Data Error Pada Web

Cara Mengatasi Error Data-Vocabulary.org Schema Deprecated Di Website

Diposting pada

Beritaku.Id, Teknologi – Semalam perusahaan kami PT Kaishar Media Mandiri mendapatkan notifikasi dari Google Search Console tentang adanya error Data-Vocabulary.org Schema Deprecated.

Redaksi termasuk Direktur, menjadi panik karena itu, namun tim IT, tersenyum saja.

Anda merasakan hal yang sama?

Jangan Panik, santai saja bro, semua bisa diatasi, pakai cara dibawah ini.

Pengumuman Masalah Breadcrumb Vocabulary.Org Schema
Pengumuman Masalah Breadcrumb, Pertanggal 21 Januari 2020 (Foto:Beritaku.Id)

Website Beritaku.Id memang memakai schema vocabulary dalam templatenya.

Saya pun memiliki pikiran kalau hal yang sama akan terjadi di beberapa blog atau website orang lain juga.

Karena Google hari ini secara resmi mengatakan kalau schema vocabulary termasuk usang dan tidak akan dipakai lagi.

Error Data Vocabulary.org

Maka apabila kalian masih memakai schema vocabulary dalam templatenya pasti akan mendapatkan notifikasi error di google search console.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Caranya tidak terlalu sulit, hanya mengganti schema vocabulary dengan schema terbaru dari schema.org.

Apa Itu Data Struktur?
Saya sudah panjang lebar mengenai pentingnya data struktur baik untuk blog atau website. Pembahasannya bisa dilihat di Pentingkah Struktur Data Untuk Blog?

Pada Intinya data terstruktur penting untuk SEO karena akan memudahkan Google untuk memahami apa halaman Anda dan situs web Anda. Google perlu mencari tahu halaman apa yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Menggunakan data terstruktur seperti berbicara dengan Google, memberi tahu Google tentang apa situs Anda. Itu akan membantu peringkat Anda.

Error Data-Vocabulary.org Schema Warning
Pengujian Efek Error Data-Vocabulary.org

Cara Memperbaiki Data-Vocabulary.org Schema Deprecated
Untuk memperbaiki error data vocabulary schema caranya silahkan ikuti panduan dibawah ini.

1. Masuk ke Dasbor Website kalian

2. Pilih Tema, selanjutnya pilih Edit HTML

3. Cari kode seperti dibawah ini

<b:includable id='breadcrumb' var='post'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs'> ............................. ............................. ............................. </div> </b:loop> </b:includable>

4. Kemudian ganti dengan kode dibawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> <b:if cond='data:view.isPost'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> <b:if cond='data:post.labels'> <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'>  ›  <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:label.url + "?&max-results=8"' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'> <span itemprop='name'><data:label.name/></span> </a> </span> </b:loop> <b:else/>  ›  <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span>  ›  <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'> <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </a> </span> </div> </b:if> </b:includable>

5. Simpan

Setelah itu silahkan untuk melakukan validasi perbaikan di Google Search Console.

Tunggu sampai ada pemberitahuan dari google.

Breadcrumb Aman

Kesimpulan
Apabila masih menggunakan schema dari vocabulary maka sekarang saatnya beralih menggunakan schema dari schema.org. Untuk pengguna wordpress, tinggal tunggu update dari plugin Yoast SEO.

Alangkah baiknya penerapan Schema Markup Secara Lengkap Di Blog Atau Website.

Semoga bermanfaat, jangan stress bro and sis, semua bisa diatasi. Ngopi dululah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *