa sitru. Fa atimma ngalayya nikmataka wa ngafiyataka wa sitraka fid dun ya wal akhirah.

  • Membaca doa pagi (asbahna ) dan petang diganti jadi (amsayna) 3x

Allahumma ma asbaha (amsaha) fii min nikmatin aw bia hadin min khol qika,  fa min ka wahdahu la syarikalah. Fa lakal hamdu. Wa lakas syukru.

Baca juga beritaku: Perbaiki Sholatmu Maka Allah SWT Yang Atur Kualitas Hidupmu, Dan Derajatmu

Membaca kalimat pujian 2 x

Ya rabbi lakal hamdu kama yam-bagi lijalali waj hika wa ngadzimi sultanik.

  • Membaca kalimat ini 3 x

Rodhiitu billaahi robbaah wa bil islaami diinaah, wa bi-muhammadin nabiyya wa rasullah.

  • Membaca doa ini 3x

Subhanallahi wa bi hamdih. Ngadza dza kholqih. wa ridho nafsih. Wa zinata ngarsih. Wa midaa daa kalimaa tih.

  • Membaca doa ini 3x

Bismillahilladzi la yaduuru mangas mihi syay un fill ardi wa laa fi ssamai. Wa huwa sami un aliim.

  • Membaca doa agar terhindar dari syirik 3 x

Allahumma inna naudzubika min annusyrika bika syayan na’lamuh. Wa nastagfiruka lima laa na’lamuh.

Membaca doa perlindungan dari semua makhluk 3x

Audzu kalimattillahi tam-mati min syarri ma khalaq.

  • Membaca doa dilindungi dari rasa takut 3x

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazn. Wa audzubika minal ngajzi wal kasl. Waaudzubika minal jubni wal buhl. Waaudzubika min ghola batid dayni wa khorir rijal.

  • Membaca doa keselamatan badan 3x

Allaahumma ‘aafinii fii badanii. Allaahumma’aafinii fii sam’ii. Allaahumma ‘aafinii fii bashorii.

  • Membaca doa 3x

Allahumma inni audzubika minal kufri wal fakr. Allahumma ini audzubika min ngadzabil kabr. La ilaha illa antaa.

  • Membaca doa 3x

Allahumma anta rabii. La ilaha illa anta kholaktani. Wa na ngabduka. Wa ana ngala ngahdi ka wa wa’ dikaa mas ta tho’. Audzubika min syarri ma shona’tu. Abu uu laka bi ni’matika ngalayya wa abu u bi dzambii . Fag firlii fa innahu la yagfiru dzunuba illa ant.

Baca juga beritaku: Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky Dan Jodoh Terbuka

Membaca istigfar 3x

Astagfirullah hal ladzi laa ilaha ha illallah huwal hayyul qayyum mu wa atubu ilaih.

  • Membaca sholawat nabi
  • Membaca tasbih, tahmid, tahlil dan takbir 3x

Subhanallahi wal hamdulillah wa laa Ilaha illa allahu akbar.

  • Membaca tahlil 1 x

La illaha illallahu wah dahu la syari kalah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ngala kulli syay in qodir.

  • Membaca doa kafaratul majlis 3x

Subhanakallahumma wa bihamdika, ashadu alla illa ha illa anta, astagfiruka wa atuu bu ilayk.

  • Membaca sholawat nabi
  • Membaca doa penutup.

Subhana rabbika rabbil ngizzati ngamma yaa si fuun. Wa salamun ngalal mura salin. Walhamdulillahi rabbil ngalamin.

  • Membaca doa rabitah

Allahumma innakataklamu annahadihil kulubu qadij ta mangat ngala mahabbatik. Wal taqats ngala tha ngatik. Wa tangahadatz ngala dakwatik. Wa tangahadats ngala nusrika saringatik. Fa wassikil lahumma ra bitotaha. Wa adim wuddaha wahdiha subulaha. Wam lak ha bi nurilladi la yahbuu. Wasrah suduraha bi faydil imani bik. Wa jamilit tawa kkuli ngalayk. Wa ahlika bimakrifatika wa amit ha ngala shahadati fii sabilik. Innaka nikmal maula wa nikma nasiir. Allahumma amin. Washallallahu ngalaihi muhammadi wa ngalahi alihi wassallim.

Khasiat, Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Menurut hadis yang di riwayat kan oleh Ahmad, Rasulullah SAW pernah bersabda.:

“Barangsiapa setelah shalat subuh ia ucapkan la ilaha illallah wahdahu la syari kalah lahil mulku wa lahul hamdu wa hu wa ngala kulli syai in(g) qodir sampai 10 kali, maka ia seperti telah membesaskan 4 budak. Ia akan dicatat kebaikan 10 kali. Ia juga akan dihapus keburukannya sebanyak 10 kali. Juga, diangkat derajatnya 10 kali. Ia akan terlindung dari godaan setan hingga waktu petang / masaa’. Jika ia membacanya setelah magrib, ia akan dapat keistimewaan seperti tadi”

Artinya, membaca dzikir pada saat pagi dan petang akan membuat seseorang mendapat kebaikan tersebut.

Dalam riwayat Al Hakim, jika seseorang membaca bismillahi lladzi, yaitu salah satu bacaan dalam dzikir, ia akan terlindungi. Tidak ada sesuatu apapun yang bisa membahayakan dirinya atas kehendak Allah SWT.

Seseorang yang membaca sayyidul istigfar dan meninggal pada hari itu sebelum petang, maka ia akan masuk ke surga. Jika ia membacanya saat petang dan meninggal sebelum subuh, maka ia juga termasuk penghuni surga.

Orang yang berdzikir akan mendapatkan penjagaan dari Allah SWT. Juga, bisa menjadi tabungan amal untuk kehidupan akhirat.

Dzikir Dan Pintu Rezky

Semakin banyak dzikir, akan semakin dekat dengan Allah SWT, sehingga dzikir adalah mengulang-ulang kalimat yang mengingat Allah, itu sebabnya seseorang akan merasakan kenikmatan dekat dengan Allah SWT.

Berdzikir juga bisa membuka pintu rezeki, perasaan selalu merasa cukup adalah salah satu fadilah dzikir, seseorang tidak akan serakah dalam hal materi. Juga, keyakinan bahwa Allah akan memberikan rezeki yang cukup untuk kehidupannya.

Rezky
Rezky Yang Halal (Foto:Mui.or.id)

Selain itu, manfaat dzikir adalah mendapat pahala yang bisa mengantarkannya ke surga. Amal dari dzikir adalah salah satu amal terbaik untuk masuk ke surga.

Baca juga beritaku: Dzikir Pagi Dan Petang, Untuk Menjauhi Perbuatan Maksiat

Rasulullah SAW juga melakukan dzikir. Jika kita ikut berdzikir, maka termasuk mengamalkan sunnahnya.

Dzikir juga menjadi penyebab ketenangan seorang hamba, seseorang yang berdzikir akan terhindar dari kejelekan hari ini dan esok, terhindar dari rasa malas, takut dan gelisah, serta, terselamatkan dari siksa kubur dan neraka.

Itulah manfaat dzikir pagi dan petang. Dengan mengetahui manfaat serta waktu membacanya, bisa memotivasi orang lain untuk mengamalkannya. Sesuatu yang istiqomah di lakukan pasti akan menghasilkan kebaikan.

Sumber: Rumaysho, Saintif, Liputan6, Konsultasi Syariah

Bagikan Ke